KENDO - THE WAY OF SWORD

mencurigakan banget kan kak, aku sih ngelihatnya itu new age, berbau universalisme dan relativitas dari olahraga2 bela diri. Karena di zaman sekarang kita harus benar-benar hati-hati jangan sampai jatuh ke lembah iblis. Apalagi iblis kerjanya samar-samar banget kak, itu berarti kita harus kritis. Namun dengan kemampuan kita sendiri, kita ga akan mampu. perlulah bantuan Roh Kudus yang memampukan kita memfilter dan perlunya kembali fokus ke salib Kristus.

Perlu waktu puluhan tahun buat saya untuk mengamini bahwa memang beladiri ini (terutama yang berasal dari Asia) tidak kompatibel dengan kekristenan, apapun alasannya. Tapi saya juga tidak melarang mereka yang muda-muda belajar beladiri. Silakan saja untuk olah raga dan seni. Kalo saya sampe melarang-larang, ya harus konsisten, musik, masak, tai chi, modern dance, dll juga harus dilarang. Tapi kan absurd tuh kalo sampe begitu? Kan tidak semua orang bisa hidup di biara?

Pkh 11:9 Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan!

Yang penting konsekuen. Itu aja.

Orang Tuhan Yesus juga pernah muda.
:smiley:

buat saya, semua beladiri boleh KECUALI yang pake tenaga2 dalam dll itu gak banget buat aku,

kan beladiri bukan buat gagah2 an, tapi buat lindungi diri dan buat PD kali hehehehehe

aku dah ada 4 shinai, yng satu aku kasih ke orang, jadi ada 3 shinai ama 1 bokken, hehehhe

bogu bisa beli dari sensei, muraaahahhh kualitas top! hahahahaa