Kremasi dalam pandangan Kristen

untuk semuanya aku ada sedikit pertanyaan.apakah kita sebagai orang kristen boleh di kremasi jenasahnya ketika mati.kemudian abunya bisa dilarung ke laut.apakah ada ayat ato ajaran yang betentangan dengan ini.karena saya berencana meminta seperti itu nanti kalo aku mati…thxs…ada yang bisa jelasin.

katanya sich orang Kristen gak boleh di-kremasi atau dibakar, soalnya nanti akhir zaman khn tubuh kita yg mati mau dibangkitkan, kalo gak salah sich gt

kok klo mati berencana mo kremasi? knp?

gak.kalo gw pikir

  1. ngehemat tempat
  2. cepet jadi abunya.(kan kita dibuat dari tanah dan abu)

ada pandangan dari teman2x yang lain. :azn:

wah, belom pernah mati yach, jadi gak tau repotnya ngurus kuburan, hehehe…

  1. sewa tempat/tanah mahal
  2. menyusahkan keturunan, mesti dibersihkan/diurus
  3. perlu ongkos penguburan
  4. dll…

Sedikit sharing dari yang aku tau :azn:
Kenapa orang kristen " harus dikuburkan " oleh sebagian orang adalah karena berbagai macam teladan dalam tokoh2 alkitab sendiri yang dalam prosesi pemakaman nya adalah dengan penguburan, kecuali Saul.

Penguburan Yesus

Matius 27:60 lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru, yang digalinya di dalam bukit batu, dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah ia.
Markus 15:46 Yusuf pun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.
Yohanes 19:40 Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.

Penguburan Abraham

Kejadian 25:7 Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, Kejadian 25:8 lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya. Kejadian 25:9 Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre,

dan ada banyak teladan dalam hal prosesi kematian lain nya :coolsmiley:
Sumber : http://www.ckcybers.com/mengapa-umat-kristen-dikuburkan-saat-meninggal.html

GBU

thxs untuk infonya.tp artinya emang gak ada aturan khusus yang mengharuskan kita di kubur.artinya kita tidak berdosa ato melanggar aturan kalo kita mati ntar di kremasi jenasahnya.ato gmana.

Dear you,

sharing aja…setahu saya dikristen itu tak disebutkan secara detail
tapi ada ayat alkitab yg menyebutkan :

  1. kita berasal dari tanah dan debu(bukan abu) jd ketika mati dari tanah kembali ke tanah…jadi ya dikubur…karena nanti akhir jaman, kita akan dibangkitkan jadi tubuh kemuliaan, seperti Yesus ketika bangkit,sebab kalau dibakar kan jadi abu trus dibuang kelaut, nanti kasian malaikat Tuhan mau bangkitkan kamu, harus nyari2 abu kamu posisinya ada dimana…jgn2 dah dimakan ikan atau cumi2, trus bangkitkan kamu gimana kalau jd abu…begitu son
  2. Tapi ada jg ajaran…kalau mati yang penting itu adalah rohnya…jd tubuh ini mau dibakar kek, mau dikubur kek, mau ditanam di pot kek gak jd soal…krn roh yg bertanggung jawab nanti…
    ajaran ini ada karena mengacu, selain ada di Alkitab saya lupa ayatnya…jg mengacu pd suatu saat diseluruh dunia khususnya indonesia tanah akan mahal…dan suatu saat semua pemerintah negara akan mengeluarkan aturan bahwa semua orang mati harus dibakar…agar tak ada lagi tanah kuburan…krn tanah akan dipakai untuk hal yg lebih penting untuk urusan kesejahteraan rakyat atau urusan negara yg lebih penting.

yang terpenting jgn urusin mati dulu yah…pertanggung jawabanya lebih berat di akhirat…
yg penting selama kita masih hidup…berusahalah untuk hidup benar…baik dan setia serta taat pada Tuhan…agar kalu bisa matinya diangkat seperti henok atau musa gak ada kuburanya
karena hidup taat pada Tuhan…LUAR BIASA BUKAN…

Yupz bener,… memang secara khusus di alkitab sendiri gak ada tata cara dalam prosesi kematian :slight_smile:

ok…terimakasih u informasinya,

Sebenarnya soal mau dikremasi atau tidak, itu tidak masalah… Karena tubuh yang sekarang kita diami ini tidak laku disurga… Saat masa kebangkitan orang mati, tubuh yang akan dibangkitkan adalah tubuh kemuliaan, bukan tubuh jasmani yang seperti sekarang ini… Tubuh kemuliaan itu tanpa cacat sedikitpun, tanpa sakit penyakit, bahkan tanpa luka secuil pun…
kalo tadi ada yang bilang, tubuh kita ini akan ‘diperlukan’ saat masa kebangkitan nanti, itu sama sekali keliru…
kalo emang kayak gitu, trus gimana dong nasibnya orang Kristen yang mati kelindas truk sampe gepeng badannya, ato orang Kristen yang mati syahid sampe kepalanya diputusin ??
jadi gitu, tubuh kita yang sekarang ini nggak laku di sorga… yang lakunya itu, imannya selama hidup…
Jadi, kalo mati mau dibakar kek, dikubur biasa kek, ato mau dikasih makan ikan paus kek, itu nda masalah…
yang penting IMANNYA JANGAN DIBAKAR !!
hehehe… ;D :afro:

