Lazarus, Abraham dan orka.

Sudah beberapa kali tak tulis mengenai ayat terkait, entah dimana sudah lupa… Namun…

Namun tetep aja ada orang bilang kayak diatas :D.

Bold itu ajaran orang.
Dan dijaman sekarang, manusia yang bilang kayak bold —> ini karena ybs berdasarkan KATA ORANG laen.

orka :
aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini

KATA ORANG laen mewakili Abraham :
Maap orka, mereka yang sudah meninggal dunia tidak diizinkan hadir turun lagi kedunia menemui manusia meski sudah ada di pangkuan GUE sekalipun

Abraham :
Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu

KATA ORANG laen mewakili Abraham : (ndableg)
YA… dari perkataan Abraham itu bisa dipetik bahwa SELAIN kelima sodara si orka yang idup itu bisa mendengar kesaksian Musa dan para nabi … didalam benaknya si Abraham itu kayak gini "LAGIAN mereka yang sudah meninggal dunia tidak diizinkan hadir turun lagi kedunia menemui manusia meski sudah ada di pangkuan GUE sekalipun.

orka :
Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat.

KATA ORANG laen mewakili Abraham :
Maap orka, mereka yang sudah meninggal dunia tidak diizinkan hadir turun lagi kedunia menemui manusia meski sudah ada di pangkuan GUE sekalipun

Abraham :
Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati

oda :
Kalimat Abraham diatas menunjukkan it’s possible seseorang dari antara orang mati datang kepada orang hidup. TAPI kalo [datangnya seseorang dari antara orang mati kepada orang2 hidup] itu didalam tujuan untuk memperingati orang2 hidup YANG tidak mendengarkan kesaksian Musa, maka itu adalah hal sia sia. So, nggak perlu dilaksanakan itu [datangnya seseorang dari antara orang mati kepada orang2 hidup didalam misi utk memperingati orang2 yang tidak mendengarkan kesaksian Musa]… percuma… mereka juga nggak akan mau diyakinkan.

KATA ORANG laen mewakili Abraham :
mereka yang sudah meninggal dunia tidak diizinkan hadir turun lagi kedunia menemui manusia meski sudah ada di pangkuan GUE sekalipun

KATA ORANG pemberhala benda mati in the past :
Tuhan sendiri yang bilang bahwa Abraham bermaksud memberi tau : mereka yang sudah meninggal dunia tidak diizinkan hadir turun lagi kedunia menemui manusia meski sudah ada di pangkuannya sekalipun.

KATA ORANG pemberhala benda mati yang laennya lagi now, at present time :

Mengapa ada orang yang gak bisa nyadar2 - walo sudah dikasi tau bahwa ayat terkait nggak bisa nyampe ke abu2?

Apakah abu2 itu memang sengaja dibuat spt demikian (tidak perduli itu ngaco ato kagak) demi kepuasan diri dalam usahanya menentang seperti kalimat sbb ?

jadi jika ada sekompok manusia yang menamakan diri pewaris ajaran rasul2 Yesus Kristus meyakini ada arwah manusia yang bisa hadir dimana2 saya duga itu ajaran palsu a.k.a bukan ajaran para rasul.

ada yg ngeh bhw kupasan per kalimat ayat tsb sia sia ?
karena ketimbang mengolah kalimat2 terbaca - selalu yang terjadi adalah pengulangan yang sama terus menerus spt abu abu ? :char11:

:slight_smile:
salam.

Banyak yang punya telinga, tidak mendengar.
Banyak yang punya mata, tidak melihat.
Banyak nalar yang dibungkus doktrin menyesatkan sehingga tidak mampu berpikir logis.
Sayangnya, jika ditanyakan ke yang bersangkutan, yang bersangkutan akan mingkem, atau menjawab secara tidak nyambung.

Salam damai.

Doktrin yg menyesatkan itu misalnya apa mas ?
Tolong dijelaskan.

Eh, ada @debat. :smiley:

Berhubung @Sotardugur Parreva tidak menemukan definisi doktrin, definisi menyesatkan, dan definisi doktrin menyesatkan di Alkitab, dan @Sotardugur Parreva bukan penganut Sola Scriptura, maka kugunakan KBBI mencari definisinya.

