Knp Tuhan kdang izinkan pencobaan berat bahkan yang tidak nyaman agar sempurna

yang mencobai iblis,tapi Tuhan izinkan pencobaan itu datang kepada kita.
begitu banyak tokoh Alkitab yang diuji oleh Tuhan dan dicobai iblis(bahkan Yesus(Tuhan Semesta Alam) sendiri dicobai iblis 3x.)
hasilnya :ada orang yang bisa bertahan/setia,bahkan ada yang sampe murtad/meninggalkan Tuhan.
pertanyaan:

1.Tuhan kadang uji kita sebagai anak anakNya,diberi ujian yang bahkan hal yang tidak kita sukai,itu bisa terjadi,hal yang tidak kita harapkan itu bisa terjadi,apakah ini namanya diuji oleh api sesuai yg Alkitab katakan?apakah setiap anak2 Tuhan harus diuji oleh api,biar murni???apa artinya diuji oleh api?

2.Saat pencobaan datang/serangan si jahat datang,Tuhan menyuruh kita menggunakan seluruh perlengkapan senjata Allah,apa arti dari dibawah ini ,dan beri contohnya yg sesuai FT:
a.berbaju zirahkan keadilan?
b.pedang Roh?
c.Ketopong keselamatan
d.kaki berkasutkan kerelaan memberitakan Injil Damai Sejahtera?
e.Perisai Iman?
f.berikat pinggangkan kebenaran?

3.orang beriman ini baik banget,setia,hidup sesuai Firman,pada saat pencobaan berat datang menimpa dan remukin hati,sehingga ada orang beriman yang menyalahkan Tuhan,dengan istilah sudah jatuh tertimpa tangga,saat itu orang yg mengalami pencobaan berat itu murtad,tapi pada suatu waktu dia sadar kembali ke jalanNya,apakah Dia akan terima orang beriman yg murtad itu?apakah hubungan dia dengan Tuhan bisa dipulihkan seperti semula pada saat dia Beriman Setia?

“Terkadang didalam hidupmu pencobaan berat menimpa”
“menghancurkan hidupmu,meremukan hatimu”
“namun ingatlah apabila Tuhan mengujimu,karena Dia menyayangimu”
“laksana seorang Bapa yang mendidik anakNya,karena cintaNya”
“Dia Tuhan tak akan memberi pencobaan dan ujian melebihi kekuatan yang kau punya”
“hendaklah bersyukur Dia melakukan semua karena Cinta”
“supaya kau beroleh hikmat dan jadi sempurna sepertiNya”

  1. Diuji oleh api itu berhubungan dengan alat yang dipakai oleh TUHAN… TUHAN menghendaki alat yang dipakaiNYA itu dimisalkan oleh pedang yang terbaik… dan untuk membuat pedang yang terbaik itu perlu ditempa dan dibakar didalam api yang sangat panas dan lama… itu adalah gambaran ujian yang harus kita lalui agar kita bisa dimurnikan dan menjadi pedang/alat yang bisa digunakan oleh TUHAN dan bisa menghadapi situasi apapun…

2.Menurut saya sih itu hanya gambaran… namun yang pasti dari setiap segi kehidupan kita bila kita berjalan di jalan TUHAN tentu harus memiliki… keadilan, roh/FIRMANNYA, keselamatan,kerelaan,Iman, dan kebenaran… hanya itu saja… mudah dilihat namun sulit dilakukan… ^^

  1. Bila seseorang bisa murtad dari kehidupannya yang dikatakan sangat2 saleh dan baik, maka perlu dipertanyakan kebenarannya… karena di dalam jiwanya tidak ada TUHAN… Hati2lah bila anda menyatakan seseorang murtad… seseorang yang murtad adalah orang yang menolak TUHAN sampai matinya… bila seseorang dalam mengarungi kehidupan mengalami proses baru belajar, membuat kesalahan, dan akhirnya mengerti… bukankah itu normal bukankah seharusnya siklus itu demikian…?? bedakan jika akhirnya ditambah menolak dan berhenti sampai disitu sampai akhir hayat… contoh kisah Bileam…

sekilas lewat:

sempurna…benarkah mampu sempurna??

di alkitab logam yang paling sempurna adalah emas
emas saja kalau dimurnikan tidak bisa 100% tetapi 99,999%
artinya jika bukan Tuhan yang menyempurnakan kita tidak mungkin kita bisa sempurna

1.berapa lama proses untuk menjadi murni dan sempurna???apakah dalam proses itu jatuh bangun itu termasuk proses?berapa banyak pengorbanan yang harus diberikan supaya prosesnya itu bisa dipakai olehNya?didalam proses itu jarang orang bersyukur,ketika menghadapi situasi yg tidak nyaman,bagaimana caranya supaya bersyukur selalu?

2.betul sekali mudah dibaca,didengar tapi sulit.apakah bisa setia dalam menggunakan seluruh perlengkapan yang Allah berikan?apakah orang yang bisa menggunakan seluruh perlengkapan senjata Allah bisa dikatakan sempurna?

3.orang yang pindah agama,itu apakah bukan murtad???banyak orang yg pindah agama,menanggalkan imannya demi pacar,pekerjaan,kedudukan,uang,dan lain2.tapi pada akhirnya apabila mereka sadar mereka kembali lagi.

apa kabar ,kawanku chrisma?hehehe
tokoh Alkitab apa ayub bisa dikatakan murni/sempurna?paulus sesudah dia bertobat apa bisa dikatakan sempurna?banyak tokoh Alkitab lainnya?
apakah sulit prosesnya untuk kita mau dibentuk Tuhan Yesus Kristus?gimana tipsnya supaya bener2 mau dibentuk sesuai kehendakNya?sering kali daging berlawanan dengan keinginan Roh,walau kita anak2Nya hidup oleh Roh.daging terus menggoda…walau kita terus melawan,bahkan teriak kepada Tuhan,untuk dikuatkan,agar kita ga melanggar.
yah,semua pasti harus campur tanganNya,untuk membentuk kita menjadi sempurna,hanya Tuhan yang bisa menyempurnakan kita.

  1. Yang diuji oleh api bukan kita, tapi pekerjaan kita. Kalau pekerjaan kita didasarkan akan kebenaran oleh Kristus, maka Tuhan akan melihat sebagai hal yang murni.
    Tapi kalau pekerjaan kita didasarkan oleh self righteousness, maka akan terbakar.

  2. Nomer 3 dulu, pencobaan-pencobaan itu bukan dari Tuhan, tapi dari setan. Kalau Tuhan mendidik itu melalui FirmanNya. Justru karena seringkali kita tidak menuruti FirmanNya, penderitaan itu datang. Walaupun demikian Tuhan tetap setia menolong.
    Iblis juga tidak tinggal diam, dia senantiasa akan memberikan penderitaan untuk mencobai kita. Perlengkapan senjata Allah adalah untuk menolong kita menghadapi hal ini.

  3. Ef 6:11 Put on the whole armor of God, that you may be able to stand against the wiles of the devil.
    Satu-satunya cara untuk iblis dapat memberikan penderitaan pada kita adalah dengan menipu kita lebih dahulu.
    Perhatikan semua senjata itu adalah dari Allah, bukan dari kita. Pada intinya jangan mengandalkan diri kita sendiri. Misalnya, iblis akan mengatakan bahwa kita kurang righteous dihadapan Allah, tapi kita mengenakan breastplate of righteousness dari Allah.
    Artinya righteousness kita adalah dari Allah bukan karena perbuatan kita.

sepertinya mirip pesan Khotbah minggu semalam, “jangan berdoa agar kamu dijauhkan dari pencobaan karena pencobaan itu datang dari Tuhan untuk mendewasakan, tetapi berdoalah agar kamu diberi kekuatan untuk menghadapi pencobaan tersebut…” :slight_smile:

Doa Bapa Kami yang diajarkan Yesus, meminta Tuhan menjauhkan kita dari pencobaan.

1Kor 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

kalau saya sih kurang setuju kalau pencobaan itu DIPERKENANKAN TUHAN…

bahkan Malah percobaan datang dariNya…

dari pertama telah di firmankan:

kejadian 3:13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku ,maka kumakan.”

3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: “Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu.”

3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:

3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;

3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.

3:21 Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.

3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

yang saya garis merah… adalah bentuk hal kesakitan kita dalam menjalani hidup di bumi ini…

dan juga dikarenakan kesusahan diatas… adalah menjadi mudah juga BAGI SI IBLIS UNTUK MENJERAT KITA…

sama seperti iblis menggoda Yesus, pada saat berpuasa…

DUNIA INI ADALAH TAHTA SI IBLIS TERSEBUT, dan Ia mau memberi kepada Yesus…

Pencobaan di padang gurun

Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

4:2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.

4:3 Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”

4:4 Jawab Yesus kepadanya: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja .”

4:5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.

4:6 Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.

4:7 Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu."

4:8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

4:9 Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,

4:10 7 sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau,

4:11 dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."

4:12 Yesus menjawabnya, kata-Nya: “Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

4:13 Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.

dan lihat jenis percobaan yang diberikan si IBLIS?? bukan kah segala kemegahan dunia ini??
bukan kah keangkuhan seperti kalau aku adalah orang yang besar pastilah dunia akan mengasihiku…??

sama sperti iblis berkata: “JIKA ENGKAU ANAK ALLAH”

kemudian, dikarenakan Yesus sedang berpuasa… sehingga tingkat godaannya lebih tinggi…

agar Yesus menjadikan batu menjadi Roti baginya. namun yang menjadi jawaban, juga dari sisi Allah: “sbab bukan hanya dari roti saja manusia bisa hidup”

dan anehnya bila kita menganggap diri kita sedang di cobai…baiknya kita tidak mengatakan ini dari Allah… karena Ia sendiri tidak mencobai siapapun…

Yak 1:13
Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

Jika para Rasul memang telah Martir dan Yesus juga telah disalibkan…

hendaklah kita mengingat apa yang dikatakan Yesus:

Yoh 18:36
Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini. "

sama halnya dengan PARA MARTIR…

Yoh 15:19
Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

dunia akan membenci kamu…

sama halnya yang telah dikatakan Iblis itu: “jika engkau menyembah aku, aku akan memberikan kerajaan ku kepadamu”

namun dikarenakan engkau SELALU SETURUT DENGAN TUHANMU…
MAKA DIA AKAN MENCARI2 CARA AGAR MENJATUHKAN ENGKAU… SBAB YESUS SAJA IA GODA DAN IA COBA

klo disimak lebih jauh,

ada 3 penawaran yang di tawarkan iblis.

1. keinginan daging :

4:3 Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”

2. keinginan mata :

4:5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.
4:6 Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.

3. keangkuhan hidup

4:9 Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,

tetapi semuanya dijawab Yesus dgn “ada tertulis”

sama juga yang ular tawarkan kepada hawa

3 motif yang sama, tetapi hawa ternyata tidak tahan uji.

hal yang sama juga yang kita hadapi sehari hari, karena 3 keinginan ini ada dalam hidup kita,

1Yoh 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

dapatkah logam yang dimurnikan berteriak kepada tukang yang memurnikannya?
dapatkah tanah liat yang akan dibentuk protes kepada penjunan yang membentuknya?

bila ingin sempurna terimalah proses itu jangan “protes” :slight_smile:

Ibr 12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

belajar bersyukur saat mengalami pemurnian.

untuk semua yang memberikan nasihat dan jawaban
(pemurnian=benar-benar diuji/asli diuji/diuji penuh/mutlak diuji)

-perjuangan itu tidak segampang yang dikatakan,ini butuh kekuatan Tuhan Yesus,disaat tidak kuat(godaan begitu kuatnya).butuh pertolongan Tuhan Yesus disaat lemah. harus mengandalkanNya,firmanNya selalu.meminta pendapatNya disaat tidak bisa memutuskan.mengandalkanNya disaat semua begitu bertambah sulit/semakin berat.

-manusia kadang suka mengeluh disaat ga tau harus bagaimana?keluh kesah ini yg membuat kita harus bertanya dan minta pendapat Tuhan???apakah ini protes??di saat ujian sedang berlangsung dan cobaan terus berdatangan

-bersyukur bisa dengan perkataan,tapi klo hati yang dirasakan sedih terus,tekanan dari berbagai hal begitu kuat,keegoisan semata orang2 sudah tidak mempedulikan,kasih begitu dingin dipandangnya,apakah dihati tetap sukacita itu ada,juga apakah kata syukur itu bisa meluap dari hati??

-semakin taat firmanNya,dunia semakin menawarkan godaan supaya jatuh kedalam dosa
-level iman semakin tinggi,godaan pun semakin memikat dengan kencang
a.cemoohan/celaan meningkat
b.hinaan meningkat
c.beban kerja rohani dan jasmani meningkat
d.derita meningkat baik fisik,mental,psikis,ekonomi.
e.kesabaran diuji
f.kemurahan diuji
g.keyakinan iman/kesetiaan diuji
h.penguasaan diri diuji
kita gak boleh tertarik oleh godaaan itu,karena kita tahu klo kita mnurutiNya(kehendak Yesus Kristus) kita akan hidup,kita akan peroleh buah Roh,kita akan menjadi terang.

jangan2 orang yang anda buatkan sebagai contoh yang pidah kesana kemari itu adalah anda ardilin…

penasaran…

saya gak begitu,hehe.
saya orang yang takut dimarahi Tuhan Yesus Kristus.
saya ga berani macam2 padaNya,1 kata aja Setia selalu mengikutiNya dan hidup didalamNya.
walau aku gak melihat Dia,tapi aku sangat percaya banget Dia ada,Dia selalu ada dan nyata dan hidup.

pencobaan…tapi lebih kepada ujian, memang Yesus sendiri dicobai, tetapi ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah mencobai manusia, tetapi ujian yg datang kepada kita terlebih2 karena Tuhan ijinkan hal itu terjadi atas kita, sama seperti ayub yg diuji kesalehannya, maka atas segala sesuatupun kita akan diuji supaya murni sama seperti emas yang kalo dibakar trus gakan pernah jadi abu, tetapi akan semakin murni dan murni. Demikianlah Tuhan ingin kita murni dihadapanNya… :angel: :angel: