KemuliaanNya TERBIT atasmu

Pemulihan segala sesuatu harus terjadi sebelum Tuhan Yesus datang kali kedua , ( Kisah 3 : 21 ) Pemulihan yang Tuhan maksudkan adalah PEMULIHAN SEGALA SESUATU , Kali ini kita akan melihat seperti apa Pemulihan yang dikatakan para Nabi , lewat Yesaya 60 : 1-3 , “ Bangkitlah dan menjadi teranglah , sebab terangmu datang dan kemuliaan Tuhan TERBIT atasmu …“

Kebenaran yang ditulis Nabi Yesaya yang hidup dimasa Raja Uzia , Yotam , Ahas dan Hizkia , Tulisan dalam pasal 60 sampai pasal 66 ini berdasarkan penglihatan Yesaya yang menubuatkan “ Masa depan Sion ( Gereja / Jemaat ) yang mulia “ Nubuatan ini berbicara ;

• Gereja ( Sion ) akan mengalami masa yang mulia saat TERANG ( Yesus ) datang dalam dunia , Puji Tuhan 2000 tahun yang lalu YESUS telah datang dalam dunia ini ( Yohanes 8 : 12 ) dan YESUS yang adalah TERANG itu tinggal dan memimpin hidup umatNya . 1 Yohanes 5 : 11 .

• TERANG akan terbit , muncul / keluar ) lewat kehidupan umatNya yang mau mengikuti jejak-jejak hidup YESUS . 1 Yohanes 2 : 6 , “ Barang siapa mengatakan , bahwa ia ada di dalam DIA ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup . “ TERANG juga berbicara janji-janjiNya yang dinyatakan dalam hidup kita !

• Kehidupan kristus yang memiliki KUASA mengubahkan hidup kita yang LAMA dalam bayang kutuk ( karena dosa Adam ) dan kehidupan , Seperti ; Gagap tidak berani bicara dimuka umum , pesimis , minder , tidak percaya diri , didalam pertemuan tidak berani bicara dllnya , berubah menjadi BARU dalam kemuliaanNya ( karena hidup didalam Kristus ) hidup baru karena diubahkan oleh Kuasa FirmanNya , berani bicara dimuka umum , suka cita , optimis , percaya diri , berani bicara dimuka umum dllnya . 2 Korintus 5 : 17 .

• Bagi umat yang hidupnya mau dipimpin oleh TERANG ( Kebenaran ) maka hidupnyapun akan memancarkan TERANG Kristus , ( sedikit demi sedikit ada perubahan ) sayang banyak umat hanya tahu terang tetapi tidak mau dipimpin ( taat ) kepada TERANG , sehingga dunia tidak bisa melihat TERANG dalam hidupnya ! Amsal 4 : 18-19 .

Karena perubahan hidup lama menjadi baru , hidup memancarkan TERANG Kristus membuat banyak orang akan datang kepada Kristus karena melihat perbuatan Allah dinyatakan dalam hidup kita atau hidupnya menjadi berkat dan mempermuliakan nama Tuhan ! Yesaya 60:2-3 .
Pernahkah kita merenungkan perubahan hidup kita ? pada saat orang- orang disekitar kita mengatakan ,

• Hidupmu beruntung , usaha pekerjanmu berhasil !
• Keluargamu sekarang jadi harmonis dan bahagia !
• Sekarang kamu berubah menjadi luar biasa !
• Kamu nampak lebih muda , wajahmu bersinar !
• Kamu sekarang berani bicara !
• Kamu sekarang begitu optimis memandang masa depan ! dllnya .

Ucapan orang banyak yang dulu melihat bagaimana kehidupanmu dan sekarang setelah hidup didalam Kristus mengubahkan hidup kita yang lama menjadi baru , Sesunguhnya itu menunjukan KRISTUS bersinar didalam hidupmu , walau mungkin kita tidak menyadarinya tetapi orang lain melihatnya ! Orang-orang yang ada disekitar kita melihat TERANG KRISTUS seperti lampu sorot bersinar menyinari dunia yang ada disekitar kita , Sebab memang KRISTUS adalah Harapan dan Kemuliaan kita ! Kolose 1:27 .

