Keturunan hawa peremuk kepala ular

Siapa dia ?
Mengapa allah menyebutnya keturunan hawa bukan adam atau keturunan mereka?

Kej. 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

bukan mereka… krn benihnya dr Roh Kudus

Mat. 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Dalam kejadian 3:8-20, menarik untuk dicermati, dialog ini membentuk struktur chiasmus

Allah → Adam

…Allah → Hawa

…Allah → ular

…Allah → Hawa

Allah → Adam

Pada bottom line ada pada ular (ayat 14-15) dan titik singgung terdekat adalah (atas - bawah chiasmus) : Hawa, bukan pada Adam, dan mungkin kunci utamanya pada ayat 20

Gen 3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.

Apa yesus keturunan langsung dari hawa ? Belum kejawab mengapa bukan disebut keturunan adam ?
Bukannya semua keturunan hawa adalah yang memenuhi kriteria perkawinan pria dan wanita ? Lalu atas dasar apa yesus disebut keturunan hawa

ini ta tambahi pertanyaan biar tambah mumet : siapa/apa keturunan ular itu? ular mana yg diremukkan kepalanya? apa bener keturunan wanita itu Yesus? Kalo Yesus kog tumitnya ndak remuk? :slight_smile:

Wah simoe sudah mendahului…ane
Satu-2 dulu donk… Entar ngak fokus…

Saya kira yang tertulis bukan Hawa, tetapi perempuan.

Lha saat allah menyebut keturunan perempuan ini… Kalo bukan hawa, cewek yang mana lagee?

Nubuatan memang suka begitu, karena termeterai hingga waktunya tiba disingkapkan kepada siapa Allah mau menyingkapkan. Atau ada maksud lain.

Contoh:

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Batu karang mana lagi nih, kayaknya di situ bukan pantai.

Joh 2:19 Jawab YESUS kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.”
Bait Allah yang dmaksud YESUS adalah tubuhNya sendiri, padahal yang dibicarakan adalah Synagoge.

( Dan banyak nubuatan pada Perjanjian Lama yang terselip di dalam konteks yang lain. )

Jadi, ketika Allah menyebut perempuan ini, padahal di situ hanya ada Hawa bukan harus hawa yang dimaksud.

Sama halnya dengan Yesus menyebut: bait Allah padahal mereka membicarakan synagoge, bukan berarti yang dimaksud adalah synagoge.

Sama juga ketika Yesus menyebut ‘batu karang’, yang dimaksud bukan batu karang betulan. Belum tentu juga Petrus (this is arguable).

nah disitu yg menarik , Allah meyebut keturunan perempuan/hawa , sekarang di alkitab siapa yg lahir dari rahim perempuan tp tidak dgn “bantuan” laki2 sehingga cocok disebut keturunan perempuan bukan keturunan laki2.

:
Luk1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia YESUS.
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "ROH KUDUS akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

ayat lain:

Mat1:18 Kelahiran YESUS KRISTUS adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari ROH KUDUS, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.
1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari ROH KUDUS.

nah bagaimana keturunan perempuan itu (YESUS ) meremukan kepala ular :

IMHO =

Luk10:17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu.”
10:18 Lalu kata YESUS kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.
10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

“nah disitu yg menarik , Allah meyebut keturunan perempuan/hawa , sekarang di alkitab siapa yg lahir dari rahim perempuan tp tidak dgn “bantuan” laki2 sehingga cocok disebut keturunan perempuan bukan keturunan laki2”— yang disebut keturunan perempuan ini (hawa), jadi jika teorimu itu pas, hawa bisa punya keturunan tanpa kawin dengan adam… Silahkan siapa anak hawa tersebut ?

Berdasarkan jawaban saya no #8, menurut saya keturunan perempuan yang dimaksud adalah Yesus. Tetpi kalau bro tidak terima tidak apa-apa :slight_smile:

Lha yesus lahir ribuan tahun sesudah hawa mati… Lantas. Hawa mana yang melahirkan yesus ? Hawa dari hongkong ?

Itu karena bro tidak mau terima penjelasan saya pada postingan no#8. Makanya saya bilang terserah bro mau terima atau tidak. Karena semua nubuatan memang agak samar dan bagi yang mau debat silahkan didebat. Tetapi kan rugi sendiri.

Contoh lain:

Gen 22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."

dibandingkan dengan :

Gal 3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan “kepada keturunan-keturunannya” seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: “dan kepada keturunanmu”, yaitu Kristus.

Saya sudah kasih contoh beberapa penafsiran nubuatan. Kalau bro tidak terima silahkan. Tapi mengapa koq samar ? Mengapa begini, mengapa bukan begitu? Kata Yesus:

Mat 13:9 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
Mat 13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”
Mat 13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
Mat 13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
Mat 13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
Mat 13:14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
Mat 13:15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
Mat 13:16 Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.

“Berdasarkan jawaban saya no #8, menurut saya keturunan perempuan yang dimaksud adalah YESUS. Tetpi kalau bro tidak terima tidak apa-apa :)”— jelas absurb karena tidak ada anak-2 hawa yang lahir tanpa sponsor dari adam…

Argumentasi bro itu, cuma karena bro belum terbiasa membaca Alkitab.
Adam mewakili manusia secara keseluruhan (karena Hawa juga tercipta melalui Adam), demikian juga Hawa mewakili perempuan.

Contoh:
Gen 6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia (tertulis: Adam) besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,

Lev 27:28 Akan tetapi segala yang sudah dikhususkan oleh seseorang bagi TUHAN dari segala miliknya, baik manusia (Adam) atau hewan, maupun ladang miliknya, tidak boleh dijual dan tidak boleh ditebus, karena segala yang dikhususkan adalah maha kudus bagi TUHAN

dll, dll (ratusan ayat tentang manusia, disebut sebagai: Adam).

Demikian juga kata: ‘Hawa’ sebenarnya tidak ada di kitab Kejadian. Yang ada adalah perempuan.

Gen 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”

Maka janganlah bro ngotot dan maksa kepada kata ‘Hawa’ yang sebenarnya tidak ada kata tersebut di kitab kejadian. Yang ada adalah perempuan, yang tentunya mewakli perempuan di muka bumi.

Fakta bahwa Yesus dilahirkan Maria, tidaklah menyalahi bahwa Yesus dilahirkan oleh perempuan.

klo saya tanya balik , kita ini bro benny sama saya keturunan adam atau bukan? atau kita malah keturunan salah satu primata/mongkey seperti yg dibilang darwin, hehe , mudah2 jgn ya.

Jadi anda ngak suka saya sebut perempuan ini itu hawa ?
Fakta bible di kejadian 2 jelas menyebut kalo hawa adalah pemberian nama dari adam buat pasangannya…

Yang jelas tidak ada perempuan lain saat itu yang bersama laki-2 yang diciptakan tuhan…
Dan karena pernyataan allah itu jelas kepada perempuan tersebut, jadi aneh kalo anda mengatakan itu perempuan diseluruh muka bumi…itu mah bisa-2nya kamu saja… Ђέ^⌣^ђέ

Jikalau bro bertahan seperti itu, lalu kenapa ada ratusan ayat menyebut kata : ‘Adam’ ditujukan kepada semua manusia, padahal Adam sudah lama mati. Adam yang mana yang dimaksud Tuhan?

Demikian juga dengan sebutan: perempuan. Kendatipun perempuan saat itu sudah mati, tetap saja seluruh perempuan di muka Bumi disebut sebagai: perempuan.

(maaf, nama: ‘hawa’ yang bro ributkan itu gak ada di kitab Kejadian) :char11:

sorry kalo nyari nama hawa cek di kejadian 3:20
Lho pembicaraan saat itu hanya ada allah, dan kedua manusia pertama, adam dan hawa…
jadi jelas yesus bukan keturunan langsung hawa yang meremukkan keturunan ular (iblis)
saya kira sudah cukup ya soal hawa
sekarang saya tanya, siapa yang meremukkan kepala moyang iblis, karena yang diremukkan hanya keturunan iblis saja…