Kenapa di Wikipedia cuman ada "Catholic sex abuse cases" ?

saya cek di Wikipedia ternyata disono kasus pedofilia massal Katolik juga dibahas: http://en.wikipedia.org/wiki/Catholic_sex_abuse_cases

saking hebatnya, sampe2 dibikin artikel2 berkaitannya segala:

& yg paling mengejutkan adalah, disana gak ada artikel sejenis yg berjudul kek Atheist sex abuse cases, Agnostic sex abuse cases, Buddhist sex abuse cases, Hinduism sex abuse case, Islam sex abuse cases, dlsb. cuman kasus pelecehan seksual Katolik doank yg dibahas

apakah mungkin karena kasus dr agama lain tidak ada/tidak sebanyak Katolik sehingga gak dimasukkan ?

Yang dimaksud adalah pelecehan seksual oleh rohaniwan Katolik (pastur). Hal ini menjadi topik menarik karena para pastur yang hidup selibat (tidak menikah) ternyata banyak (tidak semua tentunya) yang melakukan pelecehan seksual.

Faktor lain yang menyebabkan kenapa masalah ini menjadi topik di Wikipedia, adalah karena cakupan pers Barat tentunya lebih sering menyorot masalah di dalam agama Kristen, dalam hal ini Katolik Roma, dibanding agama-agama lain yang menjadi minoritas di Barat sana. Sebenarnya para bhiksu Budha juga ada yang melakukan hal tersebut, tapi biasanya terjadi di negara-negara yang mayoritas Budhis seperti Thailand atau Myanmar, sehingga kurang mendapat sorotan pers Barat.

Mengamati kemampuan penyelidikan anda dan membaca ulasan tulisan anda, seharusnya anda sorang yang cukup berpendidikan dan tahu membedakan mana yang benar dan salah, mana yang yang patut dan tidak patut.

Saya yakin anda tahu jawabannya, tetapi sekedar bertanya untuk tujuan yang lain…

Didalam agama Katholik, imam hidup selibat, agar mereka dapat memusatkan perhatiannya pada pelayanan dan Kristus, seperti nasihat Kitab Suci. Karena hidup selibat, maka penyangkalan yang paling mencolok adalah seksualitas. Sehingga kasus yang berkaitan dengan kehidupan seksual imam Katholik, menjadi berita dan pembicaraan yang penting dan serius, sebab hal itu berkenaan dengan kaul seorang imam. Sedangkan pada agama lain, walaupun ada dan mungkin juga banyak, tidak menjadi perbincangan serius sebab tidak ada kaul yang diucapkan imam dalam agama lain. Wikipedia adalah ensiklopedia yang membantu menuliskan peristiwa penting didunia setiap abad, untuk dipelajari, bukan sebagai bahan olok-olok.

Beberapa orang yang terlahir dan menjadi besar ada yang hidup dalam tekanan dan ketidak seimbangan hubungan keluarga, sehingga melahirkan orang-orang dengan perilaku menyimpang, salah satunya adalah perilaku seksualitas. Penyimpangan seksualitas yang terjadi pada kebanyakan orang awam menjadi berita sesaat atau bahkan sama sekali lewat begitu saja, sebab mereka bukan orang penting dan tidak terlalu dihebohkan, tetapi saat penyimpangan psikologis itu terjadi pada imam maka, dampaknya menjadi besar, apalagi imam yang memiliki kaul hidup selibat.

Saat mereka menjaga diri hidup selibat, mereka menjaga diri terhadap wanita-wanita, termasuk birahinya. Tetapi beberapa orang menjadi lengah saat mereka menjaga hanya kepada wanita-wanita, padahal latar belakang kehidupannya, telah mendorong dirinya kedalam perilaku menyimpang dalam kehidupan seksualitasnya, mereka merasa kuat untuk tidak jatuh cinta pada wanita dan tidak bangkit birahinya pada wanita, tetapi sebenarnya dorongan seksual mereka buka pada wanita. Kelengahan inilah yang menurut saya menjadi sebabnya.

Menurut saya yang seharusnya dilakukan oleh gereja Katholik, adalah memberikan pengujian psikologis dan test-test yang berkaitan dengan kecenderungan seksualitasnya. Agar kelak fokus mereka untuk menjaga diri menjadi jelas, bukan kapada wanita muda mungkin kepada anak-anak atau bahkan pria. Tidak semua orang tahu kelainan perilaku seksual tersebut sebelum dibangkitkan, dan test psikolgi dapat membantu sebelum terjadinya kasus.

Demikian tantangan imam Katholik dalam kehidupan selibatnya, mereka harus tahu godaan seksual apakah yang terbesarnya, kadang itu bukan wanita muda.

Kesalahan pd GRK sendiri,
menganggap gereja yg kudus krn dipimpin oleh org2 yg selibat
Menganggap bahwa dosa itu hanya menyangkut sexualitas saja
jadi kalo pemimpinnya selibat maka pastilah menjadi gereja yg kudus
Itulah sebabnya GRK menjadi sasaran tembak utk semua pelanggran thd janji selibatnya.

Atau di keyakinan lain juga ada tapi ditutup-tutupi?

Salam