Kesuksesan yang lebih BAIK

Kesuksesan yang lebih BAIK

[b]Generasi Muda apakah kalian tahu , Kita hidup di dunia di mana begitu banyak orang berpikir dan berjuang bagaimana menjalani hidup untuk mencapai “ Kesuksesan dan kemakmuran “ tetapi hanya sedikit yang menemukannya , sebagian besar memang menemukan apa yang diimpikan , ternyata apa yang didapat dalam dunia , semua yang dikejar selama ini kosong dan tak berarti, Mengapa ? [/b]

Karena kesuksesan yang umumnya diimpikan kebanyakan orang yaitu untuk mendapatkan KEKAYAAN , seringkali justru merusak hidupnya , hubungan dengan keluarganya dan sesama masyarakat yang ada disekitarnya , merusak sifat , mental , pikiran , kesehatannya juga ikut terganggu setelah kekayaan , materi yang dikejar diperolehnya .

Kenapa bisa demikian ? Sebab umumnya manusia hanya mengejar kesuksesan saja , belajar segala ilmu untuk meraih kesuksesan , umumnya sebatas materi saja , Tidak memahami ukuran kesuksesan secara UTUH ! ( Rohani dan jiwani ) Mereka lupa belajar membentuk manusia seutuhnya ( mental , karakter dan rohnya yang mengenal Tuhan ) sehingga mengetahui tujuan MATERI yang dikejar itu untuk apa ? manusia yang terbentuk hidup seutuhnya bisa mengukur dan memanfaatkan materi dengan baik dan benar juga bermanfaat dan berguna bagi kepentingan banyak hal ! Diberkati untuk jadi berkat .

Puji Tuhan , Alkitab berisi banyak cara untuk membawa umatNya menuju “ Sukses yang lebih baik “ yaitu membentuk manusia seutuhnya lebih dulu ( mental, karakter dan rohnya yang mengenal Tuhan , baru semua ditambahkan dalam hidupnya ! Matius 6 : 33-34 . Alkitab juga memberi petunjuk , cara mencapai Kesuksesan , dan Kesuksesan yang Tuhan tunjukkan itu bukan membawa umat sengsara dimasa tuanya , tetapi membawa kesejahteraan !

Alkitab memberi petunjuk bagaimana mencapai " Kesuksesan yang lebih baik " , Lewat perjalanan hidup Yosua yang menjadi pemimpin muda dari Bangsa Israel !

Semua bisa terlaksana karena Allah mempersiapkan Yosua dimasa mudanya saat mengikuti Musa sebagai abdi yang SETIA dan TAAT selama 40 Th dari sejak keluar dari Mesir sampai mau masuk tanah Kanaan , ( saat itu Yosua belajar suka dan duka menjadi pemimpin , belajar hormat dan percaya akan waktu Tuhan belajar sabar menghadapi bangsa Israel yang tegar tengkuk dllnya ) Setelah mau masuk TANAH KANAAN Tuhan memberikan nasihat dan petunjuk kepada Yosua , Tuhan juga membuat janji kepada Yosua dalam perjalanan menuju tanah Kanaan , Kita harus percaya semua petunjuk , pengalaman perjalanan hidup Yosua ini berlaku juga dimasa sekarang .

Petunjuk Tuhan kepada Yosua untuk mencapai sukses

Yosua 1 : 1 – 9 , Dari pembacaan Firman Tuhan ini kita bisa belajar bagaimana petunjuk yang Tuhan berikan kepada Yosua sehingga bisa mencapai “ Sukses yang lebih baik ”

Ayat 1 -2 , “ Setelah hambaNya Musa mati …, Tuhan berkata , “ HambaKU Musa telah mati ; Sebab itu bersiaplah sekarang , sebrangilah sungai Yordan ini , Engkau dan seluruh bangsa ini , menuju negeri yang akan kuberikan kepada mereka , Kepada orang Israel itu . ” Dari pembacaan Firman Tuhan ini , kita bisa melihat beberapa hal yaitu ;

Tuhan mengulang 2 x hambaKU Musa telah mati , Maksudnya adalah ; Untuk meraih masa depan yang lebih BAIK ;

a. janganlah mengunakan pola yang pernah Musa lakukan , sebagai patokan ( punya ide baru )
b. pakailah metode BARU yang Tuhan akan tunjukkan , ( kita minta kepadaNya )
c. janganlah selalu terobsesi / idolakan Musa dalam kepemimpinannya ,
d. atau mengharapkan Musa yang selalu memberi petunjuk dan nasehat kepadanya ,
e. Tetapi jadilah dirimu sendiri dengan segala keunikannya dan minta petunjuk , nasehat kepada Tuhan setiap saat setiap waktu !

Bersambung …


Sambungan …

Ini berbicara untuk meraih masa depan yang lebih baik , kita tidak bisa menggunakan metode mereka yang pernah sukses , ( mencontoh orang lain ) Tetapi jadilah dirimu sendiri dengan segala keunikannya dan menggunakan metode BARU dengan cara minta HIKMAT kepada Tuhan lewat membangun hubungan dengan Tuhan yang baik dan berkualitas sampai kita peka mendengar , menerima petunjukNya ! Amsal 8 : 12 , mengajarkan ; “ Aku Hikmat tinggal bersama – sama dengan kecerdasan dan AKU mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan “

Selanjutnya Tuhan mengingatkan agar Yosua BERSIAP-SIAP sebrangi sungai Yordan , Tuhan menganjurkan Yosua untuk BERSIAP menjadi PEMIMPIN baru , untuk mencapai itu ;

a. Yosua harus mengadakan persiapan dan mempelajari bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan benar !
b. Mempelajari administrasi , sistem yang efektif untuk tugas baru yang menanti dihadapannya !
c. Menyebrangi sungai Yordan berbicara ; Siap hadapi tantangan didepan , dunia walau arusnya keras , hadapi dengan tabah jangan takut dan gentar sebab Tuhan selalu beserta !

Ini berbicara ; Sebagai generasi muda harus MEMPERSIAPKAN DIRI menjadi PEMIMPIN dimasa depan isi hidup ini dengan belajar banyak hal jangan hanya santai –santai saja tanpa ada persiapan untuk masa depan sebagai calon pemimpin ( lupa memikirkannya karena terjebak situasi zaman dengan kesenangan gadget ) dan mempersiapkan diri dan jangan takut menghadapai arus dunia yang cepat dan berbahaya yang sedang menghadang didepan kita !

Ayat 3 , “ Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu kuberikan kepada kamu , seperti yang telah kujanjikan kepada Musa . “

• Janji Tuhan kepada Yosua sebagai umat pilihanNya umumnya adalah untuk mewarisi apa yang pernah dijanjikan , KATAKAN ( FirmanNya ) Tuhan tidak pernah lalai menepatinya karena Tuhan bukan manusia yang seringkali lupa akan apa yang diucapkannya , Bilangan 23 : 19 .

• Tuhan berjanji menyertai dan memberikan kemenangan apapun rintangan yang menghadang didepan tentunya asal Yosua mau MELANGKAH , bertindak dengan tidak ragu-ragu lagi .

Ini berbicara ; Sebagai umat pilihan diakhir zaman ini kita juga memiliki janji Tuhan dan sikap berani untuk melangkah kaki meraih masa depan yang Tuhan sudah sediakan yaitu ; “ Masa depan yang penuh pengharapan untuk mewarsisi masa depan yang indah , Yermia 29 : 11 . ( tanah perjanjianNya ) juga mewarisi janji-janji yang diucapkan Tuhan kepada Abraham . Galatia 3 : 29 .

Ayat 4 , “ Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai sungai besar , yakni sungai Efrat , seluruh tanah orang Het , sampai kelaut besar disebelah Matahari terbenam , semuanya itu akan menjadi daerahmu . “

Tuhan sedang memberikan petunjuk batasan tempat yang Tuhan berikan kepada Yosua dan bangsa Israel umumnya , BUKAN menurut ambisi pribadinya sendiri !
Ini berbicara kita boleh punya VISI dan MIMPI tetapi harus tahu juga batasannya dan untuk itu mohon petunjuk Tuhan , bangun hubungan yang intim dan berkualitas denganNya !

Ayat 5 , “ Seorangpun tidak akan dapat tahan menghadapi engkau seumur hidupmu ; Seperti AKU menyertai Musa , demikianlah AKU akan menyertai engkau ; AKU tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau . “

Allah tahu apa yang dikuatirkan Yosua yang pasti merasa takut ;

a. Baik menghadapi tekanan bangsanya sendiri , ( bisa itu orang dekat ) maupun bangsa yang ada tanah KANAAN yang tidak terlalu dikenalnya , walau tahu tanahnya subur dan makmur , tetapi
b. Kota-kotanya berkubu dan temboknya tinggi dan tebal dan raksasanya !
c. Tuhan menjamin tidak ada yang bisa bertahan menghadapinya , sebab Tuhan menyertai dan tidak pernah sekali-kali meninggalkannya . Ulangan 31 : 6 .

Bersambung …


Sambungan …

Ini berbicara ; Ketakutan akan masa depan , bisa datang dari keluarga sendiri atau orang terdekat , bisa juga melihta fakta zaman ini , jangan semua itu menghalangi untuk memiliki Visi sukses dimasa depan , Janji Tuhan kepada kita dimasa sekarang tetap sama , bahkan dimasa sekarang Tuhan memberi jaminan penyertaaan dalam hidup umatNya lebih hebat dari umat dimasa P.L , Matius 1 : 23 ( Immanuel ) dan Roh Kudus yang menyertai selama-lamanya . Yohanes 14 : 16 .Untuk menghadapi tantangan zaman ini !
Ayat 6 , 7, 9 , 18 Nasehat Tuhan selanjutnya adalah ; “ Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu “

Diayat ini kita melihat Tuhan berpesan kepada Yosua berulang-ulang sampai 4 x dalam satu pasal ini pasti PESAN yang sangat penting untuk diperhatikan ! dalam bahasa Ibrani kata KUATKANLAH dan TEGUHKANLAH , Chasaq dan Amats memiliki arti ;

• Tanamkan kuat-kuat seperti seseorang mau membuat jembatan harus menanamkan tiang pancang dengan kokoh dan kuat-kuat ! Inilah pesan yang Tuhan sampaikan untuk Yosua sampai 7 x sebelum masuk tanah kanaan ( tanah perjanjian ) . Ulangan 31 : 6 , 7 , 23 .

Ini berbicara ; kalau kita mau mengalami sukses yang lebih baik dimasa depan kita harus betul-betul tanamkan kuat-kuat IMAN dan PENGHARAPAN / PENGANDALAN hidup kepada Tuhan Yesus saja yang mampu membawa kita kepada masa depan yang penuh pengharapan !

Ayat 8 , “ Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini , tetapi renungkanlah itu siang dan malam , supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis didalamnya , sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan beruntung . “

Pesan Tuhan kepada Yosua adalah ;

a. memperhatikan apa yang Tuhan katakan dalam Taurat (Alkitab )
b. merenungkan siang dan malam ,
c. bertindak hati-hati dalam perjalanan hidup ini tidak melanggar perintah dan petunjukNya . Sehingga keberhasilan dan kesuksesan akan menjadi bagian dalam hidupnya .

Ini berbicara cara meraih sukses yang lebih baik dari ukuran dunia pada umumnya adalah selalu memperhatikan Firman Tuhan ( Alkitab ) sebagai sumber hikmat dan petunjuk , merenungkan Firman Tuhan siang dan malam supaya perjalanan hidup kita hati-hati sesuai dengan petunjuk dan peraturan yang Tuhan tetapkan , sehingga perjalanan hidup kita akan berhasil .

Tuhan ingin kita sukses yang lebih baik dari ukuran dunia umumnya

Meraihnya bukan dengan kekuatan atau akal budi kita sendiri , tetapi yang perlu kita lakukan adalah menempatkan diri dalam posisi untuk TAAT akan petunjukNya seperti yang kita pelajari dari perjalanan hidup Yosua ini , Merenungkan Firman Tuhan siang dan malam . Saat kita merenungkan Firman hati dan pikiran mulai diisi dengan HIKMAT , kekuatan luar biasa dari Firman Tuhan yang tidak berubah . Ibrani 13 : 8 , “ Yesus tetap sama , baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya .”

Jadi kesuksesan TIDAK DITENTUKAN oleh lingkungan dan kondisi kita saat ini atau nasib , takdir tidak ditentukan situasi atau keadaan . Hidup kita ditentukan oleh apa yang Firman Tuhan katakan !
Ketika kita merenungkan Firman-Nya hidup kita akan diperkuat semakin dalam Tuhan sehingga tidak ada ketakutan atau kekuatiran dalam meraih “ Kesuksesan YANG LEBIH BAIK “ dimasa depan , sebab percaya Tuhan yang memberikan berkat-Nya secara limpahnya kepada kita karena Dia mengasihi kita anak-anakNya , Tetapi juga harus diingat BEJANA HIDUP kita juga dipersiapkan supaya ketika Anggur baru diberikan ( kesuksesan ) tidak menjadi RUSAK ( hancur ) . Matius 9 : 16-17 . Amin .