KENAIKAN HARGA BBM : PERNYATAAN SIKAP GMKI

Pop says: bagaimana nasih perkembangan BBM ini, semoga win - win solution aja deh.


A. Latar Belakang
Kenaikan harga BBM menjadi momok yang mengkawatirkan bagi masyarakat indonesia. Bagaimana tidak kenaikan ini dapat menambah beban pengeluaran kebutuhan hidup pokok masyarakat indonesia kususnya masyarakat kecil. Kebijakan untuk menaikkan harga BBM yang akan di ambil dan di putuskan oleh pemerintah pusat bersama dengan DPR RI tidak merepresentasikan kehendak rakyat. Argumentasi yang mendasari penolakan kenaikan BBM tersebut berangkat dari pemikiran Konsepsi Negara Kesejahteraan yang dianut oleh negara-negara di dunia saat ini. Dalam konsepsi negara kesejahteraan negara di tuntut tidak hanya diam untuk melihat rakyatnya, tapi bagaimana Negara pro aktif untuk bisa memberikan perlindungan kesejahteraan untuk semua warganegaranya. Konsepsi Negara Kesejahteraan tersebutlah yang menjadi salah satu tujuan negara Republik indonesia yang termaktub dalam bunyi teks konstitusi rakyat Republik Indonesia/UUD 1945. Itulah yang seharusnya dapat di perjuangkan oleh pemerintah dengan tanpa membebani rakyatnya dengan kenaikan harga BBM dengan segala alasan pembenarannya.
Masalah Pengeloaan Energi Nasional
Kenaikan harga BBM tentu tidak terlepas dari adanya masalah terhadap pengelolaan BBM di di negara ini. Bagaimana tidak negara yang kaya akan sumber daya minyak dan gas tetapi terjadi kekurangan disana-sini dan belum lagi begitu mahalnya harga minyak dan gas yang di bebankan kepada rakyatnya. Hal tersebut sudah memposisikan negara ini tidak bisa mandiri untuk mengurusi negaranya kususnya dalam hal pengelolaan minyak dan gas. Kedaulatan Negara terhadap pengelolaan kekayaan alam minyak dan gas menjadi pertanyaan yang tidak berujung yang selama ini selalu di alamatkan terhadap negara karena melihat ketidak punyaaan visi negara untuk memberikan terobosan pengelolaan kekayaan alamnya, bahkan lebih parahnya sebenarnya negara secara tidak langsung telah melacurkan kedaulatan tersebut kepada negara-negara tertentu yang mengeruk dan mengeksplorasi perut bumi indonesia. Ketidak sanggupan pemerintah untuk menutupi kebutuhan masyarakat indonesia akan minyak dan gas menjadi tanggungan negara yang akan di bebankan sendiri kepada rakyatnya dengan menaikkan harga BBM. Sungguh naif dan tidak populisnya kebijakan tersebut sehingga masyarakat harus di tambahi bebannya yang tidak di barengi dengan adanya peningkatan gaji dan pendapatan perkapita di masyarakat. Hal tersebut secara tidak langsung adalah upaya memiskinkan rakyatnya yang di lakukan oleh pemerintah secara struktural. Semangat perjuangan terhadap negara kesejahteraan belum bisa berjalan dengan baik di negara ini, karena negara gagal mengambil perannya sebagai pelindung yang dapat menjamin kesejahteraan untuk rakyatnya.

Dominasi Motif Politik Dalam Mengelolah APBN

Subsidi energi tidak tepat sasaran sebagai salah satu argumentasi pembenaran kenaikan harga BBM, yang pada hakikatnya sebenarnya negara sudah mempertontonkan ketidak sanggupannya untuk mengelola subsidi dan sekaligus mengawasinya agar tepat sasaran kepada orang-orang kecil atau masyarakat kecil indoesia. Momentum ini sepertinya ajang kesempatan para kompetitor partai politik untuk melakukan pencitraan terhadap publik dengan menggelontorkan dana bantuan langsung tunai kepada masyarakat yang sekaligus juga merupakan pembodohan terhadap rakyat karena dana bantuan tersebut juga berasal dari APBN yang jumlahnya juga tidak sedikit. Sebagai bukti pertanda bahwa eksekutif dan legislatif tidak punya visi yang kuat untuk bagaimana indonesia kedepan dengan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya sebagai wujud dari implementasi perjuangan amanat Konstitusi Indonesia. Tentunya bangsa ini berharap besar kedepan negara ini bisa mandiri dan berdaulat untuk menentukan pengelolaan minyak dan gasnya demi semata mata untuk jaminan masa depan kesejahteraan rakyat.
APBN 2013 mencapai 1600 triliun, alokasi untuk Subsidi BBM Rp. 193,8 triliun atau 12% dari total APBN 2013, Uuntuk biaya aparatus negara 350 triliun atau 21% dari total APBN yang keluar dalam bentuk kenaikan Gaji pokok dan tunjangan Pegawai dan Pejabat, termasuk didalamnya gaji ke 13. Setiap tahun pemerintah juga melakukan pemborosan 300 triliun yang digunakan untuk melayani pejabat seperti pembiayaan baju seragam, biaya makan-minum, perjalanan dinasdan faislitas perjalanan dinas lainnya (sumber fitra)
Subsidi BBM diperkirakan akan naik 16 triliun, sehingga pencabutan subsidi BBM bagi pemerintah akan menghemat anggaran sebesar 30 triliun, anehnya disaat yang sama pemerintah mengurangi pendapatan dari pajak sebesar 53 triliun sedangkan anggaran untuk utang 299 Triliun tidak diutak-atik oleh pemerintah.
Karena, sejak kemerdekaan indonesia hingga saat ini, dominasi penguasaan dan pengelolaan Minyak dikuasai oleh asing sebesar 85% dan 15 % oleh pertamina.

Landasan Teologis GMKI

GMKI berpihak pada kepentingan masyarakat terpinggirkan yang menderita karena System dan kesewenang-wenangan penguasa sebagaimana diteladankan dan diajarkan sang Kepala Gerakan saat memulai pelayanannnya di Galilea
GMKI menganggap keberpihakannya terhadap kaum lemah sebagai manifestasi cinta kasih kepada Kepala Gerakan. Karena Yesus Kristus sendiri telah mempersonifikasikan dirinya sebagai kaum yang lemah
Landasan Filosofis
GMKI adalah bagian dari kekuatan masyarakat sipil di Indonesia yang menjadi kekuatan alternatif melakukan kontrol sosial terhadap penyelenggara negara
Menjadi tanggungjawab sosial GMKI selain mempersiapkan pemimpin dan penggerak yang ahli juga sadar akan panggilan lingkungannya yang dinamis dan membutuhkan kehadiran mahasiswa
Dua landasan Teologis dan Filosofis diatas memposisikan GMKI untuk menolak kenaikan harga BBM karena tidak memberikan dampak yang baik terhadap jaminan kesejahteraan warga negara, karena negara terlalu mengedepankan terhadap alasan pembenaran secara politis yang tidak pro terhadap aspirasi rakyat.
Dari gambaran tersebut maka, Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menyerukan Aksi Nasional pada tanggal 17 Juni 2013 kepada seluruh civitas GMKI di Indonesia dan seluruh komponen masyarakat sipil lainnya dengan sikap Sebagai Berikut:

  1.  Menolak Kenaikan Harga BBM dan Menuntut pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan energi Minyak sehingga Indonesia berdaulat atas Energinya.
    
  2.  Menuntut pemerintah untuk membangun infrastruktur energi lain sehingga dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap Minyak.
    
  3.  Kebijakan menaikan harga BBM sangat bernuansa politis apalagi menjelang momentum pemilu, sehingga Kebijakan ini hanya akan dimanfaatkan oleh partai penguasa untuk membangun pencitraan menjelang Pemilu 2014 dengan memanfaatkan anggaran Negara.
    
  4.  Menuntut Optimalisasi pendapatan negara sektor Pajak dan efisiensi anggaran Belanja Aparatus negara yang membebani APBN dan stop politisasi energi demi kekuasan Partai Politk. 
    

Demikian Pernyataan Sikap ini dibuat, Atas Perhatiannya diucapkan Terima kasih.

Ut Omnes Unun Sint

http://www.gerejani.com/content/kenaikan-harga-bbm-pernyataan-sikap-gmki

KLU semua gereja yg menjadi TUBUH KRISTUS bersatu semoga PENGUASA ROH DIUDARA atas INDONESIA yg mengcenkram pejabat2 elit diceraiberaikan oleh TUHAN YESUS…{mana nih Kristen yg jadi RUMAH DOA nya}, bangkit…

KAPAN LAGI RUMAH DOA MOVEMENT kok ANAK TUHAN semuanya byk pada byk yg tidur, telanjang dan tiada minyak urapan, mana nih WATCHTOWERnya, mana nih pendoa syafaatnya, mana nih senjata perlengkapan ALLAH semua pada telanjang tanpa armor dan pedang, mana nih pendoa syafaatnya yg terus menerus berdoa, klu ad byk pejabat skrg sepakat menyerahkan bangsa INDONESIA ketgn TUHAN YESUS dan berdoa…INDONESIA pasti dlm kurun beberapa tahun akan mengalami TRANFORMASI KOTA…HASILNYA byk skl REFORMASI trmsk semua UNDANG2, REFORMASI sgl hal yg bertujuan membangun BANGSA dan NEGRI tercinta…

MARI KITA semua BERDOA supaya org Kristen di seluruh tanah air INDONESIA BERDOA SYAFAAT tanpa berhenti setiap harinya setiap jamnya agar diperlengkapi senjata perlengkapan ALLAH untuk mengadakan peperangan dlm roh…

SEMOGA retreat2 dan pengajaran rumah doa semakin byknya sehingga byk petobat baru…AMIN…

SEMOGA byk dari anda yg bergabung dgn FORUM Kristen bs sepakat menyerahkan hidup saudara dlm doa syafaat untuk dipakai ROH KUDUS menjadi rumah DOA bagi INDONESIA BANGKIT, dan byknya sharing2 tentang DOA SYAFAAT di FORUM Kristen ini …AMIN…HALLELUYAA…