Lagu pop umum (non pop rohani) dalam khotbah.

Pernah suatu kali saya ikut ibadah di satu gereja, dan pada saat khotbah, pengkhotbahnya memasukkan lagu pop umum (non pop rohani) dalam khotbahnya, dan meminta musik pengiring dan seluruh jemaat untuk sama-sama menyanyikannya.
Mohon pencerahan dari sodara/i semua, sekalian dengan ayat Alkitab pendukungnya.

Tuhan memberkati.

Lagu itu punya banyak kegunaan, bukan hanya untuk memuji Tuhan tetapi juga untuk menyembahNya, bukan hanya itu juga dapat dipakai untuk menyampaikan kabar injil, juga lagu dipakai untuk menguatkan iman saudara dan lagu juga dipakai untuk membantu kita menikmati keheningan dan kadang juga dipakai untuk mengajar dan banyak lagi lainnya.

Saat seorang pengkotbah menyanyikan lagu pop yang namanya juga pop jelas populer dan semua orang dapat menyanyikannya, tujuannya jelas bukan untuk memuji dan mengagungkan Tuhan, bukan juga untuk menyembahNya, tetapi bisa jadi untuk mengajar kita atau membawa kita membawa kita kepada suasana hati yang tenang sehingga dapat menerima Firman Tuhan yang disampaikan.

Memang kadang kita merasa janggal, tetapi baiklah kita berpikir positif terlebih dahulu dan memahami bahwa Tuhan punya banyak jalan dan cara untuk menyampaikan maksud dan rencanaNya. Yesus juga termasuk jenis manusia yang “bandel” pada jamanNya dihadapan para Ahli Taurat dan orang Farisi, sebab Yesus melakukan hal-hal yang tidak umum dan wajar bagi adat istiadat dan tradisi Yahudi pada masa itu. Bergaul dengan orang yang dicap pendosa dan bahkan makan semeja dengannya, melakukan aktivitas di saat Sabat, bahkan muridNya juga ada pelacur dan pemeras (tentu mereka telah bertobat). Apakah kita juga ikut menghakimi Yesus jika kita saat itu kita hidup dijamanNya?

Bisa tlg sebutkan judul lagunya spy gak salah komen?
Thx, GBU

Kalau lagunya “tenda biru”, mau koment apa bro? :smiley:

lagu kesukaan saya:

Perdamaian… perdamaian…

btw, read my profile signature…

buset di suruh jemaat semua nyanyi lagu dunia di gereja saat kotbah ? ROCKER banget tu pendeta. wkakwakwkawkk

Pandangan kumis:

Dalam hal ini gw termasuk moderat, tidak masalh buat pendeta menyanyikan lagu pop biasa saat dia berkotbah, pasti ada kata2 dari lagu tersebut yang nyambung dengan konteks kotbahnya untuk mengajar jemaat.

Harapannya dengan lagu tersebut lebih mudah bagi pendengar untuk mengerti ilustrasi yg hendak diceritakan oleh sipendeta, bisa karena pesannya jadi lebih ringan, bisa karena “cerita lagu2 tersbut” memang pas dng isi kotbah.

Intinya ga masalah, karena masih dalam konteks “berkotbah”, tentu jadi aneh kalo saat penyembahan diselipkan lagu2 pop.

kalau dari pandangan saya, kurang begitu sreg kalau ada nyanyian2 profan saat ibadah di gereja, apalagi ini saat kotbah :smiley: :D, lagi kotbah sambil nyanyi juga yah bro, hehehehe