Kok yg ngejelasin seringan Protestan ?

saya pingin nanya nih, kok yg sering ngejelasin mengenai Alkitab kok lebih seringan yg Protestan drpd Katolik ya ? Katolik kok malah banyakan cmn di trit yg mengenai Katolik ya ? trus yg suka ngejelasin secara mendetail kek erwin pay, pa_ul, dll malah org2 yg sukanya mengkritisi Katolik ya ?

apakah ini dampak dr pemikiran Back to Bible-nya Protestan ya jdnya lebih agresif dlm hal Alkitab ? Fenomena apakah ini ?

IMHO mungkin berhubungan dgn kebiasaan kebanyakan orang Katolik yg cenderung terlalu mengandalkan Paus/Uskup/Pastor dalam hal Alkitab.saya ga tau hukumnya di Katolik gimana,apakah haram jika ada jemaat yg menafsirkan/merenungkan Firman Tuhan sendiri tanpa tuntunan Vatikan/Gereja Roma Katolik??

Seumur-umur saya ikut di FK kebanyakan malah menjelaskan ayat-aya KS. Boleh Anda cek.

Jadi, daripada ber-asumsi-ria yang nantinya kembali lagi ke soal Paus, Vatikan, Bunda Maria, etc… mending Anda cek dulu.

Fenomena runtuhnya babel :tongue:

GBU

Yah lebih baik bersandar pada pengajaran Gereja daripada bersandar pada pengertian sendiri. Umat Katolik tidak pernah merasa sok pintar sendiri dalam menafsirkan Alkitab sebaliknya dengan rendah hati mau menerima pengajaran gereja.

Apa yang anda katakan itu memang betul.
Hal ini saya alami sendiri, kalau saya bandingkan pada waktu saya di GKI, atau Bethany atau pada saat sekarang saya di Katolik.

Waktu saya di GKI, maupun di Bethany, sungguh chotbahnya menarik dan sesuai dengan kehidupan yang ada, dan lebih masuk diakal.

Waktu mula-mula saya masuk digereja Katholik, chotbahnya kadang-kadang baik, kadang-kadang membuat saya ngantuk mendengar chotbahnya.
Untung sekarang tidak lagi, sebab saya menyadari bahwa inti perayaan itu ialah Ekaristi, yaitu menyambut tubuh dan darah Yesus.
Sehingga saya sekarang ada kerinduan untuk menyambut tubuh dan darah Yesus itu,
Sedangkan chotbah dan musik bukannya tidak penting, akan tetapi bukannya yang utama.

Di gereja katolik pastor sangat berhati-hati menafsirkan Firman, sebab semua ada pedoman dan pengarahannya.
Sebab :
Yak.3 : 1.
Saudara-saudara ku janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Kalau kita berkata salah mengenai Firman, berarti kita bisa menyesatkan orang lain, secara berantai.
Misalnya: Kita mengajar kepada orang , mengatakan bahwa Yesus itu bukan Tuhan, sebab Dia dikandung dan dilahirkan oleh Maria.
Hal ini bisa menyesatkan orang itu, secara berantai, dia juga mengajarkan hal yang sama kepada orang lain.

hhhmmm… betul jg nih
tp kl gak boleh menafsirkan firman trus gimana caranya donk kita bisa mengetahui makna2nya terutama pd ayat2 yg bahasanya sulit dipahami ?
apakah hrs dr org yg ahli bahasa dulu, teologinya tinggi, atw gimana

NB: eh, ngomong2 nieh, Krispus yg mrpkn satu2nya netter Katolik yg plg sering nongol pd bahasan ayat Alkitab itu tukang bacain ayat waktu kebaktian ya :tongue:

Mending kalo mengkritisinya bisa kasih alasan yang jelas. Ditanya sama sesama protestan juga tidak keluar apa-apanya, malah nyalahin yang tanya?
;D

Mengkritisi kalo pake model nipu, apa masih bisa dikatakan mengkritisi?

GKI, Bethany, Katolik…hehehe…kayak kerja aja, pindah2 begitu, kira2 dimana ya paling gede salarynya? :ashamed0004: :ashamed0004:

mungkin itu cuma perasaanmu saja browww, :smiley: :smiley:

Lho, ya memang gitu to bro…
Tidak perlu pakai alasan…
kan BUKAN DIRINYA SENDIRI yg NGOMONG… Cuma Tuhan yg buka-tutup-in mulutnya
BBUKAN DIRINYA SENDIRI yg MIKIR… Cuma TUhan yg Berpikir
dll…
Jadi sudah pasti tidak ada alasannya… wong bukan pendapatnya sendiri juga…

Ini cabang ilmu baru tapi lama, yang sering disebut ZOMBIE-THEOLOGY…

Salam,

Yakobus 3 :
9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, 10 dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk.
13 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.
14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan. 16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
17 Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
18 Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.
Kalau yg menerimanya Bawaannya emang RUSUH, BERANGASAN, EMOSIAN dan HOBBY BERANTEM…kan kesihanan dong si Penabur yg menabur kebenaran ditaburkan dalam damai itu… Jangan NYALAH2IN si Penabur nya saja dong !!
Gimana tuh ?? :mad0261: :coolsmiley: :happy0062:
Yakobus 2 :
Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.
4 bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat? 5 Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?
6 Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin. Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan? 7 Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah?
8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”, kamu berbuat baik.
9 Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.
10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
11 Sebab Ia yang mengatakan: “Jangan berzinah”, Ia mengatakan juga: “Jangan membunuh”. Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.
13 Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.
15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, 16 dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?
17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
Maka dari itu kalau ada yg TERSESAT ya dikasih tahu dan diberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, biar awal2nya dia NGOMEL2 GAK SENANG di PERINGATI…ya anggap aja itu RESIKO nya Pengikut Kristus…harus memikul salibnya masing2 !
18 Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."
19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. 20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.
24 Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. 25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain? 26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Kan udah jelas siapa aja yang paling suka kasih cap umat lain sebagai “sesat” dan “penyembah berhala”?

Karena member di sini mayoritas adalah Protestan, maka secara alami penjelasan mengenai Alkitab lebih banyak berasal dari member Protestan.

Salam

Kalau yang katolik spesialis ngejelasin tradisi-tradisi :ashamed0004:

GBU

Maka dari itu kalau ada yg TERSESAT ya dikasih tahu dan diberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, biar awal2nya dia NGOMEL2 GAK SENANG di PERINGATI…ya anggap aja itu RESIKO nya Pengikut Kristus…harus memikul salibnya masing2 !
Kalau TIDAK dikasih CAP, lha mana dia TAHU kalau dia TERSESAT…bukankah CAP itu yg membuatnya NYATA untuk mem BEDA kan dengan yg LURUS ? Apalagi saat dia TERSESAT sedang MABUK karena minum Cawan Anggur Cabul yg memabukkan banyak bangsa2… :cheesy:
Wahyu 17 :
1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya. 2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."
4 Dan perempuan itu memakai kain ungu dan kain kirmizi yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara, dan di tangannya ada suatu cawan emas penuh dengan segala kekejian dan kenajisan percabulannya.
5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: “Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.”
7 Lalu kata malaikat itu kepadaku: “Mengapa engkau heran? Aku akan mengatakan kepadamu rahasia perempuan itu dan rahasia binatang yang memikulnya,
9 Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat: ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk,
PERHATIKAN :
Siapa Pemimpin Umat yg kalau sedang memimpin Ibadah banyak menggunakan Jubah ada warna Ungunya dan Mana KOTA di Eropa yg dikelilingi 7 Bukit sebagai Pusat Sentralisasi Ibadah Umatnya itu ?
14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.”
15 Lalu ia berkata kepadaku: “Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.
18 Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi.” …IBADAHNYA selalu ber KIBLAT serta SERAGAM mengkuti yg Duduk di Kota Besar tsb.

disamping itu,
absolutly itu perasaan mas TS saja…

member katolik biasanya memang aktif di tread yang cenderung ingin menyalahpahamkan pengertian katolik.
disitu biasanya member katolik nampil.

istilahnya kalau ditanya baru jawab… menjelaskan bila ada yg perlu dijelaskan.
maklum, member katolik biasanya cenderung klarifikator dari pada moderator… ups maksud saya guru…

kalau suka berkothbah, nanti bisa jadi pendeta… :smiley:

GBU all

iya, tau kl disini member Protestannya mayoritas
tp bagaimana dengan persentase dr Katoliknya sendiri
kl dilihat dr persentasenya kan Katolik yg sering di trit ayat Alkitab cmn marcelljesse ame Krispus
malahan Katolik yg terpandang kek St Yopi, John Paul III, CLAY, bruce, dll (silahkan tambahkan sendiri) seringnya cmn di trit yg ngebahas Katolik

oh ya, ngemeng2 belum ada yg ngejawab pertanyaan yg gw bold ini :ashamed0004:

spesialisasi maria :slight_smile:

keknya mereka merasa mayoritas deh :slight_smile:
padahal minoritas ya?
GBU