jadi gitu, tubuh kita yang sekarang ini nggak laku di sorga... yang lakunya itu, imannya selama hidup... Jadi, kalo mati mau dibakar kek, dikubur biasa kek, ato mau dikasih makan ikan paus kek, itu nda masalah.. yang penting IMANNYA JANGAN DIBAKAR !!

Nah, saya setuju

Shalom,

Menurut saya, agak menyusahkan diri memikirkan bagaimana kalau mati nanti.

Dari pd tersita waktu, terkuras energi, terpakai sumber daya dan lelah pikiran utk memikirkan renana yg demikian, lebih baik memikirkan dan berserah kpd tuntunan Roh Kudus utk mengalami mujizat kuasa kasih karunia hidup dalam Kristus, hingga benar2 memenangkan pertandingan saat mati nanti;

sehingga pada saat kedatangan ke2x ikut menerima pemuliaan dan menerima mahkota abadi (Rom 8:17,18, 38,39, 1 Kor 9:25, 2 Tim 4:7,8), ikut dibangkitkan dari kematian, dibakakan (1 Kor 15:51-57, 1 Tes 4:13-17) dan dibawa ke sorga selanjutnya menjadi pewaris bumi yg baru (Why 21-22).

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Mohon masukan dari teman2 mengapa orang Kristen melarang prosesi Kremasi?? Padahal tidak ada satupun ayat di perjanjian baru yang melarang prosesi ini dan lagi tradisi mengubur adalah tradisi nya orang-orang Yahudi dalam perjanjian Lama dan sampai saat ini.

Sepertinya pernah baca di thread lain yang mirip begini…

mungkin karena tidak ada tradisi membakar tubuh manusia di alkitab

mungkin juga, karena alasan, kelak pada kebangkitan tubuh orang mati. Tulang2nya akan dibangkitkan dan diciptakan tubuh baru.

kalau sudah dibakar, tidak ada lagi bekas tulang2nya. sudah hancur menjadi abu bakaran.

Sis , kalau alasannya seperti diatas maka muncul pertanyaan " Apakah TUHAN YESUS itu tidak MAHAKUASA ?"hingga urusan Tulang hancur bisa jadi masalah di kebangkitan nanti ? Bukankah kita percaya TUHAN yang kita sembah adalah TUHAN YANG MAHA KUASA ! aku jadi teringat salah satu kesaksian JADUL dimana seorang hamba Tuhan mendoakan Orang Buntung tanpa KAki terus TUHAN beri KAKI baru yang sempurna pada orang tersebut ! (kalau nggak salah Smith Wigglesworth yang berdoa buat rahib tanpa kaki disuruh beli sepatu ! ) bukankah TUHAN memberi dari yang TIDAK ADA MENJADI ADA ? kalau Orang Buntung kaki dan tangannya dan buta matanya tetapi dia mengasihi TUHAN YESUS, lalu mati dikuburkan … apakah ketika dibangkitkan maka dia tetap CACAT ?! mari kita renungkan bersama …apakah Tubuh Badaniah ini memperoleh hak untuk masuk dalam Kerajaan SORGA ?
GBU

Sy Setuju kalau tubuh itu dikremasi. Kenapa? karena manusia semakin banyak dan kebutuhan tempat juga semakin mendesak bukan kah lebih baik kalau tempat yang digunakan untuk pemakaman di bangun perumahan, sekolah2, tempat industri dan sebagai nya. Lagi pula jika alasan nya untuk kebangkitan di akhir jaman bukan kah Allah maha kuasa? perkara mudah bagi Nya untuk membangkitkan kita sekalipun sudah tidak ada jazad nya

Ha ha ha ha, walau saya setuju dan bisa mengerti alasannya. Tetapi tentu ngga bisa juga diharuskan dan demi kepentingan manusia (hidup) ya. Karena mungkin masih ada yang menganggap, dengan di kubur memberi kemungkinan untuk anak cucu tetap mengenang yang sudah meninggal itu. Kalau di kremasi dan dilarung ke laut, maka lenyaplah semua bekasnya tak bersisa.

:happy0062:

Salam
Bukan begitu Bro tapi ini juga menjadi dilematis org2 Kristen.
Jadi menurut Bro JJ kita tidak usah memikirkan bagaimana ritual kematian kita kelak?
Beri saja wewenang kepada org yg masih hidup begitu.