LAHIR BARU & HIDUP BARU

ALOOOO…SOBAT, :ashamed0004: SUDUNK MAU KASI TOPIK NIH TENTANG PEMBAHARUAN;

BICARA LAHIR BARU,
MERUPAKAN KEPUTUSAN MUTLAK UNTUK MENJADI ORANG2 YG MENGIKUTI YESUS KRISTUS
BICARA TTG HIDUP BARU,
MERUPAKAN PERUBAHAN HIDUP DARI KEHIDUPAN ORANG2 YG PERCAYA SUNGGUH2 AKAN YESUS KRISTUS

AGAR KITA BISA MEMAHAMI & MENDALAMI PEMAHAMAN LAHIR BARU & HIDUP BARU

YUK KITA SALING BERBAGI TENTANG APASIH LAHIR BARU & HIDUP BARU MENURUT KAMU?
:afro:

GBU :angel:

(pada suka baca malas jawab kale ya :D)

Pertanyaan dirimu telah terjawab oleh pernyataan diatasnya bro.

Tanya : Apa sih lahir baru & hidup baru?
Jawab : Menjadi Orang yg mengikuti YESUS KRISTUS dan merupakan perubahan hidup dari kehidupan orang2 yg percaya sungguh2 akan YESUS KRISTUS… :coolsmiley:

comment gw hidup baru dan lahir baru itu bener nya mirip2 tp sebenernya ada menurut gw pembedaan nya cuma ada disini…lahir baru itu adalah saat kita memutuskan untuk mati.mati dalam artian ninggalin dosa2 kita yg lama dan lahir sbg anak Kristus trus setelah lahir baru maka kita menjalani hidup baru, jadi kita ga bole kompromi ama yg nama nya dosa…so setelah lahir baru kita kudu idup baru.itu pendapat gw ^^ Jbu

Hidup Baru tuh misalnya kalau seorang yang belum pernah menikah sebelumnya melangsungkan pernikahan nya, makanya di ucapkan selamat menempuh hidup baru, githu.

Kalau lahir baru, ya dilahirkan oleh roh kudus (ga perlu di jelasin…semua udah pada tau nih maksudnya).

Ha…ha…ha…iya yah… ;D

Lahir baru ama hidup baru sepintas lalu ampir sama, cuma dalam pemaknaan berbeda
kalau lahir baru adalah langkah awal memulai sesuatu yang baru
sedangkan hidup baru adalah perjalan hidup dari manusia lama ke manusia baru yang dimulai dari lahir baru.

Karena bisa jadi orang mengalami lahir baru tetapi tidak mengalami hidup baru (sapa tahu pas lahir baru langsung meninggal).

intinya melangkahlah bersama Tuhan dalam menjalani hidup baru setelah lahir baru.

JLU

ga ngerti mxd’a alice… :mad0261:

Lahir baru tuh, menurut qu kita meninggalkan semua sifat buruk yang dulu dan kembali ke jalan Tuhan,

Gw lhr baru br bln septmbr taon kmrn,sblumx gw idup ga karuan nakalnxa hehe jd curhat niy. . Kalo menrt gw lhr baru itu Pmbharuan qt didlm roh dan pkran tuch kyak kata di alkitb di Ef 4:23-24,dan gw bner2 ngrasain bedanya dr khdpan gw yg lama ampe hdp gw yg skrg spertinya lbh dahsyat kbiasaan bruk gw di pangkas abis sma BABE stlh gw lhr bru. Kalo idup br tuch apa yax. . .ehm . .mungkin pgalaman skali seumur hdp yg blum pernah di alamin trus dialamin. . Misal. . .ya nikah itu x :smiley: .

PF yah… makin bertumbuh dalam Kristus :afro:

Hidup Baru itu menurut saya adalah Hidup yang lebih hidup, sebab hidup yang lebih hidup adalah tanpa ada penyakit, kekurangan, dan manakala bro masih memiliki sesuatu penyakit yang menjadi keluhan maka hidup yang lebih hidup itu belum di temukan oleh Bro. GBU

secara sederhana lahir baru itu menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat qt. mengakui dan bertobat atas semua dosa kita metanoia dan pronoia sebagai kelanjutannya untuk hidup baru…

Horas,apa abang sudah lahir baru ???
Apa arti makna hidup lebih hidup bang ???

Pengertian Hidup yg bener2 dangkal! Tidak heran kalo orang Kristen masih suka jatuh bangun dalam dosa karena pengertian yg “cetek” ini. Dulu saya juga bertanya2 : Apa iya sih pengertian HIDUP di Alkitab itu cuma mengarah ke kehidupan jasmani kita doang?
Wah, ternyata setelah sekarang saya tau kebenaran dari hamba Tuhan, Roh saya bersorak kegirangan: “Ya, itulah Aku yg dimaksud oleh pendetamu!”
Hidup saya sekarang jadi lebih indah dengan pengertian “Hidup” yg sudah saya pelajari. Wow, amazing!
Hidup baru adalah hidup yg sudah meninggalkan kebiasaan2 lama, tabiat2 lama yg suka mendukakan hati Tuhan.
Bagaimana cara mencapai itu semua? Gampang. Setiap hari cari Dia. Sebut namaNYA : Tuhan Yesus, tolong saya. Atau: Tuhan Yesus, sertailah saya (dlm perjalanan atau lagi bisnis). Atau: Tuhan Yesus, beri saya kekuatanMu (kalo anda pas dicobai Iblis).

Bicara lahir baru atau kelahiran kembali dalam Yohanes adalah asas pengajaran yang sangat penting dan patut diketahui dengan benar. Hanya melalui kelahiran kembali atau lahir baru kita dapat masuk ke dalam kerajaan Allah, kita banding ayat Yohanes ini mengatakan:
" Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."Yoh. 3:3.

Tuhan Yesus telah memberikan perintahnya agar manusia dilahirkan kembali Yoh.3:7. Dalam hal ini bukanlah manusia boleh kalau ia mau, melainkan ini adalah suatu keharusan mutlak. Lagipula tidak ada hal lain yang dapat menggantikan kelahiran kembali. Amal, agama, pengetahuan, baptisan, usaha memperbaiki diri, menjadi anggota gereja, semuanya itu tidak cukup dan tidak dapat menyelamatkan orang (Gal. 6:15). Apa yang dilahirkan dari daging adalah daging "Yang berasal daripada daging adalah daging, oleh sebab itu haruslah seseorang dilahirkan kembali supaya genap perkataan "Apa yang dilahirkan dari Roh adalah Roh" Yoh.3:5-6), oleh sebab itu manusia tidak diperkenan tabiat lama dihadapan Allah, melainkan ia harus mendapat tabiat yang baru.

Jadi sebenarnya apakah kelahiran baru itu?

Didalam Alkitab ada beberapa perkataan yang dipakai untuk menerangkan tentang kelahiran kembali:
dilahirkan kembali (Yoh.3:3)
dilahirkan dari Allah (Yoh.1:13; 1Yoh.3:9; 4:7;5:1,4,18)
dilahirkan dari Roh (Yoh.3:5,6)
Dihidupkan (Ef.2:1,5; Kol. 2:13)
pindah dari dalam maut kedalam hidup (Yoh.5:24; 1Yoh.3:14).
ciptaan baru (2Kor.5:17; Gal.6:15)
hati yang baru dan roh yang baru(Yeh.36:26)
Pembaharuan (Mat.19:28; Tituts 3:5)
Dua ayat terakhir itu adalah dilahirkan kembali yaitu Allah mengaruniakan hidup baru didalam Kristus kembali oleh pekerjaan Roh Kudus, dengan perantaraan Firman Allah kepada jiwa yang mati rohani dalam dosa dan kejahatan seperti yang terjadi pada Kis. 10:44-48 Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus: “Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?” Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka…

Setelah kita dituntun oleh Roh Kudus maka didalam kehidupan kita, mendatangkan perubahan besar ingatan kita diperbaharui, yaitu segenap akal budi, pikiran, perasaan dan kehendak hati kita. Dan bukan itu saja kita diperbaharui dengan mengambil bagian dalam kodrat ilahi (2Pet.1:4). Orang yang tidak dilahirkan kembali, yang masih tetap dalam tabiat duniawi, tidak akan mengerti hal ini dan tidak mengerti tentang perkara-perkara Roh. (1 Kor.2:14); pikirannya najis (Gal.5:19-21), dan kehendaknya bertentangan dengan Allah (Rom.8:7), meskipun ia adalah seorang terpelajar, sopan, ataupun yang halus kelakuannya, ia tetap tidak berkenan kepada Allah kalau ia belum dilahirkan kembali, maka segala hal yang lama sudah berlalu, dan semuanaya menjadi baru (2Kor.5:17).
Betapa indahnya kelahiran kembali itu! kita didapati dalam keadaan terjerumus di dalam dosa cemar tetapi diangkat Allah, dilahirkan kembali, dan mendapat bagian dalam kodrat ilahi…Amin…
Bilamana seseorang telah dilahirkan kembali maka Roh Kudus bersaksi dalam hati orang itu bahwa ia telah menjadi anak Allah. "Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita anak-anak Allah" (Rom.8:16; lihat Roma 8:15; Gal.4:6; 1Yoh. 5:6,10. Amin…

