Kristen Radikal...atau Kristen Extrim...

Shalom Semua…

Melalui board ini gw pngn ngajak tmen2 semua bwt membicarakan tntang arti dari kata “Radikal”.

[b]Acuan[/b] : Yohanes 2 : 13 - 19
Gw sering bngt ngeliat di surat kabar atw majalah tertulis kata "Radikal".Apakah arti sbnarnya dari kata [u]Radikal ?[/u] Dgn membuka kamus Bahasa Indonesia dan sumber2 yg berhubungan dgn arti sebuah kata, gw berhasil merangkum, arti dari kata "Radikal" .

Kata Radikal sering kali diartikan sebagai Extrim, atau berpihak , condong ,mendukung ke suatu ide pemikiran, kelompok, atau ajaran agama secara penuh dan bersungguh2 serta terfokus kpd suatu tujuan (tolong dikoreksi jika terdapat kesalahan atau kekurangan :wink:).

Jadi sbagai contoh , jika kita menemukan kata “Kristen Radikal”, maka itu berarti seseorang yg bner2 dengan sepenuh hati dan tenaga serta pikiran yg mendukung, berpihak, atau mnjadi extrim kpda ajaran agama Kristen, lebih daripada orang2 Kristen pada umumnya.

Dlm kehidupan org Kristen menjadi Radikal kadang2 terjadi melalui sebuah proses yang ga disengaja / tanpa terasa, seiring dgn bertambahnya pengetahuan kita akan ke-Kristenan.

Dikarenakan rasa sayang dan cinta serta keimanan kita kepada agama - paham yang kita anut , ditambah juga dengan rasa hormat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sering kali membuat seseorang dgn tampa sadar berlaku ke arah sesuatu yang Extrim / Radikal .

Gw prnah ngeliat seorang “Bikers” ( seorang anggota geng motor ) di pondok gede - bekasi yg mengenakan atribut2 Kristen di seluruh tubuhnya. ;D
wktu gw liat dari jauh, gw ngerasa males ngedeketinnya…karena awalnya gw kira cuman anggota genk motor doang bray…tp aps gw deketin, e’bused…kaget bngt gw…gw liat dia make jacket kulit yg blakangnya bertuliskan 10 ayat2 alkitab…dan juga tatto salib n malaikat di pergelangan tangannya…

Extrim ga??? hehehe…kalian boleh berkata apa aja, tapi org itu brani menunjukan kepada sekelilingnya [dengan caranya yg extrim] bahwa dia adalah seorang anggota genk motor yg beragama - berpaham - seorang Kristen.

sekarang yg jadi pertanyaan adalah :

- apakah kita klo menjadi seorang Kristen kudu jadi radikal?? - bener ga klo Tuhan Yesus pengen kita menjadi Kristen yg radikal / extrim?? - ada ga ayat2 alkitab yg mendukung ke-kristenan yg radikal?? - perlu ga se kita jadi Kristen radikal ??
Berlaku extrim - radikal adalah salah satu tindakan Yesus dalam memberikan suatu jawaban sikap akan sesuatu hal..dalam hal ini Yesus melakukan suatu tindakan karena [i]terpancing[/i] amarahNya, dan Dia melakukan tindakan berupa menghancurkan meja2 para pedagang yg nekat ttp berdagang di Bait Suci..

Yg Yesus lakukan mngkin terlihat kejam, maen hantam langsung dan extrim…Dia melakukan hal tsb karena Dia mempunyai prinsip bahwa Bait Suci bukanlah tmpat untuk berdagang, maka ga ada KOMPROMI…para pedagang tsb harus segera mencari tmpat lain utk berdagang…klo tidak?? siap2 tmbah hancur ntu meja2nya… :wink:

Dalam membela segala sesuatu yg kita percaya, perlu ga kita berlaku extrim?? trus demi Tuhan yg kita sembah…perlu ga kita jadi radikal?? dan demi mempertahankan sesuatu yg kita percaya…sanggupkah kita menjadi radikal??

*Klo Tuhan di pihak kita…sapa lawan kita bray?? :coolsmiley: :coolsmiley:

monggo…di diskusikan…

GBU :slight_smile:

Ada film tentang Kristen extrim/ radikal: “AGORA”, bagus buat dipelajari:
http://www.sarapanpagi.org/agora-movie-review-vt3466.html#p19283

Kristen Radikal adalah Kristen yang berani mengungkapkan kebenaran yang tercantum dalam Alkitab meskipun itu berlawanan dengan pemikiran pemikiran yang sudah ada/doktrin doktrin ger
eja

GBU

wew…thx bray info’a :afro:

yup…pendapat lo bagus bray…
cuma malah kadang di bilang sesat hahaha… :ashamed0004:

