kenapa Yesus selalu berbicara memakai perumpamaan?

Kenapa ya YEsus mengajar kebanyakan menggunakan perumpamaan?
padahal kan klo mau dimengerti semua orang lansung aja pake bahasa yang mudah dimengerti…
ada ayat nya yg menjelaskan knp Dia harus memakai perumpamaan?

thx for share b 4 :slight_smile:

Shalom kenal sist met Senin pagiii :onion-head80:
Maksudnya Tuhan Yesus Kristus khan y ? :slight_smile:
Karena Dia ‘cerdas’ ohohoo ^-^, Dia adalah Pribadi yg mau memahami betapa "universal"nya ragam sifat karakter & daya tangkap manusia, pun seluk beluk kehidupan setiap orang yg tidak sama, sehingga dg 'taktis, filosofis & elegannya’ Tuhan Yesus menyampaikeun ‘messages-Nya’ acapkali via perumpamaan2 yg bermakna dalam & ga terkesan kata-kata ‘gampangan’ ; gampang didengar sehingga cuma sekedar masuk telinga kiri keluar telinga kanan, tapi automatically akan membuat barangsiapa / siapapun yg mendengarnya jadi tertarik, otomatis ‘berpikir’ dahulu, sejenak bertanya-tanya juga, ada rasa penasaran yg menggugah utk semakin menyimak & akhirnya mencernanya, kemudian terekam di otak tersimpan di hati terlahir dalam perilakunya.
Jejak kesan yg disampaikeun via perumpamaan itu sungguh2 “mengajar” (bukan sekedar ujaran basa/i).
>> Mat 13: 9-53

Oia, sist sudah pernah mampir baca2 ke sini bulum ? http://www.sarapanpagi.org/perumpamaan-perumpamaan-dalam-ajaran-tuhan-yesus-kristus-vt1358.html

Would b nice to share more with otha :slight_smile:
Have a blessed Monday!
JBu

Ini yg disampaikan oleh Tuhan Yesus dlm injil Matius:
13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”
13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
GBU

Perumpamaan = Teka Teki = Mistery :happy0025:
Ini beberapa ayat-ayat dari Alkitab yang merupakan salah satu alasan penting YESUS menggunakan “Mistery”
Mzm 78:2 Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.
Ams 1:6 untuk mengerti amsal dan ibarat, perkataan dan teka-teki orang bijak.
Yeh 17:2 "Hai anak manusia, katakanlah suatu teka-teki dan ucapkanlah suatu perumpamaan kepada kaum Israel.
Mrk 4:33 Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka,
Mat 13:34-35 Semuanya itu disampaikan Yesus kepada orang banyak dalam perumpamaan, dan tanpa perumpamaan suatupun tidak disampaikan-Nya kepada mereka,supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: “Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan.”

Shalom

:smiley: :slight_smile: :afro:

[b]Tentang Kerajaan Surga: semuanya disampaikan dalam perumpamaan.
Mat 13:33 Dia membicarakan sebuah perumpamaan yang lain kepada mereka, “Kerajaan surga itu seumpama ragi, yang setelah mengambilnya, seorang wanita mengadukkannya ke dalam tiga sukat tepung adonan sampai teragikan seluruhnya.”
Mat 13:34 YESUS mengatakan semua hal ini dalam perumpamaan kepada kerumunan orang itu, dan tanpa perumpamaan, Dia tidak berbicara kepada mereka,
Mat 13:35 sehingga tergenapilah apa yang telah difirmankan melalui nabi ketika berkata, “Aku akan membuka mulut-Ku dalam perumpamaan, Aku akan mengucapkan yang tersembunyi sejak permulaan dunia.”

Kerajaan Surga itu tidak ternilai; bukan hal yang murahan.
Maka orang harus membayar harga/berjuang untuk mendapatkannya. Dengan iman berusaha mencari tahu apa arti dari perumpamaan tsb.

Luk 12:34 Sebab di mana hartamu berada, di situ juga hatimu akan berada.”
Luk 12:35 “Hendaklah pinggangmu tetap terikat dan pelitamu tetap dinyalakan.

Pro 16:16 Mendapatkan hikmat lebih baik daripada emas, dan memperoleh pengertian adalah yang dipilih melebihi perak.

2Ch 1:11 Dan Elohim berfirman kepada Salomo, “Oleh karena ini yang ada dalam hatimu, dan engkau tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan atau nyawa pembencimu, dan juga tidak meminta umur panjang, tetapi engkau meminta hikmat dan pengertian bagi dirimu untuk dapat menghakimi umat-Ku, yang atasnya telah Aku buat engkau memerintah,
2Ch 1:12 maka hikmat dan pengertian itu diberikan kepadamu, dan kekayaan, dan harta benda, dan kemuliaan Aku akan memberikannya kepadamu, sebagaimana tidak ada raja-raja yang sepertimu sebelum engkau, demikian juga tidak akan ada yang sepertimu sesudah engkau.”

Pro 3:13 Berbahagialah orang yang mendapatkan hikmat, dan orang yang memperoleh pengertian;
Pro 3:14 karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas murni;
Pro 3:15 dia lebih mulia daripada batu merah delima; apa pun yang kamu inginkan, tidak dapat dibandingkan dengannya.
Pro 3:16 Umur panjang ada di tangan kanannya; kekayaan dan kehormatan di tangan kirinya.
Pro 3:17 Jalannya adalah jalan kesenangan dan segala jalannya, damai sejahtera.

Mat 6:32 karena bangsa-bangsa lain mengejar semua ini; sebab Bapa surgawimu mengetahui bahwa kamu membutuhkan semua ini.
Mat 6:33 Namun, carilah terlebih dahulu kerajaan Elohim dan kebenaran-Nya, dan semua ini akan ditambahkan kepadamu.

Mat 13:45 Lagi pula, kerajaan surga itu serupa dengan seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah;
Mat 13:46 yang setelah menemukan sebutir mutiara yang sangat mahal, sambil pergi dia menjual segala sesuatu sebanyak yang ia miliki, dan dia pun membelinya.”

Makanya, Kerajaan Surga hanya disampaikan melalui perumpamaan karena itu tidak ternilai. Dan orang yang mau mendapatkannya harus berusaha mencari tahu apa arti tersembunyi/tersirat/pengertian rohani yang dimaksud dalam perumpamaan tsb.

Pro 25:2 Kemuliaan Elohim ialah merahasiakan sesuatu, tetapi kemuliaan raja-raja ialah menyelidiki sesuatu.

Kalau Kerajaan Surga tidak disampaikan dalam perumpamaan, apa yang disampaikan dalam arti sesungguhnya; maka orang yang mendengarnya kemungkinan akan melecehkan/tidak menghargai. Maka dari itu, Tuhan tidak akan membiarkan Diri-Nya dilecehkan, sehingga semua disampaikan dalam perumpamaan. Dengan maksud apa yang disampaikan adalah benar dan tidak ternilai, sehingga barang siapa yang mau; baiklah ia membayar harga dengan beriman dan merenungkan sungguh2 perumpamaan tsb. sehingga benar2 meresap dan akhirnya dapat berbuah.
Sehingga sesuai ayat2 FT:

Mat 7:6 Janganlah memberikan yang kudus kepada anjing, jangan pula melemparkan mutiaramu ke hadapan babi, agar tidak mereka injak-injak dengan kakinya, dan seraya berbalik mereka mencabik-cabik kamu.”

Mar 4:33 Dan dengan banyak perumpamaan seperti itu, Dia membicarakan firman kepada mereka, sebagaimana mereka dapat mendengarkannya,

Luk 8:18 Oleh sebab itu, perhatikanlah bagaimana kamu mendengarkan; sebab siapa yang memiliki, kepadanya akan diberikan, dan siapa yang tidak memiliki, bahkan apa yang ia anggap memiliki, akan diambil dari padanya.”

