keturunan ismael

syaloom semuanya,saya mau tanya kenapa alkitab tidak menceritakan tentang keturunan ismael?

Di alkitab dikatakan:
Kej 21 ayat 17-18:
Allah mendengar suara anak itu,lalu malaikat Allah berseru dari langit kepada hagar,kata-Nya kepadanya:
"Apakah yang engkau susahkan hagar?Janganlah takut,sebab Allah telah mendengar suara itu tempat dia terbaring.
Bangunlah dan angkatlah anak itu,dan bimbinglah dia,sebab aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.

Bukankah bangsa yang besar kemungkinan nya dari kaum Islam.
atau ada kemungkinan lain?

Di ayat 18 dikatakan bimbinglah dia,berarti Allah punya rencana yang besar juga kepada keturunan
ismael.

Mohon share imannya.

frank

Tidak juga. Ada kok.

Kejadian
25:12 Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu.
25:13 Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam,
25:14 Misyma, Duma, Masa,
25:15 Hadad, Tema, Yetur, Nafish dan Kedma.
25:16 Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya.

Masing-masing tidak diceritakan secara detail, karena anak perjanjian ialah Ishak, bukan Ismael.
Buktinya, Firman Tuhan selalu menyebut nama Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub(Israel). Tidak pernah sekalipun disebutkan Allah Abraham, Allah Ismael, dan Allah Nebayot.
Keluaran 3:6
Lagi Ia berfirman: “Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.

Keluaran 3:15
Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu,Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Keluaran 3:16
Pergilah, kumpulkanlah para tua-tua Israel dan katakanlah kepada mereka: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, telah menampakkan diri kepadaku, serta berfirman: Aku sudah mengindahkan kamu, juga apa yang dilakukan kepadamu di Mesir.

Keluaran 4:5
–“supaya mereka percaya, bahwa TUHAN, Allah nenek moyang mereka, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub telah menampakkan diri kepadamu.”

I Raja Raja 18:36
Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.

I Tawarikh 29:18
Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, bapa-bapa kami, peliharalah untuk selama-lamanya kecenderungan hati umat-Mu yang demikian ini dan tetaplah tujukan hati mereka kepada-Mu.

II Tawarikh 30:6
Maka berangkatlah pesuruh-pesuruh cepat ke seluruh Israel dan Yehuda membawa surat dari raja dan para pemimpin, dan mengatakan sesuai dengan perintah raja: "Hai, orang Israel, kembalilah kepada TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, maka Ia akan kembali kepada yang tertinggal dari pada kamu, yakni mereka yang terluput dari tangan raja-raja Asyur.

Matius 22:32
Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup."

Kisah Para Rasul 3:13
Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Allah nenek moyang kita telah memuliakan Hamba-Nya, yaitu Yesus yang kamu serahkan dan tolak di depan Pilatus, walaupun Pilatus berpendapat, bahwa Ia harus dilepaskan.

Kisah Para Rasul 7:32
Akulah Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Maka gemetarlah Musa, dan ia tidak berani lagi melihatnya.

Markus 12:26
Dan juga tentang bangkitnya orang-orang mati, tidakkah kamu baca dalam kitab Musa, dalam ceritera tentang semak duri, bagaimana bunyi firman Allah kepadanya: Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub?

Lukas 20:37
Tentang bangkitnya orang-orang mati, Musa telah memberitahukannya dalam nas tentang semak duri, di mana Tuhan disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.

bersambung

Arab adalah bangsa, Iran dan Irak adalah bangsa. Tapi Islam bukan bangsa.
Berikut ini definisi “bangsa” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

  1. kesatuan dari orang-orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya.

Silakan baca di http://www.sarapanpagi.org/ismael-keledai-liar-vt265.html#p7663
Rencana besar atas Ismael memang ada, tetapi anak perjanjian tetap adalah Ishak.

Ngomong-ngomong, denominasi mazmur itu yang seperti apa ya?
Salam

numpang tanya juga, kan katanya pada Kejadian 21:13 si ismaelnya bakal diangkat jadi suatu bangsa

banyak yg ngira yg dimaksud bangsa itu bangsa arab yg besar yg mendiami daratan arabia

tp kok pd Kejadian 25:18 disebutkan bahwa keturunannya ismael mendiami daerah Hawila sampai Syur yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. bukan daratan arabia

trus disebutkan bahwa bangsa ismael terakhir disebutkan pd penguasaan Asyur di Kanaan pd abad ke-7 SM. habis itu udh deh gak disebutin lagi yg menandakan bahwa bangsa Ismael sudah gak ada sejak abad ke-7 SM.

jd jika bukan bangsa arab, trus besarnya sebegimananya sih bangsa ismael yg dijanjikan Tuhan dalam Alkitab itu?

untuk melengkapi, coba baca surat galatia juga deh. yang ini: :happy0062:

4:21. Katakanlah kepadaku, hai kamu yang mau hidup di bawah hukum Taurat, tidakkah kamu mendengarkan hukum Taurat?
4:22 Bukankah ada tertulis, bahwa Abraham mempunyai dua anak, seorang dari perempuan yang menjadi hambanya dan seorang dari perempuan yang merdeka?
4:23 Tetapi anak dari perempuan yang menjadi hambanya itu diperanakkan menurut daging dan anak dari perempuan yang merdeka itu oleh karena janji.
4:24 Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar–
4:25 Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab–dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.
4:26 Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita.
4:27 Karena ada tertulis: “Bersukacitalah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembira dan bersorak-sorailah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami.”
4:28 Dan kamu, saudara-saudara, kamu sama seperti Ishak adalah anak-anak janji.
4:29 Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging, menganiaya yang diperanakkan menurut Roh, demikian juga sekarang ini.
4:30 Tetapi apa kata nas Kitab Suci? “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba perempuan itu tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anak perempuan merdeka itu.”
4:31 Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka.

Karena inilah maka keturunan Ismail tidak banyak ceritanya dalam Alkitab.

Sedangkan Kejadian 21:18, “Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.” Jangan salah diartikan menjadi sebuah bangsa yang dominan didunia ini, sebab kata גדול (gadowl) artinya besar dalam bentuk ukuran, seperti dipakai dalam kata lubang besar atau sungai besar. Saat dipakai untuk menjelaskan גוי (gowy=bangsa, kumpulan orang banyak) artinya adalah bangsa yang besar dalam jumlah, bukan besar dalam pengaruh atau dominasi.

Pesan TUHAN dalam ayat 18 menunjukan bahwa Ismael tidak akan mati tetapi akan hidup terus dan keturunannya (anak cucunya) akan menjadi banyak dan mendiami sebuah daerah dan menjadi sebuang bangsa yang besar jumlahnya. Kejadian 25:16 disebutkan bahwa anak-anak Ismael (saat masih hidup) telah melebarkan kemahnya menjadi 12 kota dengan memiliki raja kota dimasing-masing perkampungannya. Selanjutnya sejarah dunia mencatatnya…

Jadi jangan diartikan macam-macam, Ia ada hanya untuk menjadi gambaran akan rencana Allah, bukan bagian dari rencana Allah untuk dunia.