lagu rohani???

:cheesy: apkah ad yg nmany lagu rohani??? kya lagu rap rohani apkah itu bsa disebut rohani karna pdt sy pnah blang jgn dinyanyikan lgu itu … tapi utamakn lagu rohani nmun sy denger di radio ad yg brkata lagu rohani itu g ad … adany lagu yg berlirik rohani

Iya, tentulah lagu rohani harus mengutamakan kewibawaan dan hormat kepada Yesus. Betapa suatu kemunafikan jika pendukung lagu rohani rock atau rap setuju dinyanyikan tetapi sangat gerah dan tidak setuju jika lirik lagu rohani itu dinyanyikan dalam irama dangdut…That’s not fair! Is it? Lalu dimana dong garis pemisahnya? Standard nya bukan dari perasaan, adat, budaya dan emosi manusia…tetapi biarlah semua anak2 Allah kembali ke Alkitab sebagai satu2nya standard yg tidak pernah salah.

Lagu dengan thema spiritual adalah lagu rohani.

Lagu rohani Kristen, lagu rohani Islam, Budha, Hindu, aliran kebatinan dan sebagainya disebut lagu rohani karena thema lagunya, bukan aliran musiknya.

Didalam kekristenan lagu rohani dapat berupa lagu penyembahan, pujian, pengajaran, nasihat, kesaksian dan juga hiburan tergantung tujuan lagu rohani itu diciptakan.

iya dangdut gk mungkin kaya disciples tuh grup rap dan juga YES BAND sidney mohede(lagu biasa)
apakah lagu rap itu bsa dikatakan rohani , pendeta sya gk berkata sperti itu ,

pendeta berkata (diradio) tidak ada lagu rohani tapi adanya lirik rohani gimana pendapat anda??? islam biasanya religious kale?? spritritual maksudny apa ya?? apkah keagamaan???

Emang kalo direnungkan, yang ada sekarang ini adalah pop rohani, rock rohani, jazz rohani, dangdut rohani, irama lautan teduh rohani, bossa rohani dll. Cuman ditambah rohani aja koq dibelakang genre musiknya.

ya dangdut mang ad?

Silakan buka…

Penasihat Ajaib - Dangdut Rohani

Tariiiikkk mang…

assooyyy…

Jika lagu yang dimaksudkan anda adalah aliran (genre) musik (contoh: dangdut, keroncong, pop, jazz, rock, dll) maka memang benar tidak ada nada rohani, semua nada adalah sama baik aliran musik gospel maupun musik keras seperti metal. Dimana menurut pendeta di radio selain musik (istilah pendeta tsb, lagu) ada juga namanya lirik.

Jadi sebenarnya dalam sebuah lagu (nyanyian) secara awam ada dua, yaitu nada (musik) dan syair (lirik). Dimana nada tidak dapat disebut rohani dan tidak rohani. Walau demikian dalam pengelompokan musik, pakar musik menempatkan nada hymne adalah musik rohani sejak jaman purba karena penggunaannya, walaupun dalam pengembangannya, syair rohani tidak lagi dilantunkan hanya dalam nada hymne atau juga nada gospel tetapi juga pop, bahkan juga ada dangdut.

Syair atau lirik adalah kalimat dalam sebuah lagu, jika thema kalimat yang diangkat menjadi syair lagu adalah tentang hal-hal yang spiritual, maka dapat disebutkan lagu itu adalah lagu rohani, walaupun tidak dilantunkan dengan nada hymne tetapi keroncong atau metal.

Jika thema spiritualnya berasal dari ajaran Kristiani maka disebut lagu rohani kristen dan jika berasal dari ajaran islam disebut lagu rohani islam.

Demikian penjelasannya.

Betul sekali bro…setuju bgt!
(IMHO)Tidak ada yg salah dg genre musik(dangdut,rap,rock,reggeae,dll).Yg membedakan adalah lirik dan tujuan lagu tsb ditujukan.Kl mmg liriknya berisi puji2an u Tuhan dan alkitabiah itu termasuk lagu rohani apapun genrenya.

O betapa indahnya
O betapa eloknya
Bila saudara seiiiiiman
Duduk dalam persatuan
Hiiiiiiii…haaaaa!
Taaaaaaariiiiik mang…!!!

Betul sekali bro…setuju bgt!
(IMHO)Tidak ada yg salah dg genre musik(dangdut,rap,rock,reggeae,dll).Yg membedakan adalah lirik dan tujuan lagu tsb ditujukan.Kl mmg liriknya berisi puji2an u Tuhan dan alkitabiah itu termasuk lagu rohani apapun genrenya.

O betapa indahnya
O betapa eloknya
Bila saudara seiiiiiman
Duduk dalam persatuan
Hiiiiiiii…haaaaa!
Taaaaaaariiiiik mang…!!!

[email protected]

Setau saya sih…yang dinamakan lagu itu adalah adanya komponen-komponen nada dalam partitur…yang mana mewakili tinggi rendahnya suara jika di nyanyikan…Itu semua bisa diwakilkan dlam alat musik maupun suara manusia
untuk mengaktualaissikan kode-kode lagu tsb…

Jika lagu-lagu tsb di kombinasikan dng bentuk-bentuk lirik tulisan yang di kodekan dng huruf-huruf…yan tersusun dalam bentuk kalimat…maka seyogiyanya dikatakan secara lazimnya dalam keseharian kita disebut sbg : "LIRIK LAGU "

Kemudian jika lirik lagu tsb memiliki thema-thema menenai suatau keyakinan / keagamaan…?? Dimana dalam kata-katanya bercerita suatu hal mengenai keyakinan / keagamaan…maka disebutlah sbg : LAGU ROHANI…

Sekarang tinggal kejujuran diri kita sendiri saja untuk mengatakan apakah ini lagu Rohani atau ini lagu bukan rohani…
Mosok lagu INDINESIA RAYA DIKATAKAN lagu rohani…?? Yng benar adalah jenis lagu kebangsaan.
Jadi jangan jadi seperti orang bodoh saja, soal seperti ini saja kok diperdebatkan…heemmm…

Salam GBU…