Semua itu bisa terjadi karena “ TERANG Kristus “ mengubahkan hidup seseorang yang lama menjadi baru sehingga hidupnya bisa mempermuliakan nama Tuhan hidupnya jadi berkat ! Contoh ;

Bersambung …


Sambungan KemuliaanNya terbit atasmu

• Petrus yang dulunya hanya Nelayan , setelah terang Kristus muncul dalam hidupnya maka sekali berkotbah bisa membawa 3000 orang bertobat dan diselamatkan !

• Paulus yang dulunya garang kejam demi kepercayaan yang dianutnya menangkapi orang-orang percaya , setelah terang Kristus masuk dalam hidupnya menjadi seorang Rasul dipakai Tuhan luar biasa , hidupnya jadi berkat dan mempermuliakan nama Tuhan !

• Orang-orang yang percaya yang menyerahkan hidup “ Dalam pimpinan FirmanNya “ mengalami kesembuhan karena kuasa TERANG dinyatakan dalam hidup umatNya , menghancurkan semua kelemahan dan sakit penyakit !

• PELAYANAN kita juga berubah karena kehidupan Kristus yang ada didalam hidup kita memancarkan TERANG membuat PELAYANAN KITA JADI BERBOBOT . Karena muatannya adalah Terang Kristus !

• Anak-anak kita menjadi berubah kalau kita sebagai orang tua dan guru-guru sekolah minggu mau menuntun anak-anak kita untuk mengalami PERJUMPAAN PRIBADI dengan Tuhan , mengajar dengan tekun dan sabar sampai anak–anak kita mengalami perubahan maka TERANG Kristus akan menyatakan kemuliaanNya lewat kehidupan anak-anak kita dan hidup mereka disertai dengan KARUNIA-KARUNIA ROH KUDUS , hidupnya bisa menjadi terang dan jadi berkat walau masih anak-anak !

Tetapi jangan sampai kita mendengar kata orang –orang yang ada disekitar kita yang mengatakan sejak dulu belum menjadi orang Kristen kamu suka ini dan itu … setelah menjadi orang Kristen kamu kok tetap TIDAK BERUBAH ? !

Bagaimana proses bisa memancarkan TERANG KRISTUS ?

PERTAMA ,
Adalah perubahan POLA PIKIR bahwa “ Perkataan Firman Tuhan mengandung kuasa yang dahsyat bisa mengubahkan hidup kita yang LAMA menjadi BARU , Hidup BARU dengan konsep Baru ! atau memerdekakan hidup lama pengaruh falsafat dunia dan iblis , ( Yohanes 8 : 32 ; 17 : 17 ) menjadi baru konsep kerajaan Allah , pikiran Kristus ! 1 Korintus 2 : 14-16 .

Karena percaya kepadaNya maka berani memperkatakan KEBENARAN FIRMANNYA yang menghasilkan penggenapan janjiNya “ Ingat Amsal 18 : 21 mengatakan ; “ Hidup dan mati dikuasai lidah , siapa suka mengemakannya , akan memakan buahnya . “ ini berbicara kehidupan berkemenangan dan kekalahan tergantung apa yang kita ucapkan dengan IMAN , Sebab bukan kuasa suara kita yang menghasilkan kemenangan tetapi “ KEBENARAN FIRMAN TUHAN “ ;

• Sakit jadi sembuh , 1 Petrus 2 : 24 , Miskin jadi kaya , 2 Korintus 8 : 9 ,
• Saat tidak ada jalan Tuhan sanggup membuka jalan baru . Yesaya 43 : 19 ,
• Saat keluarga kurang harmonis kita perkatakan janji Tuhan dalam Yermia 33 : 11 . dllnya .

Asal semua yang kita ucapkan sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan MAKA , Yesaya 55 : 11 yang mengatakan ; “ FirmanKU tidak akan kembali dengan sia-sia , tetapi IA akan melaksanakan apa yang KU kehendaki dan akan berhasil dalam apa yang KU suruhkan kepadanya . “

Masalahnya apakah saat kita mengucapkan bukan dengan IMAN tetapi dengan putus asa , Tuhan tolong …
Tuhan tolong …untuk melakukan masalah dalam hidupku … cara doa kita seperti orang yang tidak tahu bahwa Otoritas itu sudah ada didalam hidup kita , ingat Efesus 1 : 22-23 yang mengatakan ; “ Dan segala sesuatu telah diletakkanNya dibawah kaki Kristus dan DIA telah diberikanNya kepada Jemaat sebagai KEPALA yang ada . JEMAAT yang adalah TUBUHNYA , yaitu KEPENUHAN DIA , yang memenuhi semua dan segala sesuatu . “

Contoh ;
Seringkali Musa dipojokkan bangsa Israel minta kebutuhan hidupnya mereka menyalahkan Musa dan juga Tuhan , Saat semua itu dibawa Musa kepada Tuhan , Maka Jawab Tuhan kepada Musa ,
Keluaran 14 : 15-16 , Tuhan berkata ; “ Mengapa engkau berseru-seru demikian kepadaKU ? …Dan engkau angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu keatas laut dan belahlah airnya , sehingga orang Israel akan berjalan di lautan tetapi ditempat kering . “

Bersambung …


Sambungan KemuliaanNya terbit atasmu

Seandainya Musa berkata , masak Tuhan hanya mengangkat tongkat kearah laut bisa terjadi mujizat ? maka mujizat tidak akan terjadi , Tetapi Musa seorang yang TAAT dan lembut hatinya karena sudah melewati proses kehidupan dipadang gurun sehingga mengikuti perintah Tuhan tanpa bertanya langsung melakukannya . Mujizatpun terjadi ! Bilangan 12 : 3 .

1 Raja-Raja 8 : 56 , menjelaskan bahwa segala sesuatu yang Tuhan janjikan kepada Musa tidak ada yang tidak digenapi semua digenapiNya !

Ada waktu bagi kita untuk berseru kepada Allah mohon pertolongan , ( Mazmur 50 : 15 ; 145 : 18 ) Tetapi Dalam pertumbuhan kedewasaan Rohani ( khusus diera Kasih karunia ini ) kita bisa menggunakan KUASA ( tongkat ) yang Tuhan sudah taruh didalam hidup kita , Maka laut masalah dalam hidup kita menjadi tidak masalah , SebabTuhan membuat kita bisa berjalan ditanah kering .

KEDUA ,
Perubahan cara PANDANG kita dalam memandang Tuhan Yesus sebagai apa ? ada dimana ? Belajar dari peristiwa , Matius 16 : 13- 16 , Tuhan bertanya kepada murid-muridNya , “ Kata orang , siapakah anak manusia itu ?” Jawab mereka ;

• Ada yang mengatakan Yohanes pembaptis , ( mewakili pandangan keKristenan hanya sebatas sudah dibaptis dalam air saja )

• Ada pula yang mengatakan Yermia ( mewakili mereka yang punya pandangan orang Kristen harus suka menangis , meratap dihadapan Tuhan ) Atau salah satu dari para Nabi . LaluYesus bertanya kepada mereka , “ Tetapi apa katamu , siapakah AKU ini ? ” Maka jawab Simon Petrus : “ Engkau adalah Mesias , Anak Allah yang hidup ! “

Cara melihat menentukan apa yang kita terima dari-Nya

• Jika kita melihat Yesus sebagai penyembuh , kita akan menerima kesembuhan .
• Jika kita melihat Yesus sebagai perlindungan kota benteng perlindungan maka kita akan menerima perlindungan . dstnya .

[b]Orang-orang Nazaret melihat YESUS secara lahiriah saja , “ Bukankah ia anak tukang kayu ? Bukankah ibu-Nya bernama Maria? Dan saudara-saudara-Nya Yakobus , Yusuf , Simon dan Yudas? Dan saudarinya perempuan ada bersama kita ,Jadi darimana diperolehNya semuanya itu ? “ (Matius 13:55-56) Mereka melihat Yesus secara lahiriah saja . Mereka tidak melihat Dia sebagai Allah dalam daging . Akibatnya, YESUS tidak bisa melakukan banyak mujizat di sana . (Matius 13:58)
[/b]
Hari ini, banyak orang , melihat Yesus dari Nazaret sebagai orang baik yang mengajarkan ajaran baik dan memberi teladan yang baik . Mereka merasa bahwa jika semua bisa hidup seperti Dia , dunia akan menjadi tempat yang lebih baik . Sayang mereka sebatas hanya menghargai Yesus tetapi tidak mengundang Yesus masuk dalam hidupnya dan tidak mau dipimpin Tuhan Yesus .

