kontradiksi promotor perpuluhan.

Suatu phenomena yang ingin saya perdalam adalah apakah ajaran alkitab tumbuh tanpa rintangan di gereja?
Sebagai contoh tentang persembahan.

Dalam dunia nyata, seringkali promotor perpuluhan melakukan kontradiksi.

Yang saya maksud dengan promotor perpuluhan adalah orang yang mempromosikan perpuluhan.

Orang yang mempromosikan perpuluhan mestinya percaya betul bahwa untuk diberkati secara keuangan dapat dicapai dengan memberi perluluhan.

Namun namanya manuisa, sering yang terjadi adalah kontradiksi.

Saya tidak bermaksud menghakimi pendeta atau orang2 yang mempromoosikan perpuluhan, kalau saya jadi pendeta saya juga akan melakukan kesalahan yang sama.

Kalau promotor perpuluhan itu percaya betul bahwa penyebab berkat adalah perpuluhan, mestinya dia sendiri dan gerejanya tidak takut2 memberi perpuluhan dan tidak perduli anggotanya memberi perpuluhan ke gerejanya atau ke pekerjaan Tuhan diluar gerejanya, tetap saja gereja dimana dia jadi pendeta akan diberkati selama gereja atau dia sendiri memberi perpuluhan.

Kenyataannya kalau anggotanya tidak memberi perpuluhan kegerajanya, pendeta sering kurang senang, mungkin kuatir kalau gerejanya jadi defisit.

Padahal sekali lagi penyebab gereja diberkti kalau gereja itu memberi perpuluhan, masalah anggotanya tidak memberi perpuluhan ke gerejanya tidak akan berpengaruh apa2 karena Tuhan sanggup mengirim berkat dari orang lain yang bukan anggota.

Yang sering kita lihat adalah kalau ada anggota kaya pindah ke gereja lain, langsung dibicarakan oleh banyak anggota, dicari sebabnya dan sampai rapat pengurus. Ini saya saksikan sendiri, padahal beberapa anggota tidak kaya juga pindah dan saya tidak pernah dengan hal ini dibicarakan dalam rapat.

Sekali lagi saya tidak bertujuan menghakimi karena kalau saya jadi pendeta mungkin jatuh pada dosa yang sama.

Saya percaya kalau kita memberi dengan syarat2 yang sudah ditentukan oleh Tuhan, misal dengan suka cita dan bukan dengan paksaan, Tidak dalam rangka meningkatkan status social kita karena dengan menyumbang banyak maka posisi kita digereja akan naik, bisa jadi pengurus yang terhormat, atau maksud2 lain.

Namun memang bagi pengurus akan sulit menuruti FT ini. Karena kalau pengurus tidak memberi persembahan akan tertekan karena teman2 pengurus atau anggota akan memandang sebagai tidak seharusnya. Padahal kemungkinan dia memberi persembahan di tempat2 lain sesuai dengan pimpinan Tuhan.

Silahkan sobat2 memberikan komentarnya untuk memperdalam masalah ini.


keterbukaan dan sharing dua sisi yang sangat kurang di dalam gereja
input hanya dari satu sisi , dari pemimpin gereja/ pendeta tapi tidak ada diskusi 2 arah

per10an di perjanjian Lama

a. per10an abram (abraham) - kitab Kejadian
- abram tidak diperintahkan Tuhan mempersembahkan per10an
- abram mempersembahkan per10an dari hasil rampasan menang perang
- alkitab mencatat abram mempersembahkan per10an hanya sekali saja
- abram beri per10an karena menang perang

b. per10an Yakub - kitab Kejadian
- yakub tidak diperintahkan Tuhan mempersembahkan per10an
- yakub mempersembahkan per10an apabila nazarnya dikabulkan,
kalau nazarnya belum terkabul, yakub tidak memberi per10an
- yakub beri per10an karena nazarnya dikabulkan Tuhan

c. per10an Hukum Taurat Musa - kitab Keluaran sd Maleaki

- Musa dan Israel diperintahkan Tuhan mempersembahkan per10an. WAJIB / HARUS

- per10an diberikan [b]tiap 1 TAHUN sekali.[/b]
  Ulangan 14:22	
  Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan 
  sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, [b]tahun demi tahun.[/b]

- tiap 3 tahun per10an diberikan kepada 4 golongan
  (Ulangan 26:12)
  pada tahun ke-1 ke 1 gol --> Lewi 
  pada tahun ke-2 ke 1 gol --> Lewi 
  pada tahun ke-3 ke 4 gol --> Lewi, orang miskin,janda,yatim piatu

- 11 suku selain lewi mempersembahkan per10an kepada suku Lewi
   --> katakanlah total pendapatan setiap suku 1 Milyar
         Jumlah per10an yg diterima suku Lewi adalah
         1 Milyar x 11 suku x 10% = 1,1 Milyar

   --> per10an yg diterima suku Lewi sejumlah 1,1 Milyar tsb 
        yang 10% diterima Lewi - Imam       (gol Imam       dpt 110 juta)
        yang 90% diterima Lewi - non-Imam (gol non-Imam dpt 990 juta)
        (Bilangan 18:26-28)

   --> Hasil Akhir
         11 suku Lain 900 juta per suku
         1   suku Lewi 1,1 Milyar

per10an di perjanjian baru

  • baik YESUS maupun para rasul tidak pernah mewajibkan/mengharuskan per10an

per10an di Gereja-gereja jaman sekarang

a. Gereja Katolik Roma tidak mewajibkan per10an,
Jadi jemaat Gereja Katolik jika
tidak memberi per10an tidak ada masalah dengan Tuhan maupun gereja

b. Gereja GKI tidak mewajibkan per10an
Jadi jemaat Gereja GKI jika
tidak memberi per10an tidak ada masalah dengan Tuhan maupun gereja

c. Gereja Lutheran tidak mewajibkan per10an
Jadi jemaat Gereja Lutheran jika
tidak memberi per10an tidak ada masalah dengan Tuhan maupun gereja

d. Ada beberapa Gereja Kecil lain yg tidak mewajibkan per10an
Jadi jemaat Gereja jika
tidak memberi per10an tidak ada masalah dengan Tuhan maupun gereja

e. Gereja-gereja yg menerapkan per10an sebagai bagain ibadah gereja yg MENGIKAT

Silahkan baca analisa per10an berikut ini :

sistem per10an di jaman PL begini --> 11 orang memberi per10an ke 1 orang

Contoh Kasus :

11 orang memiliki penghasilan perbulan sekitar 1 juta/orang

per10an imam ==> 1 juta x 11 orang x 10% ==> 1,1 juta

Hasil Akhir :
11 orang non-Imam mendapat 900.000
1 orang Imam mendapat 1.100.000

*1 juta adalah UMR kota Surabaya

memiliki jemaat 11 orang sama saja memperoleh income sekitar UMR


sistem per10an di jaman gereja2 yg mengikat umatnya dgn per10an

→ SEMUA JEMAAT WAJIB memberi per10an ke Gereja

Contoh Kasus 1 :

Gereja memiliki 500 orang jemaat

500 orang jemaat memiliki penghasilan perbulan sekitar 1 juta/orang

per10an masuk gereja ==> 1 juta x 500 orang x 10% ==> 50 juta

Hasil Akhir :

500 orang jemaat mendapat 900.000
Gereja mendapat 50.000.000 (50 juta)

*1 juta adalah UMR kota Surabaya

Contoh Kasus 2 :

Gereja memiliki 10.000 orang jemaat

10.000 orang jemaat memiliki penghasilan perbulan sekitar 1 juta/orang

per10an masuk gereja ==> 1 juta x 10.000 orang x 10% ==> 1.000.000.000 (1 Milyar)

Hasil Akhir :

10.000 orang jemaat mendapat 900.000
Gereja mendapat 1.000.000.000 (1 Milyar)

*1 juta adalah UMR kota Surabaya

Contoh Kasus 3 :

Gereja memiliki 10 orang BOS PERUSAHAAN BESAR

Keuntungan Perusahaan 10 orang BOS ini sekitar 100 juta/perusahaan

per10an masuk gereja ==> 100 juta x 10 orang x 10% ==> 100.000.000 (100 Juta)

Hasil Akhir :

10 orang BOS mendapat 90.000.000 (90 juta)
Gereja mendapat 100.000.000 (100 juta)

Ada yg tertarik buka gereja baru ?

Asalkan PUNYA JEMAAT 10 ORANG KAYA, maka
Gereja anda bisa memperoleh pemasukan sama seperti 1 ORANG KAYA

dan itulah alasan kenapa jemaat kaya begitu diperhatikan

atau jika tidak punya kenalan pengusaha
Hitungannya begini…

Rumusan Pokok Per10an kota Surabaya :

UMR Surabaya sekitar 1 juta per orang
----> UMR per10an bulanan Minimum Regional Surabaya sekitar 100.000 per orang

sehingga hasilnya, sbb

jika gereja anda punya 10 orang jemaat biasa – 10 x 100.000 = 1 juta/bulan

jika gereja anda punya 100 orang jemaat biasa – 100 x 100.000 = 10 juta/bulan

jika gereja anda punya 1.000 orang jemaat biasa – 1.000 x 100.000 = 100 juta/bulan

jika gereja anda punya 10.000 orang jemaat biasa – 10.000 x 100.000 = 1 Milyar/bulan

Untuk yang tertarik membuka gereja baru
Jangan Lupa, tiap 1 bulan sekali kotbahkan per10an

tidak sulit kok mengotbahkan per10an ini

anda cukup belajar Meleaki 3 dan belajar trik iming-iming dan trik ancaman

Tanya :
Saudara Repento, saya hapal maleaki 3. Tetapi apa yg anda maksud dgn trik iming-iming dan ancaman ?

Jawab :
Silahkan mempelajarinya di

itu dibilang setahun sekali karena orang yang bekerja di ladang kan paling panen hanya setahun sekali, perhatikan ayat nya dong :slight_smile:
jadi kita tuh ngasih perpuluhan tiap kita dapat pemasukan intinya :afro:

Suatu phenomena yang ingin saya perdalam adalah apakah ajaran alkitab tumbuh tanpa rintangan di gereja?

per10an memang ada di Alkitab
sama seperti sunat, Sabat ga boleh bekerja juga ada di alkitab

namun yg menjadi masalah selama ini adalah
WAJIBnya per10an bagi gereja

kita harus mengerti bahwa di Alkitab tidak semua perintah ditujukan kepada umat kristiani

ada perintah dari Tuhan yg ditujukan kepada tokoh di Alkitab saja,
dan ada yg untuk semua umat kristiani

Contoh : Tuhan berfirman kepada Adam dan Hawa utk beranak-cucu

Firman itu ditujukan kepada Adam+Hawa.
mereka WAJIB melaksanakannya

namun apakah firman beranak cucu itu wajib bagi semua umat kristiani ?

TIDAK !
Rasul Paulus tidak memiliki istri, apalagi anak dan cucu

Jadi
beranak cucu boleh
tidak beranak cucu pun tidak masalah

Perhatikan

ada perintah dari Tuhan yg ditujukan kepada tokoh di Alkitab saja,
dan ada yg untuk semua umat kristiani

jadi KHUSUS bagi para petani Kristen
mempersembahkannya per10annya tiap 1 tahun saja ? berupa hasil panen ?

(padahal panen padi tidak memerlukan waktu 1 tahun, cukup 3-4 bulan sudah panen)

kalo kita punya kesempatan untuk melakukan apa yang diperintahkan Tuhan kepada tokoh Alkitab dan kita lakukan juga kenapa ngga :slight_smile:
lagi ada firman Tuhan siapa yang memberi buah sulung akan dibukakan tingkap langit, jadi kalo kita mendapat berkat dari itu kenapa ngga :slight_smile:
satu lagi saya rasa ga ada gereja yang mengwajibkan perpuluhan, mereka cuma menganjurkan :afro:

jaman dulu kan pekerjaan nya kebanyakan petani, jadi yang diambil sebagai contoh petani

itu kan jaman sekarang yang sudah bisa pakai taktor dan segala macam,tapi kalo dulu orang membajak saja bisa berhari hari lamanya karena lahan yang amat luas dan dengan cara tradisional
belom mengairinya jaman dulu belum ada sistem irigasi, jadi saya rasa waktu nya lebih lama ;D

perpuluhan/persepuluhan mau setahun sekali sama sebulan sekali bukannya sama aja ya?? sama2 10%?? atau bagaimana? :ashamed0004:

benar, namun yg perlu diperhatikan adalah sifat KEHARUSANNYA

tidak semua perintah Tuhan (terutama di PL) yg menjadi KEHARUSAN bagi umat Kristiani

Its okay kok kalau cuma dianjurkan.

bearti kalau jemaat tidak beri per10an tidak bersalah sama sekali terhadap Tuhan
bearti kalau jemaat tidak beri per10an tidak berdosa sama sekali terhadap Tuhan

tidak beri per10an → tidak ada masalah sama sekali dgn Tuhan

kalo mau setahun sekali berarti 10% dari pendapatan kita selama setahun
misalnya pendapatan kita 1 juta sebulan, berarti kalo setahun 12 juta, persepuluhan nya 1,2 juta
ngasih nya gimana coba dari gaji sebulan aja ga cukup hehe
jadi lebih ringan kalo sebulan sekali :slight_smile:

Jadi Firman Tuhan di Ulangan 14:22 sudah tidak perlu ditaati oleh petani Kristen lagi ya bro, Okay2

gampangnya

anggap saja Ulangan 14:22 sudah tidak berlaku lagi bagi para petani Kristen :slight_smile:

maksud dari ulangan 14:22 itu bro tiap kita mendapat penghasilan berarti saat itu kita kasih perpuluhan
kalo misalnya petani kristen sekarang 3-4 bulan panen nya, ya setiap 4 bulan berarti perpuluhan nya :slight_smile:
tinggal disesuain aja, bukan ga berlaku :slight_smile:

selain itu juga

kalau diberikan 1 tahun sekali (katakanlah bulan Desember)

kan Gereja tidak dapat income sama sekali selama Januari-November

nanti pendeta dan para pengerja gereja dapat uang dari mana ? ya kan

karena itulah diberlakukan setiap bulan saja

Terus terang di gereja aliran Pantekosta yang di Indonesia induknya GPDi. Pecah kesana-sini termasuk bapak Alex keponakan Isaacc Leo GPPS itu, semua wajib perpuluhan …

Semua pendeta kaya tsb berasal dari induknya yaitu GPDi. Saya punya data perpecahan GPDi sampai melahirkan Lumindong , Alex, Nico, Arifin di Bali yg kaya raya dst…dst…

kalau Per-10 ditambah Teologi Kemakmuran … Kaya deh lu… Jaguar yang dinaiki kamu…

Segera jadi pendeta di aliran Pantekosta , cari kerja susah, lebih baik cari jemaat terutama dari Katholik yang kaya dan baca Alkitab tidak pernah…

Saudara / Famili saya 4 keluarga dari Katolik ( rata-2) udah punya Toyota Alphard… pindah ke Pantekosta…

Sudah pendeta nya Cewek lagi (tdk Alkitabiah ini/ Paulus khan dah melarang) naik Jaguar lagi sekarang…

Mengapa yang didatangi yang Kaya dan terbanyak dari Katholik , sebab banyak jemaat Katholik yang kurang kuat imannya. Mereka hanya rutin datang ke gereja saja. Ini makanan empuk bagi PEKUN - PEKUN alias pendeta dukun.

