KOREKSI kpd saudara seiman: Mem-BETUL-kan & Me-NYADAR-kan KEKELIRUAN L.R.K

Melanjutkan pembahasan di Topik sblm-nya yang di-close oleh Mod krn dianggap mendiskreditkan Lembaga Roma Khatolik (L.R.K)

Maka, saya coba me-rephrase maksud diskusi saya yang sama-sekali tidak bermaksud dmkian.

Mohon di sharingkan jwban 2 pertanyaan sbb:

  1. Respons spt Apa yg BENAR (alkitabiah) yg hrs dilakukan oleh anggota L.R.K setelah SADAR (di-SADAR-kan) akan Kekeliruannya?
    a. Keluar dari L.R.K dan pindah ke yang Lain
    b. Mereformasi L.R.K scr internal agar L.R.K bertumbuh semakin Kuat & Solid
    c. Lainnya:…

2. Bersediakah rekan2 forum ini untuk berbuat lebih demi MEMBANTU teman2 LRK agar JANGAN TERJERUMUS dalam KEKELIRUAN / KESESATAN, lebih dari sekedar me"nunjuk"kan Kekeliruan tersebut saja?
a. Tidak Bersedia: krn saya maunya cuma nyalah-nyalahin doang…
b. Bersedia: dengan cara…
c. Bersedia: bahkan untuk membantu secara internal… Misalnya: dgn me-murni-kan L.R.K dari DALAM… dll…
d. lainnya: …

Mudah-mudahan ini tidak dianggap mendiskreditkan ya…

Dan, dalam Suasana Idul Fitri yang indah ini, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya apabila ada teman-teman yg anggota L.R.K merasa Ter-Diskredit-kan dengan Topik saya terdahulu…

Salam,

Bagi saya si namanya forum diskusi, saya hanya akan bergabung dlm diskusi, belajar memahami pemikiran lawan bicara dan sebaliknya menyampaikan pemahaman kita, tanpa berkata2 kasar biarpun sering dikata2i scr kasar.

@cadangta
Ini sekedar saran ntah masuk akal bagi anda atau tidak ttp anda bole percaya saranku ini tulus tanpa ada apapun dibaliknya…
Adalah sulit mereformasi sebuah organisasi yg telah exis selama ribuan tahun dan percayalah tidak semua sepaham bahwa organisasi tertentu harus direformasi.
Mengingat misi Kristus datang kedunia untuk menyelamatkan dan membawa manusia ke sorga ada baiknya kita tiap pribadi lebih fokus dalam hal ini, sederhananya aku akan fokus memastikan tiket ku disorga baru kemudian mengajak org lain dan selanjutnya dgn maksud tulus mereformasi organisasi. asuransi setelah kematian inilah yg lebih dulu harus kita fikirkanm
Mungkin tiap orang berbeda menangkap maksud dari alkitab ttp satu yang bisa dipercaya bahwa jika manusia sungguh-sungguh berdoa kepada Tuhan utk membimbing kita maka DIA sendiri akan mengajari menurut cara DIA, percayalah! Anda hanya perlu bertanya sungguh-sungguh kepada Tuhan ini bagian anda dan selanjutnya biarkan Tuhan bekerja.

Aku tambahin dikit om…

Salam…

Terima kasih saudaraku cadang data, atas ajakan anda itu.

Dalam hati saya sungguh percaya, bahwa anda mempunyai niat yang baik, untuk menolong kami yang berada di L.R.K.

Mengapa saya bisa mengerti niat anda tsb. adalah niat yang tulus dan baik,
Tidak lain karena saya telah mengalami sendiri.

Dahulu waktu saya diBandung gereja saya ialah GKI,
Ketika saya di Surabaya saya masuk Bethany , saya dibaptis selam.
Di Bethany saya senang sekali, suasananya lain dari pada ketika saya di GKI.
Puji-pujianya bagus sekali, chotbahnya mengena , dan pengusiran setan dan penyembuhan sering terjadi. Saya bernyanyi, bertepuk tangan, angkat tangan dan bergandengan dengan saudara-saudara seiman. Saya ikut melayani keluar masuk rumah sakit, untuk mencari jiwa-jiwa yang tersesat.
Akan tetapi, pada waktu, entah bagaimana, hati saya penuh kebencian kepada L.R.K. dan saya ingin menolong umat yang tersesat yang berada didalamnya. Sering saya doakan mereka dengan tumpang tangan, saya usir roh katolisism dalam nama Yesus.
Setelah hampir 6 tahun saya di Bethany, saya merasakan adanya kejanggalan didalam gereja saya tsb., yang diajarkan oleh mereka mengarah ke successan dunia.

Saya ada dipersimpangan jalan, saya tidak tahu mau ke gereja mana.

