Kenapa Protestan Merayakan Natal?

saya ingin bertanya kepada teman2 protestan disini yah??
(dr copas forum tetangga), kebetulan disana belum ada jawaban yang pas…

"Sekilas tentang Natal: Perayaan natal memang tidak ada dalam injil dan baru dirayakan oleh GK pada abad ke-4. Perkataan Christmas juga baru muncul pada abad ke-11 yang artinya “CHRIST’s Mass” (Misa KRISTUS). Jadi jauh sebelum reformasi protestan, GK sudah merayakan Natal sebagai Tradisi Gereja yang terus dirayakan sampai hari ini. Mulai dari abad ke-17, banyak kelompok protestan yang melarang perayaan Natal tapi masih banyak juga protestan yang suka ikut-ikutan merayakan Natal. Sehingga makna perayaan Natal yang sebenarnya semakin luntur ditelan budaya sekuler yang disponsori oleh orang-orang non-Katolik.

Protestan selalu meng-klaim bahwa mereka hanya melakukan apa yang diajarkan dalam injil dan alergi dgn tradisi manusia. Sudah menjadi kepercayaan mereka bahwa agama Katolik dipenuhi dengan tradisi-tradisi manusia yang bertentangan dengan injil. Baiklah, mereka anti tradisi manusia karena menurut mereka hampir semua tradisi-tradisi dlm GK tidak ada dalam injil dan bahkan banyak yang bertentangan. TAPI kenapa mereka mau merayakan Natal? Lebih parahnya lagi banyak juga gereja2 protestan yang mengikuti tradisi perayaan malam Natal dengan menyelenggarakan kebaktian Natal bersamaan dengan Misa malam Natalnya GK.

Kontradiksinya, di satu sisi, mereka menolak GK karena katanya GK mempunyai banyak tradisi manusia yang bertentangan dengan injil. Tapi di lain sisi, mereka kok malah merayakan salah satu tradisi tsb? Apakah mereka tidak tahu bahwa Natal itu sebenarnya adalah Tradisinya GK?. Apakah kontradiksi ini bisa dikategorikan sebagai suatu bentuk ke-munafik-an?

Bisakah protestan menjawab 4 pertanyaan ini?

  1. Kalo memang kelahiran YESUS itu penting dan perlu dirayakan, lalu kenapa para rasul tidak merayakan kelahiran YESUS?
    *Isn’t it a noble ideal to follow the footsteps of the first Christians…who didn’t celebrate the birth of JESUS?
  2. Kalau kelahiran YESUS memang harus dirayakan, kenapa penulis injil tidak memberikan tanggal/harinya seperti Paskah?
    *How come the 4 gospel writers make this same mistake? Oversight?
  3. Kenapa menerima otoritas Paus yang menetapkan bahwa kelahiran YESUS harus diperingati pada tgl 25 Desember?
    *Isn’t it true that for you, the bible is the sole authority, and Not the pope?
  4. Kalo alasan tidak masuk Katolik karena Sola Scriptura, lalu kenapa merayakan Natal yang sudah jelas2 tradisinya GK & tidak ada dalam injil?
    *Maybe you have 1001 excuses to justify your hypocrisy?

Kalaupun protestan mau merayakan Natal, paling tidak mereka harus tahu bahwa Natal itu tradisinya GK dan nggak usah malu-malu mengakui bahwa mereka melakukan tebang pilih dalam mengadopsi tradisi GK. Contohnya tebang pilih dalam menolak tradisi penghormatan kepada Bunda Maria TAPI menerima tradisi perayaan Natal, dll.

Menurut saya, mungkin ada baiknya kalo hanya orang Katolik saja yang merayakan Natal karena:

  1. Mengurangi tingkat komersialisme dan konsumerisme perayaan Natal.
  2. Mengurangi laju transformasi hari libur Natal yg aslinya religius menjadi hari libur yg sekuler (Happy Holiday, anyone?)
  3. Mengurangi jumlah orang non-katolik yg ikut2an menghancurkan makna Natal yang sebenarnya.
    Mungkin ini pendekatan yang radikal?

