Lebih akrab dengan yang beda agama

Saya ingin sharing dan minta pendapat anda. saya seorang karyawan di salah satu perusahaan swasta. di kantor bagian admin tempat saya bekerja ini semuanya cewek. dan kami ada 7 orang. 4 diantaranya agama kristen, termasuk saya.sedangkan 3 orang lain beragama islam.

tapi sejak saya bekerja di sini yaitu sekitar 4 tahun lalu, saya memang sudah lebih akrab dengan teman kerja saya yg beragama islam. karena bisa dibilang, kami selalu cocok dalam hal berbicara, berdiskusi dan mereka juga lebih nyambung dan pekerjaannya juga bagus, ulet, teliti, dan kami juga sering saling membantu satu sama lain. kami juga sering keluar makan sama-sama, berbelanja, curhat2an, pokoknya kami sudah sangat akrab dan seperti saudara.

tapi sementara, jika dgn rekan2 kerjaku yang beragama kristen, saya malah kurang cocok, karena mereka sangat menyebalkan pada saat bekerja, lamban, tidak kooperatif, cuma bisa cari muka ke bos, munafik, suka membanggakan dirinya sendiri, jadi saya sendiri malas bergaul dengan mereka. bahkan untuk menegur mereka saja saya malas. apalagi teman-temanku yang muslim ini juga tidak suka dengan gaya mereka, jadinya aku pun terikut teman2ku yang muslim untuk ngomongin mereka dibelakang, gosipin mereka, dan kalau ada salah satu temenku yang muslim diperlakukan tidak enak oleh mereka, temanku yang muslim ini akan ngadu padaku, dan aku pun jadinya membela temanku yang muslim ini karena aku pikir emang temanku yang muslim ini yang benar.

padahal saya pernah membaca ayat dalam Alkitab = Gal 6 : 10 =“Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.”

melalui ayat itu, saya terhenyak. dan saya merasa diri saya selama ini tidak baik dan berdosa. masa dengan orang lain yang beragama lain saja aq bisa akrab, tapi dengan yang satu iman malah bermusuhan dan tidak enakan di kantor…

sebenarnya aku tidak membenci mereka, tapi entah mengapa untuk menjadikan mereka teman yang cocok apalagi sahabatku, seperti teman2ku yang beragama muslim, rasanya sangat sulit, karena aku lihat tingkah laku mereka sehari2 dan pekerjaan mereka juga, padahal mereka orang kristen yang aktif digereja, tapi mengapa dalam pekerjaan, mereka kok jadi menyebalkan seperti itu?
satu lagi, tujuanku juga agar teman2ku yang muslim ini tidak mencap kalau semua orang kristen seperti mereka. aku juga mau memperlihatkan kalau orang kristen itu adalah pengikut kristus yang penuh kasih utk sesama manusia.tapi aku berpikir lagi, kok kayaknya aku malah jadi “bos” atau penggerak bagi teman2ku yang muslim untuk memerangi rekan2ku yang kristen.

jadi sekarang, aku bingung juga jadinya. apakah tindakan aku dan sikapku ini salah selama ini? mohon advisenya ya… thanks… GBU Abundantly :slight_smile:

sama… pengalamanku sama dengan anda… :slight_smile:

santtai aja siss… lakukanlah yang bisa sis lakukan… ingat jangan terlalu memaksakan… TUHAN berkenan… sebab TUHAN melihat manusia bukan agamanya… demikian juga kita…

setiap orang mempunyai kekurangan sendiri dan keterbatasan ,“tak kenal maka tak sayang” terkadang kita menganggap mengenal seseorang tanpa benar-benar mengenalnya ,setiap orang pasti pernah membuat kita sebal,kesal,dan marah, ketika seseorang tidak menyukai seseorang dan menjelek-jelekan seseorang ,ia akan melihat orang tersebut dengan penuh kebencian yang semakin lama semakin mengrogoti mata dan pikiran kita, ia tidak akan pernah bisa melihat kebaikan orang tsb tetapi selalu keburukan orang tsb. mungkin kekurangan mereka lamban, tidak kooperatif, cuma bisa cari muka ke bos, munafik, suka membanggakan dirinya sendiri, jika sis diposisikan menjadi mereka ,sis orang yang lamban,tidak kooperatif… bla bla bla… tanpa mengetahui diri sis sebenarnya ,bagaimana perasaan sis…“tiap orang memiliki pandangan sendiri dalam menilai seseorang sis dan semua yang kita lihat terkadang tidak seperti apa yang kita lihat…”
setiap orang memiliki sifat kejelekannya masing-masing ,bergaulah dengan semuanya karena setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda ,tinggal kita belajar menyesuaikannya agar kita tidak menilai seseorang hanya dalam segi negatifnya… :slight_smile:

Jika Sis tidak mau kawan-kawan yang Muslim mencap bahwa orang Kristen itu buruk, maka mulailah dari Sis sendiri. Jadilah terang dan garam di antara rekan-rekan. Misalnya selalu bersikap ramah, sabar, rajin bekerja, sopan, buang sampah tidak sembarangan, tidak menggosip, dan lain-lain. Jangan mau dijadikan pemimpin untuk memerangi rekan-rekan yang Kristen; sebaliknya, bersikaplah sebagai pendamai. Cara paling mudah adalah dengan tidak memanas-manasi situasi yang sudah menghangat. Susah? Minta pada Tuhan Yesus untuk diberi hikmat kebijaksanaan.

Mengenai kesulitan Sis untuk menjadikan rekan-rekan yang Kristen sebagai sahabat karena sifat mereka yang kurang cocok… ya biarkan saja. Menurut saya pribadi, kita bisa menemukan sahabat di mana saja dengan latar belakang apa saja. Sahabat memang membawa pengaruh dalam kehidupan kita, tapi kita punya saringan yang disebut “YESUS” sehingga kita bisa memilih pengaruh mana yang boleh kita ikuti dan mana yang tidak boleh kita ikuti. Ingatlah bahwa tanggung jawab utama Sis sebagai karyawan, yaitu menjadikan perusahaan maju dan menjadi berkat bagi sesama - bukan mencari sahabat.

Tuhan memberkati.