Konsultasi kesehatan: Share your problems, and hope we can give you some advice

Thread ini diperuntukkan bagi FKers yang ingin mengetahui bermacam2 hal mengenai penyakit atau gejala2 penyakit yang diderita keluarga, sahabat, atau pun FKers sendiri.

Ingat…
Ini untuk FKers yang benar-benar membutuhkan informasi mengenai kesehatan…

sekalian untuk sarana kami untuk belajar juga

:smiley:

rules

  • bertanya mengenai kesehatan diperbolehkan pada seluruh FKers

  • menjawab seluruh pertanyaan diperbolehkan bagi seluruh FKers yang berkompeten
    Mohon yang berkompeten tidak malu2 dalam menjawab pertanyaan… :smiley:

  • dinyatakan “berkompeten” bila FKers sedang atau telah mengikuti pendidikan kesehatan.

  • jika anda yang tidak kompeten dalam menjawab tapi punya jawabannya silahkan tuliskan sumbernya

  • Aturan umum dari ForumKristen.com

Update:

Member FKers yang dirasa berkompeten:

Silahkan yang merasa berkompeten ayo daftar… :cheesy:

Pasien pertama… :smiley:

Gini… dokter lades… saya kan perokok…

meski sekarang sudah mengurangi rokok…

Tetapi dada saya klo pagi sering sakit… Sesak…

karena flek dari nikotin rokok…

Gimana cara menghilangkan flek itu ??

Wah…
Om liberty ngetes neh?
Nyeri dada…
Sesak…
Ada batuk oms?
Trus susah tidur ga?
Koq tau ada flek di paru?
Udah pernah rontgen pastinya…
Hehe…
Ketauan deh ngetes…

Advice: kurangi rokok.
Dulu bokap ane juga perokok berat… Tapi ga lagi, karena nyokap selalu masak makanan bwat cemilan…
Jadi kalo bokap pengen ngerokok, ya rokoknya diganti cemilan…
Hehe

loh… “ngetest” wah dokter lades ngga komitmen ama kata2nya sendiri ;D

Aturan dokter Lades

bertanya mengenai kesehatan diperbolehkan pada seluruh FKers
Tidak masalah kan, kalau cuma pingin tau???
dinyatakan "berkompeten" adalah sedang atau telah mengikuti pendidikan kesehatan.
Saya yang bertanya dok... jadi masa orang bertanya harus mengikuti pendidikan kedokteran?? [URL=http://www.laymark.com] http://www.laymark.com/i/m/m071.gif [/url]
menjawab seluruh pertanyaan diperbolehkan bagi seluruh FKers yang berkompeten
saya belom dapet jawaban tuch... :D

Mohon yang berkompeten tidak malu2 dalam menjawab pertanyaan…

Saya bertanya juga ga malu malu tuch??
http://www.laymark.com/i/m/m021.gif

Nyeri dada… yup

Sesak… kan uda di atas…

Ada batuk oms? kadang2

Trus susah tidur ga? yach kalau malem sering begadang karena tidur ga bisa pulas…

Koq tau ada flek di paru? kerasa saja… makin hari makin sesak

Udah pernah rontgen pastinya… lom pernah

Hehe… (koq tertawa… doain saya meninggal cepat yach
http://www.laymark.com/i/m/m153.gif

Hem…
Kompeten maksud saya buat yang pengen jawab oms…

Kalau belom periksa rontgen jangan buru2 bilang ada flek…
Karena bisa jadi temuan di rontgen nya beda…
:o

klo tidur pake berapa bantal oms?
Sering capek n sesak setelah aktivitas biasa?
Hati-hati kalau ada…
Itu malah bisa ke jantung…
:o

maksud saya bertanya…
“gimana cara menghilangkan flek?”

sapa tahu ada obat untuk perokok aktip…
jadi kalau ngerokok bisa di bantu… obat tersebut biar cepet sembuh…

kalau jantung sudah pernah “check up” tidak ada kelainan/ normal2 saja
:slight_smile:

Mulai ngaco dah si omsnya…
Flek yang terdapat di hasil rontgen itu menurut oms apa sih?
Hehe…
Ya jaringan paru yang rusak…
:o
Gimana caranya biar parunya ga rusak?
Ya cara pertama adalah menghentikan rokok.

Ibaratnya seseorang pengen tobat…
Selalu beribadah ke gereja, tekun berdoa, senantiasa merenungkan FT, tapi dosanya terus dilakukan, apa bisa dibilang bertobat?
Ya nggak kan?
Hehe…

Jadi kurangi dulu rokoknya…
Klo masalah perbaikan jaringan paru itu bisa dari makan2an 4 sehat 5 sempurna aja koq…
Hehe…

hah jawaban dokter lades yang ngaco… ;D

sekarang saya tanya…
jawaban dokter lades dari “pendidikan” atau “jawaban personel”??


http://www.laymark.com/i/m/m021.gif

Sekarang saya jawab:
itu kombinasi…
Silahkan direnungkan…
Hehe…

wew ada konsultasi kesehatan gratis…

nyambung bang lib, tp ttg jantung…
ciri2 paling mudah kita ada dugaan gangguan jantung apa dok?

ni jg ga ngetest… pasienku khan beda…

Cara paling mudah:

  • perhatikan perubahan detak jantung anda…
    Mudahkah terasa berdebar2?
    Tapi ini tidak spesifik
  • perhatikan napas anda
    napas tersengal2 setelah aktivitas ringan-sedang
    atau bisa dilihat dari naik tangga berapa lantaikah anda masih sanggup
  • tidur anda pake berapa bantal
    klo perlu 3 bantal ++
    perlu dicurigai…
    Sekian penjelasan dari saya…
    Mungkin ada tambahan?

kl nyeri dada, terutama bagian kiri, itu termasuk gejala ga?
test apa aja yg akan dokter lakukan tuk peneguhan diagnosa?
thx dok

@tante cicil
terimakasih telah ditambahkan…
Nyeri dada perlu diperhatikan juga nyeri dada yang bagaimana…
Nyeri dada pada kelainan jantung biasanya seperti terasa ada sesuatu yang menekan dada.
Kadang justru menjalar ke lengan kiri
Diagnosis pasti kelainan jantung: Echo pastinya…
Atau EKG juga bisa dengan mempertimbangkan berbagai macam hal.

1 lagi…
kalo aritmia gimana?
kl lub dub tibatiba berubah? kan sebelumnya normal lub dub dst tibatiba lub lub dub tapi normal lagi…?

hehe mmaap banyak bertanya…

Klo itu berarti ada blok jantung ya tante?
Agak lupa2 inget klo ini…
Harus denger langsung…

ko dokter lades malah tanya…?

ku tanya beneran lowh ^^

kl tentang hewan…
silahkan bertanya padaku… ^^

bener nich cicilia ahlinya hewan :smiley:

gimana suara jantung “nyamuk”? ;D

mohon jawabannya :slight_smile:

boleh liberty, tolong pasangkan stetoskop pada nyamuknya ya…