Kuduskah aku??

shalom everyone,

Gw anak muda yang sekarang ini sedang merantau. Karna kehidupan gw berkecukupan, gw belum bisa untuk memiliki rumah sendiri. Saat ini gw tinggal di satu rumah (kos2an) dengan 1 orang pria dan 1 orang wanita. Gw ga pernah melakukan hubungan badan ato yg aneh2 dengan mereka dan ini murni cuman tinggal bareng satu rumah. Tapi, ada teman yg juga Kristen berpendapat kalo satu rumah yg beda jenis kelamin itu sama artinya dengan “kumpul kebo” dan tidak kudus. Setelah gw cari pengertiian kumpul kebo ternyata ada yang menulis kalo itu “hidup bersama sebagai suami istri di luar pernikahan”
Pertanyaannya:

  1. apakah sekarang gw termasuk kumpul kebo? (kalau bisa disertai ayat2 alkitab untuk support jawaban kalian)
  2. apakah gw tetap kudus di mata Tuhan?
    [kalau ada tambahan masukan juga gpp]

thanks everyone!! God bless you and Indonesia!! :afro:

Hidup kudus itu kan hanya diketahui oleh anda sendiri dan Tuhan.

Kalau orang lain bisa ngoceh semau nya, kalau memang tidak anda lakukan, ya biarkan saja. Kecuali, jika anda memang tidak ingin timbul gossip murahan seperti itu, maka anda bisa mencari rumah kost yang lain.

Syalom

Thanks Bruce buat reply nya :afro:
Saya sangat setuju sebenarnya dengan tanggapannya, karena manusia tidak boleh menghakimi karna Tuhan hakim sebenarnya. :slight_smile:
Saya pribadi merasa ini proses yg Tuhan ijinkan terjadi dalam hdup saya dalam masa perantauan saya :smiley:

seorang pemuda normal dan wanita normal tinggal serumah, dan mereka bukan saudara.
jika anda jujur anda tidak melakukan hubungan suami-istri, berarti anda seorang yang menjaga kekudusan.

imho, ada bahaya disana karena pemuda /pria dan gadis /wanita normal saling tertarik secara seksual, dan anda tinggal serumah meski beda kamar, kesempatan untuk mewujudkan ketertarikan itu sangat mudah. apabila anda dan wanita itu menilai bahwa hal tersebut dapat dikendalikan dalam kepercayaan kekuatan dari Tuhan, boleh aja. tetapi sebaiknya jauhkan dari pencobaan :smiley:

thanks petra9 :slight_smile:
saat ini saya belum punya pilihan untuk tinggal dimana, mungkin nanti saya akan mencari tempat baru agar jauh dari pencobaan seperti yang anda bilang…

tinggal dimana saja sama aja … pencobaan akan selalu ada… yang penting… apa yang kita lakukan itu benar di mata TUHAN… sebab segala sesuatu yang kita lakukan tuh buat TUHAN bukan buat mereka… biarkan TUHAN yang menilai bukan manusia… semoga dapat membantu… sebenarnya hal yang anda lakukan menurut saya wajar2 saja… teman2 saya banyak yang melakukannya untuk menghemat biaya… yang penting maksud dan tujuannya jelas… dan pemilik rumah mengetahui dan mengerti…

TUHAN YESUS memberkati…

:x kumpul kebo? Apa itu maksudnya??

Di Aussie sini sih kayak gitu udah biasa, gak ada yg aneh.

Betul sis, living-together di negara barat memang sudh ‘umum’ dan ‘ngga aneh’ lagi.
Tetapi, justru itulah yang harus diperbaiki, dan jangan ditiru.
Karena, sebagai orang Kristen, kita tidak selayaknya di’hambar’kan oleh dunia, tetapi justru kita yang harus menjadi garam dunia.

Mat 5:13 "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

Syalom

Tinggal yg bukan dengan muhrim nya haram hukumnya ya Bruce :smiley:

Tapi di sini juga ada kok yg cowok aja atau cewek aja, karena banyak juga yg masih konservatif (meski kebanyakan sudah gak).

Saya sih memilih untuk tidak menilai orang lain sis, saya hanya berusaha untuk hidup dengan cara yang benar, tanpa menuding orang lain.

Memang adalah fakta, di dunia barat adalah ‘wajar’ melakukan SBM, tetapi saya berharap (boleh dong berharap) bahwa sebagai Kristen, kita sebaiknya menghindari SBM. Karena sebagai Kristen, kita mau tidak mau, memang terbebani dengan cara hidup yang kudus.

Syalom

ada pernah saya baca di Alkitab = bagaiman dianjurkan jikalau bencana/deraan/pencercaan/bahaya datang maka harus dihindari sampai “bencana” tersebut tidak bisa dihindari dan harus dihadapi

nah berpokok pada pandangan diatas

alangkah baiknya anda menghindari segala cobaan yang mgkn sudah alami dan mencari jalan keluar dari hal hal tersebut

saya kasih contoh : saat cwe mandi, dan anda berdua diruma dan tuh cwe mandi >< mikir yg aneh aneh bukan ha7

nah waktu tuh cwe keluar cuman make handuk >< apa gak ngeres tuh pikiran ha7

jd sebaiknya anda menghindari segala hal cobaan yang berbuah dosa selama bisa dihindari dan

ada juga tertulis di Alkitab = klo tidak salah, jika apa yg kita perbuat membuat orang lain berdosa dan menjadi salah

kita juga ikut berdosa dalam hal tersebut

jd anda yang membuat tetangga/sesama manusia disekitar anda menjadi punya pikiran negatif secara umum apa lagi

beramai ramai karena perbuatan yg anda ambil yah anda termasuk salah juga >< apa lg anda tahu itu menimbulkan

dosa. :slight_smile:


Nb : saya sendiri sedikit mgkn melakukan perbuatan yang menimbulkan kecelakaan baik hati dan perbuatan untuk

orang lain.hi7 =sungguh indah memang ajaran KRISTUS bahkan Mahatma Gandhi saja berkata " saya mengagumi KRISTUS…" hi7 :slight_smile:

sesungguhnya jikalau ajaran KRISTUS dijalankan maka DAMAI SEJAHTERA bukanlah mimpi hi7

tp manusia jg punya lupa bukan ha7

(kok jd khotbah nih) adios amigos bro …:slight_smile:

II Korintus 7:1 Saudara-sadaraku yang kekasih,karena kita sekarang memiliki janji-janji itu,marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani,dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah. :wink:
Syalom bro!!kekudusan adl suatu proses tindakan berkesinabungan yg mengarah kepada perubahan batin secara terus-menerus. kekudusan bukanlah suatu proses yg sdh selesai tetapi terus menerus terjadi.
Efesus 4:24 alkitab mengatakan "Dan mengenakan manusia baru,yang telah diciptakan Allah didalam kebenaran dan kekudusan yg sesungguhnya. :coolsmiley:
Jadi menurut sy, jadilah manusia baru yg hidupnya terus diproses secara berkesinabungan spy tingkah lakumu menjadi garam terang bagi sekeliling dan berdampak bagi org lain. untuk menjadi kudus, harus melewatin proses bro!

selama anda tidak ada hubungan saling suka atau hubungan sex anda masih kudus kog, ow iya kita hidup di masyarakat sosial yg berbeda pikiran dengan orang barat jadi hal2 ini memang seperti tak lazim aja di indonesia, lain hal kalo di jepang atau negara2 maju lain

terima kasih semua atas partisipasinya. ternyata, biar sama2 Kristen tapi kita semua punya pandangan berbeda yah. hahaha ;D
Amsal 27: 17 “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” :afro:

Ya iyalah,
Tuhan kan jg menciptakan kita beda satu sama laen,

Orang kembar z jg beda kok cara berfikirnya
:happy0025:

Salam,
Damai sejahtera ada dalam hidup kita karena kasih karuniaNya,
Kau bertanya: Kuduskah aku ? Kiranya kau telah tahu dan mengerti bagaimana berbuat baik dan benar untuk mencapai kekudusanmu. Dan kau percaya Tuhan menyertaimu, menyadarkan dan bersabda dengn lembut di dalam hatimu. Di tempatmu sekarang atau ke mana saja kau berada ada kehendak untuk tetap kudus, itulah yang baik dan benar. Perbuatan baik dan benar yang kita lakukan mencerminkan/menunjukkan kekudusan kita. Saat ini kita hendaknya atau harus kita pilih perbuatan yang baik dan benar … dan jangan mempersulit diri dengan bertanya-tanya perbuatan yang baik dan benar itu apa ? … bagaimanakah berbuat baik dan benar?.. mengapa harus berbuat baik dan benar? …dst… Singkat saja banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai suatu kebaikan dan kebenaran untuk hidup kudus. Syukur kepada Allah dan Puji Tuhan, bila kalimat yang kukatakan padamu bermanfaat/bermakna. Kalau kata-kataku di sini kurang baik dan tidak benar … maafkanlah saya. Terimakasih dan …
Selamat Siang Saudaraku, Selamat Siang Sahabatku, salam dariku Anna Margaretha

pindah ajah dari pada jadi bahan omongan tetangga,.,.