LEMSAKTI - LEMbaga Sumbangan Agama KrisTen Indonesia

berawal dari posting ini,

maka saya mencoba mencari2 situs LEMSAKTI
dan ketemu dengan situs berikut ini

disitus tersebut tertulis demikian

MANFAAT LEMSAKTI - LEMSAKTI: MANFAAT LEMSAKTI

•Menjembatani kekosongan hubungan ekonomi antara Gereja dengan Pemerintah

•Menjembatani kekosongan hubungan ekonomi antara Gereja dengan Masyarakat

•Memanfaatkan peluang pengelolaan dana sumbangan umat agama Kristen

•Memanfaatkan peluang pengelolaan dana alokasi pajak penghasilan dari negara
kepada lembaga keagamaan

•lebih transparan dan akuntable serta tepat sasaran untuk membantu program Pemerintah

•untuk meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan, kesehatan, dan perdamaian
dalam kalangan masyarakat Indonesia

selain itu di halaman depan juga tertulis sbb :
MANFAAT MENYUMBANG KE LEMSAKTI

MENGAPA WP(Wajib Pajak) MENYUMBANG KE LEMSAKTI?

1.KARENA MEREKA DIUNTUNGKANDENGAN PENGHEMATAN PAJAK.

2.PENGHEMATAN ANTARA 10% sd 60%dari JUMLAH SUMBANGAN.

3.KARENA MEREKA DAPAT MENGARAHKAN, MENGAWASI DAN MEMANTAU
PERKEMBANGAN PENGGUNAAN SUMBANGAN YANG MEREKA BERIKAN

beberapa program yg adalah sbb :

PIM - PROGRAM INDONESIA MENGASIHI
PIS - PROGRAM INDONESIA SEJAHTERA
PIC - PROGRAM INDONESIA CERDAS
PIP - PROGRAM INDONESIA PRIMA
PIR - PROGRAM INDONESIA ROHANI

tentang LEMSAKTI (LEMbaga Sumbangan Agama KrisTen Indonesia)
menurut teman-teman bagaimana ?

@ kayak ide Lembaga Amil (maaf kalo salah nulis) Zakat di tetangga sebelah

Zakat mengurangi pajak memang dalam pengisian PPH
Tujuannya jelas kesonoooo…

Kaya pasar aja pada rebutan ngelola dana ha ha ha

Misinya sama dengan saudara kita disini, “menghentikan aliran dana ke gereja”
Ini yang sedang digencarkan oleh Iblis hari-hari belakangan, semakin jelas maunya Iblis saat pemerintah US menghentikan aliran dananya ke gereja yang berjalan sejak ratusan tahun lalu. Suatu saat gereja benar-benar akan kekurangan dana dan aktivitas penginjilan, pengajaran dan pembinaan mulai berkurang dan saat itu seorang “pahlwan” akan muncul.

Setahu saya sebenarnya memang diilhami dari itu. Selama ini di islam, semua pegawai pemerintah dipotong gajinya 2,5% (meski terbuka juga untuk di luar pegawai pemerintah) untuk zakat dan disalurkan untuk masyarakat miskin (terlepas dari sampai atau tidaknya ;D ).

Dari situ ada pemikiran bahwa non muslim juga seharusnya turut terlibat dalam program2 pengentasan kemiskinan, jangan cuma menjadi tanggung jawab islam. Sebagai repon dari Kristen munculah lembaga tsb. Tetapi mungkin nanti akan ada problem karena berbenturan dengan perpuluhan di Gereja

problemnya mungkin hanya akan berbenturan dengan gereja tertentu

nanti akan coba saya survei ke gereja2 per10an,

pertanyaannya kira2 begini

apakah jemaat gereja anda yg setia memberi per10an
diperbolehkan mengalihkan per10an-nya ke LEMSAKTI ?

