Kenapa Tuhan mengijinkan ada orang buta,tuli,gagu,dll dari sejak lahir?

Kenapa Tuhan mengijinkan ada orang buta,tuli,gagu,dll dari sejak lahir?orang tanpa tangan dan kaki?orang cacat mental?apakah ini adil untuk mereka yang mengalaminya?

-orang yang buta dari lahir,dari lahir dia sudah tidak melihat apapun seperti yg kita lihat,mungkin saja dalam hatinya,kenapa saya bisa tidak bisa melihat,Tuhan?

-orang yang tuli dari lahir dia sudah tidak mendengar suara2 seperti yg kita dengar,mungkin saja dalam hatinya,kenapa saya tidak bisa mendengar Tuhan?

-orang yang gagu dari lahir dia sudah tidak bisa berbicara seperti kita berbicara dengan suara keras dan lembut,mungkin saja dalam hatinya kenapa saya tidak bisa menyanyi,komunikasi dgn suara kpd yg lain,Tuhan?

ada jgua orang yang buta+tuli,tuli+gagu,gagu+buta,atau mungkin ketiganya?

yang tangan kaki tidak pnya jg mungkin dia sebagai manusia ada keluhannya,kenapa saya tidak seperti yang lain Tuhan?

begitu jg yg cacat mental,atau yang sakit2an dari kecil.

yang pasti Tuhan YESUS pny rencana yang indah buat mereka semua dan Tuhan YESUS itu adil,tapi yang jadi pertanyaan apakah adil buat mereka klo mereka tidak merasakan seperti yang kita rasakan dalam kekurangan dan kelebihan yang ada di dalam dunia ini?

sbnrnya mereka jg ingin merasakan seperti kita.

‘you were born to be loved’

Jalan Tuhan dan RancanganNya memang tak terselami dan tersembunyi,
sebagai sesama manusia, sy ikut simpati dan merasakan emphaty dari keterbatasan mereka.
akan tetapi sy juga mengimani, Allah memberikan kepada mereka Keadilan dan Kasih Sayang yg sama.

dan seperti yg ada tertulis di alkitab pula, mereka2 yg terbatas dipakai oleh Allah untuk menyatakan Kebesaran dan KemuliaanNya,
dan menjadi berkat bagi sesamanya, sbg contohnya adalah berseminya benih Kasih Illahi yg ada di hati saudara. :slight_smile:

boleh tau ayatnya yang menyatakan mereka2 yang terbatas dipakai oleh Allah utk menyatakan kebesaran dan kemuliaanNya.
orang yang buta mau lihat burung,alam,air,semuanya hanya gelap…yang dilihat gelap semua.
orang yang tuli gak bisa dengar suara apa2…musikpun tak bisa dinikmatinya.
orang yang gagu gak bisa berbicara nyanyi,apalagi teriak2…setiap hari klo sendirian sunyi senyap tanpa suara.
dst.

kadang ada yang buta+tuli+gagu…tidak bisa lihat,dengar dan bersuara.dunia gak bisa dinikmati,tapi begimana orang seperti ini mengerti Firman Tuhan,lewat apa cara menyampaikan pesan Tuhan Yesus kepadanya?bagaimana cara mengerti dengan rabaan/sentuhan perasa aja?

dan gimana klo dijalan ketemu orang gila?<-biasa orang seperti ini sering diabaikan masyarakat…,tapi gimana menurut pandangan kristen?
Di Alkitab sih ada :Tuhan Yesus menyembuhkan orang gila yang kerasukan.

Yohanes 9:1-41
9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?”
9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
… silahkan dilanjut sendiri

berarti

berarti Allah kita punya maksud untuk tujuan kemuliaanNya.

Saya cuman bisa ngasih ayat ini

Yakobus 1:3

1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

Terkadang kita terlalu sering berpikiran bahwa “Allah sedang mencobai kita”

Ada masalah sedikit kita langsung berkata “Mengapa kau berikan cobaan ini kepadaku Tuhan ?”

Benarkah Allah mencobai umatNya ? Dari ayat di atas sepertinya jelas bahwa Allah tidak mencobai seseorang

Yang mencobai manusia adalah iblis

Apakah Allah mengijinkan manusia kena pencobaan ? Ya Allah mengijinkannya

Segitu aja :slight_smile:

Ya, semacam itulah.

hal ini sama juga, dengan kenapa orang sakit di doakan tidak sembuh2, bahkan malah meninggal, atau kita memohonkan sesuatu tetapi bukannya terkabul malah keadaan jadi lebih buruk, dst nya.

semua itu semata-mata karena Allah ingin menyatakan kebesaranNya dan kemuliaanNya, melalui keadaan2 tersebut.

