Kristen perlu puasa?

waktu saya kecil di sekolah katolik dulu, ada acara berpuasa,berpantang…

nah kalau kristen apa ada semacam ini…? kalau ada,berapa tahun sekali,atau ada tanggal kususnya?
ada ketentuan kah? seperti ga bole makn berapa jam,ga bole liat tv atau bagaimana…?

Anda penganut protestan apa?

Karena setahu saya protestan juga mengajarkan puasa. Khusus untuk GKI, silahkan lihat situsnya Puasa dan Derma - Sinode GKI

masih belum bisa menentukan aliran mana yg saya ikuti,tapi gereja saya GKI karena taunya angkot ya kesitu… makasih situsnya

dari yg saya baca,saya belum menemukan ketentuannya

apa hanya saat prapaskah?
bagaimana ketentuanberpuasa?

Setahu saya memang pada masa Pra-Paskah, diawali saat Rabu Abu hingga Jumat Agung, kecuali hari Minggu. Kalau Katolik sama, cuma biasanya hanya pada Rabu Abu, kemudian setiap Jumat hinga Jumat Agung.

Syalom

Ketentuan puasa bagaimana? hanya sebatas pantangan, atau sampai tidak makan selama beberapa jam?

Yang mana nih? Katolik atau GKI? Kalau GKI sih sepertinya harus anda tanya sendiri, kalau yang Katolik saya bisa jawab.

hmm penasaran juga.kalau katolik gimana puasanya.waktu googling ketemu sumber katolik yg saling berbeda. ada yg makan nggak kenyang, ada yg makan nggak sama sekali. penasaran jadinya hehe

yg terpercaya yg mana tuh?

Kalau di Katolik, ada Puasa dan ada Pantang.
Puasa dan Pantang hanya dilakukan pada Rabu Abu dan Jumat Agung.
Pantang dilakukan pada hari-hari jumat di antara Rabu Abu dan Jumat Agung.

Puasa, adalah makan cukup hanya satu kali dalam sehari.

Pantang, dilakukan dengan tidak melakukan/mengkonsumsi yang disukai sepanjang hari itu. Bisa rokok, daging, garam, camilan, atau gabungan beberapa sekaligus, yang penting saat melakukan pantang kita merasakan ‘beban’. Jadi yang bukan pemakan daging, atau tidak suka daging kemudian pantang daging, atau yang bukan perokok lantas berpantang rokok, tentu bukan itu maksudnya.

Kira kira seperti itu, bro.

Syalom

Beberapa gereja Protestan ada yang rutin melakukan doa puasa, misalnya sekali seminggu setiap Rabu. Di gereja saya waktu Rabu sebelum Paskah, kami berpuasa dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. Selama periode tersebut kami tidak makan dan tidak minum (dan tidak melakukan hubungan seksual tentunya :wink:).

Di gereja2 Pentakosta dan Kharismatik sering melakukan puasa. Teman saya yang Pentakosta melakukan puasa Daniel dengan tidak makan daging.

Nah, mudah mudahan semakin banyak umat Kristen (Katolik dan Protestan) yang mereply thread ini, bukan untuk saling tunjuk, tetapi salig melengkapi kekayaan tradisi gerejanya, sehingga kita semakin tahu selain gereja masing masing.

:smiley:

Ada sebuah buku yang menjadi panduan saya untuk memahami makna puasa Kristiani. Buku ini ditulis oleh (alm) James Lee Beall tahun 1974, berjudul asli dalam bahasa Inggris “The Adventure of Fasting: a practical guide”. Terjemahan bahasa Indonesianya diberi judul “Puasa”, diterbitkan Yayasan Kalam Hidup.

Berikut kutipan dari buku tersebut:

"Peralihan pemusatan dari makanan kepada Allah yang kita capai melalui puasa memang disengaja. Pilihan kita untuk tidak makan maksudnya ialah agar kita memperhatikan sesuatu yang lebih penting untuk kita. Arti sederhana mengenai puasa ini dinyatakan oleh perkataan Yunani nesteia yang terdiri dari dua bagian: awalan negatif ne dan kata kerja esthio, makan. Seringkali perkataan ini diterjemahkan berpantang makan secara sukarela.

Ada dua perkataan Ibrani yang mempunyai hubungan dengan perbuatan puasa. Yang pertama berarti “berpantang semua makanan jasmani untuk tubuh.” Yang lain menggambarkan akibat berpuasa, yaitu “penderitaan jiwa.” Jika digabungkan, kedua perkataan itu mengandung pengertian menghilangkan kesenangan tubuh secara sukarela dan merendahkan jiwa untuk maksud-maksud rohani."

Betul sekali, bahkan di Alkitab dikisahakn nabi nabi berpuasa, bahkan Jesus pun mengawali karya keselamatanNya dengan berpuasa di gurun.

disini ngga ada maskot ya.biasnya di forum kristen lain ada beberapa orang yg jadi semacam maskot untuk aliran2 protestan.aktif banget menjawab sana sini

yg aku lihat disini semacam maskot itu yg katolik

Maksudnya gimana sih?

:smiley:

jadi disini cenderung trid saya dijawab sana nyang katolik

kalau di forum laen yg protestan ane tanyai pasti rame tiap aliran jawab

Karena sebagian besar mereka (yang Protestan) di forum ini lebih ‘tahu’ soal Katolik dibanding soal Protestan.
He he he he he he

Tujuan PUASA :
Memperkuat Permohonan Doa kita.

CARA BERPUASA :
Menghindari makan makanan yg Paling Disukai kita, sebagai tanda “Doa yg kita naikkan” memang Betul2 kita SERIUS mohonkan !

Dalam PL ada tertulis :
“Puasa yg Ku kehendaki adalah "melepaskan/membebaskan orang2 yg Tertindas” … dengan perkataan lain bila kita ingin ber PUASA lakukanlah sesuatu yg membawa kebahagiaan pada orang2 menderita dalam kepapaan !
Pernah baca ayat Firman Tuhan seperti itu ? :coolsmiley: :happy0062:

Perlu, karena:

Mat 6:16-18 “Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Yes 58:6-12 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah, apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari. TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan “yang memperbaiki tembok yang tembus”, “yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni”.

Mat 17:19-21 Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?” Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.”

Mark 9:28-29 Ketika Yesus sudah di rumah, dan murid-murid-Nya sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?” Jawab-Nya kepada mereka: “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa.”

Salam

yah tambah bingung deh
kemaren dibilangin makan sekali

ini dibilangin cukup menghindari makanan favorit