jawabannya hanya ada 2
(A) boleh, dalam memberi persembahan (entah 5%,10%,15%, nominal berapapun)
lakukanlah atas dorongan ROH KUDUS

(B) TIDAK BOLEH, PERRRRRR - 10 - ANNNNNN TETAP WAJIB DI SETOR
DI GEREJA SAYA GEREJA DIMANA DIA BERJEMAAT/BERTUMBUH
(yg mana biasanya akan ditambahi perumpamaan tentang tanaman dan pot)

coba saya survei dulu nanti ke beberapa gereja per10an di kota saya,

nanti hasilnya akan saya beberkan disini

Nah ini hal yang positif mas :afro:
Walau perlu diingat tidak ada satu lembaga yang kebal terhadap penyelewengan uang.

Kisruh keuangan bukan disebabkan perpuluhan (seperti trit mas yan glain), tapi pada cara pengelolaan. Buktinya HKBP pernah kisruh sampai berlarut-larut di pengadilan soal uang gereja, padahal kagak ada sistem perpuluhan tuh.

LEMSAKTI adalah lembaga yg mengatur agar persembahan dalam gereja mengurangi pengisian PPH

kaya gereja-gereja ********** yg banyak pecah gara2 rebutan per10an ?

Misinya sama dengan saudara kita disini, "menghentikan aliran dana ke gereja"

LEMSAKTI menghentikan dana ke gereja ? hahaha

tampak bahwa pemikiran orang ini masih DANGKAL sekali

Sudah 2000 tahun katolik baik2 saja,
sudah ratusan tahun Lutheran juga baik2 saja.

Lain lagi Kalau gerejanya adalah gereja papa-mama-anak-mantu
yg income utamanya adalah bisnis per10an,
apalagi kalo si papa-mama-anak-mantu ga punya pekerjaan (jobless)
mungkin bisa BANGKRUT

WOI KALIAN PARA STAF-STAF GEREJA !
Belajarlah andalkan Tuhan, jangan andalkan duit mengemis ke jemaat

ya saya sadar anda berkomentar begitu ,
mungkin di masa depan LEMSAKTI akan mengusik bisnis per10an anda

uang itu sensitif, harap dimaklumi

perpuluhan tidak ada dialkitab, ya ada adalah per10an

anda ga perlu ngeyel dan keras kepala.
Kisruh keuangan per10an disebabkan oleh doktrin per10an

salah satu hal positif LEMSAKTI adalah mengurangi PPH
jadi sebagai pengusaha tertentu yg masih terikat dibawah doktrin 10%

tidak perlu bayar dobel (bayar 10% ke gerejaper10an + bayar PPH ke kantor Pajak)
melainkan
cukup bayar sekali saja ke LEMSAKTI

tetapi perihal LEMSAKTI ini akan saya crosscheck dulu ke kantor pajak
apa benar memang bisa dikurangi demikian

sepertinya memang Benar bro, cuma ini wadah utk Kristen

hmmm…
mengingat Islam Lembaganya ada muncul beberapa (tidak hanya satu)

mungkinkah di waktu yang akan datang akan muncul
lembaga sejenis dengan LEMSAKTI ?

atau seterusnya hanya tetap LEMSAKTI saja ?

Mas yang ini hobi main kata-kata ya :smiley:

Kisruh keuangan di HKBP bukan disebabkan doktrin per10an tu mas .
Mas yang ini sudah parah

lagi lagi bahas perpuluhan

BOSAN AH BACANYA

tiap buka trit, selalu per puluhan

BOSAANNN BACANYAAA

kok saya melihatnya kurang efektif yah kalau diterapkan di NKRI, dengan mempertimbangkan kondisi birokrasi di Indonesia yang “ehm ehm”. Jika diterapkan sepertinya akan acak kadut.
Paling tidak, menurut saya belum siap untuk diterapkan.
cocoknya mungkin di negara-negara mayoritas kristen yang gereja dan negara “bersatu”

just put my 2 cents :smiley:

lho siapa yg mengkritisi HKBP
yg saya kritisi kisruh keuangan per10an

anda ga menyimak ya

per10an sendiri menurut salah seorang pendeta denomasi Karismatik (Pdt Erastus Sabdono)
sudah tidak relevan lagi utk diterapkan di PB

Pdt Erastus Sabdono (GBI Rehobot) - pengajaran tentang per10an

http://www.jesoes.com/index.php?hal=cari&kata=perpuluhan&cara=1&bagian=3&bahasa=1&submit=+CARI+
Hasil pencarian kata
perpuluhan dari Seluruh Alkitab dalam Terjemahan Baru menghasilkan 0 ayat.

http://www.jesoes.com/index.php?hal=cari&kata=persepuluhan&cara=1&bagian=3&bahasa=1&submit=+CARI+
Hasil pencarian kata
persepuluhan dari Seluruh Alkitab dalam Terjemahan Baru menghasilkan 30 ayat.

sudah pernah saya jelaskan ke Krispus di

Istilah yang benar adalah "persepuluhan", bukan "perpuluhan" (dari kata "puluh").
Bahasa Ibrani מעשר - "MA'ASER" atau "MA'ASAR".
Kata מעשר - "MA'ASER" berasal dari kata עשר - 'ASAR, "sepuluh".

Bahasa Yunani αποδεκατοω - 'APODEKATOÔ'
berasal dari preposisi απο - 'APO' ("dari") dan verba δεκατοω - 'DEKATOÔ'.
'DEKATOÔ' berasal dari adjektiva δεκατη - 'DEKATÊ',
berasal pula dari δεκατος - 'DEKATOS', "sepersepuluh"
yang aslinya adalah δεκα - 'DEKA', "sepuluh"

sumber : http://www.sarapanpagi.org/diskusi-persepuluhan-vt2792-20.html</blockquote>

sudah jelas sekarang ?

tidakkah anda bertanya mengapa perSEPULUHan(per10an) berubah menjadi perpuluhan ?

cara lama

inilah salah satu alasan mengapa para pendeta FPP (Front Pembela Per10an)

tetap saja menggunakan PER-PULUH-AN dibanding menggunakan kata yg benar per-SEPULUH-an

tujuannya jelas :
→ Supaya setidaknya/MINIMAL DAPAT 10%
→ Siapa tahu bisa dapat diatas 10% seperti 20%,30%,40%,50%,60%,70%,80%,90%

sekarang saya tanya, dan tolong jawab pertanyaanku.

siapa yg sebenarnya sedang bermain kata-kata ?

1 Tesalonika 5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik

ujilah segala sesuatu dengan alkitab, tidak terkecuali doktrin gereja anda

coba minggu depan saya akan ke kantor pajak di kota saya, utk menanyakan tentang LEMSAKTI

seberapa efisienkah LEMSAKTI ini

Thx bro :smiley:

Kalau mau main kata doang, yang benar adalah : sepersepuluhan, mas…
Sebab yang dimaksud adalah satu per sepuluh atau sepuluh persen.

Saya cuma kasih contoh bahwa kisruh keuangan bisa terjadi pada uang yang asalnya dari mana pun.
Sebaliknya : uang hasil judi pun, kalau dikelola dengan baik kagak hilang mas…

Makanya mas bisa bedakan antara ‘kasus uang hilang’ dengan : ‘sepersepuluhan masih relevan apa kagak’ ?
Loh katanya bekas lulusan sarjana teknik :smiley:

apa sebenernya yg mau dicari repento dengan selalu membuat trir tentang duit???
kan uda jelas siapapun yg membuat uang persembahan gereja untuk memuaskan diri sendiri adalah salah.
trit beginian kan uda terjawab dan moderator uda pernah memberi anda peringataan bahkan trit anda di lock kok masih bebal selalu membuat beginian.
apa kekeristenan yang anda tau cuma uang persembahan?
apa sebenernya yg telah anda berikan untuk gereja??

Biarkan ada terus trit semacam ini, jangan kita ambil satu-satunya eksistensi dan kebanggaan seseorang. Daripada kehilangan satu member FK hanya karena tritnya dilarang, saya lebih memilih membiarkan eksistensinya tetap ada walaupun dengan trit yang itu-itu saja.

No need to reply, karena saya nggak akan baca juga kok. bye.

bosan ?? ! ! !! :onion-head25:

jangan bosan berjuang di ladang Tuhan. . . . .

Ga ada SEPERSEPULUHAN

Hasil pencarian kata sepersepuluhan dari Seluruh Alkitab dalam Terjemahan Baru menghasilkan 0 ayat.
http://www.jesoes.com/index.php?hal=cari&kata=sepersepuluhan&cara=1&bagian=3&bahasa=1&submit=+CARI+

Yang ada itu PerSEPULUHan atau seperSEPULUH

kalau SEPERSEPULUHAN itu karangan anda

sepersepuluh:
Hasil pencarian kata sepersepuluh dari Seluruh Alkitab dalam Terjemahan Baru
menghasilkan 26 ayat.
http://www.jesoes.com/index.php?hal=cari&kata=sepersepuluh&cara=1&bagian=3&bahasa=1&submit=+CARI+

persepuluhan :
Hasil pencarian kata persepuluhan dari Seluruh Alkitab dalam Terjemahan Baru
menghasilkan 30 ayat.
http://www.jesoes.com/index.php?hal=cari&kata=persepuluhan&cara=1&bagian=3&bahasa=1&submit=+CARI+

contoh persepuluhan :

Imamat 27:31 Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari
persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima.

Bilangan 18:26 Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,

Ulangan 26:12 Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.

dst.

plz deh. jangan membuat diri anda tampak bodoh.

back to topic,
akhirnya anda sadar kan bahwa per-PULUH-an itu gak ada di Alkitab ?

(A) saya sadar,
bearti gereja saya salah karena menggunakan istilah perPULUHan yg ga ada di Alkitab

(B) saya ga mau menyadarinya karena saya bebal
dan saya harus menang dalam berdiskusi karena saya tidak mau salah dan keliatan begonya

mengerti kalimat ini tidak sih ?
kisruh keuangan per10an berasal dari adanya doktrin per10an

diatas itu adalah kaliamat sebab-akibat .
kalau tidak mengerti , ya sudah bearti anda lemot. percuma diteruskan

yg salah adalah doktrinnya

karena doktrin sesat maka menyebabkan penyelewengan dana

moderator melock apabila isinya ad hominem
lagian bukankah isi thread ini membahas sebuah LEMBAGA

atau anda ga menyimak ya ?

btw , banyak juga thread yg membahas tentang Paus,
namun kenapa juga tidak anda usulkan utk dihentikan ?

apa karena thread2 saya menelanjangi doktrin per10an gereja anda yg ga alkitabiah ?
sehingga anda merasa gerah ?

wah ada si GG Garbage-Garing ,
tentunya masih ingat dong dgn slogan The Title King of Garbage is not just for the show

ya tentu ingatlah, bukankah eksistensi anda sendiri di FK ini adalah sampah

ya sudah silahkan anda balik lagi ke tempat asal anda : TPA. monggo2, ati2 d jalan menuju TPA ya

mungkin si bejo-bejo ini bisa saja bosan di-karenakan

gerejanya si bejo-bejo menerapkan per10an secara ketat,

sementara di thread ini per10an yg sesat itu sedang ditelanjangi habis2an

sempat mengalami dilema memilih memihak mana
antara doktrin gereja atau kebenaran sejati

akhirnya memutuskan memihak doktrin gereja,
namun karena kebenaran sejati terus menerus diungkapkan

mungkin akhirnya lama2 bosan