jadi yg benar adalah senantiasa mengucap syukur didalam segala hal dan segala sesuatunya. :slight_smile:

-lalu klo ketemu orang yang tidak waras ditengah jalan,lebih sering diabaikan?apakah ini sikap yang baik?lalu gimana tanggapan orang kristen mengenai hal ini?
-lalu gimana jg menyampaikan pesan FT kepada orang yang buta+tuli+gagu?

gak pake rancangan2 segala macam

semua itu mengikuti hukum alam

kalau bapak ibunya ada penyakit, salah makan obat, cemas, depresi dll, jangan heran anaknya akan lahir cacat

gak usah sok bikin acara rancangan tuhan segala

itu namanya keblinger.

gak percaya ? kita buktikan : hai ibu ibu hamil, makanlah obat pereda demam 10 tablet setiap hari, saya jamin, anakmu akan lahir cacat. Gak pake ayat ayatan, gak pake rancangan2an Tuhan segala

mengerti ? semua itu hukum alam

kalau menurut TS kira2 harus gimana ? sepertinya terpanggil ya dengan keadaan ini ? :slight_smile:

lagi curhat ya bos … he…he… ;D ;D ;D

menurut gw orang kurang peduli sama mereka,karena tidak waras.
tapi di Alkitab ada tertulis Yesus menyembuhkan orang yang kurang waras dari kerasukan jadi sembuh,artinya Yesus peduli sama siapa saja.
gw pikir orang kristen mungkin malu utk mendekati orang kurang waras,diliatin orang,jadi di abaikan aja.
tapi yang butuh keselamatan itu semua orang.klo tidak ada yang mengetuknya,gimana mereka bisa mengenal Kristus?
untuk yang ke 2 gw bingung…mungkin ada orang yg bisa memberi saran utk pertanayaan ke 1 dan ke 2?

Semua bukan karena hukum alam,karena Tuhan yang menciptakan segala sesuatunya dgn keadilanNya.tanpa bisa kita selami keadilanNya dan kemaha kuasaanNya.

Sama seperti kenapa ada bayi mati kegiles truk, dosa apa mereka?

Itu semua adalah akibat dari Dosa Turunan, akibat dosa yg dilakukan leluhurnya.
Kristen mengakui dosa turunan/dosa warisan. ada di alkitab:

(Keluaran 20:5) “…… sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang akan membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat ….”

(Keluaran 34:7) Anak-anak membayar dosa orang tua hingga generasi ketiga & ke empat

(Mazmur 51:7) “Sesungguhnya dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku”

(Roma 5 : 12)“Sama seperti dosa telah masuk kedalam dunia oleh satu orang dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah MENJALAR kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

(Roma 5:19) "Oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa”.

Jadi manusia sebenarnya menangung 2 JENIS dosa:

  1. Dosa Turunan/warisan/kutuk leluhur.
  2. Dosa Perbuatan dirinya sendiri “Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri …… Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya”. (Galatia 6 : 5, 7).

YESUS hanya menebus Dosa Turunan saja, Sementara Dosa Perbuatan adalah tanggung jawab kita sendiri.
Jadi dengan menerima YESUS sebagai juruselamat, bukan berarti kita pasti bebas dari semua dosa. Kita memang sudah ditebus oleh YESUS dari Dosa Turunan, Tapi kita tetap harus berbuat baik, karena Dosa Perbuatan kita Tetap Diperhitungkan setelah kita mati!!! (Dosa Perbuatan ini juga yg nantinya dapat menjelma jadi Dosa Turunan ke anak-cucu kita)

Konsep Dosa Turunan dari berbagai agama:

  • Dosa Turunan kalau menurut Kristen adalah Dosa Perbuatan dari leluhurnya (bisa ditebus bila menerima YESUS sebagai Juruselamat)
  • Dosa Turunan kalau menurut hindhu/budha berasal dari kehidupan sebelumnya (konsep karma & reinkarnasi)
  • Dosa Turunan tidak diakui oleh Islam & aliran kristen Mormon, mereka menganggap bayi itu tanpa dosa
  • Dosa Turunan bagi penganut spiritualism/pagan, bisa dihapuskan dgn acara ruwatan, ci-swak, pembukaan aura, soul-cleansing ritual, dll…

di Alkitab waktu YESUS tebus di kayu salib,memang ada ditebus hny dosa turunan aja di Alkitab?di Alkitab gak menyebutkan itu…tapi menebus segala dosa diatas kayu salib.segala=seluruhnya.
lalu Kristus kenapa mengatakan kamu orang yang telah merdeka?kamu bukan orang dibawah hukuman lagi?karena Kristus telah menebusmu?gimna penjelasan sodara.