Itulah resikonya kalau berpikiran Radikal

GBU

memang sudah konsekwensinya harus di jalanilah klo mw jadi spt itu…

klo bro sarapanpagi mereferensikan film AGORA …
gw mereferensikan film BEN-HUR …film thn 1959 bray… :slight_smile:
luar biasa bngt ini film menurut gw…brani tampil beda walaupun rintangannya berasal dari agamanya sendiri [katolik roma] :afro:

saya setuju mas Sar,
AGORA cukup menyentuh bagi kita, untuk melihat Kekristenan versi abad awal (fase ekspansif) dari kacamata rakyat jelata yang Non-Kristen…

keeps our feet aground… ehehe…

Belum sempet nonton Adora, jadi belum bisa komen

GBU

kesimpulannya setelah gw barusan nonton film’a…
film AGORA itu menceritakan ttg kebrutalan - keExtriman mreka2 yg menyebut diri mereka Kristen pada masa itu…
tapi klo boleh menyanggah…itu bukan extrim / radikal namanya …

karena Kristen yg radikal itu adalah seperti komentar hanhalim2 yg SEMPAT saya quote :

Kristen Radikal adalah [b]Kristen yang berani mengungkapkan kebenaran yang tercantum dalam Alkitab[/b] meskipun itu [b]berlawanan dengan pemikiran pemikiran yang sudah ada/doktrin doktrin gereja.[/b]

atau gw kutip sedikit komentar bro moe dari board yg sama…

sedangkan dalam film AGORA…mereka extrim / radikal bukan karena berani mengungkapkan KEBENARAN yg tercantum dalam alkitab…tapi justru mengungkapkan KESALAHAN TOTAL yg sangat bertolak belakang dgn KEBENARAN yg tercantum dlm alkitab :slight_smile:

Betul mas…
dan celakanya… kita bisa komentar gitu ketika kita berada DILUAR kelompok itu…
coba mas berada di dalam kelompok itu… pasti mereka bersikukuh berpendapat bahwa mereka sedang MENYEBARLUASKAN kabar gembira, dan MENJALANKAN PERINTAH TUHAN, serta MENYELAMATKAN orang-orang PAgan dari kesesatan menyembah Patung.

Dan walaupun kenyataan tidak selalu indah…
tetapi kita mau tidak mau harus mengakui bahwa Politik Ekspansif demikian lah yang dapat menyebabkan pengikutnya dalam jumlah yang besar…
coba bro lihat agama-agama dengan jumlah pengikut yang besar… hampir pasti menganut politik ekspansif demikian, yang ketika melaksanakan “Tugas Suci atau Perintah Tuhan” nya itu seringkali menggunakan metode dan cara yang kalau dipikir dengan kepala dingin, justru bertentangan dengan substansi & esensi iman itu sendiri…

Kebetulan gw juga lagi baca buku “not a fan”. Isinya sih ga jauh2 dari yang dibilang sama TS. Tapi klo menurut gw yang sering dilupain sama Kristen radikal itu adalah menjadi terang buat orang lain. Alih2 menjadi terang, mereka malah jadi batu sandungan

mngkin jg faktor pengetahuan kah???
jaman mereka ga seperti jaman kita sekarang kan…
yg mana skarang kita sdh bisa menyikapi bagaimana mempraktekan alkitab / FT itu…
klo kata temen gw :
"…tugas lo britakan injil, mreka trima sukur…ga trima jgn maksa, tp klo mreka sdh ga trima malah marah…tinggalin…, sdh marah msih main fisik…hindari, klo perlu ga usah di ladenin lg…tp klo toel2 “keyakinan” lo di usik2 …kase peringatan 1 2 3 x…lebih dari itu BONGKAR smpe ke AKAR2nya… " ;D ;D

ea…bener, karena sekilas bertolak belakang dgn cara kita mempraktekan KASIH… :wink:

bisa jadi sih mas…

iya memang agak sulit pada tataran praksis nya…
sebab…

  • menurut kita… tugas kita beritakan injil & jelas alkitab yang paling benar
  • menurut si A… tugas dia beritakan KS-nya & jelas KS-nya yang paling benar
  • menurt si B… KS-nya dia harus disebarluaskan & pasti bahwa yang paling top adalah KS-nya…
  • dan seterusnya…

padahal… secara gak sadar…
ketika kita beritakan injil ke orang lain itu… bisa jadi kita sedang mentowel-towel keyakinan yang sudah dia anut, agar bisa menjelaskan / mewartakan bahwa keyakinan kita lah yang paling benar…

tapi memang susah…
ketika kita diperlakukan sebaliknya… kita merasa bahwa keyakinan kita sedang diganggu… padahal dia merasa sekedar menjalankan perintah Tuhan-Nya dan kitab Sucinya aja… ehehe…

done…!!! karena menurut gw, hanya percaya dan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah jalan yg ter ter terbenar …selain dari itu = brekele… :wink:

jadi menurut lo bray, agama lo ea agama lo… tuhan lo ea tuhan lo, kita masing2 aja…gitu??? :cheesy:

setuju mas…

Begitulah yang saya maksud dengan bahwa Hidup Manusia, apalagi kebijaksanaan Tuhan tentu TIDAKLAH Hitam-Putih atau Bilangan Biner…

Saya memang jelas meyakini bahwa Yesus, Tuhan, Alkitab, dan segala atributnya adalah yang PALING BENAR…
tetapi TIDAK OTOMATIS berarti yang berbeda pendapat & interpretasinya dengan saya adalah PASTI SALAH…

Dan bahwa Tuhan pun barangkali memang menciptakan manusia (manusia ciptaan Tuhan kan ya?) dengan berbagai macam Suku, Bangsa, Warna Kulit, Kebudayaan, Adat istidat, termasuk Berbagai Agama dan Kepercayaan…
Jadi, saya rasa kita tidak perlu MENENTANG Fenomena yang diciptakan oleh Tuhan, dengan berusaha menyeragamkan seluruh homo sapiens menjadi SATU Agama aja sih bro…

Saya tetap Yakin bahwa Agama & Keyakinan saya PALING BENAR…
tapi saya hanyalah manusia biasa yang tidak mungkin bisa MENYAMAI Tuhan dalam men-judge bahwa Orang Lain PASTI SALAH.

Demikian juga sebaliknya, saya juga KAGAK MAU asal-asalan di-judge Salah oleh orang (manusia) lain… soalnya manusia lain itu kan BUKAN TUHAN… jadi seyakin-yakinnya manusia itu… pasti gak ada apa-apanya dibanding kemampuan judgement Tuhan sendiri…

perhtikan kalimat yg gw bold bray …:

  1. klo lo ga yakin…jgn bilang PALING benar, kecuali lo yakin…

  2. Tuhan memang menciptakan manusia, tp Tuhan ga menciptakan AGAMA, karena AGAMA itu adalah ciptaan manusia itu sendiri…

  3. lihat no 1 :wink:

  1. Betul mas setuju…

  2. Waduh sukur deh kalo mas passio mau realistis bahwa Agama itu yg menciptakan manusia… soalnya biasanya menganggap Kitab Suci Turun dari Langit dan Agama yg Saya yakini adalah Diturunkan oleh Tuhan… ehehe…
    nah… justru itu mas… masa sih Tuhan Se-NAIF kita manusia ini yang di-goda oleh NAFSU DUNIAWI dan EGOISME PRIBADI/KELOMPOK sehingga Ber-Nafsu untuk menyeragamkan semua Homo Sapiens agar sekelompok dengan kita, yg biasanya menggunakan dalih agar sebanyak mungkin manusia “Selamat”…

Padahal kita sendiri aja gak tahu PASTI apakah diri kita selamat, karena Selamat dan Tidak itu ditentukan oleh TUHAN kan ya??
kita cuma bisanya kira-kira dan menduga-duga dari hasil baca-baca kutipan terus diresapi… terus diistilahkan Yakin dan Percaya…

keren bro !! :afro:

Yesus pernah ngomong kya gini : “…pergilah, jadikan SEMUA bangsa muridKu…bla bla bla…”
itu artinya apa bray?? mksd gw…ada kata SEMUA disitu artinya apa??
bisa ga klo di artikan TANPA TERKECUALI ???
hanya caranya kadang ada yg salah…itu gw ga bisa men-judge secara langsung…karena lom tentu mobil kijang yg gw pake sama dgn mobil kijang yg mreka pake bray :wink:, merk sama…tp tahun pembuatan berbeda :azn:

Klo masalah selamat itu adalah A GIFT…
lo terima, lo selamat…lo kaga trima…lo ga selamat :)- dan itu adalah murni suatu PILIHAN…mw pilih yg mana…

misalnya lo tnya gw…apakah gw yakin gw selamat??
gw jawab dgn tegas… YES!!! , gw yakin gw selamat… klo gw ga yakin ngapain gw ngikut Dia??
ngabis2in waktu gw aja ;D

pernah baca “The Radical Disciple” nya John Stott gak Bang??

http://katalis.glorianet.org/detilbuku.php?idbuku=88&kategori=KB000005

belom om (koq manggil gw bang :tongue: )
kayanya kapan2 aja bacanya. Mirip2 sama ‘not a fan’ ya?
Agak males sih baca buku yang isinya cuma teori.
ehehehhehh
:happy0025: