Kota Surga Bagi Pesepeda

Bersepeda saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota. Kebiasaan sehat yang satu ini pun makin populer di Jakarta dengan adanya Hari Bebas Kendaraan Bermotor setiap bulan.

Meskipun Anda juga bisa bebas bersepeda pada hari kerja, tetapi rasanya lebih nyaman bersepeda saat akhir pekan, ketika kondisi jalan tidak terlalu ramai. Tetapi, jika Anda tinggal di empat kota berikut, rasa nyaman bersepeda bisa didapatkan setiap hari. Ketahui empat kota yang merupakan surganya para pesepeda, seperti dilansir dari Divine Caroline.

  1. Copenhagen, Denmark

Populasi masyarakat : 1,8 juta

Populasi pesepeda : 32 persen pekerja di Copenhagen menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Kota yang berada di peringkat enam dunia dalam hal kualitas hidup ini, juga surganya para pesepeda. Tiap warga kota Copenhagen memiliki satu sepeda. Kota ini menawarkan sepeda umum gratis dan jalur sepeda yang ditunjuk dengan sistem sinyal yang terpisah. Salah satu daerah yang bernama Christiana bahkan hanya dilewati sepeda dan tidak ada mobil yang lewat. Pejabat setempat bahkan berencana untuk menggandakan pengeluaran untuk membangun infrastruktur sepeda dalam tiga tahun ke depan.

  1. Amsterdam, Belanda

Populasi masyarakat : 750.000

Populasi pesepeda : Empat puluh persen lalu lintas di Amsterdam adalah lalu lintas sepeda

Amsterdam, dikenal sebagai ibukota sepeda dunia. Terdapat 249 mil (400 kilometer) Fietspaden, atau jalur sepeda dan jalan yang ditunjuk. Sebagian besar diantaranya memiliki lampu lalu lintas sendiri dan tanda-tanda yang berbunyi: “Uitgezonderd” (artinya kecuali) untuk menunjukkan bahwa hanya sepeda dan skuter yang dikecualikan dari peraturan lalu lintas. Kota Amsterdam juga sedang dalam proses membangun sebuah garasi parkir sepuluh ribu sepeda di stasiun kereta api utama, Amsterdam Centraal.

  1. Davis, California, Amerika Serikat

Populasi masyarakat : 65.000

Populasi pesepeda : 17 persennya adalah pengguna sepeda.

Davis adalah satu kota di Amerika Serikat yang aktif merencanakan untuk memasukkan jalur sepeda ke dalam arsitektur transportasi. Menurut Virgin-Vacations.com, di kota tersebut terdapat sekitar seribu mil jalur sepeda. Hal ini membuat kota tersebut mendapat status “Bicycle Friendly Community”. Bahkan lambang kota tersebut adalah sepeda.

  1. Barcelona, Spanyol

Populasi masyarakat : 1,6 juta

Populasi pesepeda : Lebih dari 30.000 masyarakat Barcelona, menggunakan sepeda sebagai alat transportasi

Para pecinta sepeda di Barcelona dimanjakan dengan layanan “Bicing Service” yang dimulai pada 2007. Layanan ini memungkinkan masyarakat lokal dan turis untuk mengajukan permohonan kartu bersepeda. Kartu ini memungkinkan mereka untuk mengambil sepeda dari seratus stasiun tersebar yang tersebar di seluruh wilayah perkotaan, menggunakannya dalam batas-batas kota, dan mengembalikannya ke stasiun lain.

Ada juga “jalur hijau” yang merupakan jalur sepeda untuk mengelilingi kota. Terdapat area parkir di jalanan yang bisa memuat 3.250. Kota ini juga sedang dalam proses membangun sebuah garasi sepeda bawah tanah yang besar.

Di Indonesia kapan bisa seperti itu ya?

Salam

Ya …belum saatnya bisa di Indonesia.
dari siaran berita tv (tv mana lupa) bhw populasi sp motor di Jkt adalah setiap 2 org ada 1 sp motor (wah berat)

naik sepeda di jkt, mesti bersaing dg metromini, bus kota sp motor dan bajaj yg banyak asapnya…

hehehe

weleh…
kalo suhunya enak gpp bersepeda…
Tapi kalo suhu kayak di Jkt naik sepeda berangkat kerja, sebelum ngantor ke rest room dulu bersih2x keringat, semprot minyak wangi, ganti baju soalnya tempat2x tertentu basah kan… :char11: :smiley:

pasti udaranya sejuk tuh di Copenhagen…hem…pengen ke sana ah sambil

jualan sepeda kebo…sapa tau laku keras…

di indonesia gak ada ya… hehe…

Dimanado tiap sabtu & minggu bersepeda :slight_smile:

di Malang tiap hari mau bersepeda juga silahken…masih banyak tempat2 berudara sejuk…hehehe

di beberapa ruas jalan di jogya saya lihat ada jalur sepedanya.
tapi mengingat semakin gampangnya memiliki motor, program bersepeda akan sulit berkembang.

penduduk indonesia banyak bro. Gak bakalan bisa kita punya fasilitas untuk jalan bersepeda

ya di luar semua …kalo di lokal, selain jogja ada ga