Kotbah Populer

selain Perpuluhan & persembahan (maaf)… Berkat (maaf)… dan Akhir zaman (maaf)…

ada juga 1 ajaran yg cukup kuat dengan ke-3 sebelumnya yaitu “Berdoa” dan sangkut pautnya dengan kata “ibadah”

poin doa & ibadah pasti banyak banget… dari cara berdoa & ibadah yg baik & benar, apa yg harsu didoakan, dll

tapi saya mau mulai dengan poin “Berdoa sampai dapat” hampir mirip maksa…

  1. benarkah konsep ini?
  2. haruskah berdoa sampai dikabulkan?
  3. bagaimana ttg konsep ajaran yg menetralkan ajaran diatas, yaitu jawaban YTN (ya-tidak-nanti)?

Thx… ^^

akhirnya thread yang berbeda…fuiiihh…
pantau dulu gara ^^…kagebunshin no jutsu ^^

Ya direspon toh…jd bgmn mnrt Bro Exia?

berdoa adalah komunikasi kita dengan Tuhan yang juga adalah Bapa kita.

Berdoa juga dilakukan ketika kita meminta sesuatu dari Tuhan.

Berdoa sampai dapat? Ini Tuhan Yesus sendiri yang ajarkan melalui perumpamaan “meminta roti kepada tetangga”
Ini juga yang dikatakan ujian kesabaran iman untuk kita bersabar sampai doa kita dijawab Tuhan.

Bagaimana kalau ternyata Tuhan telah menjawab “Tidak atau Nanti”?
Well, itu kan artinya sudah dijawab Tuhan. Kalau “nanti” ya tetap berdoa tp bilang “Tuhan aku sabar menanti”; jika “Tidak” ya jangan maksa, berarti Tuhan punya kehendak lain. Mulai berdoa untuk hal yang lain yang berkenan / sejalan dengan Tuhan.

Semoga bermanfaat. GBU.

Syalom Bro

sebenarnya pada saat kita sdg berdoa , kita kan berbicara kepada TUHAN YESUS , kita tau jawabanya "TIDAK atau NANTI " itu kapan ya ???
THX

TUHAN memberkati :angel:

Shalom juga,

jikalau jawabannya “Ya”, sudah pasti kita tahu karena kita mendapatkan apa yg kita doakan.

Jawaban “Tidak” atau “nanti” ini yang lebih susah diidentifikasi memang. Apakah ada thread yang membahas “mendengar suara Tuhan” ga ya? jika ada, bisa dirujuk ke sana. kalau belum, ini yang bisa saya bagikan: minta tuntunan Roh Kudus.

Akan sulit bagi kita untuk mengenal jawaban Tuhan tanpa tuntunan Roh Kudus; karena Tuhan dapat menjawab melalui apapun dan atau siapapun yang Tuhan pakai.

Bisanya adalah diberikan tanda-tanda yang akan membuat kita mengerti apakah itu adalah “Nanti” atau “Tidak”.

Kita bisa juga “memberi kondisi” kepada Tuhan agar dapat “mendengar” jawaban-Nya. Contoh: Tuhan jikalau berkenan saya minta A; apabila Tuhan tidak berkenan saya mendapat A, maka terjadilah kondisi X yang saya dapat lihat/rasa.

Jikalau kita mendapat A, maka “yes”. Jikalau kita mendapat tanda / kondisi X, maka “No”… jikalau belum terjadi apa2… maka biasanya Tuhan menyuruh kita bersabar alias “Wait” / “Nanti” dan kita tetap berdoa sampai dapat (dengan tetap berkata “pada waktu-Mu Tuhan, bukan waktuku”)

Semoga bermanfaat (dan tidak membingungkan :cheesy:). Cheers. :angel:

Bro Gara,
Mungkin Pray Until Something Happen ( PUSH ) yang dimaksud maksa TUHAN yah ?
nich doa kali aja ambil dari Konsep orang Chinese berdoa … :mad0261: Karena mereka doa pakai Dupa ( hio ) tiap pagi dan malam Thian disundutin hio hehehe… :cheesy: ( kan hionya dinaik turunkan pas berdoa ) sampai ahirnya Thian kewalahan ( bo Hwat ) maka permintaannya diturutin hahahaha… ;D ;D ;D

wah puji Tuhan ada topik yg berbeda…hahaha…

berdoa sampai dapat…

kl gak salah ada cth2nya di Alkitab…
kisah perumpamaan seorang perempuan yg meminta terus menerus utk perkara2nya dibela oleh hakim yg lalim
atau kisah wanita samaria yg anaknya kerasukan awalnya ditolak Yesus…

kl berdoanya sesuai dengan kehendak Bapa dan buat sesuatu yg BENAR pasti akan dikabulkan tinggal tunggu kapan waktunya Tuhan menjawab

dan selain bedoa pun kita harus bekerja ORA ET LABORA…

Bro Steavan , atau mungkin Permpuan yang dibilang = anjing sama Tuhan YESUS … ( Makan remah-remah dari roti yang jatuh dari meja tuannya ) tapi dia ngeyel terus kan ahirnya Tuhan YESUS kabulkan juga walau dia itu bukan YAHUDI ?
JBU

betul itu mksd gw…

bukan ngeyel kok gangga tp Tuhan lihat hatinya yg teguh dan respon yg luar biasa dari wanita itu…coba deh u memposisikan diri u sbg wanita itu, atau engga misalnya u mau pinjem uang dan u dbilang anjing…apa respon u??

hm… tapi terkadang “berdoa sesuai kehendak Bapa itu” sulit dipahami… bagaimana penjelasannya?

NB: ada satu pendeta pernah berkotbah begini…
“Tuhan kita itu kaya… dan kita sabagai anak-Nya jika menginginkan sesuatu mintalah pada Bapa… (sejauh ini setuju) lalu, minta nya jangan nanggung… kalau mau mobil, jangan sekedar XXX tapi mobil XXX (yg lbh mewah)… hmm???”

lalu, bagaimana jika mobilnya ga dikasih? bukannya ini berujung kekecewaan?? (saya pikir itu lbh mirip serakah)

Itu jenis kotbah yg kurang bijak.
Rada mirip dg godaan utk mngubah batu mjd roti.

Kcuali jika si pengkotbah mnambahkan :
Urusan diberi atau tidak, itu tserah Tuhan, tp kl mau minta ya minta saja.

setuju bro… tapi sayangnya… nalar ini sdh merasuki relung relung (jiah!) pikiran orang kristen…

berdoa sepenuh hati dan sekuat tenaga… bila perlu berdoa puasa bertahun2 demi cita2 & keinginan…
(apalagi yang diutamakan mengejar berkat materi) bukankah ini tidak menjadikan doa sbg mantra/ritual?

(*) belum lagi input2 kesaksian dr sdr/i A-B-C-D yang ‘katanya’ sudah berdoa puasa X tahun kemudian doanya dikabulkan…

belum lagi, ada orang yg berdoa dengan iman namun tanpa hikmat…
alkisah, ada kenalan ortu saya yg mengidap kanker stadium 4 dan dlm 1 mgg harus dioperasi… tapi ga ada dana jg
lalu datanglah jemaah rohaniah untuk memberi ‘semangat & doa’ ditambah dengan bantuan kesaksian (*) jg… akhirnya orang ini memutuskan untuk berdoa meminta kesembuhan tanpa operasi, kemudian apa yg terjadi??
orang ini meniggal…

saya tdk meragukan kuasa doa dengan iman dan kuasa doa orang2 percaya…
namun, dengan beberapa kasus lainnya saya pikir harus jg seseorang menggunakan hikmatnya untuk meminta dalam doa

nah, bagaimana menjelaskan doa yg baik & benar dalam masalah ini?

hmmm
kalau menurut aku pribadi doa yang “dipaksakan” menurut “kehendak dan mau kita” kurang tepat…
acuannya
kita percaya bahwa Bapa lebih dulu tahu keperluan kita sebelum kita meminta…
dan ketika kita berdoa seharusnya seperti Yesus berdoa…
“berikan kami pada hari ini makanan kami secukupnya”… secukupnya, bukan berlimpah limpah…
dan ketika kita berdoa percaya saja bahwa
Bapa mana yang memberi ular kepada anak-Nya yang meminta roti???
doa dalam pandangan saya ada arti “berserah” kepada maunya Bapa bukan kita…

Respond I : tetap minta … :coolsmiley: soalnya pinjemnya Rp 6,3 Trilyun hahaha :cheesy: ;D
Pokoke PUSH, ok ?! siip lah :afro:
JBU

bagaimana dengan mendoakan seseorang yang belum percaya? kalo menurut saya, dalam hal ini, justru kesetiaan kita mendoakannya yang dituntut oleh Tuhan.

mendoakan orang yg belum percaya pun kadang jd dilema bwt saya…
karena sepertinya itu jg menyangkut dg panggilan hati… ^^

pernah ada yg share sama saya, ttg merasa bersalah krn berhenti mendoakan seseorang (u/ percaya & kasih Tuhan)
dan kebetulan org yg didoakan anaknya sdg sakit (tanpa diketahui teman saya)

saat, dia berhenti berdoa (1-2hari) setelahnya anaknya meniggal krn DB, dan dia merasa bersalah krn pikirnya mungkin krn dia berhenti berdoa…

tapi, dia sdh cerita ttg org nya yg dia lihat ga ada respon dia mau percaya…

nah, dr sharing temen saya… saat itu saya berpikir cukup ‘jahat’ karena saya teringat ttg Firman
“jangan membuang mutiara kepada (you know)”

makanya menanggapi ttg berdoa bagi orang yg belum percaya (terutama agar mjd percaya) itu dilema…
mendoakan agar Tuhan mengasihi org yg membenci anak-anakNya, itu sih wajib! ^^

mendoakan ndak apa apa bro… saya sendiri ada buklan dari bacground “kristen”… tapi ada saudara “jauh bahkan” yang selalu mendoakan kami sekeluarga (papa, dan kami bertiga anaknya (1.5- 4 th) tanpa mama yang duluan dipanggil Tuhan)
entah kenapa akhirnya kami bertiga mendapat “kasih-Nya”
doa itu baik saudaraku^^
dan baru akhir tahun kemarin saudara saya yang sering mendoakan “dipanggi Tuhan juga” sakit… itu awal saya pun kenal forum ini untuk meminta dukung doa… tapi Tuhan punya cara-Nya… ya kita harus rela…walau saya pernah berpikir jangan2 karena anak2 saudara saya ini “kurang iman”…
doa adalah nafas kita… walau sulit di lakukan^^

nah… itu berarti salah satu poin yg terbukti “berdoa sampai dapat” tp… dalam hal apa aja kl begitu?

keselamatan jiwa2 itu yang pasti ^^