• Mereka tidak bisa melihat YESUS sebagai anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia . Yohanes 1 : 29 .
• Mereka tidak bisa melihat YESUS sebagai seseorang yang datang untuk memberi mereka air kehidupan , sehingga mereka tidak akan pernah haus lagi . Yohanes 4 : 14 .
• Mereka tidak bisa melihat YESUS sebagai roti Allah yang datang dari surga untuk memberikan hidup kepada dunia . Yohanes 6 : 63 . Mereka tidak menerima apa yang mereka butuhkan karena mereka tidak percaya Yesus sebagai Roti kehidupan .
• YESUS tidak datang hanya untuk menetapkan contoh yang baik bagi manusia untuk diikuti . Dia datang untuk menjadi Penebus kita . Galatia 3 : 13 .
• YESUS datang untuk menjadi kebenaran kita . 1 Korintus 1 : 30 .
• YESUS datang untuk menjadi gembala yang akan menuntun kepada rumput yang hijau dan air yang tenang sehingga kita tidak akan kekurangan apapun . Yohanes 10 : 10b ; Mazmur 23 : 1 .

Bersambung …


Sambungan KemuliaanNya terbit atasmu

Yesus bertanya kepada kita sekalian ,” Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini ? ”

Bagaimana seandainya pertanyaan itu ditanyakan kepada kita ? Kita Jawab pertanyaan ini tergantung bagaimana kita melihat Yesus dan ternyata hal ini MENENTUKAN APA YANG AKAN KITA TERIMA DARINYA . Jadi melihat Dia sebagai Allah penguasa hidupmu Dia akan melakukan mujizat dalam hidupmu ! Sebaliknya kalau kita hanya sebatas TAHU tetapi tidak menjadikan YESUS sebagai RAJA dan berdaulat atas hidup kita maka kita tidak akan pernah bisa menerima aliran kuasaNya !

Contoh ,
peristiwa dalam Markus 5 : 28- 29 , Perempuan yang sakit pendarahan selama 12 tahun tidak punya IMAN tetapi , Meyakini Tuhan Yesus sanggup menolong dan memberi kesembuhan kepadanya , Sikap seperti itulah yang membuat Yesus walau disentuh oleh banyak orang tetapi hanya sentuhan seorang perempuan itu yang mendapat tanggapan dari-Nya . Dan kesembuhan dalam tubuhnya, melepaskan dari penyakit yang telah dialami selama 12 tahun .

Bagaimana kita bisa menerima keajaiban seperti perempuan itu ?

Ketika wanita itu mendengar bahwa Yesus datang menuju dekat desanya , ia berkata pada dirinya sendiri, “ Kalau saja aku dapat menyentuh jubah-Nya, aku akan sembuh.” Dalam perjalanan untuk melihat Yesus, dia mungkin berkata pada dirinya sendiri berkali-kali , “ Jika aku menyentuh jubah-Nya , aku akan sembuh . “ Kita tidak tahu berapa kali ia terus mengatakan hal itu ?

Tetapi percayalah kalau kita YAKIN akan kuasa dan kasih YESUS maka kita tidak putus asa tetapi berpengharapan menerima KASIH dan KUASANYA . Sikap hati seperti itu yang membuat Tuhan Yesus mengalirkan KUASA kesembuhan dalam tubuh kita dan apa yang kita KATAKAN ( sesuai janji-janji FirmanNya ) akan diwujudkan dalam hidup kita ,

Semakin kita memiliki hubungan yang intim dengan YESUS ( lampu reflektor makin bersih ) semakin nyata KASIH DAN KUASANYA , seperti lampu makin terang menjadi lampu sorot yang makin jauh jangkauan dan pengaruhnya bagi , Gereja tetapi juga Kota . ( Filipi 2 : 15 ) Semua itu dimulai ,
Dua hal yaitu POLA PIKIR positif dan CARA MELIHAT yang positif bisa mendatangkan kuasa TERANG KRISTUS memancar dan hidup kita akan mempermuliakan nama Tuhan ! Amin .