keselamatan bisa hilang atau tidak???

Kalau menurut teman-teman keselamatan bisa hilang atau tidak :afro:

ada dua doktrin yang bahas tentang keselamatan (setau gw c), calvinis sm arminian. calvin bilang ga bisa, arminian bilang bisa.
waktu awal gw masuk kampus, gw nganut paham arminian. sedangkan persekutuan gw calvin mentok. dicecer lah gw waktu ntu. sekarang gw yang udah senior jadi cenderung menganut calvinis; sementara senior gw dulu yg cecer gw sekarang malah jadi agnostik. :ashamed0004:

hmmm, tapi bwt gw pribadi, doktrin c calvin lebih baik, soalnya ga ada kesombongan diri. tapi yang namanya doktrin, ga bisa dipaksakan, tapi harus dirasakan. :wink:

salam

keslamatan sudah diberikan Tuhan pada saat Dia disalibkan dan bangkit diantara orang mati. sekarang tergantung kepada kita , apakah kita bisa menjaga keslamatan itu ??? jadi bisa hilang

Bisa. karena tertulis di Alkitab bahwa …bukan mereka yang menyebut namaKU… dan juga …bukan mereka yang membuat mujizat dalam namaKU… jadi bisa saja orang2 yang dipakai Tuhan malah masuk neraka… who knows what tommorow brings my friend…

dari semula, t’lah Kau tetapkan
hidupku dalam tanganMu, dalam rencanaMu Tuhan

Amin…

bisa kalau kita nya ga mau :afro:

Regards, Rain
JBU

ADA KATA MURTAD DI ALKITAB

I Timotius 4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

Salam

topik seperti ini sebetulnya sudah sering dibahas, al:

please lain kali bila mau membuat topik cek lebih dulu apakah sudah ada topik senada atau belum
gunakan menu “cari” di sebelah kanan atas tampilan web ini.
terima kasih.

ADA HAMBA YANG TIDAK BERGUNA
Matius 25:30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."

ADA YANG DI BUANG
Yohanes 15:6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

ADA YANG SUAM-SUAM KUKU
Wahyu 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

pohon ara yg tdk berbuah ditebang :slight_smile:

ada sekedar analogi :

ada perbedaan cara pertolongan terhadap seorang yang jatuh ke dalam sumur kering.

pertolongan #1
seorang berteriak dari atas, “naik aja, panjat dinding sumur itu, pegangan pada tonjolan batu di dindingnya”

pertolongan #2
seorang mengulurkan seutas tambang, berkata, “pegangan erat-2 pada tambang, aku akan tarik kau”

pertolongan #3
seorang mengulurkan tangannya, berkata “ulurkan tanganmu, aku akan menarik engkau”.

saya pribadi percaya bahwa ‘sifat basic’ dari keselamatan yang dianugerahkan oleh Tuhan adalah seperti penolong yang mengulurkan tangannya. sekali si korban memberikan tangannya, maka tangan si penolong akan dengan keras memegang tangannya dan akan mengangkatnya sampai keluar dari sumur. entah si korban melemah, si penolong akan terus menariknya ke atas.

sedangkan kedua analogi yang lain membutuhkan pekerjaan dan usaha dari si korban untuk berpegangan. jika ia tidak kuat, atau enggan berpegang, maka ia akan jatuh.

Jaminan Keselamatan

Apabila kita masih berpikir bahwa keselamatan kita tergantung pada kehendak bebas kita untuk menerima YESUS, dan bahwa Allah menganugerahkan kepada kita penebusan dalam YESUS tapi tidak menganugerahkan kepada kita iman, berarti kita ada dalam kondisi yang menyedihkan.

Bayangkan saja, keteguhan kita sebagai orang Kristen ada di tangan kita sendiri yang pada dasarnya sudah rusak dan tidak mengasihi Allah.
Yang meskipun sudah menjadi orang Kristen, masih memiliki manusia lama di dalam diri kita yang masih ragu-ragu terombang-ambing dan berdosa.
Kalau begitu, artinya kita bisa menjadi orang yang hari ini percaya, tapi besok tidak percaya lagi.

Tetapi kalau kita percaya bahwa keselamatan kita ada pada Allah dan mengetahui bahwa Allah mengaruniakan iman kepada kita untuk percaya kepada YESUS, maka hati kita akan dipenuhi dengan sukacita karena kita mengetahui bahwa Allah yang memulai pekerjaan baik di dalam kita, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari KRISTUS YESUS
(Filipi 1:6 “Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari KRISTUS YESUS.”).

buat saya ga esensial keselamatan bisa hilang atau tidak, tapi pengenalan kepada Allah yang lebih penting.

Salam

Ito, keselamatan itu, ibarat tangan Tuhan menarik kita keluar dari dunia ini, mata kita di buka, hati kita di beri yang baru, hati yang mau taat, pikiran kita yang tadinya tumpul, di buka dan mata kita yang terselubung di buka.

semuanya dari Tuhan, kita hanya menerima saja, seperti anak kecil yang jatuh kedalam lubang, di tarik keluar dari lobang tersebut.
:cheesy:

ADA YANG TIDAK DIAMPUNI
Matius 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

ngga

ADA YANG KERING
Markus 4:6 Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.

ADA POHON ARA YANG DI TEBANG
Lukas 13:7 Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!

ADA HARI PEMBALASAN
II Tesalonika 1:8 dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.