KUMPULAN pertanyaan dari lexi-pray

Salam kenal saya anggota baru di forum ini, ada beberapa hal yang sangat membuat saya bingung dan bimbang tentang persembahan khusus ini…
Langsung saja ke inti permasalahannya… Saya sudah setahun ikut di gereja saya (dalam hal ini saya tidak bilang nama gereja saya) pada awal saya mengikuti gereja ini saya sangat nyaman dan seperti keluarga… Tetapi setelah menginjak awal tahun 2012.

Saya menjadi sangat bingung melihat gereja ini. Dikarenakan pembimbing saya atau ( pemimpin dalam group kecil kami ) menyarankan untuk memberikan persembahan khusus diluar perpuluhan… Dan persembahan khusus itu di hitung 4x dari perpuluhan saya… Dan bisa di cicil selama 10 bulan Dengan alasan persembahan khusus itu digunakan untuk mengirim mission team atau kegiatan lainnya… Jujur saya merasa sangat bingung sekali bukankah dalam alkitab tidak ada aturan seperti ini… Dimana yg saya pelajari seharusnya persehmbahan khusus diberi dengan kerelaan.

Mohon bantuan saran teman2 forum ini apa yang harus saya lakukan ??

Terima kasih banyak…

perpuluhan di PB adalah tergantung dari masing2 pribadi dengan Tuhan, karena ketika kita bicara PB ketika kita memandang Yesus yang telah menyerahkan SEMUA untuk kita ditebus, artinya sebenarnya kita di BELI tubuh-jiwa-dan roh kita, berarti kita seharusnya serahkan SEMUA, bukan hanya 10% tapi semua itu milik Tuhan.

dengan segala kerendahan hati sebenarnya siapakah kita yang sekarang ini dan dimana kita yang sekarang ini kalau kita tidak dibeli oleh Tuhan Yesus ?dimanakah yang namanya kepandaian kita yang sekarang ini ? dimanakah yang namanya kekayaan/uang kita sekarang ini kl kita tidak dibeli Tuhan ?

PL hanyalah bayangan dari PB saja…bukankah bayangan itu lebih kecil daripada pembentuk bayangan itu sendiri ?
ketika kita melihat gambaran dari Tuhan seutuhnya yang direfleksikan oleh Alkitab, kita tidak seharusnya memilah2 PL sudah tidak berlaku atau milih PB aja, sebaiknya kita dewasa menyikapinya.
perkataan yang keluar dari mulut Yesus sendiri : bahwa tidak ada satu iota pun ditiadakan dari hukum taurat artinya hukum taurat masih berlaku tetapi hukum yang menggantikannya pun JUGA BERLAKU. PL dan PB berjalan bersama.

pahamilah kitab Ester maka kita akan mengetahui bagaimana raja TIDAK PERNAH membatalkan suatu perintah yang sudah terlanjur dibatalkan, tetapi dengan memberlakukan perintah kedua yang mengcounter perintah pertama.
bukankah ini se-analogi dengan PL dan PB ?

keterangan di atas untuk menjawab soal perpuluhan.

soal persembahan di luar perpuluhan sifatnya tidak wajib dan tidak mengikat, apalagi dibuat peraturan…jelas tidak ada di alkitab.
tetapi alkitab pernah mencatat di FIlipi dan ketika ada nabi yang meramalkan akan ada bencana kelaparan, para rasul dan jemaat bersatu mengumpulkan persembahan.
dasarnya adalah kerelaan hati…berbeda dengan perpuluhan.

GBU

anda kurang teliti, atau mungkin anda tidak tahu
di perjanjian lama ada kok yg namanya persembahan khusus,
besar perhitungannya persembahan khusus pun juga ada.

walaupun sama2 dari PL,tetapi…
------ per10an anda wajibkan
------ persembahan khusus anda batalkan

yg masih sesuai doktrin gereja anda, anda dukung,
yg tidak ada di doktrin gereja anda, anda batalkan

wah wah wah apa boleh begitu ?

mari saya coba bantu hitungkan ya

Dlm waktu 10 bulan beri 10% utk per10an = 10 bulan x 10% = 100% income anda
Dlm waktu 10 bulan beri 4x10% utk p.khusus = 40% income anda
-----------------------------------------------
Dlm waktu 10 bulan utk per10an+p.khusus = 140% income anda

Jadi dalam waktu 10 bulan , anda harus memberi 140% income anda
ini artinya kalau persembahannya dicicil Setiap Bulan

anda harus memberikan per 1 bulan sebesar 14% dari income anda

katakanlah income anda rp 1 juta maka per10an+p.khusus adalah Rp 140.000
katakanlah income anda rp 10 juta maka per10an+p.khusus adalah Rp 1.400.000

Dalam skema lama di gereja2 lain,
gereja membutuhkan 10 orang BOS pabrik yg mau beri per10an
utk membuat gereja memiliki income setara dengan sebuah pabrik

Dalam skema baru yg dibuat di gereja anda, maka
utk membuat gereja memiliki income setara dengan sebuah pabrik cukup diperlukan
100 : 14 = 7 orang BOS pabrik

ini artinya dengan skema baru / doktrin baru. gereja cukup mencari 7 orang Bos Pabrik.
yang mau memberi per10an+persembahan khusus

kira2 begitulah perhitungan dasarnya.

utk biaya operasional seperti bayar listrik , AC, satpam, cetak warta, dll
bisa diambilkan dari kolekte tiap minggu

sedangkan utk biaya pengerja mimbar ,
cukup dikotbahi(di brain wash) bahwa mereka itu “pelayanan” utk Tuhan (alias kerja gratis)

ketahuilan bro,

anda sudah dibohongi oleh pemimpin kelompok anda.

jangan mau dibohongi oleh pemimpin kelompok anda.

di jaman PB , umat kristiani
tidak lagi wajib memberi per10an - beri boleh, ga beri juga ga masalah
tidak lagi wajib memberi persembahan khusus - beri boleh, ga beri juga ga masalah

persembahan PB adalah sesuai kerelaan hati

sebagai langkah awal utk keluar dari kebohongan yg dibuat gereja tentang per10an,
lebih baik anda baca diskusi tentang per10an berikut ini terlebih dahulu

halaman 1 = http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792.html
halaman 2 = http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792-20.html
halaman 3 = http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792-40.html

ya, di Alkitab memang tidak ada

Terima kasih banyak atas tanggapan yg sudah diberikan…

Dalam masalah ini saya sebenarnya tidak terlalu berat dalam memberi perpuluhan atau persembahan khusus… Seandainya dengan kerelaan hati…

Masalahnya yang saya tidak suka apa boleh gereja seandainya tidak memberi perpuluhan menagih kita ?? Dan untuk masalah persembahan khusus itu bukan dengan kerelaan tapi di haruskan dengan alasan. “Karena sudah dihitung oleh bagian keuangan biar cukup untuk pembiayaan gereja"

Nah yg menjadi pertanyaan di hati saya, berarti kalau pembiayaan gereja makin besar tinggal naikin persembahan khusus dikali 4 atau 10 aja??

Ditambah lagi sewaktu saya mencoba untuk mendiskusikan dengan ortu saya masalah perpuluhan… Yang selalu mengirimkan bukti transfer ke pemimpin group saya. Ortu saya malah bilang kalau pemimpin group saya juga dapat bagian, dikarena setiap anggota group yg memberi perpuluhan peimpin group selalu tau jumlahnya.

Saya pernah coba untuk tanya ke pemimpin group “kenapa kok harus kasih bukti transfer dikamu ? Kalau langsung ke bagian ke uangan gimana ??”

Pemimpin group saya malah bilang “iya bukti transfernya untuk nunjukin storean perpuluhannya, kalau langsung ke bagian keuangan kan bagian keuangan juga sibuk jadi memang harus melalui pemimpin group masing2 zone”

Jujur saya jadi sedih lihat keadaan ini… Mau memuliakan TUHAN kok rasanya dibikin susah gini… =(

benar, persembahan di PB itu tidak ada patokan harus sekian2. mau berapapun terserah

Tidak boleh

Benar , itulah cara gereja modern mengeruk duit jemaat.
kalau pakai per10an ga nutut, tinggal dikeluarkanlah “doktrin persembahan khusus 4x10%”
ntar kalau ga nutut lagi, tinggal dinaikkan lagi pengalinya , dgn cara klaim wahyu dari Tuhan.

singkatnya : Jemaat dijadikan money machine

benar-benar BEDA JAUH dengan Rasul Paulus:

1 Korintus 9:18
Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini:
bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan
bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil.

pendapat ortu anda sangat2 masuk akal . Pemimpin Group anda mirip seperti Sales Bank

sebenarnya per10an sendiri tidak diwajibkan,
mau kasih gpp, ga mau kasih juga sama sekali tidak berdosa

(a) per10an itu adalah salah satu perintah hukum taurat

Ibrani 7:5
Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam,
mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel,
yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.

(b) segala perintah hukum taurat itu sudah dibatalkan
Efesus 2:15
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia
Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,
untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan
dengan itu mengadakan damai sejahtera,

(a) per10an itu adalah salah satu perintah hukum taurat - Ibrani 7:5
(b) segala perintah hukum taurat itu sudah dibatalkan - Efesus 2:15

Kesimpulan : bagi orang PB , per10an sudah DIBATALKAN oleh kematian YESUS KRISTUS

sebaiknya pendeta yg masih saja mewajibkan jemaat utk beri per10an segera bertobat.
karena Per10an itu sudah batal
malahan per10an menjadi batu sandungan bagi penginjilan

diskusi yg lebih lengkap tentang per10an bisa dibaca di :

halaman 1 = http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792.html
halaman 2 = http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792-20.html
halaman 3 = http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792-40.html

persembahan khusus dan perpuluhan itu cuma permainan kotor dari manusia:
yang menipu jemaat2 yg tulus hatinya dalam beribadah kpd Tuhan :ashamed0002:

mereka memanfaatkan ayat2 dalam taurat PL:

  • perpuluhan ok
  • persembahan khusus ok
  • makan babi juga ok
  • cukur jenggot dan kumis juga ok
  • memasak daging dan susu jadi 1 ok
  • memakai 2jenis bahan kain no

intinya milih2 yg menguntungkan perut dan dompet rekening mereka :angel:

Shalom

Yang dijelaskan bro repento saya cukup setuju

Namun apakah dengan tidak adanya perpuluhan kita tidak memberi untuk Tuhan ?

[b][i]"Justru sebaliknya kita harus berusaha memberi lebih dari itu ,bukan hanya 1/10 , kalau bisa seluruh hidup kita dan harta kita gunakan untuk kemuliaan Tuhan

Dan saya juga tidak setuju adanya aturan yang memaksa-maksa jemaat untuk melakukan perpuluhan dan persembahan khusus

Semua itu dari kerelaan hati

Bahkan tanpa disuruh pun kita wajib memberikan persembahan khusus , kita harus punya kesadaran masing-masing

Memberi kepada Tuhan tidak harus selalu memberi di gereja saja , sewaktu tetangga kita butuh bantuan keuangan dan sodara memberinya dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan itu juga termasuk memberi kepada Tuhan atau mungkin bisa juga disebut sebagai persembahan khusus"[/i][/b]

Sekali lagi saya tidka menghakimi siapa-siapa
Hanya menyampaikan opini :slight_smile:

Salam

2 Korintus 9:7
Hendaklah masing-masing memberikan
menurut kerelaan hatinya,
jangan dengan sedih hati atau karena paksaan,
sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

kalau memberi 9% bagaimana ? berdosa atau tidak ?
kalau memberi 8% bagaimana ? berdosa atau tidak ?
kalau memberi 7% bagaimana ? berdosa atau tidak ?
kalau memberi 6% bagaimana ? berdosa atau tidak ?
kalau memberi 5% bagaimana ? berdosa atau tidak ?
dst