Berita terakhir terjadi perdebatan , Pendeta Cewek bisa melaksanakan Perjamuan Kudus. (biasanya kagak boleh khan ) Sudah dilaksanakan sebab pendeta cowok kurang.

saya menangkap maksud anda, tinggal kita sesuaikan sendiri saja . itu sih mudah kok :slight_smile:

Di Alkitab sbb :

Ulangan 14:22
Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.

tinggal kita sesuaikan

Ulangan 14:22 - VERSI PENYESUAIAN versi BULANAN
Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, bulan demi bulan.

atau

Ulangan 14:22 - VERSI PENYESUAIAN 3 BULANAN
Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, 3 bulan demi 3 bulan.

atau

Ulangan 14:22 - VERSI PENYESUAIAN 4 BULANAN
Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan
sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, 4 bulan demi 4 bulan.

mudah banget ternyata menyesuaikan firman dgn situasi

terima kasih bro lionyehuda atas sarannya bagi para petani Kristen untuk
menyesuaikan firman dg situasi yg ada shg tidak melanngar firman

jadi kalau ada yg sepertinya sulit dilakukan dgn keadaan jaman sekarang
Tinggal disesuaikan saja . Nice

wah dari pernyataan anda seperti nya menganggap bahwa perpuluhan itu dimakan pendeta dan pengerja ya bro repento?
perpuluhan itu digunakan untuk pembangungan gereja, misal nya ada yang rusak di service terus kalo ada kegiatan pake dana itu
jadi kalo setahun sekali ya gapapa, tapi gereja nya paling baru perawatan setahun sekali, kalo ada yang rusak di service setahun sekali
kalo pendeta dan pengerja mah dapet duit nya dari Tuhan ;D

wah bukan disesuaikan dengan harafiah begitu bro :slight_smile:
maksud nya Firman Tuhan yang kita baca jangan ditelan mentah mentah, tapi resapi dalam hati dan sesuaikan dengan keadaan kita :slight_smile:
Firman Tuhan yang ditulis itu udah benar ko, dan cukup bisa saya mengerti bahwa maksud Tuhan bukan Tuhan nyuruh musti berapa tahun sekali tapi setiap kita dapat penghasilan :slight_smile:
kalo misal nya pelaut dia baru dapet uang setelah 2 tahun berlayar, ya perpuluhan nya pas dia dapet uang itu

Pendeta yang mengHaruskan Per-10 adalah CINTA UANG. akar dari cinta uang adalah …IBLIS.

untuk gereja2 besar, ada akuntan publik yang dolibatkan untuk audit lapoan pertanggungjawaban dana perpuluhan ini

perpuluhan buknalah hak pendeta atau pengerja

pendeta dan pengerja mendapat gaji (istilahnya persembahan kasih) yg dananya diambil dari alokasi dana operasional.

dananya dari mana?

ya dari dana persembahan umum umat

untuk apa dana perpuluhan? untuk pengembangan misi, membantu gereja2 kecil yg kekurangan dana entah untuk operasional ataupun untuk pembangunan gereja (tidak hrus satu denom)

bahkan ada bbrp pendeta yg tidak mau menerima persembahan kasih, karena mrk sdh mendapat dana persembahan khusus dr bbrp jemaat atau bahkan mendapat pk dr gereja2 yang mengundang mrk untuk berkotbah

ada juga yang memperoleh dari hasil perbitan buku

namun tdak menutup kemungkinan adanya kemungkinan penyalahgunaan dana perpuluhan pd gereja2 tertentu baik oleh gereja maupun oknumnya

salam