Kenapa orang Kristen Tuhannya 3..?

Saya mempunyai pertanyaan yang bagi kita gampang memahami tapi bagi istri saya tidak bisa memahaminya.
Istri saya dari agama yang berbeda. Beliau mau ikut iman saya tapi ada pertanyaan yang belum bisa saya jawab.
Pertanyaannya adalah :

  1. Kenapa Tuhan orang Kristen ada 3…?
  2. Kenapa kita menyebut Tuhan sebagai Bapa, padahal kita tidak tahu bahwa Tuhan itu laki2 atau perempuan.
  3. Kenapa Tuhan kok disalib.
    Itu dulu pertanyaan saya. Saya sudah jelaskan menurut pengetahuan saya tapi ya itu tadi, :onion-head41: didebat lagi.
    Tapi Puji Tuhan, istri sudah mau ke gereja dan sudah belajar doa Bapa Kami.
    Doakan ya saudaraku, semoga Tuhan sentuh hati Istri saya untuk lebih mengenal Tuhan.
    Salam dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.

pertanyaan ini udah umum :slight_smile:
coba di search dan bergabung di thread yg sudah ada

GBU

He…he… anak sekolah minggu …kalo ditanya ,
Siapa nama Tuhan kita … spontan pasti jawab : TUHAN YESUS :smiley:
Simple …

Kenapa Tuhan Yesus mesti disalib… supaya kita ngga disalib :smiley:

He…He… kalo itu juga semua orang Kristen tau…
Yang lebih spesifik lagi dong… Ada gk…? :mad0261:
Saya sudah bilang kalo Tuhan orang Kristen itu 1 bukan 3 sprti yang istri saya tahu dari dulu.

wah ini susah - susah gampang ,kalau di gereja Katolik musti belajar Katekis minimal 1 tahun dulu …he…he. itu juga tidak bisa ngejamin ! . tapi tetap optimis aja, saya yakin jika di bimbing dan dijelaskan mulai dari awal dulu , mulai dari dosa asal ( Kejadian 1-2 ) sampai Musa sampai Yohanes terus dikenalkan siapa Yesus itu , jangan lupa berdoa !

Bacalah Alkitab utk istri anda satu halaman setiap malam menjelang tidur.
Lama2 istri anda akan mengerti.

doa terus bro, supaya istrinya mau percaya
soal belajar tentang trinitas, gak akan ada yg bisa percaya kalo hatinya gak diberikan hikmat
jadi terus berdoa supaya istrimu dikasih hikmat agar hatinya mau terbuka untuk Tuhan Yesus

terkadang penjelasan dari hidup saudaralah secara keseharian akan menjawab pertanyaan2 dari pasangan hidup saudara

biar pasangan hidup saudara melihat ada Tuhan yang hidup dalam hidup saudara, itu akan menjawab semuanya…

jadilah surat terbuka Kristus, hanya dengan cara itu saudara bisa memberikan teladan bahwa Tuhan yang saudara sembah adalah Tuhan Allah yang hidup

selamat berjuang bro

:slight_smile:
GBU

Nyumbang dikit ya bro,
Benar bukan 3 tapi satu saja yang telah melalui proses sehingga bisa kita nikmati seperti sekarang ini. Ibarat buah semangka Bapa itu semangka yang bulat, kemudian Kristus itu semangka yang telah terpotong-potong dan Roh kudus itu buah semangka yang telah di bikin jus sehingga bisa kita nikmati dengan sangat mudah. Juga seperti air, Bapa itu sumber airnya, Kristus itu mata air yang mengalir dan Roh kudus adalah aliran-aliran air yang menjangkau sampai jauh.
“Yoh 7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” 39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.”
Mengapa Tuhan kok disalib?
1 Tim 1:15 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa,” dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.
Galatia 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

Kenapa kita menyebut Tuhan sebagai Bapa, padahal kita tidak tahu bahwa Tuhan itu laki2 atau perempuan.
1 Korintus 11:3 Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.
1 Korintus 11:7 Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki. 8 Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki. 9 Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki. 11 Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan.

Hallo sobat @nurharyono…coba baca artikel yang saya dapat ini …unt menjelaskan apa yang menjadi unek unek anda…mudah mudahan ada sedikit access unt suatu pemahaman seperti yang broo inginkan…artikelnya seperti ini ya…(sebagai contoh permasalahan yang sama) :

**Menjelaskan Konsep Allah Tritunggal dengan Sederhana

Pertanyaan :
Bapak Pengasuh yang terhormat.
Saya kerap mendapat pertanyaan dari orang-orang non-Kristen tentang ke-tritunggal-an Allah. Menurut Bapak, bagaimana cara menjelaskannya dengan sederhana supaya dapat dipahami oleh mereka dengan mudah? Dalam keterbatasan saya, saya selalu bilang kalau saya percaya pada Allah yang Esa. Tetapi itu bukan jawaban yang bisa diterima oleh mereka, karena mereka tahu saya percaya kepada Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus.