Tuhan Yesus malah menyuruh kita untuk menghakimi dengan adil

Yohanes 7:24
Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

Shalom

Sepertinya anda kurang teliti membaca jawaban saya

Lihat jawaban saya

Semua itu dari kerelaan hati

Ah jika menurut bro repento memberi dibawah 10% adalah dosa

[b][i]Bisakah sodara repento menunjukkan fakta-fakta kepada saya bahwa jika orang memberi di bawah 10 % berdosa ? Tentunya harus sesuai dengan fakta alkitab

Dan saya sangat senang sekali jika bro repento bisa memberikan fakta-fakta alkitab bahwa memberikan di bawah 10% = dosa[/i][/b]

Salam :slight_smile:

Memberi persembahan janganlah hitung hitungan seperti petugas pajak saja :ashamed0004:, orang percaya sudah dibayar sangat mahal loh, masa masih hitung hitungan sama Tuhan, nanti kalau ketemu Tuhan kamu dihitung hitung juga jasa kamu pantas tidak masuk surga, gimana berani? :ashamed0004:

kapan saya nulis gitu ? tolong di-quotekan , jangan asal nuduh

Sepertinya anda kurang teliti membaca jawaban saya

masih kurang tegas, saya tanya lagi

misalnya kalau beri 5% tidak berdosa ya bro ?

memangnya ada toh orang yg kalau dihitung2 bisa masuk surga ?

kalau ada tolong sebutkan 1 saja namanya saya pengen tahu.

wah mas repento nga cerna tulisan saya yah? :mad0261:
susah nih kalau sudah skeptis, sekolah baca dulu yang benar tulisan orang yah mas, biasa bergaul di jalanan yah? :smiley:

jadi gimana , ada atau tidak sih orang yg kalau dihitung2 jasanya bisa dinyatakan LULUS

Lah gimana nih bocah, :cheesy:, saya bilang jangan hitung hitungan sama Tuhan , nanti kalau kebalikannya Tuhan juga hitung hitungan gimana? nga ada hubungannya dengan pertanyaan kamu, kamu jawab sendiri saja pertanyaan kamu yang nga nyambung, bocah bocah…! :smiley:

Shalom

Sayangnya sodara repento belumbisa memberi tau saya darimana yang bersangkutansodara dapat angka 5 :% , 6% , 7% atau di bawah 10%

"Tentunya saya sangat menanti penjelasan bro repento yang singkat , jelas , dan padat bahwa angka-angka di atas tersebut adalah alkitabiah "

Dan saya akan sangat senang jika bro repento bisa menjelaskannya dengan baik

Salam :slight_smile:

kok kayak bank century , ditanya A, jawabnya muter2 terus

sekali lagi (terkahir) saya tanya

jadi gimana , ada atau tidak sih orang yg kalau dihitung2 jasanya bisa dinyatakan LULUS ?

kalau masih muter2, ya sudah saya anggap ga bisa jawab

lho gimana sih anda ini kok ngajak muter2 melulu

[1]
awalnya anda mengharuskan begini

awalnya anda sendirlah
yang mengharuskan lebih dari 1/10 atau lebih dari 10%

[2]
karena itulah kemudian saya tanya kepada anda. demikian pertanyaan saya kpd anda

– bagaimana kalau ada yg memberinya ga sampe 10% ([MISAL:5%) ?

kan 5% itu termasuk dibawah keharusan anda.
terus bagaimana ? berdosa atau tidak menurut anda ?

(A) berdosa
(B) Tidak berdosa
(C) TIDAK TAHU

NB : Tolong segera dijawab dengan pilihan (A) atau (B) atau (c) dan
janganlah anda berputar2 terus, apalagi sampai memfitnah segala.

lah kan sudah saya bilang jawab sendiri, bodoh amat sich sampeyan nanya terus, memangnya setiap pertanyaan harus dijawab! :coolsmiley: , pantas nga ngerti ngerti, jangan lah banyak bergaul di jalanan, udah yah bocah ingus! :smiley: