kristen suatu agama atau suatu bangsa

Hi all, saya pendatang baru,saya mau tanya nih: Menurut member FK kristen itu SUATU AGAMA ATAU SUATU UMAT/BANGSA PILIHAN ALLAH? :wink:

sebelum ada skisma, kristen itu yah agama katolik

setelah ada skisma,kristen itu agama katolik & ortodox

setelah ada protestan, kristen itu agama katolik, ortodox & protestan

dari penjelasan saudara disimpulkan kristen=agama,jika demikian apakah opini kristen itu suatu agama adalah alkitabiah?

Tergantung pada bagaimana km mendefinisikan kata ‚Äúagama‚ÄĚ.

Menurut km sendiri definisi agama itu apa?

bagi saya agama adalah sebuah sistim penataan iman seseorg yg dibuat oleh manusia/lembaga yg berwenang namun saya tdk memandang bahwa kristen adalah suatu sistim penataan itu tetapi kristen adalah suatu bangsa yg dipilih Allah sendiri oleh iman masing2 org,so bagaimana menurut saudara manakah yg lebih benar dan alkitabiah agama atau bangsa?

Rasanya begitu bro, ada orang bilang kalau agama itu usaha manusia mencari Allah, tapi sebaliknya kristen itu bukan agama karena bukan manusia yang cari Allah tapi dalam kristen Allah turun kedunia untuk mencari manusia berdosa yang akan diselamatkan.

Betul. Dan definisi itu sangat alkitabiah. Bukti :

PL : Adam & Hawa mengenal Allah, dan mengajarkan kepada keturunannya iman akan Allah & ritual korban bakaran (Kain & Habel mempraktekan korban bakaran di Kejadian 4) . Setiap orang beriman setelah era manusia pertama dari Nuh sampai Musa terus melestarikan iman akan Allah dan tata cara korban bakaran terus dilestarikan. Hukum taurat terus ada sampai masa Yesus.

PB : Yesus menyatakan dirinya sebagai Allah & menyuruh murid-muridnya tidak hanya menyebah Yahwe namun juga diriNya. Yesus mengajarkan berdoa, menerapkan ritual Baptis & menyuruh murid2nya membaptis. Kitab Para Rasul terang-terangan menceritakan wewenang para rasul mengatur jemaat. Surat2 Petrus, Paulus dll terang2 menyatakan instruksi iman, ibadah & hukum moral.

Sudah jelas pandangan anda mengkontradiksi sendiri isi Alkitab.

Menurut saya Kristen bukanlah Agama, tapi suatu keyakinan dengan iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat yang hidup. Jadi mungkin lebih identik dengan umat/bangsa pilihan Allah (ada ayatnya di Alkitab, bahwa ‚ÄúTetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib‚ÄĚ - 1 Petrus 2:9

hadeuh… mas jack… pagi-pagi udah jualan… eheh…

rasa-nya yg dimaksud oleh TS adalah pendapat OBJEKTIF lho mas…
bukan jawaban ala salesman / marketing… ehehe…

Coba mas difinisikan dulu jawaban ala salesman itu apa, jawaban objective itu apa?

lho… malah sekarang melawak lagi… eheheheheueheueheueheu…

padahal udah tahu…

Kalo mas lagi jualan suatu produk / jasa…
maka ketika menjelaskan produk / jasa tersebut,
maka mas akan bicara yang SEOLAH-OLAH OBJEKTIF, padahal sebenarnya sedang MENYATAKAN DIFERENSIASI atau UNIQUE SELLING PROPOSITION dari produk / jasa mas itu…
sehingga calon konsumen menangkap PERSEPSI bahwa produk / jasa mas itu BERBEDA atau TIDAK SEGOLONGAN atau BUKAN KELAS-nya produk/jasa lain yg sesungguhnya kompetitor & sejenis itu…

ah… pura-pura nih mas…
eh. salah… pasti sedang melawak nih… ehehe…

Kristen adalah kewarganegaraan.
Kita tau Adam dan Hawa sebenarnya bukan warganegara dunia ini, tapi telah terjual dan kita ini terbeli lagi

Jualan product duniawi itu kan lain dengan masalah pemberitaan keselamatan, kenapa disamakan?

Salesman yang tidak jujur walaupun tahu barangnya lebih jelek dari product lain akan menutupi kelemahan productnya demi dia bisa menjual barangnya dan dapat komisi.

Orang kristen yang mau memberitakan injil sifatnya lain. Apakah yang menjadi pendengarnya atau pembacanya mau menerima injil atau tidak, dia tetap dapat upah dari Tuhan karena sudah melaksanakan perintahNya.

Apa gunanya bohong? supaya pendengarnya mau terima?

Sekali lagi, apakah pendengarnya mau terima atau tidak, tidak akan mempengaruhi komisi bagi salesman ini.

Jadi tidak tepat menyamakan orang kriten yang memberitakan keselamatan dengan salesman.

Salesman itu mengasihi diri sendiri supaya dapat komisi.

Pemberita Injil itu mengasihi orang lain supaya orang yang menerima injil selamat. Masalah komisi baik berhasil atau tidak tetap dapat, yaitu kerajaan Surga.

Berbicara ttg Kristen adalah sama dengan berbicara ttg sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang Raja yaitu Tuhan Yesus.
kalau sdr percaya dan menjadi pengikut Yesus. status anda berubah menjadi warga negara kerajaan surga.
salah satu perintah utama Tuhan Yesus adalah perihal memberitakan Injil Kerajaan Sorga

Sebaikanya yg gak mau berdisksi dengan TS out sajalah dari topik ini.

Contohlan cara diskusi Yesus & para rasul dalam menanggapi setiap pertanyaan umat, kecuali anda bukan orang kristen. :afro:

Sebelum diperbincangkan, ada baiknya anda menjelaskan dulu makna kedua kata itu agar yang menjawab dapat lebih mengerti dan menjawab sesuai maksud anda.

@saudara penonton,semua yg dilakukan adam kpd anak2nya bahkan yg dilakukan musa terhadap israel dan yg dilakukan rasul2 terhadap jemaat adalah BUKTI2 IMAN bukan SISTIM PENATAAN,paulus berkata dalam suatu nas: KAMI PERCAYA MAKA KAMIPUN BERKATA2, Dengan katalain paul ingin kita tahu bahwa karena iman maka kita akan berbuat sesuatu,dibible tdk dikatakan bahwa bukti iman=sistim penataan/agama melainkan KEBENARAN IMAN,so mungkin lebih tepatnya kristen itu suatu bangsa/umat baru yg dipilih berdasarkan perkataan Yesus dalam suatu nas : PERGILAH JADIKANLAH SEMUA BANGSA MURIDKU dan berdasarkan pernyataan petrus : KAMU IMAMAT YG RAJANI BANGSA YG TERPILIH‚Ķ,jikalau saudara berpandangan Kristen=Agama berarti saudara bersetuju dgn paham ‚Äútetangga‚ÄĚ kita,jika demikian APAKAH MENURUT SAUDARA ALLAH BERAGAMA??DAN APAKAH KRISTEN TERMASUK AGAMA KRISTUS YESUS???

s7 dengan anda,so apa opini saudara dgn keadaan kristen skarang yg DIPISAHKAN karena adanya LEMBAGA AGAMA masing2 sehingga menjadikan kita TDK BERSATU LAGI??apakah kekristenan yg zaman ini TELAH SESAT menurut nasihat bible???

Sebelum saya jawab, apakah yang sodara maksud Lembaga Agama itu adalah denominasi ?

maaf saudara saya tdk mengerti maksud anda,bagi saya tdk ada yg salah dari pertanyaan ini ‚ÄúKRISTEN ITU AGAMA ATAU BANGSA?‚ÄĚ so manakah darikedua kata ‚Äúagama‚ÄĚ dan ‚Äúbangsa‚ÄĚ yg cocok dan alkitabiah bagi kristen?