@debat sudah mengerti apa itu doktrin?
Menurut KBBI,

doktrin/dok·trin/ n 1 ajaran (tentang asas suatu aliran politik, keagamaan; 2 pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan) secara bersistem, khususnya dalam penyusunan kebijakan negara: dalam sejarah Amerika kita kenal -- Monroe
Sementara [i]menyesatkan[/i]
menyesatkan/me·nye·sat·kan/ v 1 membawa ke jalan yang salah; menyebabkan sesat (salah jalan): mereka memang sengaja - kita; 2 ki menyebabkan keliru (salah) dan sebagainya: - pandangan; - pikiran;

Jadi, kira-kira, doktrin menyesatkan terdefinisikan sebagai ajaran keagamaan yang membawa ke jalan yang keliru. Tapi, itu definisi yang kutarik dari KBBI. Jika @debat ingin mengartikannya atau mendefinisikannya bagaimana, ya silahkan saja.

Karena sampai sekarang belum ada partisipan yang mengartikan Sola Scriptura dengan tuntas kecuali dengan mengubah arti sola, maka menurut pendapatku, doktrin Sola Scriptura adalah doktrin menyesatkan, doktrin yang membawa ke jalan yang salah. Doktrin yang dirancang manusia yang measa diri penerus rasul. Sebab, jemaat Kristus didirikan ketika Scriptura belum lengkap. Kitab yang ada ketika Tuhan Yesus meninggalkan para rasul di mana Tuhan Yesus Kristus kembali ke sorga, ketika itu adalah yang dikenal sebagai Perjanjian Lama, yang tidak lain dan tidak bukan ialah Hukum Taurat dan kitab para nabi. Di sisi lain, ada ayat Perjanjian Baru yang menyatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman Yohanes. Maka dari itu, menurut pendapatku, itu berarti bahwa orang-orang Perjanjian Baru tidak lagi menyandarkan pemahamannya kepada Hukum Taurat dan kitab para nabi. Jadi, menurut pemahamanku, doktrin Sola Scriptura adalah doktrin menyesatkan, karena Tuhan Yesus Kristus tidak meninggalkan Scriptura sebagai bahan ajar para rasul. Jika prinsip Sola Scriptura dianut sebagai doktrin, maka ada saat pengikut Kristus tidak punya landasan hidup menggereja, karena ketiadaan Scriptura, di mana Scriptura belum dikanon.

Begitu menurutku.

Bagaimana menurut @debat? Apa itu doktrin menyesatkan, dan apa misalnya?

Salam damai.

debat, bikin thread tersendiri aja yah mengenai yang ingin kamu ketahui di perihal [doktrin yg menyesatkan].

Uuppsss… maafkan @Sotardugur Parreva @odading. @Sotardugur Parreva terbawa jadi ikutan OOT.

Salam damai.

hahaha… santai aja SP. Saya ngerti kamu kepancing sama pertanyaan debat :smiley:

Kamu mengartikan Sola Scriptura itu apa sih ?
Jangan jangan kamu hanya ngarang sendiri tidak paham apa yg dimaksud orang dengan istilah itu.

Disini saja mas supaya tuntas apa yg sesat itu.

OOT.
Trit ini membahas Lazarus, Abraham, dan Orang Kaya.
Bukan [i]Sola Scriptura]/i.
@debat sudah introspeksi?

Salam damai.

Makanya komentar anda jangan menyinggung atau mempersalahkan Sola Scriptura dong !

Bwahwahwahwahwa…Situ sehat?

Situ yang minta agar dikemukakan contoh ajaran sesat, bukan?
Nah, menurut pemahamanku, Sola Scriptura itu ajaran sesat, karena ketika Tuhan Yesus Kristus naik ke sorga, Dia tidak meninggalkan Scriptura sebagai bahan ajar para rasul.
Bagaimana pengikut Kristus ber-Sola Scriptura padahal Scriptura tidak ditinggalkan Yesus untuk para rssul?

Setelah itu kukemukakan, kenapa @debat mempersalahkan contoh ajaran sesat yang @debat inginkan?
Jika ada pemahamanmu yang relevan, kemukakan disertai bukti pendukung.

Sekali lagi, situ sehat? :smiley:

Salam damai.

darimana kok tau-tau bisa ambil kesimpulan ‘it’s possible’?
Seperti biasa, dari imanjinasi ngawur ala oda.

wah… ini…

kita harus belajar dari mas debat…
mas debat kayaknya paham bener ARTI SOLASCRIPTURA menurut Tuhan ya mas?

coba dong dijelasin di trhead solascriptura di sebelah…
agar kita semua jadi lebih paham jalan pikiran tuhan…

emangnya menurut aleph kesimpulannya pasti “it s IMPOSSIBLE”?
darimana kok tau-tau bisa ambil kesimpulan it s impossible?
karena engga ada tulisannya?

tapi kok enggak konsisten…hahaha…
banyak hal-hal lain yang juga engga ada tulisannya elo sambung-sambungin dan malah dengan kurangajarnya elo bilang “ini jalan pikiran tuhan”?

wkwkwk…
situ sehat?

Dari kalimat Abraham itu sendiri di ayat terkait.

Sekarang darimana kok tau-tau bisa ambil kesimpulan “it’s impossible seseorang dari antara orang mati datang kepada orang hidup” pada kalimat2 Abraham di ayat terkait ?

Abraham :
Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu

Abraham :
Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati

Dari kisah tsb, kalimat2 Abraham yang mana yang logika kesimpulannya nyampe ke ungu ?


Pada kalimat Abraham sebelumnya logis utk nyampe ke kesimpulan “it’s impossible” :
Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi

Kesimpulan :
it’s impossible bagi Lazarus utk pergi ke si orka,
it’s impossible pula bagi si orka utk pergi ke Lazarus.

Q :
Mengapa Abraham tidak mengabulkan permintaan si orka untuk mengirim Lazarus datang dari antara orang mati kepada sodara2 si orka yang masih idup agar bertobat ?

X. Karena it’s impossible Lazarus yang sudah mati datang kepada orang hidup
Y. Karena menurut Abraham itu percuma —> Mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati

Gak ada tercatat di alkitab roh orang mati mendatangi manusia yang masih hidup
Tuhan sendiri juga ngelarang
Di kasus Abraham dan orka ini juga Abraham tidak ‘mengijinkan’, meskipun alasannya adalah orang hidup tidak bakal diyakinkan.
Maka dari itu kesimpulan saya impossible.

Kalau kesimpulan ente darimana?
Kenapa ‘percuma’ lalu ente simpulin ‘possible’?
Lagipula Abraham ini berkata tentang percuma orang mati dibangkitkan lalu datang kepada orang yang hidup. Bukan orang masih mati berupa roh datang kepada orang hidup.

soal Q yang kamu ajukan sudah salah duluan…
Coz…Abraham bukanlah pihak yg berotoritas mengabulkan lho oda…

kemudian coba oda liat lagi nih jawaban Abraham…

Lukas 16:29 (TB)
Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu.

jawaban Abraham itu sudah paket komplete…

kesaksian Musa dan para nabi sudah cukup mengindikasi :

  • bagaimana cara agar orang masih dibumi tidak bernasib seperti orka.
  • orang yg sudah meninggal tidak diizinkan Allah untuk menemui lagi orang yang masih dibumi. (imamat 19:31,imamat 20:16,ulangan18:11 +++).

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Apa buktinya Sola Scriptura itu ajaran sesat ?
Kok bisanya berkaok kaok tanpa bukti ?
Bukankah ajaran Mariology anda itu yang menyesatkan karena tidak ada dukungan Biblenya ?
Apa ukuran anda suatau ajaran itu sesat ?
Saya ragu anda bisa menjawabnya secara nyambung.

karena jelas bahwa ajaran solascriptura-mu itu engga ada dasar scriptura-nya.

gitu masih kurang sesat apalagi?