Gali
Kelapa Gading Permai—Jakarta Utara

Jawaban:
Gali yang terkasih di dalam Kristus, memang tak mudah menjelaskan Allah Tritunggal, termasuk juga Allah yang Esa. Siapakah manusia sehingga bisa menjelaskan siapa Allah dengan lengkap sehingga masuk akal? Yang paling masuk akal adalah bahwa “Allah memang tidak masuk akal, dan, sungguh tidak masuk akal jika Allah masuk akal”.
Statemen ini baru masuk akal. Mengapa? Jelas, karena Allah tak terbatas, melampaui akal kita yang sangat terbatas. Jadi, bagaimana mungkin manusia bisa mengurung Allah yang tidak terbatas di dalam akalnya yang terbatas. Namun, itu tidak berarti kita tidak bisa menje-laskan siapa Allah, tapi penjelas-an sebatas DIA menyatakakan diri-Nya kepada manusia di dalam Firman. Kemudian kita juga harus mengingat bahwa ketika berbicara tentang Allah kita berbicara Allah yang roh adanya (Yoh 4: 24), bukan materi, tidak terbatas pada ruang dan waktu (Maz 93: 2), dan tentu tidak seperti kita yang materi (Maz 90: 4-6). Kita harus awali dari kesadaran ini dulu.

Nah, sekarang tentang Allah Tritunggal.

  1. Istilah ini secara tersurat memang tidak ada di Alkitab, namun tersirat dengan sangat jelas (Kej 1: 26/KITA, bentuk jamak, Yes 6: 8/bahasa Inggris “us”, bentuk jamak), dan juga pada nama Ellohim yang berbentuk jamak (bagian ini perlu penjelasan yang panjang). Tapi intinya, yang percaya pada Allah Abraham, Ishak dan Yakub harus belajar, mengerti dan percaya kebenaran ini. Mungkin ada yang berkata kenapa orang Yahudi sendiri tidak percaya pada Yesus? Jawabannya seder-hana: yang percaya mula-mula juga orang Yahudi, termasuk Pau-lus tokoh Farisi yang sangat terkenal dan terdidik (Kisah 22). Juga fakta kesalahan konsep tentang Me-sianik.

  2. Allah Anak, Yesus Kristus, sebelum da-tang ke dunia juga sudah dinubuat-kan lama oleh Perjanjian Lama (PL); tentang diri-Nya, yang mela-hirkan-Nya, kota kela-hiran-Nya, akibat kela-hiran-Nya bahkan ke-matian-Nya. Kebetul-an? Tentu tidak, ka-rena Dia memang da-tang dari kekekalan ke dalam kesementara-an (Yoh 14:1-3, Fil 2:5-8).

  3. Allah Bapa dan Allah Roh sudah diper-saksikan dengan jelas oleh Alkitab sejak dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

  4. Lalu dalam berkarya, Mereka mencipta bersama (Kej 1: 2; Allah Roh, 1: 3; Allah Bapa, Yoh 1:1-3; Allah Anak, memelihara dan menebus bersama, Yoh 3:16, Kasih Bapa, Yoh 14: 6; Penebusan Anak, Yoh 16: 8-11,14: 26; Keinsyafan dan pimpinan Roh. Ketiganya satu dalam berkarya penciptaan hingga penebusan).

  5. Jadi Allah itu tiga? Tentu tidak. Dia sendiri mengatakan “esa” (Ul 6: 4). Di sinilah masalahnya. Ingat, kita bicara Allah yang Roh, bukan materi; kualitas, bukan kuantitas. Sekarang coba tanya, “Apakah Allah yang “satu” itu? Apakah Dia ada di Indonesia?” Pasti dija-wab “ada”. Di tempat lain juga pasti dijawab “ada”. Pertanyaannya, jika Allah itu ada di mana-mana, ada berapa Allah itu? Pasti satu bukan. Di ma-na logikanya? Ingat kita bicara Allah yang Roh dan Kekal. Nah, kalau bicara Allah Tri-tunggal bingung, apa Allah tung-gal juga tidak bingung karena bisa di mana-mana pada saat yang sama? Tentu saja bi-ngung karena kita bicara Allah yang melampaui akal.
    Akhirnya, ternyata Allah Tritunggal itu tidak membingungkan ya, yang membingungkan adalah bagaimana men-jelaskannya. Semoga sekarang jadi jelas. Allah Tritunggal itu tidak sama dengan konsep trimurti. Tritunggal itu esa, tiga pribadi satu kesatuan, dan itu kesaksian Alkitab. Selamat berpikir dengan beriman.?

he…he… jelaskan spt sodara menjelaskan anak kecil saja (bukan sy nganggep isteri sodara anak kecil loh…) :wink:

Yang hanya bisa memberi penghapusan dosa itu hanya Tuhan/Allah …
Dan itu hanya bisa dilakukan oleh Yesus saja :*

Memberi penjelasan ngga perlu spt diskusi dlm forum ini, berikan info simple yang praktis …nanti kalo dia sudah kenal Yesus… pasti dia akan tau siapa Roh Kudus, sebuatn Bapa dan sebutan Anak :smiley:

Tengkyu bro… :afro:. Akan saya coba memberikan pengertian lagi pada istri saya.

AKU COBA NYUMBANG JAWABAN YANG SIMPLE AJA

TRITUNGGAL ITU TETAP MENGATAKAN TUHAN ITU TETAP SATU (TUNGGAL) TAPI DIA DAPAT DIGAMBARKAN (MEMILIKI) 3 KEPRIBADIAN,IBARAT TELUR,ADA KUNING TELUR,PUTIH TELUR,DAN CANGKANGNYA TAPI KETIGA HAL ITU TETAP SATU YAKNI TELUR

3 HAL ITU HANYA MENYANGKUT BEDA FUNGSINYA SAJA

Setuju bro… :onion-head86:

Puji Tuhan :smiley: :smiley: :D…sekarang sudah mau berdoa sama saya setiap malam sebelum tidur dan bangun tidur.

Tengkyu mas Hannamaya Sunnu…Artikelnya sangat bagus… :afro: :afro: :afro: :afro:
Akan saya coba untuk menerangkannya seperti diatas.Semoga istri saya menjado lebih percaya kepada Yesus.

AMINNNNNN…

Pak Nur ada surat Kristus yang terbuka yang bisa dibaca oleh isteri sodara…
Tindakan yang menujukkan ada Kristus hidup dlm hidup kita itu lebih berbobot sbg kesaksian :smiley:

Secara logika berpikir sangat sederhana…
Lihat pohon… ada metode penempelan atau grafting istilahnya… dalam satu batang pohon…bisa terdapat macam bunga atau buah… Ketika ditanya pohon apa itu? Tentu tetap jawabannya adalah pohon yang merupakan batang utama dalam pohon itu…
Misalnya saja tanaman hias adenium… Bunganya bisa beraneka ragam warna, bentuk, dan karakteristik…
Ketika ditanya, tanaman apakah itu? Pasti dijawab tanaman adenium…
Kok bisa beraneka ragam gini? Itu karena ditempel… Lihat… Ini yang merah namanya doxon… itu yang kuning namanya yellow… itu yang putih namanya Eye of The Storm…

Bila tanaman saja bisa 3 dalam satu… apakah Tuhan lebih rendah dari tanaman??

Tuhan juga bukanlah suatu materi…
Tuhan juga tidaklah terbatas oleh ruang, dan waktu…

Haii…[email protected]…hehehehheh…sepertinya pandangan sus bersifat “ABSURD”…( maaf),…Contoh artikel mas Hannamaya sunnu sudah “oke banget”…dimana ada kronologis cara berpikir yang baik dalam menjelaskan konsep/prinsip TRITUNGGAL yang dimaksud.

Pandangan [email protected] tsb maksudnya baik dan mau menjelaskan Makna prinsip Tritunggal, tapi pereumpamaan yang dianalogikan disitu mengesankan bahwa suatu karya kreatifitas ( berkarya ) dapat DIMANIPULASI sedemikian rupa supaya menggiring orang untuk bertanya…?? KOK BISA YA…JADI BERANEKA RAGAM BEGITU…?? BISA GA DI BUAT MENJADI 6 WARNA AUTAU LEBIH…??. Berarti disini hasil/product
manipulasinya bisa dibuat sesuka hati ( nafsu kedagingan yang dominan berperan aktif disitu )…Akhirnya dinamakan prinsip variabelity…tidak ada kepastian disitu…hehheheh. Namun kalau Tritunggal Ke ILAHIAN ALLAH
SIFATNYA PASTI DAN KEKAL…SATU ESA TAPI TIGA PRIBADI…tidak bisa empat dan seterusnya seperti bilangan linier…

SALAM…GBU