Saya telah mengalami LAHIR BARU, setelah saya berkali2 menyerukan nama Yesus. Pada saat saya tergoda melakukan suatu dosa yg mendukakan Roh Kudus saya berseru: “Oh, Yesus saya cinta padamu, beri saya kekuatan, Tuhan!” Dan setiap kali itu pula saya terhindar dari dosa.
Sekarang, dengan disertai pembacaan Firman Tuhan yg intensif, saya sudah merasa bahwa diri saya yang dahulu adalah benar2 sampah. Jadi saya tidak lagi mempraktekkan apa yg diajarkan kharismatik : “Roh najis, keluar dalam nama Yesus!” Apanya yg keluar? Semakin mengasai diri saya malah iya.
Sekali lagi, ajaran Protestan lebih ampuh mengusir Iblis karena yg diundang Yesus, jadi otomatis Iblisnya minggir dengan sendirinya.
Makanya, Back to Bible, Back to Jesus!

mau nambahin, semoga sis Alice tidak keberatan.

lahir haru = kelahiran kembali roh manusia

roh manusia = hati = bathin = manusia yang sesungguhnya

ia tidak tampak dari luar. dan tinggal didalam sebuah rumah yang disebut tubuh (fisik manusia)!

ia juga memiliki jiwa, jiwa adalah merupakan kehendak, emosi, perasaan dari roh manusia itu!

ketika Adam yang “hidup dalam kebenaran” bersama Allah di taman Eden jatuh dalam dosa

ia mati terhadap kebenaran dan hidup untuk dosa!

fisiknya tidak mati tapi rohnya mengalami kematian rohani (iblis menanamkan sifat asal alamiahnya yang

adalah dosa kedalam roh Adam, sehingga Adampun memiliki sifat asal dosa dalam rohnya dan menjadi anak

iblis)

ketika YESUS datang kedunia dan mati di salib untuk menebus dosa manusia, kuasa Allah yang

menyelamatkan tersedia!

sehingga kita yang mengaku bahwa YESUS adalah Tuhan dan pecaya bahwa Allah telah membangkitkan Dia

dari antara orang mati akan:

mati terhadap dosa dan hidup untuk kebenaran!

yang mati terhadap dosa adalah roh kita (manusia yang sesungguhnya)

dan setelah mati terhadap dosa, lahir baru atau lahir kembali!

dan setelah lahir kembali tentunya hidup untuk kebenaran (1 Petrus 2:24)

kita menjadi cipataan baru (2 Kor 5:17) yang sama sekali berbeda dari yang dahulu.

kalau dahulu sifat asal roh kita adalah dosa (warisan Adam) setelah lahir baru maka Roh Allah tinggal dalam

roh kita dan sifar Allah (9 buah Roh) menjadi sifat alamiah roh kita!

inilah yang dimaksud dengan lahir baru!

fisik kita tetap saja,

kalau dahulu kulitnya putih, setelah lahir baru juga tetap putih, kalau rambutnya dahulu keriting setelah lahir

baru juga tetap keriting!

jiwa kita juga tetap sama!

kalau dahulu keras kepala , ssetelah lahir baru tetap sama!, kalau dalulu pemarah setelah lahir baru juga

tetap sama!, kalau dahulu suka merokok setelah lahir baru juga sama!

itu sebabnya Paulus mengatakan di Roma 12:2, setelah lahir baru pikiran harus dirubah dengan Firman Allah

jadi kita bisa mengerti kehendak Allah, yang baik, yang berkenan dan sempurna.

kalau dulunya pemarah, perokok, penjudi dlsb, maka setelah lahir baru melalui FIrman Allah kita tahu itu tidak

baik dan mengambil keputusan sadar untuk merubah. dan tidak kembali mengenakan manusia lama tetapi

terus memngenakan manusia baru yang diperbaharui hari demi hari … dalam pengetahuan akan Allah

Lahir baru adalah pekerjaan Allah didalam diri kita dengan cara memberikan kita hati yang baru dan hidup yang baru sehingga kita menjadi anak anak Allah

Lahir Baru adalah awal kehidupan kita sebagai orang kristen,jadi kita harus terus bertumbuh didalam iman agar menjadi dewasa bro.

Salah satu syarat agar bisa terangkat waktu datangnya Yesus kedua kali adalah Lahir Baru. Karena kalau orang lahir baru berarti orang itu akan membenci dosa. Orang2 yg membenci dosa berarti nggak mau hidup dalam kegelapan. Siapa yang masih suka hidup dalam kegelapan berarti masih suka berbuat dosa. Bagi orang2 seperti ini sudah jelas: pada saat Rapture nanti tidak akan diangkat. Kalau tidak diangkat ya resikonya berhadapan dengan Antikris.
Kalau nggak mau nurut sama AntiKris? Ya siksaan sampai mati (atau setengah mati?) jadi konsekwensinya.
Pilihan itu ada ditangan kita. Kita mau matikan kedagingan lalu terangkat ke Sorga atau binasa dengan Antikris.
Salam. GBU.