Penebusan dosa YESUS di kayu salib adalah penebusan dosa dari pelanggaran hukum taurat, dan dosa turunan.
Melalui kematianNya di kayu salib sebagai korban tebusan, YESUS telah MEMBATALKAN hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya. (Efesus 2:14-15). Membatalkan berarti “membuat tidak berlaku lagi” (dosa taurat tidak berlaku). Kalimat “hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya” menunjukkkan dengan jelas bahwa seluruh sistem Hukum Taurat Musa, termasuk sepuluh Hukum telah dibatalkan sebagai suatu sarana menuju kebenaran oleh karena KRISTUS telah mati dikayu salib.
Selain itu, di dalam kitab suci orang islam (alquran) juga disebutkan bahwa isa (YESUS) telah menghalalkan apa yg haram sebelumnya. Namun berhubung orang islam mengikuti muhammad, maka makanan haram yg disebut di Taurat (Imamat 11:4-27) tetap haram bagi orang islam (dan Yahudi tentunya). Karena muhammad itu mengadopsi hukum Taurat.

Namun sekalipun dosa hukum taurat & dosa turunan telah dibatalkan YESUS dgn kematian di kayu salib, Dosa Perbuatan tetap mempunyai akibat yang berat dalam kehidupan yang sekarang ini dan kehidupan di masa mendatang.
Hal ini bisa dijelaskan sbb:

  1. Ada akibat natural dari dosa perbuatan.
    Seorang yang minum-minuman keras berlebih-lebihan besar kemungkinan akan membunuh dirinya sendiri atau seorang korban yang tidak berdosa dalam kecelakaan lalu lintas. Seorang yang melakukan aktivitas yang tidak bermoral mungkin akan terserang AIDS dan meninggal.
    Mengetahui KRISTUS sebagai Juru Selamat akan menyelamatkan seseorang dari dosa turunan/kutuk leluhur & dosa dari sesuatu yg diharamkan di hukum Taurat, tetapi tidak akan menyelamatkan seseorang dari akibat dasar dari dosa atau kehidupan yang bodoh. (Galatia 6:7-8, Yakobus 2:14-17).

  2. Ada akibat kekal dari dosa perbuatan.
    Menerima tiket gratis untuk masuk ke bioskop menjamin kita bisa masuk ke gedung bioskop tetapi bila anda tidak masuk ke bioskop dengan proses yg benar, anda tetap tidak bisa masuk (YESUS hanya memberi tiket, selanjutnya tergantung anda). Sama halnya, menerima hadiah hidup kekal dengan cuma-cuma melalui iman pada KRISTUS YESUS menjamin seseorang bisa masuk kedalam kerajaan Allah yang kekal, tetapi tidak ada jaminan sama sekali bahwa kita pasti akan masuk ke surga. Semua bergantung sepenuhnya pada kehidupan yang suci & pekerjaan-pekerjaan baik yang kita lakukan dalam kehidupan ini. (1 Korintus 3:11-17, 9:24-27, 2 Korintus 5:10-11).

Sebenarnya saya tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan pemahaman doktrin & persepsi ayat2 alkitab, karena saya adalah Katolik Gnostic/Esoteric yg lebih mementingkan ritual aspek mistik/spiritualisme dari agama ketimbang meributkan persepsi ayat2 alkitab & doktrin. Jadi anda juga tidak harus menerima persepsi saya, bila memang tidak sesuai hati anda. :).
Bukankah drpd memperdebatkan persepsi, lebih baik kita berdoa & meningkatkan aspek spiritualisme masing2 agar bisa melakukan mujizat mistik utk menolong orang lain. :slight_smile:

ya orang berhak memilih dgn bebas.
bro…carilah kebenaran hanya didalam Kristus,Kebenaran Alkitab,kita akan menikmati kebenaranNya itu.

orang yang merasa dirinya cacad, hendaknya menerima bahwa pada kehidupan dahulu tidak dalam dua kasih terutama; hanya mengasihi Allah saja.

Itulah sebabnya ada kesempatan sekali lagi untuk mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri.

Harusnya bersyukur masih bisa lahir sebagai manusia, itu berarti pada kehidupan dahulu masih ada mengasihi Allah.

Karena untuk orang yang menolak dua kasih terutama tidak demikian. Memang orang yang menolak dua kasih terutama akan dikembalikan juga ke dunia, tetapi tidak ada jaminan dari Allah bahwa dia akan dikembalikan menjadi manusia.

Numpang Nimbrung…
Dulu aku juga pernah korban perasaan kenapa wajah ku ga seberuntung song hye kyo,atau se seksi jenifer lopez,
Sempat jalan2 di perempatan kota,ada beberapa orang wajahnya lebih buruk,atau fisiknya ga sempurna hidup dengan belas kasihan orang lain…haduhhh Tuhan bagaimana rasa beban mental orang2 seperti ini??? lah aku sendiri yg biasa2 aja ada rasa beban mental rasa minder…apa lagi kalo di tengah2 orang cantik n have much talent.
mereka biasanya lebih dihargai dan diakui.
mencoba mencari jawaban dengan browsing,atau pun dengan bertanya pada ibu kandung apakah dahulu beliau pernah banyak pake obat2 tan sembarang…nyatanya tidak pernah,ataukah pernah ada dosa yang berat yang mereka lakukan… nyatanya kedua orang tua ku orang yang biasa yang sederhana,,.teringat dengan ucapan kakak pertamaku’semua ini tuhan ijinkan karna ada rencana yang baik buat hidupku’
Hari,bulan,tahun berganti aku masih terjebak dengan pola pikir rasa tidak adil,aku menjadi tidak bersemangat,malas berinteraksi sebab sudah banyak usaha yang kulakukan untuk menutupi kekurangnku dengan operasi pun tak kan bisa.selalu uring2an sama tuhan

Suatu saat aku tersadar saat melihat foto2 dulu dan sekarang betapa sekarang jauh lebih buruk dari sebelumnya…sempat kaget dengan perubahan wajahku…ini mungkin akibat aku selalu mengerutu sama tuhan sama seperti orang israel sewaktu melintasi padang gurun menuju tanah kanaan
Dari situlah aku cepat berbalik 180 derajat,memohon ampun dan sampai saat ini tidak pernah aku bertanya kembali pada tuhan…sebab ini adalah kedaulatan tuhan.

mulai aku stop makanan yang bikin gemuk,stop marah2 ,olah raga rutin,banyak berinteraksi dengan berbagai orang,banyak belajar dengan orang sukses dan positif,aktif pelayanan di bidangnya,aktif berbagi dengan orang2 yang berkekurangan,positif thinking,belajar banyak bahasa gaul anak2 jaman sekarang<I like this,they re have many creation,and full power>.

perjuanganku untuk merubah ini tidak sedikit waktu,bertahun2 dan sekarang sudah menjadi style ku

Tuhan itu baik…dia pulihkan keadaan ku sekarang jauh lebih baik lagi,sempat aku upload foto di facebook,kata teman2ku biar mau kepala 4 aku tambah kece hehehe :ashamed0004: :char11:

Baru ngeh …emang kasih karunia itu harus di kejar,Tuhan pasti tambahkan.
Yang tadinya suka marah2 sekarang ramah,yang tadinya ga bisa cari duit sekarang bisa berbagi,yang tadinya suka di ejek temen sekarang mereka ga percaya akan keberhasilanku,yang dulu nya aku punya wajah boros sekarang malah awet< berhenti kali penuaan nya :happy0025: :D>

Teringat satu ayat alkitab matius 25:30,Tuhan akan memberikan kelimpahan bagi mereka yang mengusahakan nya…jangan takut jika kita kekurangan atau pun py wajah pas pasan…intinya sabar tetap kerjakan dengan tekun,

My Story 1998-2013 and 'till be continued
Thanks to My Savior ,.he is Jesus.
Thanks to My brother
Thanks to My lovely Husband

God Bless U All.
Makes your self shine and be glow

Bener banget sist, itu sinar kemuliaan Tuhan yang memancar dari hati meluncur ke wajah. Coba deh perhatiin keluarga hamba Tuhan or keluarga anak2 Tuhan, anaknya pasti cantik and ganteng hihi rata-rata deh saya amati begitu kulitnya bagus2. Trus orang-orang yang melayanin di gereja juga, saya suka perhatiin ekspresinya wajahnya itu ringan, tidak berbeban berat (berasa kok orang yang tulus dari hati).

Trus yang saya amati orang-orang yang cinta Tuhan sudah pasti wajahnya itu pada berseri karna suka tersenyum dan suka mengucap syukur buat awet muda benar banget. Trus orang-orang yang friendly dan supel, sosok yang disenangin di lingkungan dan sudah pasti buanyakkkk temannya.

Ngaruh banget deh, inner beauty membuat seseorang yang biasa-biasa saja tadinya menjadi bersinar. Anak Tuhan yang sungguhan hidup dalam rancangan Tuhan, so pasti jarang cembetut dan mengeluarkan kata sia-sia dan ternyata itu ngefek banget membuat tubuh kita menjadi sehat bahagia. Orang-orang yang mengeluarkan kasih sayang kepda sesama dan lingkungan juga ngefek, membuat tubuh kita menjadi bahagia dan relax. Dan semuanya itu intinya di KASIH :slight_smile: