Kenapa pendeta2 gereja Timur berjenggot seperti syeikh ?

mengingat disini tak dijawab. ane terpaksa bikin lapak sendiri utk hal ini krn ane penasaran banget. kenapa ya tiap kali ngeliat pendeta2 gereja Timur pd berjenggot tebel

Koptik Mesir

Orthodox Timur Tengah

Orthodox Rusia

persis amat kek yg dibawah ini

Abu Bakar Ba’asyir

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/6/64/Abu_Bakar_Bashir.jpg/220px-Abu_Bakar_Bashir.jpg

Syekh Puji

ini cuman kebetulan pd berjenggot aja atw emang ada ketentuannya ya ?

Sebaiknya dihapuskan saja trit ini. Pertanyaan paling konyol dalam Kekristenan. Kalau dibiarkan akan rusak Kekristenan! Yesus aja berjenggut.


“This, then, is the mark of the man, the beard. By this, he is seen to be a man. It is older than Eve. It is the token of the superior nature…It is therefore unholy to desecrate the symbol of manhood, hairiness.”
- Clement of Alexandria 195 A.D

“It is not lawful to pluck out the beard, man’s natural and noble adornment.”
- Clement of Alexandria 195 A.D

“Let the head of men be clipped, unless they have curly hair. But let the chin have the hair. …Cutting is to be used, not for the sake of elegance, but on account of the necessity of the case…so that it may not grow so long as to come down and interfere with the eyes.”
- Clement of Alexandria 195 A.D

"The beard must not be plucked. “You will not deface the figure of your beard”[Lev 19:32]
- Cyprian 250 A.D

“Men may not destroy the hair of their beards and unnaturally change the form of a man. For the Law says, “You will not deface your beards.” For God the Creator has made this decent for women, but has determined that it is unsuitable for men.”
- Apostolic Constitutions compiled around 390 A.D

things like the Quintisext Council; short hair and short beards were the norm, except in the case of true hermits, monks who lived in the desert,…

tak apa2. sama aja kek org yg nanya “kenapa lambang Kristen diambil dr palang yg dipakai utk menyalib Yesus ?” tetep ada yg jawab kok :slight_smile:

anyway ane malah pingin nanya lagi. itu topi apa itu yg dipake pendeta2 Koptik yg juga kek sorban syeikh ?
trus itu juga topi apa tuh yg dipake pendeta2 Orthodox yg kek topi toga ?

Untuk apa bikin trit kayak gitu? Apa motif nya dibanding2 dengan syeik islam???

Berambut gondrong & memanjangkan Jenggot itu perintah TAURAT:

* Imamat 19:27, 21:5
19:27 LAI TB, Janganlah kamu mencukur tepi rambut kepalamu berkeliling dan janganlah engkau merusakkan tepi janggutmu.
BIS, Jangan menggunting rambut di sisi kepalamu atau mencukur jenggotmu.
[/COLOR]KJV, Ye shall not round the corners of your heads, neither shalt thou mar the corners of thy beard.
Hebrew,
לֹא תַקִּפוּ פְּאַת רֹאשְׁכֶם וְלֹא תַשְׁחִית אֵת פְּאַת זְקָנֶךָ׃
Translit, LO TAQIFU PE’AT ROSYKHEM VELO TASYKHIT 'ET PE’AT ZEQANEKHA

21:5 LAI TB, Janganlah mereka menggundul sebagian kepalanya, dan janganlah mereka mencukur tepi janggutnya, dan janganlah mereka menggoresi kulit tubuhnya.
BIS, [color=green]Seorang imam tak boleh menggunduli sebagian dari kepalanya dan tak boleh memangkas jenggotnya atau melukai badannya dengan benda tajam untuk menunjukkan bahwa ia sedang berkabung.
KJV, They shall not make baldness upon their head, neither shall they shave off the corner of their beard, nor make any cuttings in their flesh.
Hebrew,
לֹא־ [יִקְרְחָה כ] (יִקְרְחוּ ק) קָרְחָה בְּרֹאשָׁם וּפְאַת זְקָנָם לֹא יְגַלֵּחוּ וּבִבְשָׂרָם לֹא יִשְׂרְטוּ שָׂרָטֶת׃
Translit, LO-YIQREKHU YIQREKHU QARKHAH BEROSYAM UFE’AT ZEKANAM LO YEGALEKHU UVIVSARAM LO YISRETU SARATET

Dalam Mazmur ditulis, Harun sebagai Imam, memiliki jenggot :

* Mazmur 133:2
Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya