Kesamaan Yahudi dan Katolik

Setelah saya membaca tulisan di atas , saya jadi teringat akan katolik maupun gereja2 yang bersumber dari tradisinya yang kuat

*Sebagai contoh orang katolik beragumen jika tradisinya mulai dipertanyakan = ‘gereja kami sudah 2000 tahun , sehingga tidak mungkin kami bisa sesat menafsirkan kitab suci maupun tradisi2 kami tidak mungkin sesat’

*Begitu pula para rabbi yahudi jika tafsiran/tradisinya mulai dipertanyakan= 'Kami ini adalah pewaris hukum musa , dan ROH ALLAH ada pada kami , sehingga penafsiran/tradisi2 kami tidak mungkin sesat . ’

Umat yahudi wajib tunduk pada tradisi yang diajarkan para rabbi yahudi , meskipun tradisi2 itu berlawanan dengan Firman Tuhan sendiri dalam Torah . Sehingga tradisi mereka bahkan dianggap sangat suci , mungkin melebihi torah itu sendiri

Dan para rabbi yahudi juga punya berbagai macam alasan untuk membenarkan tradisi mereka bahwa “TUHAN juga memberikan hukum lisan kepada musa , dan hukum lisan itulah yang dijadikan tradisi oleh para rabbi yahudi dan semua umat wajib mengikuti tradisi suci itu . Dan hukum lisan/tradisi mereka tidak mungkin sesat”

Sound familiar?

Saya melihat adanya kesamaan antara katolik dan yahudi , dimana kedua agama ini betul2 mengagungkan tradisi2 mereka sampai2 melebihi kitab suci sendiri . Umat harus tunduk pada tradisi dan pemimpinnya (rabbi dan paus) , Meskipun tradisi2 itu bertentangan dgn kitab suci sendiri .

Yang ingin saya sampaikan “para rabbi2 yahudi tersebut mengklaim bahwa penafsiran/tradisi2 mereka diilhami oleh ROH ALLAH sehingga mereka tidak mungkin sesat . Tapi faktanya sampai sekarang mereka tidak mengenal siapa mesias mereka . Mungkinkah penafsiran2/tradisi2 dari katolik roma yang katanya pewaris ajaran para rasul juga tidak bisa sesat ?Masihkah kita masih percaya dengan klaim-klaim tersebut tanpa mengujinya?”

Seperti melihat sejarah yang diputar kembali .

Markus 7:9
7:9 YESUS berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.

:afro:

Begitulah… tradisi Katolik bahkan sampai mengalahkan otoritas Alkitab (Firman Allah). Tapi biasanya sih mereka akan bilang, “Loh, Alkitab muncul juga dari tradisi Katolik…”

Capek deh… :mad0261:

Owh klo gitu Alkitab muncul sendiri tiba2 ya?
Apa jatoh dr langit ya?? :smiley:

Weleh, apa mbah bilang?

Baru saja dirasani, sudah muncul (salah satu) orangnya :huh:

Cm komen itu aja ya?

Jawabannya mana?

Mknnya mbah ksh wejangan ke nubi2 ini donk dr mana muncul nya Alkitab

Jd nubi ga bingung

Yang ingin saya sampaikan "para rabbi2 yahudi tersebut mengklaim bahwa penafsiran/tradisi2 mereka diilhami oleh ROH ALLAH sehingga mereka tidak mungkin sesat . Tapi faktanya sampai sekarang mereka tidak mengenal siapa mesias mereka . Mungkinkah penafsiran2/tradisi2 dari katolik roma yang katanya pewaris ajaran para rasul juga tidak bisa sesat ?Masihkah kita masih percaya dengan klaim-klaim tersebut tanpa mengujinya?"

Wakakakkakkaka … YAHUDI masalahnya tidak percaya pada YESUS, dan menurut mereka MESIAS yang dinantikan adalah MESIAS RAJA DUNIA. Bukan pada masalah tradisi nya salah.

Artinya kalau anda PROTESTAN , maka

YAHUDI sebelum YESUS datang .
YESUS datang tetap tidak percaya dan tetap beragama YAHUDI.

KATOLIK sebelum Martin Luther datang.
Martin Luther datang banyak yang percaya dan menjadi PROTESTAN.