Jadi jangan memaksakan orang yang tidak mau menerima FT, karena dengan sendirinya barang siapa menerima FT akan menerima berkat.

Shalom,
[/b]

[b]Hati kebanyakan orang bukanlah tanah yang baik/subur. Atau hati yang lembut; tetapi kebanyakan hati yang keras/suka membantah/suka berdebat asal2an secara tidak sehat.

Hati bagaikan tanah yang kurang/tidak baik. Hati yang keras/suka membantah/ berdebat secara tidak sehat/ mencari persoalan yang tidak2 :

Mat 13:3 Dan Dia berbicara kepada mereka banyak hal dalam perumpamaan, seraya mengatakan, “Lihatlah orang yang menabur keluar untuk menabur.
Mat 13:4 Dan ketika menaburkannya, sesungguhnya beberapa jatuh di tepi jalan, dan datanglah burung-burung, dan memakannya.
Mat 13:5 Dan yang lain jatuh di atas yang berbatu, tempat yang tidak mengandung banyak tanah, dan segera dia bertunas; karena tidak mempunyai kedalaman tanah,
Mat 13:6 terlebih setelah terbitnya matahari, dia tersengat panas, lalu karena tidak mempunyai akar, ia menjadi layu.
Mat 13:7 Dan yang lainnya jatuh pada semak duri, dan semak duri itu bertumbuh besar dan mengimpitnya.

1Ti 6:3 Jika seseorang mengajarkan hal yang berbeda dan tidak tertuju kepada firman yang menyehatkan, yang dari Tuhan kita YESUS Kristus, dan bagi pengajaran yang sesuai dengan kesalehan,
1Ti 6:4 maka dia telah menjadi sombong sekalipun tidak mengerti apa-apa. Sebaliknya, karena gandrung akan perdebatan dan silat kata, dari sanalah timbul iri hati, perselisihan, fitnah, kecurigaan yang jahat,

1Ti 1:6 Dari hal-hal itu, beberapa orang yang salah sasaran telah berpaling kepada omong kosong
1Ti 1:7 dengan ingin menjadi pengajar torat, sekalipun tidak mengerti apa yang mereka ucapkan maupun tentang apa yang mereka tekankan.

Jas 1:19 Maka itu hai saudara-saudaraku yang terkasih, biarlah setiap orang cepat untuk mendengar, lambat untuk berbicara, lambat untuk marah.
Jas 1:20 Sebab kemarahan manusia tidak menghasilkan kebenaran Elohim.

Bersambung…,
[/b]

[b]…sambungan:

Dan hati yang baik bagai tanah yang baik/subur. Atau hati yang lemah lembut :

Mat 13:8 Dan yang lainnya jatuh di atas tanah yang subur, dan menghasilkan buah: ada yang seratus kali lipat, dan ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang tiga puluh kali lipat.
Mat 13:9 Siapa yang mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah dia mendengarkan!”

Php 4:5 Biarlah kelembutan hatimu diketahui oleh semua orang, Tuhan itu dekat.

Jas 1:21 Sebab itu, dengan menyingkirkan segala kotoran dan banyaknya kejahatan, terimalah dengan kelemahlembutan firman yang ditanam, yang dapat menyelamatkan jiwamu.

Perumpamaan itu bagaikan teka teki yang harus dipecahkan. Seperti yang disampaikan Bro Evata (reply#3).
Kalau semua orang dapat seperti Musa karena kelembutan hatinya, maka Tuhan tidak perlu memakai perumpamaan lagi.

