Landasan Ilmiah Haramnya Babi

semua yang diharamlan pasti krn ada sebabnya…dijaman skrg ini yg serba modern…kita tahu daging babi mengandung banyak penyakit , terutama eksistensi cacing pita…anda meyakini yesus tidak mengharamkan daging babi…tetapi secara ilmu pengetahuan…apakah menurut anda makan daging babi sehat atau tidak?? tolong dijawab secara ilmu dan akal

jaman itu udang dilarang krn ada segelintir org yg ketika memakan udang akan terkena penyakit gatal gatal(alergi). tetapi dihalalkan krn pada suatu saat, gatal2 itu akan ditemukan solusinya…jaman skrg…apakah makan udang akan berdampak seberbahaya makan babi??

dari semua hewan diatas…manakah makanan yg paling banyak dimakan manusia jaman skrg tetapi ilmu kedokteran mengatakan hewan itu tidak sehat untuk dimakan??? tolong jwb menggunakan ilmu dan akal

Betul bro, babi haram, jangan dimakan ya.
Kalau tidak suka kirimlah ke sini, banyak yang masih suka.
He he he he he he

Well salam kenal bro Theo, yang saya tau sejak jaman dahulu orang sudah makan babi, well malah sehat sehat aja, kecuali orangnya abis makan kerjanya malas malasan yah pasti jadi penyakit :D.

Menurut saya malah makan daging kambing lebih berbahaya :D, banyak yang saya liat abis makan daging kambing jadi kena stroke dan meninggal, belum pernah dengar sich dengar abis makan babi kena stroke dan meninggal , mungkin bro punya pengalaman beda?? :wink:

ayam lebih berbahaya dari pada babi… mau tahu ? Noh berapa orang yang dah mati karena makan ayam … tuh flu burung yg menyerang ayam, jauh lebih dasyat bahaya.

makan sapi lebih berbahaya daripada makan babi. Ciri khas daging sapi, adalah lemak yang berada di sela sela daging sapi, sehingga saat memasak daging sapi, lemak akan ikut termakan oleh manusia
berbeda dengan daging babi, dimana lemak babi terpisah secara tegas, membentuk lapisan lemak dan lapisan daging. Untuk memasak babi lebih mudah, karena cukup mengambil daging bagi, dan membuang lapisan lemaknya.

itu sebabnya, mengkonsumsi daging sapi, jauh lebih berbahaya dari pada daging babi. Karena lemak babi dapat mudah dibuang dari daging babi, sedang lemak sapi tidak bisa di lepaskan dari sela sela daging sapi, dan pasti akan menyebabkan kadar kolesterol pemakan sapi akan meningkat, menyebabkan jantung koroner, stroke, sumbatan pembuluh darah, dan kematian.

betlu, secara kesehatam, daging kambing dan sapi jauh lebih berbahaya dari pada babi

telah diadakan riset, kadar lemak babi (yang lapisan lemaknya telah dibuang) jauh lebih kecil daripada kambing dan sapi. Permasalahannya adalah, lemak pada kambing dan sapi berada disela sela serat daging dan tidak bisa dibuang dalam proses memasak.

skak mat tuh.

Berarti cocok dengan kata-kata saya yang ini:

Kalau Tuhan bilang haram, ya sudah, titik. Kalau kita cari-cari alasan ilmiah, logis, dsb, nanti malah bisa jadi bumerang yang menghantam iman sendiri. :smiley:

Salam

TENTANG MEMAKAN DAGING BABi
Saya tau topic sebelah membahas soal makan babi, saya sudah baca. Tetapi saya tidak mau ikut dalam perdebatan tidak sehat disana. Saya hanya mau teman teman sesame manusia di bumi mengetahui tentang hal ini dan mengkaji bersama secara baik. Penjelasan dengan referensi Sbb:

*Dec 18, 2012 – REPUBLIKA
Menjelaskan tentang bahaya daging babi walaupun dimasak dalam keadaan higienis(thn 2012 , tahun dimana manusia sudah memiliki ilmu pengetahuan yg tinggi)

*Dari segi sains:
BAHAYA [1] Daging Babi mempunyai cacing pita yang mendiami di dalamnya. Saat anda minum air bikarbonat atau sebarang minuman masam, dia akan keluar dan mengerumuni kawasan perut anda. Ia sangat kotor dan jijik
BAHAYA [2] Daging Babi juga mempunyai virus atau kuman dalam genetik babi yang akan menghasilkan puluhan penyakit lainnya. Demikian menurut hasil kajian saintis barat.

Penemuaan yang mengejutkan telah dilapurkon oleh Journal of Virology 1997, kajian yang dilakukan oleh 12 orang pakar-pakar sains yang dipimpin oleh Dr. Yoshihiro Kawaoka dari Universiti Wisconsin.
terdapat sel-sel tertentu yang mampu mengubah pelbagai kuman virus yang biasanya tidak menjangkiti manusia akan bertukar menjadi kuman yang berbahaya,menjangkiti dan membunuh manusia,

Dr.Virginia Hinshaw, Dekan di Graduate School Universiti Wisconsin-Madison, sistem pertahanan manusia tidak mampu menangkis serangan dari virus-virus ini

Profesor Robin Weiss, seorang pakar dalam bidang virologi dari Institut Kajian Kanser, London, berkata pada babi wujud retrovirus dari keluarga yang sama dengan kuman HIV. . Ia tidak dapat dibuang atau dipisahkan dari babi kerana ia dibawa oleh benih DNAnya walaupun dengan cara dimasak.

Daniel S. Shapiro, M.D., Pengarah Clinical Microbiology Laboratories, Boston Medical Center, Massachusetts dan juga merupakan Penolong Profesor Perubatan di Pathology and Laboratory Medicine, Boston University School of Medicine, Massachusetts, merumuskan terdapat lebih daripada 25 penyakit dalam daging babi yg bisa membunuh manusia, antara lain:

1.Anthraxc
2. Ascaris suum
3. Botulism
4. Brucella suis
5. Cryptosporidiosis
6. Entamoeba polecki
7. Erysipelothrix shusiopathiae
8. Flavobacterium group IIb-like bacteria
9. Influenza
10. Leptospirosis
11. Pasteurella aerogenes
12. Pasteurella multocida
13. Pigbel
14. Rabies
15. Salmonella cholerae-suis
16. Salmonellosis
17. Sarcosporidiosis
18. Scabies
19. Streptococcus dysgalactiae (group L)
20. Streptococcus milleri
21. Streptococcus suis type 2 (group R)
22. Swine vesicular disease
23. Taenia solium
24. Trichinella spiralis
25. Yersinia enterocolitica
26. Yersinia pseudotuberculosis

Setelah itu didapati penemuan terbaru:
Kuman-kuman ini belum pernah ditemui sebelum ini,dan bisa hidup didalam tubuh manusia dan menyebabkan kematian,antaranya ialah,

  1. Porcine Torovirus.
  2. Porcine Rotavirus (Variant 4F).
  3. PRRS (Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome Virus).
  4. H3N2 Swine Flu Virus.

Yesus telah mencabut segala peraturan imamat mengenai makanan dan praktek-praktek yang najis dalam

Matius 15:1-20.
‘’ Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang’’.

Kekhawatiran besar saya adalah, pada saat yesus mengucapkan kata kata itu, beliau sama sekali tidak bermaksud membahas soal diharamkan nya daging Babi. Karena sudah tentu yesus memiliki pengetahuan yg lebih luas dr pada org2 dimasa itu tentang bahaya bahaya daging babi bagi manusia apabila memakan nya.

Catatan kecil: Agama selalu tahu apa yg terbaik untuk umat manusia
salam

Semua orang pasti mati.
BANYAK Orang2 yang makan babi banyak yang lebih panjang umur and tetep sehat hari tua daripada yang kaga makan.

Jadi kaga ade hubungannye ama kesehatan dah.
daging kambing lebih jahat; darah tinggi, stroke, de el el.

Yesus telah mencabut segala peraturan imamat mengenai makanan dan praktek-praktek yang najis dalam

Matius 15:1-20.
‘’ Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang’’.

Kekhawatiran besar saya adalah, pada saat yesus mengucapkan kata kata itu, beliau sama sekali tidak bermaksud membahas soal diharamkan nya daging Babi. Karena sudah tentu yesus memiliki pengetahuan yg lebih luas dr pada org2 dimasa itu tentang bahaya bahaya daging babi bagi manusia apabila memakan nya.


lu kaga makan babi, kalu isi hatinya jahat ~~> neraka dah.
lu makan babi tiap ari, kalu lu percaya Tuhan Yesus and nurutin kehendak Bapa ~~> surga.

dosa kalu lu nyakitin sesama… atawa berperilaku kaga beda ama ‘babi’ yang selalu kembali mandi dalam kubangan.
kaga dosa kalu lu makan2an. dosa apaan, nyakitin sape emang…

Catatan kecil: Agama selalu tahu apa yg terbaik untuk umat manusia salam
science;medis lebih tau apa yang terbaik untuk JASMANI umat manusia. kalu untuk KESELAMATAN, ROHANIAH.... CUMAN JADI PENGIKUT TUHAN YESUS XSATU2NYA JALAN.

saya tidak membahas tentang kapan manusia akan mati…yg saya bahas tentang kandungan virus dalam daging babi…harap anda buka diskusi tentang “kesalahan dalam berdebat” yg di buat oleh hannah

saya rasa tidak ada pakar kesehatan di dunia yg merekomendasikan untuk manusia tidak makan daging kambing…dan tidak ada pakar kesehatan di dunia yg menjelaskan tentang kandungan virus di dalam daging kambing seperti halnya daging babi

maaf, yg ini saya tidak mau berkomentar

medis adalah ilmu pengetahuan yang tidak akan mungkin bertentangan dengan agama

silahkan kita kaji secara lebih baik dan benar…ini kan tujuan diadakan nya forum, untuk membahas secara baik dan bermartabat

salam buat sist ling ling

kalu lu maw bahas soal virus… gw saranin elu ke forum bakteriologi, virologi, forum kedokteran aje.
forum agama ngomongin soal rohani, soal keselamatan afterlife.

lu buka trit masalahin soal:

terus lu ngomong soal virus, bakteri, cacing… analisa researcher…

gw jawab:

kaga nyambungnya dimane ?

APE lu cuman maw curhat, kaga maw dengerin orang lain ? :rolleye0014:

saya rasa tidak ada pakar kesehatan di dunia yg merekomendasikan untuk manusia tidak makan daging kambing...dan tidak ada pakar kesehatan di dunia yg menjelaskan tentang kandungan virus di dalam daging kambing seperti halnya daging babi
kaga ada pakar kesehatan yang rekomendasikan manusia utk makan daging kambing. kaga ada pakar kesehatan didunia yg jelasin kandungan virus dalam kambing seperti halnya dalam babi.

TETEP KAGA NGEBANTAH FAKTA YANG GW UNGKAPIN ~~> BANYAK ORANG2 YANG MAKAN BABI TIAP ARI USIANYA LEBIH LANJUT, PANJANG UMUR, SEHAT DARIPADA YANG KAGA MAKAN.

jadi ngapain elu ngomongin virus, bakteri, de el el… TOH FAKTANYA KAGA NGARUH DENGAN KELANGSUNGAN IDUP SESEORANG.

di PL ade aturan ‘jangan makan babi’… emang… tujuannya apa juga kaga dijelasin.
di PB… ‘bukan yang masuk dalam mulut yang menajiskan tapi yang keluar dari mulut.’
Ya itu udeh, paling bener… ajaran Tuhan… rohaniah.
emang orang idup tujuannya maw panjang umur doang ?
terus lu kaga maw makan babi juga kaga ade yang maksa tuh.

kamu salah.

jika cacing bisa berada di babi, maka cacing bisa berada di sapi
perhatikan setiap mau acara potong kambing tiap tahun, selalu laporan ditemukan banyak hati sapi dan kambing yang lubang lubang di penuhi oleh cacing … dan dading sapi yang di korbankan tetap di bagi pada banyak orang dan dimakan oleh …

sedang penyakit dan virus yg kamu sebutlkan, semuanya itu juga menyerang sapi dan kambing

belum lupa ya sama penyakit sapi gila ??? sampai pemerintah ketakutan mengimpor daging sapi ???

so … berkaca dulu mas kl bicara.

  1. Penyakit Anthrax (Radang Limpa)

Anthrax

    Anthrax adalah penyakit menular yang biasanya bersifat akut atau perakut pada berbagai jenis ternak (pemamah biak, kuda, babi dan sebagainya), yang disertai dengan demam tinggi dan disebabkan oleh Bacillus anthracis. Biasanya ditandai dengan perubahan-perubahan jaringan bersifat septicemi, timbulnya infiltrasi serohemorrhagi pada jaringan subkutan dan subserosa dan dengan pembengkakan akut limpa. Pelbagai jenis ternak liar (rusa, kelinci, babi hutan dan sebagainya) dapat pula terserang. Faktor-faktor predisposisi daat mempermudah timbulnya penyakit pada hewan-hewan yang mengandung spora yang bersifat latent.

Menurut penelitian, kerentanan hewan terhada anthrax dapat dibagi dalam beberapa kelompok:

1. Hewan-hewan pemamah biak terutama sai, domba kemudian berturut-turut kuda, rusa, kerbau dan pemamah biak liar lainnya
2. Babi tidak begitu rantan
3. Anjing, kucing, tikus dan sebagian besar bangsa burung realtif tidak rentan tetapi dapat diinfeksi secara buatan
4. Hewan-hewan berdarah dingin sama sekali tidak rentan


    Manusia juga rentan terhadap infeksi bakteri ini, meskipun tidak serentan ternak pemamah biak. Anthrax merupakan salah satu zoonosis yang penting dan sering menyebabkan kematian pada manusia.
    Di Indonesia anthrax menyebabkan banyak kematian pada ternak. Kerugian dapat berupa kehilangan tenaga kerja di sawah dan tenaga tarik, serta kehilangan daging dan kulit karena ternak tidak boleh dipotong.
    Penyakit anthrax di Indonesia ditemukan sejak tahun 1884. Sejak itu Pemerintah baik pada masa kolonial Belanda sampai Pemerintah RI telah berupaya untuk menurunkan kasus-kasus penyakit bakterial ini.
    Namun pada awal tahun 1990 tiba-tiba masyarakat peternakan Indonesia dikejutkan dengan wabah anthrax yang menyerang sapi-sapi perah di Boyolali. peristiwa ni menyebabkan jumlah ternak yang terjangkiti penyakit anthrax mencapai 3600 ekor sapi dan 1406 ekor sapi mati. 

Ternyata antrax justru sangat menular pada hewan hewan semacam sapi, dan kambing
Sedangkan babi justru jarang yang diserang antrax

masih ingat beberapa tahun yg lalu, ribut ribut antrax yang menyerang sapi yg di pelihara peternak ?

Rupanya si mas ini tidak tahu ya ?

Apakah yang dimaksud dengan virus mad cow?

Mad cow dikenal sebagai bovine spongiform encephalopathy (BSE), yang merupakan gangguan neurologis pada sapi yang menyebabkan degenerasi pada otak dan sumsum tulang belakang, dan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian pada sapi.

Infeksi ini pertama kali didiagnosis di Inggris pada tahun 1980-an dan diprediksi berasal dari pangan ternak yang mengandung bagian-bagian hewan yang terinfeksi

Apakah manusia bisa terjangkit virus sapi gila?

Virus yang menyerang manusia disebut varian Creutzfeldt-Jakob, atau vCJD. Penelitian menunjukkan, penyakit prion manusia pertama kali dilaporkan di Inggris pada tahun 1996. Menurut ilmuan, penyakit pada manusia mungkin saja menyebar melalui konsumsi makanan olahan yang mengandung daging sapi yang terinfeksi

referensi:Ini dia sejumlah fakta virus sapi gila di AS

virus ini datang bukan dari gen DNA sapi, melainkan dari faktor luar, sehingga sapi pun akan mati ketika terjangkit virus ini. secara langsung, mengkonsumsi daging sapi yang sudah terjangkit virus ini akan berdampak buruk bagi manusia.Yang hrs di perhatikan adalah ini:

mengkonsumsi daging sapi tidak masalah, selama daging sapi itu tidak terjangkit penyakit apa2. bahkan banyak kandungan sehat bagi manusia dalam dagin sapi…>>>> referensinya:http://www.makanansehat.web.id/2012/10/bagian-bagian-tubuh-dan-manfaat-sapi.html

akan tetapi…bagi daging babi adalah merupakan virus atau penyakit yg memang sudah ada di dalam DNA babi itu sendiri (virus internal)yg sudah dijelaskan oleh pakar2 kedokteran yg malah kebanyakan berasal dari negara2 barat. bahkan dengan adanya virus itu, babi sama sekali tidak mati, krn memang virus itu sudah menjadi satu unsur dengan daging babi itu sendiri.

kesimpulan: -daging sapi sehat dikonsumsi selama tidak terjangkit penyakit
-daging Babi tidak sehat dikonsumsi baik babi itu sehat apalagi jika terjangkit penyakit dari luar.

salam

Yup :afro:
Prinsipnya semua makanan begitu, termasuk daging babi.

Orang Jepang pemakan babi. Saking demennya ama pork, di sana mie instant pun pakai babi. Tapi masyarakat sana sehat-sehat, rata-rata usia hidup masyarakat di sana berkisar 80an tahun koq, jauh mengalahkan yang gak makan babi misalnya Arab Saudi. Nah loh ?

GBU

penjelasan sama dengan yg saya jwb diatas…cuma sedikit tambahan…

kenapa anda mempersoalkan daging sapi?? apakah Kristen melarang makan daging sapi?? Islam dan Kristen sama sama tidak melarang memakan daging sapi, lalu kenapa anda mempersoalkan daging sapi??

ironisnya, klo anda belajar ilmu medik, anda akan tahu penyakit anthrax menyerang sapi justru datangnya dari virus yg ada di dalam DNA Babi…(lihat kandungan virus yg ada di dalam daging babi menurut para pakar kedokteran barat)

kajian yg baik menggunakan ilmu dan logika akan menghasilkan manfaat, lain hasil nya jika menggunakan sinisme.
salam

intinya adalah makan dagin sapi dan babi itu sama saja, jika telah dimasak dengan baik

sedang kamu, kamu hanya berusaha untuk mencari cari masalah secara memBABI buta.

orang arab mah banyak yang mati kena penyakit dan mati kena BOM

rupanya anda tidak membaca secara keseluruhan seperti yang lain nya dari kutipan saya…biar saya copaskan kembali…

Profesor Robin Weiss, seorang pakar dalam bidang virologi dari Institut Kajian Kanser, London, berkata pada babi wujud retrovirus dari keluarga yang sama dengan kuman HIV. . Ia tidak dapat dibuang atau dipisahkan dari babi kerana ia dibawa oleh benih DNAnya walaupun dengan cara dimasak.

bukan pendapat saya, melainkan pendapat pakar ilmu medis yang telah menjadi fakta dunia.