kenapa umat kristen ada persepuluhan?

kenapa ya agama kristen ada persepuluhan? katanya penghasilan umat kristiani harus dipotong sepuluh persen untuk gereja aturan dari mana?

Aturan sich gak ada; bahkan seharusnya kita memberi untuk Tuhan selama ada pada kita bisa saja sampe 100% atas hasil/berkat yang diperoleh.
Umat kristen hanya mengacu pada TULISAN nabi Maleakhi 3:10 dan Lukas 11:42.
Penerapannya : tergantung pada iman seseorang dan sedikit kerelaan hati serta sejumput kemurahan hati. GBU all

kepada Tuhan? yg bener saja, Tuhan itu dalam agama kristen maha pencipta masa masih butuh uang? aya2 wae
kerelaan itukan maksudnya seiklasnya, namanya seiklasnya gak usah dipatok donk

engga harus bro, kerelaan and kesadaran koq…

bukan cuma itu doang, beribadah pun bukan harus, tetapi kerelaan and kesadaran. :happy0025:

kalo si A atawa si B bilang : "kamu harus begini dan begitu…itu semata-mata wujud kasih sayang yang telah dulu dia terima dari Tuhan dan hasrat dia yang besar agar si A atawa si B itu ikut merasakan kasih yang sama. :angry:

tapi dibanyak gereja ada yg menerapkan persepuluhan maksudnya apa?

mungken seperti yang ta’ posting diatas, mungken pulak untuk cari dana, mungken untuk keperluan tertentu, mungken pulak untuk menipu, ada banyak kemungkenan bro… :azn:

kepada Tuhan? yg bener saja, Tuhan itu dalam agama kristen maha pencipta masa masih butuh uang? aya2 wae
kerelaan itukan maksudnya seiklasnya, namanya seiklasnya gak usah dipatok donk
[/quote]
Tepat sekali, Tuhan gak butuh uang dan bahkan dia juga sebenarnya nggak butuh saya dan anda!!! dia bisa bikin apa saja kalo dia mau. bahkan DIA bisa membuat batu bisa hidup kok!!!

cuman sayangnya: Tuhan itu solider banget, KACIAN, CARE, baik ati ama ciptaanNya; maka dia meminta kesediaan saya dan anda untuk bekerjasama denganNya untuk menciptakan sukacita, damai, kesejahteraan, persaudaraan dan saling tolong menolong dalam pekerjaan yang baik yang telah DIA persiapkan sebelumnya----sebelum ada saya dan anda.

Satu pelajaran bisa diambil dari kata-kata Tuhan Yesus: berikanlah apa yang menjadi HAK Bapa dan bayarlah apa yan g menjadi HAK raja; saat DIA menunjukkan 2(Dua) sisi mata uang.

salam kenal sebelumnya…
sekadar informasi
bagi umat kristiani dasar firman yang dipakai untuk persepuluhan adalah:

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Maleakhi 3:10

demikian semoga membantu.
GBU

Bukan aturan dr mana … ttp dr sejak Abraham , Yakub …semua sudah menjalankan 1/10 sbg persembahan mereka kpd Allah ,
So bukan hanya umat kristen loh

Ada koq ayatnya :wink:

Ge 14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

Ge 28:20-22

20 Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai,

21 sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku.

22 Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Dan…Yesuspun mengajarkan yang satu(???) disitu Dia sedang menunjuk pada persepuluhan …ttp yang lain pun jangan diabaikan

Lu 11:42 Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

sdh ada sejak Abraham.
bahkan bkn hanya persepuluhan tp buah sulung.
Abraham diminta utk mempersembahkan ishak, anaknya. Dia taat.
jd ini adalah ketaatan kpd Tuhan. yg tentu aja semuanya itu ada upahnya.
spt Abraham sangat diberkati ( kej 22:16-17 )

Bukan hanya perpuluhan, tetapi juga hasil pertama dari setiap penghasilan.

Maleakhi

3:10 [b]Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu [/b] ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Amsal

3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan [b]hasil pertama [/b] dari segala penghasilanmu, 3:10 maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Itu bukan sesuatu yang kalo ngga dilakukan, nanti masuk neraka. Tetapi itu adalah suatu bentuk ibadah kepada Tuhan.

Dari pandangan saya, Tuhan memerintahkan demikian karena lewat itulah pelayan-pelayan Tuhan hidup.

Coba kasih bukti gereja mana yang lakukan demikian!

Gereja memang menghimbau, tetapi bukan memaksakan.

sebagai anak-anak Tuhan kita taat akan Firman yang diajarkan kepada kita, toh nanti kita sendiri yang akan merasakan dan melihat buah dari ketaatan kita.

Memberi persepuluhan itu adalah salah satu bukti ketaatan kita pada Tuhan Yesus.Tuhan ingin melihat hati kita seberapa rindu kita ingin memberi kepada Tuhan.

Tuhan tidak pernah butuh uang kita karna segalanya Dia yang punya tapi Tuhan rindu semua umatNYA diberkati berlipat kali ganda.

Lihat di Maleaki 3 : 10. perhatikan kata "ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

itulah buktinya betapa Tuhan Yesus teramat baik bagi orang2 yang mengasihi Dia.
Gbu

Tuhan ndak butuh uang kita,
Tp jemaatNya dan org2 miskin akan butuh uang kita.

Karna jika Tuhan tiba-tiba ciptakan uang maka ntar bisa tjadi inflasi parah,
Maka Ia mnggerakkan umatNya utk mbrikan sumbangan,
Cukuplah 10% saja.

Bg yg kurang mampu dan ngga bisa,
Ya udah Tuhan ttp memberkati.

Bg yg mampu dan mbri lebih,
Tuhan juga mberkati.