Sebaiknya kita ikut berusaha menyebar-luaskan pengetahuan tentang sejarah & tradisi Natal ini kepada semua teman/keluarga kita yang masih protestan. Tapi banyak orang Katolik juga yang sudah tidak mengerti lagi makna Natal yang sesungguhnya, sehingga mereka hanya sibuk2 dengan urusan hadiah, pohon natal, pesta, santa claus, dsb. Mereka juga perlu diberikan sedikit pencerahan supaya mereka juga bisa ikut menyebar-luaskan asal usul Natal.

Santa Claus itu juga adalah seorang kudus dari GK yang nama aslinya adalah Saint Nicholas. Beliau adalah seorang Uskup di Turki pada abad ke-4. Jadi kalo lagi ngumpul2 sama keluarga/teman terutama yg protestan, iseng2 jelaskan juga asal usul Santa Claus supaya semakin banyak yang tau bahwa Santa Claus itu memang beneran seorang santo Katolik yang sangat kudus. Kontradiksi berikutnya: kenapa protestan begitu memuja dan mencintai figur Santa Claus TAPI tidak Maria? Padahal mereka sama-sama orang kudus. Saya rasa banyak orang protestan yang tidak mengerti tentang sejarah Natal & Santa Claus.

Christmas = CHRIST’s Mass = Misa KRISTUS
Most protestants reject the historical fact that the Catholic Church gave the bible to the world through her Canon of the scripture, so now…when it comes to Christmas, let them give credit to whom the credit is due, that is the Catholic Church!"

Contoh beberapa gereja protestan Sola Scriptura yang ikut merayakan tradisi Katolik:

Lagi cari website gereja2 protestan, ketemu website GKI Kwitang:

Apa maksudnya menampilkan patung Hati Yesus yang Maha Kudus dalam website-nya? Bukannya mereka menganggap patung2 di GK itu berhala?
[/quote]

Saya Pantekosta, tapi saya ingin menjawab slh satu pertanyaan anda.

Karena Itu hasil pembulatan tanggalan pada yunani. karena sebenarnya tidak ada yang tahu persis kapan tepatnya yesus lahir.

Regards, Rain
JBU

Shallom
Saya cuma menanggapi aja
Saya bukan majelis , bukan orang pintar dan juga bukan ahli kitab,.cuma seorang hamba yang paling hina dari Tuhan Yesusku

Natal itu milik semua manusia, Yesus bukan datang untuk orang satu saja tetapi semua orang. entah dia kristen (protestan , katolik), hindu, budha, islam , ateis, atau siapapun juga yang ada di bumi(semuanya). karena Yesus Tuhan Allah semesta alam

“Perayaan natal memang tidak ada dalam injil dan baru dirayakan oleh GK pada abad ke-4.”
Ans
Sebenarnya tidak ada katolik atau protestan yang ada adalah kristen sumber ada apa masa itu disebut katolik? berarti kalau makna natal sendiri adalah agama? bukan kelahiran Yesus? . statement anda menurut saya salah.
sebenarnya buat saya pribadi yang merayakan pertama adalah gembala dan orang majus saat Dia lahir

"GK sudah merayakan Natal sebagai Tradisi Gereja yang terus dirayakan sampai hari ini. Mulai dari abad ke-17, banyak kelompok protestan yang melarang perayaan Natal tapi masih banyak juga protestan yang suka ikut-ikutan merayakan Natal. Sehingga makna perayaan Natal yang sebenarnya semakin luntur ditelan budaya sekuler yang disponsori oleh orang-orang non-Katolik. "
Ans
Apa alasan tidak boleh merayakannya kalau saya boleh tahu?
Suka ikut ikutan? hmmm kita semua ini pengikut lho. Kristus milik kita semua. dan sebenarnya Kristuslah pemilik kita.
Ditelan budaya sekuler? bukti? ., tolong bedakan antara “eksklusif” milik gol tertentu atau sekuler yang dalam pandangan saya memang agar dan semua orang harus tahu

@limited : yang saya bingung adalah judul dari topik ini
“Kenapa Protestan Merayakan Natal?”
apa di daerah anda
Apa di daerah sekitar anda dilarang merayakan natal bagi protestan??

Regards, Rain
JBU

Protestan selalu meng-klaim bahwa mereka hanya melakukan apa yang diajarkan dalam injil dan alergi dgn tradisi manusia.
Ans
Apa buktinya?

TAPI kenapa mereka mau merayakan Natal? Lebih parahnya lagi banyak juga gereja2 protestan yang mengikuti tradisi perayaan malam Natal dengan menyelenggarakan kebaktian Natal bersamaan dengan Misa malam Natalnya GK.
Ans
Saya tanya ya apa natal milik katolik saja atau semua manusia? Yesus tidak datang untuk katolik saja ?

  1. Kalo memang kelahiran YESUS itu penting dan perlu dirayakan, lalu kenapa para rasul tidak merayakan kelahiran YESUS?
    Ans
    Para rasul adalah orang biasa .mereka nelayan.orang2 berdosa . sama seperti kita yang berdosa. saya yakin mereka tidak berpikir sejauh itu walau saya yakin mereka bersyukur bahwa Kristus di lahirkan untuk mereka.
    Ataupun bila mereka merayakan saya yakin belum tercatat. siapa yang tahu? karena di abad ke 4 pengikut makin banyak untuk mengingatnya maka dirayakan . karena sudah berjalan 400 tahun dan akhirnya baru dibukukan atau dicatat
    cuma pendapat pribadi
  1. Kenapa menerima otoritas Paus yang menetapkan bahwa kelahiran YESUS harus diperingati pada tgl 25 Desember?
    Ans
    O ya?
    yakin gereja saat itu seperti katolik sekarang?
    Salahkah kita rayakan tanggal 25?
    buat aku pribadi si Natal harusnya dirayakan tiap hari^^

  2. Kalo alasan tidak masuk Katolik karena Sola Scriptura, lalu kenapa merayakan Natal yang sudah jelas2 tradisinya GK & tidak ada dalam injil?
    Ans
    Waduh saya ndak ngerti Sola Scriptura itu apa?
    ingat gembala dan orang majus merayakannya lho dengan hadir dan membawa persembahan.
    Aku suka dengan kedatangan gembala yang berarti orang biasa saja dan orang majus yang bijak yang melambangkan orang berhikmat.
    Tuhan Yesus datang untuk mereka semua

Dik, begini.

Tadinya ada sebagian Protestan menolak ajaran tradisi lisan Katolik. Mereka menyarankan supaya Katolik meninggalkan ajaran tradisi lisan (yg menurut Protestan hanya ajaran manusia) dan berpegang kepada ajaran tradisi tertulis (Al-Kitab). Menurut Katolik, tradisi lisan dan tradisi tulisan spt ‘two side of a coin’, dua bagian yang tidak dapat dipisahkan, tidak bisa satu berdiri tanpa yang lain. Itu penjelasan Katolik. Menanggapi saranan Protestan, Katolik balik nanya, kalu tradisi lisan salah/harus ditolak/tidak alkitabiah dan hanya ajaran manusia, ngapain itu hari Natal? Bukankah hari Natal tidak diperintahkan disambut oleh orang percaya, jadi kenapa sih disambut juga oleh Protestan? Karena kenyataannya, hari Natal ialah perayaan yang ditetapkan oleh Gereja Katolik/Paus lewat tradisi lisan. Nah, kalu Protetsan mau konsisten, seharusnya jangan menyambut hari Natal (yg menurut mereka ajaran manusia!). Jadi, dik, ketidakkonsistenan Protestan itulah yang dipertanyakan oleh Katolik. Begitu juga dengan patung atau foto wajah YESUS, itu juga dari tradisi Katolik, kok Protestan ikut-ikutan, gituh pertanyaan mereka. Bagi saya, tradisi2 lisan Katolik tidak perlu dipermasalahkan (dan saya kok heran mengapa sebagian Protestan mempermasalahkannya) karena bagi saya pribadi saya mengganggap ia tidak mempengaruhi soteriologi. Sebagai Protestan, kalu mau percaya/praktikkannya, silakan, tidak mau juga ngga papa, terserah tapi bagi saya, ada sebagiannya sudah saya yakini spt Hari Natal, keperawanan kekal Maria, mendoakan arwah (kenyataannya ada sebagian Gereja Protestan arus-utama masih meneruskan tradisi2 Katolik ini) dll tapi menjadi masalah kalu menolak tradisi2 lisan itu karena dengan berbuat demikian menjadikan kita tidak konsisten dengan apa yang kita yakini selama ini, misalnya perayaan hari Natal, patung YESUS, foto wajah YESUS dll yang semuanya terambil dari tradisi2 lisan Katolik. Nah, itulah jalur diskusi yang menurut saya belum dipahami oleh dik.

Kalaupun protestan mau merayakan Natal, paling tidak mereka harus tahu bahwa Natal itu tradisinya GK dan nggak usah malu-malu mengakui bahwa mereka melakukan tebang pilih dalam mengadopsi tradisi GK
Ans
Saya rasa bukan tebang pilih. tetapi selektif aja. Ingat juga bahwa kita harus menguji segala sesuatu. (hikmat)

Menurut saya, mungkin ada baiknya kalo hanya orang Katolik saja yang merayakan Natal
Ans
Saya yakin Tuhan Yesus sedih dengan statemen anda. Berarti Tuhan Yesus cuma datang untuk orang katolik dong? memang bisa ya manusia mengatur Tuhan?

  1. Mengurangi tingkat komersialisme dan konsumerisme perayaan Natal.
    Ans
    Buktinya apa? salahkah kita bersukacita? salahkah kita berbagi?
    salahkah kita bersuka atas kehadiran Tuhan kita?
    ini juga bertentangan dengan statemen anda katanya ndak boleh sekuler… g mana sih?

  2. Mengurangi laju transformasi hari libur Natal yg aslinya religius menjadi hari libur yg sekuler (Happy Holiday, anyone?)
    Ans
    Emang salah orang berkumpul untuk bersukacita bersama keluarganya?apa karena dirayakan tidak religius ??? hmmmmm… tidak juga . semua tergantung hati kita. Ingat Tuhan melihat hati .walau di rayakan besar2an tetapi hatinya bersuka ,tulus, dan bersyukur karena kehadiranNya saya rasa kita memang harus seperti itu

  3. Mengurangi jumlah orang non-katolik yg ikut2an menghancurkan makna Natal yang sebenarnya.
    Mungkin ini pendekatan yang radikal?
    Ans
    Waduh… Berarti kita tidak maenjalankan perintah Tuhan untuk menjadikan semua bangsa muridNya? sorry anda terlalu radikal. jangan ada kepahitan. sama seperti Petrus yang tidak mau mendatangi keluarga romawi yang Tuhan perintahkan. sampai Tuhan tegur lagi dia . akhirnya kabar keselamatan juga menyebar sampai Roma yang jadi pusat katolik sekarang ini. sampai seluruh dunia.
    Tolong Statemennya di ralat

Tapi banyak orang Katolik juga yang sudah tidak mengerti lagi makna Natal yang sesungguhnya, sehingga mereka hanya sibuk2 dengan urusan hadiah, pohon natal, pesta, santa claus, dsb. Mereka juga perlu diberikan sedikit pencerahan supaya mereka juga bisa ikut menyebar-luaskan asal usul Natal.
Ans
Setujuuuuuuuuuuu

Ini juga saya sangat setuju.

