kenapa binatang licik diciptakan ?

Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu

  1. Apakah benar - itu binatang ular yg spt jaman sekarang ?
  2. kenapa bhs inggrisnya digunakan kata serpent ? (bukan snake)
  3. Knp Allah menciptakan binatang yg licik ? Kan katanya semuanya baik saat itu ?
  4. sepertinya jaman tsb semua binatang bercakap2 dg AdamHawa ?
    (krn itu sepertinya Hawa gak “buron kabur” pas ngdapetin si uler ngomong ke dia ? :slight_smile:

mohon pengertian-nya dari temen2 disini.

salam.

logikanya :supaya tidak putus rantai makanan…
pernah liat di TV … masyarakat dan polisi kejar kejaran bukan dengan penjahat ttp dengan binatang item manid di sawah ( tikus)
dan banyak ratusa tikus mati hasil buruan mereka…

selidik punya selidik … krn putusnya rantai makanan… banyak ular mati di sawah sawah ( di saluran air)
itulah penyebab tubuh suburnya tikus di sawah…

wew…alice… :slight_smile:
terus, uler pada mati di sawah - hubungan-nya dg ular licik apa yach ? ;D

dan kalo uler itu adalah si iblis, artinya kan emang iblis di ciptakan serta di taroh bareng2 ama Adan dan Hawa di Ende

salam.

Kenapa Ular licik itu diciptakan ? Wah itu sama aja nanyakin kenapa Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya. Itu juga sama aja nanyakin kenapa Allah menciptakan alam semesta, galaksi dll. Itu mah Tuhan yang bisa jawab, hanya Dia seorang yang bisa jawab apa alasannya.

hubungannya ya… dengan pertanyaan sodara no 3

  1. Knp Allah menciptakan binatang yg licik ? Kan katanya semuanya baik saat itu ?

semua baik… ada manfaatnya…

krn Allah menciptakan dengan tujuan masing2 bukan krn Allah itu kurang kerjaan :smiley:

Yang salah ularnya atau iblisnya, makanya dibilang ‘mengapa Tuhan menciptakan binatang (ular) yang licik’?

Kejadian 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”

Ayat diatas berkata ular = CERDIK bukan LICIK

Emangnya ular itu cerdik?..dari segala binatang di darat?..Kalau yg paling cerdik di udara dan air apa donk?

Ular = Iblis = Malaikat Pemberontak

Wahyu 22:16
“Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

2 Petrus 1:19 Berbicara tentang siapa?
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Yesaya 14:12 Berbicara tentang siapa?
Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Yehezkiel 28:12-15 Berbicara tentang siapa?
Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.

Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.

Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.

Ular = Iblis = Malaikat Pemberontak = Ada di Taman Eden?

Ular = Iblis = Malaikat Pemberontak, tahu yang baik dan yang jahat…? Maka bisa godain Hawa…?

Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.

Ular = Iblis = Malaikat Pemberontak, termasuk salah satu dari KITA dari ayat diatas donk…?

Ular = Iblis = Malaikat Pemberontak, merupakan Gambar Kesempurnaan dari Allah Tritunggal…?

Ular = Iblis = Malaikat Pemberontak, dimana cerita iblis diciptakan oleh Allah Tritunggal…?

Berdasarkan uraian diatas maka pertanyaan berubah; Kenapa menciptakan Iblis? :mad0261:

coba perhatikan kata serpent, bukan ular. Perkataan bahwa binatang tsb (serpent) stlh di kutuk dan skrg bentuknya menjadi ular, masih dalam taraf duga-duga, krn itu di topik, saya pake judul “binatang”.

jadi jelas, serpent tsb tdk tersangkut paut dgn sirkulasi kehidupan, krn sementara ini ular adl hanya duga-dugaan.

maap, jawabanmu buat saya masih nihil :slight_smile:

salam.

sama dgn jawaban saya pada alice, pada kata serpent.
dan pertanyaan tsb tdk berhenti disitu saja, dilanjut dgn serpent yg berbicara ??.. :slight_smile:

inti pertanyaan bkn ttg semua ciptaan, tetapi khusus ttg serpent yg licik diciptakan.

salam.

TEPAT ! …:slight_smile:
Lades mengerti banget akan maksud pertanyaan saya.

  1. Ular adl tafsiran manusia jaman skrg adl hasil kutukan dr serpent
  2. iblis merasuk serpent JUGA tafsiran manusia skrg
  3. serpent digunakan iblis karena serpent bersifat “lihai” JUGA tafsiran manusia skrg.

makanya jadi bertanya, kenapa binatang licik diciptakan ? Dimana sekali lagi, kondisi “licik” dari sesuatu yg bernafas bukanlah kebaikan.

namun itu awal pertanyaan saja…, krn arahnya saya ingin tau lebih jauh, atokah jangan2 itu bukan sekedar “binatang/hewan” ? (apalagi krn bisa berbicara)

salam.

maap… mao gak mao pake ayat yg bhs inggris, krn aslinya bukan kata ular tapi serpent. Juga bukan artian sekedar cerdik, tapi crafty/subtle (lebih ke negatif = licik / penuh tipu daya).

“Now the serpent was more crafty than any of the wild animals the LORD God had made. He said to the woman …”

Yesaya 14:12 Berbicara tentang siapa? Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai [b]Bintang Timur, putera Fajar,[/b] engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.

nah… akhirnya kesini juga… :slight_smile:

bahwa selain hewan2-binatang2 buas maupun jinak, Adam dan Hawa juga hidup bersama-sama dgn “makhluk2” lain, yg juga sudah bisa saling bercakap-cakap satu sama lain.

Berdasarkan uraian diatas maka pertanyaan berubah; [b]Kenapa menciptakan Iblis?[/b] :mad0261:

jelas, di ayat tsb (kejadian 3) tidak menyatakan IBLIS, tetapi SERPENT.
tidak pernah / belon ketemu di Alkitab yg mengatakan Tuhan menciptakan iblis, krn itu saya tidak pertanyakan :slight_smile:

salam.

@markov, makasi atas penjelasannya.

sebetulnya saya cuma ingin tau juga, kenapa keKristenan berpendapat pada kalimat “Tuhan melihat itu semua baik” - maka kata “baik” disitu diartikan “baik” dlm artian pengertian manusia secara mentah ? (yaitu terdiri dari hal2 yg positif saja).

krn dari kejadian 3 tsb yg kalo ditinjau “baik” menurut pengertian manusia, maka kan terlihatnya bhw itu bukan sesuatu yg baik, kan ?

entah juga ya… menurut saya - kayaknya apa yg baik pada pengertian penciptaan, sepertinya itu semua (mao gak mao) terdiri dari unsur positif dan negatif, atau adanya dua unsur yg berlawanan.

“Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja”

salam.

tidak… saya juga nggak berpikir demikian… :slight_smile:

Tetapi awalan dari Malaikat yang dibuang / jatuh ke Bumi untuk menggangu dan ikut menjatuhkan manusia ke dalam dosa.

kenapa dibuang ? saya “tarik mundur kebelakang” - karena malaikat jadi sombong lalu ngebangkang, kan ?

buat saya, jadi lebih menarik lagi - DARI MANA sesuatu yg “sombong / pemberontak” itu bisa SAMPE “nyrempet” juga pada para malaikat ?

bukankah menurut keKristenan sendiri, krn ada faktor pencetusnya ? (yaitu hasutan iblis ?). Tetapi bukankah iblis BELUM “terjadi” saat2 kejadian surgawi tsb ? sehingga jelas, kalimat “krn hasutan iblis” pd mahluk malaikat (shg sombong/berontak) tdk bisa digunakan.

salam.

@Bro Odading
Yup itu salah saya dan Anda memang tidak bicara ttg iblis.
tadi saya jwb sekaligus krn:

?? Loh ?? - tidak ada yg saya persalahkan kok… tiny … :slight_smile:

memang benar, “sampe saat ini” pokok pembicaraannya buat saya bukan ttg iblis, tetapi saya nyadar juga kok, biar bagaimanapun… pokok bahasannya mao gak mao bisa akan “meluas” ke ttg iblis.

jadi, santai aja yaaach … :slight_smile:
.
.
.
eh…btw met kenal yah… “mungil”… :slight_smile:

salam.

pohon pengetahuan, binatang cerdik yang ditunggangi iblis…
Apakah semuanya itu diijinkan ada, buat menguji ciptaan allah yang bernama manusia ?

wew…ditunggangi… kayak naek kuda aja…hehehe.

nggak tau juga nih ben jawabannya… masi nunggu respond temen2 FK disini.
(warungku sepi nih…hehehe)

pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat,
hm… kayaknya / sepertinya memang betul kehidupan di Eden saat itu, bukan mlulu semua baik adanya…, yg jahat juga ada disana. Namun AdamHawa gak akan pernah bisa tau/nyadarin bhw mereka sebenernya menghuni Eden, JUGA bersama2 dgn mahluk2 jahat - selama mereka gak makan buah pohon tsb.

Dan mahluk2 jahat (licik) disitupun gak bisa berbuat apa2 utk ngejahatin AdamHawa - selama AdamHawa nggak makan buah pohon tsb, bisanya … ya itu dah… menghasut … :slight_smile:

salam.

setau saya, teolog macam R.C Sproul aja jujur mengakui kalo dirinya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. :smiley:

“pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat,
hm… kayaknya / sepertinya memang betul kehidupan di Eden saat itu, bukan mlulu semua baik adanya…, yg jahat juga ada disana. Namun AdamHawa gak akan pernah bisa tau/nyadarin bhw mereka sebenernya menghuni Eden, JUGA bersama2 dgn mahluk2 jahat - selama mereka gak makan buah pohon tsb”—
Saya bahkan tak habis pikir di 1 samuel 16:14-16 roh jahat memang ada dalam diri allah… Yang bisa dikirim buat menyiksa saul
Aneh ya… Tuhan joint cooperation with evil spirit ? Woow…

kesimpulannya ?
Warungku jadi tambah sepi… ;D :’( :happy0062: :tongue:

Siapa ya dia ? ada gak yah cerita ttg R.C Sproul di internet ? belon sempet saya gugel ni…

Duh… mudah2an ada teolog indonesia di FK sini yg lebih pinter dari R.C Sproul… shg bisa kasih penjelasan :coolsmiley:

salam.
PS : halo Zodiak… lama gak jumpa nih… :slight_smile: