Layanan SMS Gratis Dihentikan

BONUS SMS GRATISAN

Terhitung sejak 1 Juni 2012, seluruh operator secara serentak akan menghentikan layanan SMS gratis. Keputusan ini sendiri secara menyeluruh telah disepakati oleh seluruh operator di Indonesia bersama Kementerian Kominfo dan juga Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Dihentikannya layanan SMS gratis ini akan mengubah baru skema lama taris SMS, dimana sebelumnya adalah menggunakan sistem Sender Keep All (SKA), maka akan beralih menjadi sistem interkoneksi berbasis biaya (cost based).

Dengan sistem baru pengiriman SMS, yaitu sistem cost based, maka operator pengirim dan penerima SMS akan terkena biaya. Sementara dengan konsep sebelumnya, bahwa hanya operator pengirim yang akan mendapatkan pemasukan.

Untuk menjalankan SMS berbasis biaya ini nantinya settlement akan dilakukan oleh Asosiasi Kliring Trafik Telekomunikasi (Askitel). Sem entara Kominfo dan BRTI hanya mengawasi prosesnya saja.

Sesuai kesepakatan, biaya interkoneksi SMS ini nantinya mengikuti hasil perhitungan biaya interkoneksi tahun 2010, yaitu sebesar Rp 23 per SMS. Perbedaan antara pola SKA dan cost based adalah SKA memungkinkan keuntungan diambil semuanya oleh operator pengirim SMS.

Sedangkan jika berbasis interkoneksi, memungkinkan revenue sharing antara operator pengirim dan penerima. Pola SMS cost based ini dianggap lebih adil bagi semua operator dan bisa menekan pengiriman SMS spam sebagai dampak dari penawaran bonus SMS yang tak terukur dari operator saat berpromosi,


LANTAS BAGAIMANA TANGGAPAN OPERATOR…??

Indosat Siap Hadapi Tarif Interkoneksi Baru
»Kita sedang menggodok tarif maupun paket SMS baru yang mengacu pada ketentuan yang baru. Sebab, memang sudah tidak mungkin menggunakan tarif interkoneksi yang lama," ujar Sumantri Joko Yuwono, Group Head Product Development & Management Indosat, usai menggelar Media Briefing di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin, 28 Mei 2012.

Meski Kecewa, Axis Siap Patuhi Interkoneksi SMS
Kendati keberatan dengan kebijakan skema interkoneksi berbasis biaya (cost based), namun Axis tetap akan mematuhi dan menjalankan peraturan yang telah disahkan tersebut.
“Bagi kami ini it’s another challenge. Sejak kehadiran Axis di Indonesia, kami sudah terbiasa dengan tantangan dan persaingan. Bagi Axis ini cuma tantangan yang berbeda,” sebut Head of Corporate Communication Axis Anita Avianty, kepada detikINET, Rabu (30/5/2012).

Bakrie Telecom Siap Dukung SMS Interkoneksi
“Kami sudah siap melaksanakan SMS berbasis interkoneksi. Sistem sudah disiapkan dan test sudah dilakukan berhasil baik,” kata Direktur Bakrie Telecom Rakhmat Junaidi kepada detikINET, Rabu (30/5/2012).


BAGAIMANA DENGAN ANDA…?? :rolleye0014:

Sunyi banget, pada kemana yah?

hmm, kayaknya da geh. Aku sms biasa2 saja…

iya…smpai sekarang masih dapat gratisan nii…
hehe

Mungkin ga jadi kali yah…

baguslah kloga jadi, bisa irit pulsa…
hahaha

Hoaax hoeek sengajaa tuh :smiley:

Re: Layanan SMS Gratis Dihentikan

ciri yang suka gratis. . .

Kasih saja Geratis, Begitu aja kog repot! :char17:

Bukan hoax, di kompas , dsb juga ada…

Iya, memang benar. katanya ada anak namanya Ykoo di lempar ke laut terus munculnya di koran
http://www.laymark.com/l/m/m146.gif

Ga nyambung