Num 12:3 Dan Musa adalah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih daripada setiap orang yang ada di atas muka bumi.
Num 12:4 Dan tiba-tiba berfirmanlah YAHWEH kepada Musa dan kepada Harun dan kepada Miryam, “Keluarlah kamu bertiga ke kemah pertemuan.” Dan mereka bertiga keluar.
Num 12:5 Dan YAHWEH turun dalam tiang awan dan berdiri di pintu kemah itu, lalu memanggil Harun dan Miryam. Dan keluarlah mereka berdua.
Num 12:6 Dan Dia berfirman, “Dengarkanlah sekarang perkataan-Ku. Jika ada seorang nabi di antara kamu, Aku YAHWEH, akan membuat diri-Ku dikenal olehnya dalam penglihatan; Aku akan berbicara kepadanya dalam mimpi.
Num 12:7 Tidaklah demikian dengan hamba-Ku Musa! Dialah seorang yang ditetapkan dalam seluruh rumah-Ku.
Num 12:8 Aku berbicara kepadanya dari mulut ke mulut bahkan oleh sebuah penampakan, dan bukan dalam teka-teki; dan dia memandang rupa YAHWEH. Jadi mengapakah kamu tidak takut untuk berbicara menentang hamba-Ku, Musa?”

Php 4:5 Biarlah kelembutan hatimu diketahui oleh semua orang, Tuhan itu dekat.

Atau kalau orang Kristen, imannya sudah mantap. Sudah mengalami baptisan ROH KUDUS :

Joh 16:25 Aku telah mengatakan hal-hal itu kepadamu dalam perumpamaan-perumpamaan, tetapi saatnya tiba ketika Aku tidak lagi akan berbicara kepadamu dalam perumpamaan, melainkan dengan terus terang Aku akan memberitakan kepadamu mengenai Bapa.
Joh 16:26 Pada hari itu kamu akan meminta dalam Nama-Ku, dan Aku tidak berkata kepadamu bahwa Aku akan meminta kepada Bapa mengenai kamu.
Joh 16:27 Sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan kamu telah percaya bahwa Aku berasal dari ELOHIM.
Joh 16:28 Aku berasal dari Bapa dan telah datang ke dalam dunia, tetapi Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa.”

Joh 14:15 Jika kamu mengasihi Aku, peliharalah perintah-perintah-Ku!”
Joh 14:16 “Dan Aku akan meminta kepada Bapa, dan Dia akan mengaruniakan kepadamu Penghibur yang lain, supaya Dia tinggal bersama kamu selamanya,
Joh 14:17 yaitu Roh Kebenaran, yang dunia tidak dapat menerimanya, karena dunia tidak melihat Dia, juga tidak mengenal-Nya. Namun kamu mengenal-Nya karena Dia tinggal bersama kamu dan akan berada di dalam kamu.
Joh 14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu yatim piatu, Aku datang kepada kamu.

Act 2:33 Oleh karena itu, setelah ditinggikan di sebelah kanan ELOHIM, dan karena menerima janji ROH KUDUS dari Bapa, Dia mencurahkan hal ini, yaitu apa yang sedang kamu lihat dan dengar sekarang.

Act 1:8 Namun kamu akan menerima kuasa, bilamana ROH KUDUS datang ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku, baik di Yerusalem, maupun di seluruh Yudea, dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.”

Joh 16:23 “Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyai Aku apa pun. Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, apa saja yang kamu minta kepada Bapa dalam Nama-Ku, Dia akan memberikannya kepadamu.
Joh 16:24 Sampai sekarang kamu tidak meminta apa pun dalam Nama-Ku, mintalah, dan kamu akan menerima, supaya sukacitamu dapat dipenuhkan.

Shalom,
[/b]

Sperti telah dijawab rekan yang lain…

mengapa Yesus menggunakan perumpamaan?

Mat 13:13
Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.

ada bagian yang seharusnya tak disinggahi yang jahat (kegelapan) , sebab ALLAH ADALAH TERANG…

dan ada bagian seharusnya tidak boleh dicuri si iblis, SEBAB KERJAANNYA ADALAH KUDUS…

itu sebabnya,

kedagingan menghasilkan daging, dan roh menghasilkan buah roh…

saat seorang adalah benar2 daging dan kedagingan dalam setiap pemikran dan tingkah lakunya… dia tidak akan DAPAT MELIHAT PERUMPAMAAN ITU SEBAGAI KEBENARAN… dan mengetahui makna yang terkandung didalamnya…

dan kedua hal itu daging dan roh itu TIDAK DAPAT KEDUANYA BERDIRI SCARA BERSAMAAN… DALAM MENGERTI KAIDAH KAIDAH YANG ADA PADA ALLAH…

itu makanya:

WALAUPUN MEREKA TELAH MELIHAT DAN MENDENGAR… NAMUN TIDAK MENGERTI…

salam…

Benar Bro, orang yang mau mengerti dituntut berpikiran rohani sehingga dapat mengerti kebenaran perumpamaan. Suatu syarat nilai yang harus dibayar untuk mendapatkan Kerajaan Surga.

Mat 13:15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan mereka sulit mendengarkan dengan telinga, dan mereka menutup matanya, supaya mereka tidak bisa melihat dengan mata, dan tidak bisa mendengarkan dengan telinga, dan tidak bisa memahami dengan hati, lalu mereka berbalik, dan Aku akan menyembuhkan mereka.

Suatu pengujian: barang siapa dapat memilah/memisahkan antara mind set/kedagingan dengan pengertian rohani/perumpamaan/kiasan/tersirat; maka dia dapat mengerti kebenaran dari perumpamaan tsb.
Misal: perumpamaan Lazarus dan orang kaya.

Shalom,

saya pernah baca ayat ini dan berusaha buat nangkep maksud nya, tapi tetep belom ngerti…
jadi artinya dua ayat ini apa??
13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
kata “mempunyai” yg dimaksud itu mempunyai apa? HIkmat?
lalu ayat yg ke 13, maksud nya “mendengar” apa? dan “melihat” apa??

Sori ayat tsb dari Injil Matius bukan Markus,

Mempunyai disitu adalah org mempunyai kebenaran Allah, yaitu org2 yg percaya Yesus
Roma 3:22 yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. . . .

maksudnya utk org2 yg tdk percaya Yesus,
sekalipun mereka mendengar pemberitaan Injil/keselamatan, mereka tdk akan mendengarkan,
sekalipun mereka melihat mujizat yg dilakukan oleh Yesus mereka tetap tdk percaya
GBU

Mempunyai, pengertiannya memegang erat FT (pengertian yang benar), lakukan FT itu sesuai dengan kapasitas pengertian yang ada pada anda; jangan mengajarkan FT di luar pengetahuan anda.
Dengan perbuatan yang sesuai FT, maka pengertian FT anda akan bertambah. Semakin banyak anda mengerti FT, ketika di dalam persekutuan ada kehadiran roh kudus; maka anda akan mendapatkan baptisan roh kudus (pengurapan Roh Kudus yang menetap). Tingkat kepenuhan-Nya tergantung seberapa banyak anda mengerti FT dan melakukannya, sehingga dari satu tingkat ke tingkat lain hingga benar2 anda dapat dipenuhkan dalam seluruh kepenuhan roh kudus. Inilah maksudnya: -sehingga ia berkelimpahan-.
Karena siapa yang memiliki roh kudus; maka dia adalah Anak-Nya. Pikiran anda selaras dengan Bapa; otomatis hidup anda berkemenangan. Apa yang anda minta dalam Nama Yesus kepada Bapa, anda akan mendapatkannya.

Sedangkan kalau anda tidak mengerti FT, anda tidak akan mendapatkan baptisan roh kudus karena anda tidak bertumbuh apalagi akhirnya dapat berbuah. Sehingga perumpamaannya pohon yang tidak berbuah, kapak sudah tersedia untuk menebangnya dan dibakar/dibuang ke api. Inilah maksudnya: -siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya-.

Melihat, pengertiannya melihat mujizat. Mendengar, pengertiannya mendengar FT dalam perumpamaan. Orang non Kristen tidak akan mengerti, baik melihat mau pun mendengar; karena mereka berpola pikir kedagingan/semaunya, disebabkan mereka tidak memiliki (urapan) roh kudus.
Sebaiknya anda boleh membaca ayat yang sejajar di Mat 25:14-30.

Shalom,

Sori ayat tsb dari Injil Matius bukan Markus,

Mempunyai disitu adalah org mempunyai kebenaran Allah, yaitu org2 yg percaya Yesus
Roma 3:22 yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. . . .

maksudnya utk org2 yg tdk percaya Yesus,
sekalipun mereka mendengar pemberitaan Injil/keselamatan, mereka tdk akan mendengarkan,
sekalipun mereka melihat mujizat yg dilakukan oleh Yesus mereka tetap tdk percaya
GBU

NOTE:
IMO, Untuk org2 yg sdh percaya Yesus,
perumpamaan itu malah bisa memperjelas maksud penyampaian,
karena akan sangat membantu utk membayangkan apa yg disampaikan oleh Tuhan Yesus
misal: pukat yg mengumpulkan berjenis2 ikan, benih gandum & lalang, biji sesawi dll
GBU all

Perhatikan kalimat ini:

Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.

Siapa yang disebut mereka?

Untuk mengetahui mengapa Allah menyampaikan pesannya sering kali melalui perumpamaan, bahkan tentang Yesus, Allah memberikan kiasan saja tidak langsung gamblang, “nanti Aku sendiri akan menjadi manusia bernama Yesus yang akan menebus dosa kamu, asalkan kamu percaya kepadaKu pada saat itu. Aku akan menebus kamu dari maut dengan nyawaKu sendiri sebagai tebusannya dan…” Tetapi kita malah menerima perjanjian sunat, hukum Taurat, nubuat atas bangsa-bangsa di Timur Tengah, atas kota-kota, atas raja-raja dan juga buku berisi cerita sejarah dan mazmur.

Mengapa?

Karena kita tidak layak diselamatkan, karena semua orang pantas binasa didalam maut. Tetapi oleh kemurahanNya kita menerima anugrah untuk diselamatkan. Bukan atas semua orang, tetapi hanya atas orang-orang yang Tuhan pandang layak untuk menerima anugrahNya. Sisanya mereka tetap layak binasa sejak semula memang patut dibinasakan.

Kedua karena keadilan Allah, baik terhadap Adam dan Hawa maupun Iblis. Ingat Alkitab diawali dengan permusuhan yang telah ditetapkan Allah antara manusia dan Iblis. Menyelamatkan manusia dari maut yang harus diterimanya karena telah ditetapkanNya hukum di Taman Eden, tidak dapat seperti membalik tangan. Karena itu Allah menetapkan hukum tentang penghapus salah, penghapus dosa dan hukum keselamatan, sebagai jalan kita diselamatkan dari maut. Hukum tersebut berlaku sperti aksi dan reaksi, aksi tertentu akan menimbulkan reaksi tertentu. Karena itu sangat perlu untuk memeteraikan semuanya itu sebelum waktu penggenapannya agar Iblis tidak menjauhkan kita dari Allah.

1 Korintus 2:7-8
Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia.

Yesus sudah hendak dibinasakan Iblis saat bayi dan akhirnya berhasil juga menyalibkanNya, tetapi mereka tidak mengerti rahasia termeterai tersebut, Iblis dan anak-anak Iblis.

Mengapa Allah harus menjadi Yesus, seorang manusia sama seperti kita untuk menyelamatkan kita? Sebab telah ditetapkan Allah…

Kejadian 3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Bukan sosok ilahi yang bergelar Allah yang akan meremukan Iblis, tetapi seorang manusia. Allah yang menjadi manusia lewat seorang perawan seperti yang dijanjikanNya lewat Yeremia. Sehingga kita menyebut Yesus juga sebagai Anak Manusia, yang meremukan Iblis, si Ular Tua (kenapa disebut tua? karena ular yang dimaksud adalah ular yang memperdaya Adam dan Hawa).

Semoga mencerahkan…

Firman Tuhan adalah rahasia termeterai bagi Iblis dan anak-anak Iblis.