Berarti Protestan punya NABI baru yaitu NABI MARTIN LUTHER. :char11:

Coba di PB ada gak NABI BARU setelah YESUS …adalah MARTIN LUTHER :mad0261:

Kalau mau konsisten lebih baik ikut para rabbi yahudi dan judaism saja

“Katolik itu baru 2000 tahun , sedangkan judaism sudah terbukti 3400 tahun bertahan (masih exist) , dan para rabbi2 yahudi sendiri sudah memberikan jaminan bahwa mereka tidak mungkin sesat karena mereka adalah pewaris hukum musa dan ROH ALLAH ada pada mereka”

Kalo standar benar atau tidaknya sebuah pengajaran dihitung dari seberapa tua ajaran itu masih bertahan , dan klaim - klaim yang berkata bahwa mereka tidak bisa sesat . Jelas judaism adalah yang paling benar dari pada katolik,protestan maupun islam

Ikut kok yang tanggung2(baru 2000 tahun) , sedankan judaism sudah 3400 tahun terbukti masih bertahan

Sodara sudah membaca tulisan di atas belum?

Poin yang ingin disampaikan penulis adalah banyaknya tradisi2 judaism yang tidak sesuai dengan torah , sehingga penulis menyampaikan bahwa mereka sudah menyimpang . Seperti TUHAN YESUS yang menegur mereka sendiri bahwa mereka mengebiri perintah ALLAH hanya demi adat istiadat sendiri

Makanya jika suatu tradisi tidak ada bukti dasar yang kuat dan hanya bermodalkan klaim “kami tidak bisa sesat” . Sudah jelas sangat layak dipertanyakan tradisi2 semacam itu

“Tradisi yang membuat seseorang semakin jauh dari kebenaran . Seperti judaism yang semakin menjauhi torah yang murni hanya karena tradisi2 mereka . Mungkin saja katolik juga akan semakin jauh dari injil yang murni hanya karena tradisi2 mereka”

Itulah yang ingin disampaikan penulis

Yah beda atuh, malah lebih miripnya dengan protestan…
kitab suci Yahudi = kitab PL protestan…

Poinnya saja brother

Penulis di atas ingin menyampaikan bahwa tradisi2 yang hanya bermodalkan klaim “tidak bisa sesat” , sangat layak dipertanyakan

Makanya saya katakan katolik sangat mirip dengan yahudi

hehehe… referensinya mana kalo orang yahudi mengklaim tidak bisa sesat…???
atau itu hanya penafsiranmu saja…???

====
kalo katolik itu Yesus sendiri yang menyatakannya…!
“Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Kepha dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”

Yg d atas ini cm usulan ya?

Usul jg deh…drpada ngurusin rumah tangga orang mendingan urus dulu iman dan gereja anda sendiri

Cheers

DIawal trit sudah saya cantumkan linknya

Harap dibaca dahulu , maka sodara akan tau bahwa yahudi mengklaim dirinya tidak bisa sesat

Sia-sia saya mencantumkan link

sangat2 absurd jika kamu mau membahas yahudi tetapi mengambil dari situs kristen…
ini sama saja kamu mau membahas binatang tetapi memakai referensi majalah tumbuhan… ;D
paham…??

kamu cari dari situs yahudi apa benar orang yahudi mengatakan tidak pernah sesat…?

Kalau gereja katolik banyak melakukan kesesatan, berarti janji Yesus itu bukan pada gereja katolik dong :angel:

Tampaknya sodara betul2 tidak ada niat membaca link tersebut

Penulis tersebut adalah doctor berdarah yahudi , dan sudah mendalami judaism dari para rabbi2(ditempa secara yahudi ) . Mempelajari tradisi2 yahudi dari para ahli talmud dan torah

Sepertinya emmang sodara sudah negative thinking duluan , oh iya link itu juga tidak membahas katolik sama sekali

Hanya membahas judaism

saya tidak habis pikir, apakah kamu juga membenarkan kesaksian2 pendeta2 mualaf si situs2 muslim…??
sudah saya bilang, kamu cari situs resminya kemudian kita bahas…

dan katolik tidak sama dengan yahudi karena ‘infalibilitas gereja katolik’ diberikan oleh Yesus sendiri…! Paham…?

contohnya…?

Ya no problem

Yang jelas sudah sangat persis yahudi dan katolik soal tradisinya , “dimana tradisi bisa mengalahkan otoritas FIRMAN TUHAN sendiri”

lho… Matt 16:18 masa kamu bilang Tradisi…?? :mad0218:

ited…ited…
kalau pun anda mengklaim dalam matius itu gereja anda silahkan
tetapi anda musti tau bahwa petrus sendiri yang langsung berhadapan dengan Yesus masih bisa salah sehingga paulus menegurnya karena kemunafikanya.
kok bisa-bisanya kamu bilg GK tidak bisa salah???