Kebetulan waktu natal saya diajak teman katolik ke gerejanya, waktu saya melihat patung Maria, saya rasanya kurang suka. Akan tetapi karena tidak ada pilihan lain, maka saya datang kedua dan ketiga kalinya dan seterusnya, sampai sekarang. Baptisan saya diakui dengan sah. berarti saya tidak perlu dibaptis lagi.

Setelah lebih dari sepuluh tahun saya berada di gereja katolik, mata saya baru terbuka, bahwa gereja inilah yang tepat sesuai menurut ajaran Yesus.

Mengenai Tradisi, karena pada waktu itu injil belum ditulis, maka sebagai pegangan adalah Tradisi suci.
Mengenai Magisterium, dasarnya adalah kitab Suci, yang ditentukan oleh banyak para uskup.
Jadi sama sekali tidak benar bahwa Magisterium itu adalah karangan uskup sendiri.
Contohnya; Seperti Konsili Vatican II, yang berlangsung mulai dari tahun 1962 sampai tahun 1965, yang diikuti oleh lebih dari 2000 orang.
Dengan sendirinya semakin banyak orang yang ikut menentukan, semakin bisa diperkecil kesalahannya.
Dari pada kalau yang menentukan hanya perorangan, sehingga bisa tumbuh bermunjulan banyak denominasi baru.
Maksud dari Magisterium ini ialah agar kitab suci jangan ditafsirkan dengan sembarangan, harus diberi batasan dan pengarahan yang benar.

Dari sini kita baru sadar, mengapa sebabnya gereja katolik, dari dulu sampai umur 2000 tahun, adalah tetap, tidak banyak berubah.
Gereja katolik dimanapun juga mempunyai aturan mainnya sama dan umatnya didalam satu gereja terdiri dari berbagai -bagai bangsa.
Didalam chotbahnya atau homili, mereka tidak pernah menyinggung atau menjelekkan agama lain. Berbeda dengan waktu saya di Bethany.

Mengenai anda sekalian menganggap bahwa L.G.K. adalah sesat. karena anda kurang tahu mengenai gereja katolik. Anda cuma mendengar hasutan dari kanan kiri dari orang-orang yang kurang senang dengan gereja katolik, seperti waktu saya di Bethany tempo lalu.

Inilah sedikit masukan yang bisa saya berikan.
Marilah kita masing-masing dengan hati yang tulus, mencari jalan yang ditunjukkan oleh Yesus.
Dan mohon maaf, kalau ada kata-kata yang menyinggung perasaan anda.

Syalom.

Hehehe…kesaksian yang luarrrrrr biasa… :afro:salute…
Anda 6 thn di bethany…hmm…trus di Katolik anda sudah berapa lama?
anda mengatakan “saya merasakan adanya kejanggalan didalam gereja saya tsb., yang diajarkan oleh mereka mengarah ke successan dunia.”
apa maksud anda bahwa pengajaran mereka mengarah kepada kesuksesan dunia?jgn2 itu bukan pengajaran?tolong anda klarifikasi sob…trimakasih… :happy0025:

Dari yang saya lihat selama ini, mereka mengandalkan Tuhan untuk mencapai cita2 dunia mereka masing2, seperti Pekerjaan yg lebih mapan, keuangan yg lebih-lebih lagi, dsb, dsb yang saya rasa itu tidak penting dalam hal keRohanian, begitu sob…Coba deh perhatikan khotbahnya, menjurus ke kesuksesan duniawi aja terus (sounds like Winner for goods).

Ada Kristen yg mengajarkan utk mengandalkan Tuhan dalam segala aspek kehidupan, termasuk hal materi.

Ada Kristen yg memisahkan antara hal rohani dgn hal materi.

Jadi yg mana yg disebut menyembah mamon?

Inilah akibatnya kalau tidak mendalami Alkitab Firman Tuhan melainkan hanya mencari gereja yang cocok dengan diri sendiri sehingga penilaian sangat subjektif.

YANG BENAR ADALAH MENCARI GEREJA YANG COCOK DENGAN KEBENARAN Firman Tuhan.

Anda kelak dihakimi oleh/berdasarkan Firman Tuhan bukan oleh organisasi/tradisi gereja.

Dengan demikian tidak mungkin ada kesalahan pilih karena penilaian bersifat obyektif dan absolut.

Shalom

Anda salah mengerti kali…? coba dipelajari secara dalam…jangan-jangan cuma salah paham

Terima kasih mas alamak atas sharing-nya…

Jadi Gereja nya Mas Alamak SUDAH COCOK dengan KEBENARAN FIRMAN ya…
Wah… senangnya… saya ikut bersyukur…

Gimana mas dengan Ratusan / Ribuan Gereja-gereja LAIN yang TIDAK COCOK dengan KEBENARAN Firman itu?
atau perlu direformasi atau dimerger aja ya sebaiknya?
Supaya jangan sampai teman-teman member Forum ini TERJERUMUS dalam KEBENARAN PALSU ya? kasian lho…

Ia, tapi jangan yang diprioritaskan hal materinya, begitu maksud saya…Masa yang dipergumulkan “$” melulu.

Itu mah yang “majikannya dua orang”

Yang pertama ngejar-ngejar mamon,
Yang kedua ga jelas…

BTW BTT Maaf OOT

TS sebaiknya kenali dulu dalam - dalam L.R.K itu, mana tau disitu anda tobatnya…Jangan asal Judge begini donk…

Mas Nic,

Saya sedang proses belajar terus kok mas…
Pengetahuan & Iman saya ini masih dangkal banget…

Dalam rangka itulah, saya ingin ikut mempelajari juga:
Rekan2 yg RELA untuk Me-NUNJUK-kan kesalahan L.R.K itu sebenarnya APA yg HENDAK DICAPAI?

Siapa tahu, dengan memahami benar tujuan rekan2 tsb, saya jadi lebih tercerahkan…

Jutaan gereja tidak menjadi masalah kalau semua berdiri diatas landasan kebenaran Firman Tuhan.

Dan yang keluar dari kebenaran Firman Tuhan dengan segala macam ajaran serta tradisi tambahan dan Injil palsu hanyalah gereja bidat bukan bagian dari tubuh Kristus.

Shalom

Sorry, sebaiknya tidak saya sebarkan segala kekurangan dari gereja yang sudah saya tinggalkan.

Di Bethany saya juga banyak mendapatkan hal-hal yang positip, yang sekarang telah menjadi bekal saya menuju kerumah Tuhan.

Saya di Katolik sudah berjalan hampir sebelas tahun, hingga sekarang.

@mbah Sam
memang bahaya kalo sembarang tumpang tangan dan tengking tanpa tanya ROH KUDUS, roh agamawi yang anda perangi berbalik ke anda sendiri, saya sudah dengar hal seperti ini sudah banyak sekali kasusnya

Thanks mas,
Jadi artinya Walaupun Banyak Macam-macam Gereja, kalau mirip dengan yang Mas Alamak yakini… berarti sudah mendekati / sudah diatas landasan Firman ya…

Sedangkan, kalau Bentuk Gereja yang Berbeda pola nya dengan Keyakinan Mas Alamak… berarti gereja palsu ya…

Sekarang mas… kalau menurut mas…
Orang-orang yg tertipu Gereja Palsu itu sebaiknya gimana mas?
Keluar aja & ikut ke gereja yang berlandaskan Firman mnrt mas itu tadi?

atau gimana enaknya ya…? kasian juga lho… mereka ini…

Salam,

Sory… saya sekalipun tidak pernah membuat gereja saya menjadi ukuran kebenaran melainkan hanya Kitab Suci saja,jadi anda sudah mengambil kesimpulan keliru total.

Kalau mau taat kepada kebenaran Ikut Yesus saja yaitu belajar memahami Kitab Suci dengan baik bukan membeo seperti burung beo atau robot kepada pemimpin gereja karena sudah ada contohnya jemaat gereja awal di Berea :

Kis.17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Ajaran Rasul saja masih perlu diuji oleh jemaat apalagi hanya pemimpin gereja yang terdiri dari manusia biasa bukan Nabi dan Rasul.

Kalau mau taat kepada perintah Tuhan camkan hal dibawah ini baik baik :

1 Tes.5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Shalom

Mengenai Tradisi, karena pada waktu itu injil belum ditulis, maka sebagai pegangan adalah Tradisi suci.
kamu salah. sblm alkitab ditulis adlh jaman kegelapan, krn byk yg tdk alkitabiah

amen??

Mas alam,

Wah… sorii pisan… saya rupanya salah memahami maksud & kehendak sampeyan lho mas…
Padahal ya saya udah coba baca baik-baik posting-postingan sebelumnya…
Maaf ya… mas…

Kesalahan Interpretasi kaya gini aja Bisa Kejadian di antara dua manusia biasa spt kita ini ya mas…
Apalagi kalau si manusia biasa itu sedang mencoba memahami & menaati Perintah Tuhan (yg Luar Biasa)…
bayangkan potensi distorsi, reduksi & exagerasi nya ya mas…
Pasti ngalor-ngidul gak karuan ya hehe…

Kalau saya maknai demikian apa sudah mendekati betul mas:

  1. Tidak ada Satu Gereja / Aliran / Denominasi / Persekutuan pun yang BENAR
  2. Setiap manusia harus HANYA BERPEGANG pada Kitab Suci
  3. Kebenaran Tuhan di Kitab Suci harus SELALU di UJI oleh kita (manusia) dengan Parameter Kitab Suci itu sendiri
  4. Kemampuan pengujian itu terletak pada Daya Interpretasi si manusia tsb thd K.S.
  5. Jangan pernah berhenti Meng-Uji Kebenaran itu, karena yg kita / org lain Yakini HARI INI Belum Tentu Sudah pasti Benar… mungkin besok kita / org lain bisa Menemukan Keyakinan yg Lebih Benar…

Apa saya salah lagi ya? hehe…