Landasan Ilmiah Haramnya Babi

ma-ling kalengan resmi ade ijin pemerintah, ade stempel DEPKES nya, dll banyak di supermarket… asalkan ada labelnya ‘mengandung babi’ kaga apa kok.

jadi yang dimasalahin TS kalu nyangkutin perijinan jelas beda masalahnya.

terus kalu TS maw belajar kekeristenan…

14:1 Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya.
14:2 Yang seorang yakin, bahwa ia boleh makan segala jenis makanan, tetapi orang yang lemah imannya hanya makan sayur-sayuran saja.
14:3 Siapa yang makan, janganlah menghina orang yang tidak makan, dan siapa yang tidak makan, janganlah menghakimi orang yang makan, sebab Allah telah menerima orang itu.
14:4 Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri.
14:5 Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.
14:6 Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah.
14:7 Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri.
14:8 Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.
14:9 Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

cuman gw juga bukan orang kedokteran… jadi gw ngaku duluan OOT kaga ngejawab judul trit. :ashamed0004:

Iya, kalau surat edaran ketua BPOM itu sah sehingga punya kekuatan hukum, tidak mungkin setiap member Kristen di sini bisa makan daging babi dengan mudahnya :smiley:

Kita ambil contoh Saudi Arabia yang berdasarkan syariat islam, peredaran daging babi dilarang tetapi bukan oleh lembaga negara yang terkait kesehatan. Pengawasannya dilakukan oleh polisi agama. Gw pribadi menganggap surat edaran itu sebagai kesalahan manuver dari oknum sehingga menimbulkan kesulitan dalam pelaksanaannya dan menjadi blunder. Berikut ini adalah contoh-contoh kesalahan oknum (tapi menyeret jabatan dan agama) : :tongue:

GBU

jooo bejo…
lo klo komentar yg kya gini selalu pas bngt…mksdnya pas bngt letak komen lo di bawah komen yg lo tuju… :2funny:

gut gut bray… :afro:

[email protected]

Makanya Allah menciptakan akal-budi pada manusia, supaya bisa menilai mana yang baik dan mana tidak baik…mana yang bermanfaat dan mana yang tidak. Sehingga kalau boleh /harus memilih makan babi atau tidak makan babi…?? bukannya dimasalah ada cacing pitah didaging babinya tsb, tetapi masalahnya adalah sudah memahami atau belum kah setiap orang …?? jika mau mengkonsumsi daging babi tsb . apakah harus dimasak sematang munkin, apakah itu di bakar, digoreng, direbus atau dioalah sebehgitu rupa sehingga kandungan cacing pita akan mati total…

Sehingga makan daging sapipun akan membahayakan tubuh jika cacing pitahnya tidak akan mati karena sewaktu akan dikonsumsi, tapi tidak dimasak dng baik ( direbus,dibakar, digoreng dng temperataur yang 100 derajat lebih ).

Jadi bukan masalah daging babi dan daging sapai yang di sinyalir sama-sama mengandung cacaing pitah.

Salam GBU…

babi oh babi, sungguh malang nasibmu… :ashamed0006:

selalu jadi kambing hitam… :2funny:

Re: Landasan Ilmiah Haramnya Babi

secara medis, dari babi diambil zat tertentu untuk di pergunakan kepada mereka yang hendak berhaji.

haram atau halal ??

Babi hitam?

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcROKPj4MDPH3BHnXDhG1j6i7pEAI6QLspThvcpIDB8CkEr80UWe

:wink:

eh coba kenapa yg di pake kok kambing hitam dan bukannya babi hitam … ?

karena kambing lebih BAU daripada Babi

wkwkwk.

bau apa ya ?

yg jelas ga mngkin bau lo bray :2funny:

salut brow, sampe cari babi imut nan hitam ini! :happy0158: :2funny:

pengalaman pribadi nih yee?? ;D :char11:

Kalau ditarik dari ASAL MUASAL nya sih kek Kitab Kejadian itu dari awalnya menetapkan bahwa :
Kejadian 2 :
16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, … alias disuruh jadi Vegetarian … karena kalau kita makan Binatang berarti kita harus MEMBUNUH nya , apalagi kalau yg memiliki DARAH … kata Firman Tuhan didalam Darah itu ada JIWA nya !
Nah soal kalau mau makan BINATANG didalam salah satu Kitab Taurat Musa yg ada 5 itu … diminta agar yg namanya LEMAK nya sama sekali tidak boleh dimakan karena Lemak itu harus dibakar agar Wanginya itu menjadi Bau Bakaran Persembahan yg Harum dan sangat disukai Allah ! Kalu BANDEL menyantapnya juga … ya salah sendiri kalau Kena Penyakit jantung Koroner, Stroke gara2 sumbatan Cholesterol dipembuluh darah arteri kecil di Otak, jadi Obesitas dan lain2 nya !

Utk apakah meributkan hal2 yg tidak penting seperti ini seolah2 tidak ada hal lain lagi yg lebih penting?

Halal dan haram itu hanya sebatas konsep/kesepakatan yg dibuat oleh manusia. Mana ada buktinya Tuhan berbicara kepada kita bahwa mahluk ciptaannya yg bernama babi, pig atau buta (bhs jpn)?
Paling ketika ditanya begini anda akan berargumen “menurut kitab suci agama anu”.

Memperdebatkan/membanding2kan dan mempertentangkan buku (baca kitab suci) satu dg buku yg lainnya adalah tindakan yg jauh dr bijaksana.

Kembali ke babi.
Jauh sebelum datangnya agama, manusia sudah memakan bermacam2 jenis daging termasuk babi di dalamnya.
Sama seperti nenek moyang, manusia modern (termasuk saya) juga makan babi karna babi dan beberapa daging lainnya memang enak.
Coba saja tanya temanmu yg makan babi.
Lalu apa kendalanya?? No problemo.
Kalau sudah tidak ada masalah bukankah lebih baik pikiran kita curahkan utk hal2 yg lebih penting misalnya berpartisipasi utk berantas korupsi, kelaparan (saya sumbang daging2an termasuk babi kalo boleh), kebodohan (spt debatin babi haram), dan hal penting lainnya.
Dari pada tengkar gara2 buku (baca kitab agama) dan membuat diantara kalian menjadi membenci satu sama lain. Mending buang saja bukunya kalau buku membuat kalian menjadi mahluk mengerikan seperti itu.

Trims

setelah Nuh dan binatang keluar dari BAHTERA :

Kej. 9 : 1 ¶ Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi.

2 Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan.

3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.

4 Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.

Hahahaha
Kocak tapi logis
Setuju bro bejo.
Mari lawan gerakan pendiskriminasian babi!!
Hehehe

babi enak. kok tidak mau …

rugi dong …

hehehe

Re: Landasan Ilmiah Haramnya Babi
Hati² orang yang tidak setuju dengan makan babi dia pasti sering ngepet ;D :happy0071: :jumping0048:

Nyam nyam… slruppss

Tapi ane termasuk yg mendukung fatwa haramnya babi oleh MUI. Soalnya klo sampe di holol kan jadi ngga kebeli tuh babi ama gw. Org pasti pada berebut daging babi di pasar hehehe

Tuhan gak mau kita ngurusin makanan, krn Tuhan sdh tau bakal ada kontroversi krn makanan, makanya Tuhan tdk mengharamkan lg( baik banget Tuhan melepaskan keharaman menjadi halal(otoritas Tuhan)) dan sekalian bukti in dia Tuhan buat yg kagak percaya, tu babi kan bnyk bakteri, tp asal dimakan dg berdoa dl,percayalah tidak 1 pun penyakit menimpa mu…
buktinya : opung2 disumatera utara bisa sampai 100 thn umur nya,tp masih doyan kalau pesta makan babi… :afro: :afro: :afro: :afro:

1Tim 4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,