Yang saya bingung…
Kenapa TS copas dari:
http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?p=127128&sid=264e8544659a614380f4c2bbc7f3145a

I know that. jadi maksud kaka, kenapa ada protestan pk patung YESUS? isn’t? setau saya sih, protestan pake Salib aja. saya pribadi (pantekosta), d greja saya tidak memakai Patung YESUS

Regards, Rain
JBU

Santa Claus itu juga adalah seorang kudus dari GK yang nama aslinya adalah Saint Nicholas. Beliau adalah seorang Uskup di Turki pada abad ke-4.
ans
salah. Kutub utara no 1. sama nyonya clauss he2 . (becanda)

Jadi kalo lagi ngumpul2 sama keluarga/teman terutama yg protestan, iseng2 jelaskan juga asal usul Santa Claus supaya semakin banyak yang tau bahwa Santa Claus itu memang beneran seorang santo Katolik yang sangat kudus
Ans
Kayaknya santa clauss jadi populer di populerin coca cola sebagai icon
coba cari tahu lagi.

Kontradiksi berikutnya: kenapa protestan begitu memuja dan mencintai figur Santa Claus TAPI tidak Maria?
Ans
y… sebenarnya kita tidak memuji manusia, siapapun dia. semua adalah hambaNya.cuma Yeshua / Yesus yang layak dipuji, ditinggikan , diagungkan. Karena semua adalah kasih karuniaNya.

Christmas = CHRIST’s Mass = Misa KRISTUS
Apa misa identik Katolik ? dan apakah Kristus identik katolik?
atau
Kristus itu identik penebus dosa semua manusia.(ini jawaban saya)

tentu saja yang saya bold

Regards, Rain
JBU

Bro, seharusnya kita jangan mencari pembenaran, apa yang ditulis oleh bro limited tentang ketidak-konsistenan kita benar adanya…terimalah kenyataan, ngga usah malu2 dan cari solusi bukan pembenaran! Satu fakta historis yang tidak terbantahkan ialah bahwa Santa Klaus ialah seorang santo Katolik dan adanya Santa2 Klaus di Gereja2 Protestan pada hari2 Natal (bahkan sebelum dan sesudah Natal) satu hal yang bukan rahasia lagi. Jadi, kenapa tidak konsisten? Nah, itu yang dipertanyakan orang Katolik. Saya sih belum ada jawapannya, mungkin bro ada (tapi tolong ya, bukan pembenaran)? Hehehe…

Yang benar nih, lihat kartu2/iklan2 undangan hari Natal Gereja2 Protestan yang dicantumkan oleh bro limited (reply no# 1). Itu foto2 YESUS copy-pastenya dari mana? Lihat kemiripannya foto2/patung2 itu dengan foto2/patung2 YESUS versi Katolik.

FYI, saya juga pernah ibadat di Gereja Pentakosta bahkan pernah berkotbah di sana, saya menemukan di belakang mimbar ada salib dan disisinya pula sebuah foto dinding besar YESUS versi Katolik. Kalu mau konsisten, seharusnya dibongkar!

Contoh beberapa gereja protestan Sola Scriptura yang ikut merayakan tradisi Katolik:
Bagus y bikin selebarannya…

Apa maksudnya menampilkan patung Hati YESUS yang Maha Kudus dalam website-nya? Bukannya mereka menganggap patung2 di GK itu berhala?
[/quote]
Ans
Hmmmmmmm. kayaknya Yesus tu milik kita semua. dan patung kan cuma patung kok diributin, yang penting kita semua kepunyaan Yesus

y bner2 :afro: :afro:

@ bro cosmic : oooo yayaya saya baru ngerti (maklum, msh otak 14th) thx ya bro pnjelasanya by the way, FYI itu singkatan dr apa ya? (Sori ya all dan mode, OOT bntar)

Regards, Rain
JBU