Letak Gambar Iblis di Lukisan Dinding Gereja Basilica Assisi, Roma.

TRIBUNNEWS.COM - Ahli sejarah seni, Chiara Frugoni mengklaim telah menguak misteri di balik lukisan dinding karya Giotto, di langit-langit Gereja Basilica Assisi, Roma. Misteri tersebut berupa penampakan gambar iblis bertanduk tengah tersenyum yang selama berabad-abad baru diketahui sekarang.

Di mana letak persis gambar iblis tersebut? Anda sudah bisa mengetahui dari gambar lukisan yang ada? Bila belum, Chiara Frugoni menjelaskan, citra iblis ‘tersembunyi’ secara apik dalam awan berputar di dekat malaikat. Mengapa awan berputar di tempatkan di titik tersebut pada lukisan? Itu yang masih menjadi misteri.

Frugoni yang menghabiskan 30 tahun meneliti alur di lukisan yang ada di bagian atas Tonggak Gereja Umbrian tersebut juga memberi gambaran sebuah citra iblis itu sebenarnya adalah bentuk ruang kosong dalam gambar awan. Sebagai catatan, lukisan karya Giotto itu menggambarkan proses kematian Saint Fransiskus, seorang tokoh agama saat itu. Frugoni meyakini lukisan Giotto dibuat pada tahun 1289.

Pendeta Enzo Fortunato, tokoh gereja, mengatakan pada abad pertengahan ada kepercayaan saat kematian menjemput, hanya ada dua figur yang hadir bersama sang ajal, malaikat dan iblis. Malaikat datang untuk menemani seseorang bila masuk surga, atau iblis yang mengawal sesorang bila masuk neraka.

Terkuaknya misteri gambar lain di balik sebuah lukisan ini sejatinya bukan yang pertama. Fortunato menyebut, selama dua abad, fenomena adanya citra misteri di balik sebuah lukisan yang terkenal adalah munculnya sosok ksataria yang muncul dari awan karya Andrea Mantegna.


He he he he, menarik, walau saya kesulitan dan tidak menemukan gambar sosok iblis yang dimaksud di gambar itu. Tetapi rupanya semangat explorasi semu gaya Dan Brown sangat kuat membekas, sehingga berbagai ‘misteri’ seolah ingin ditemukan, he he he.

Saya sampai miring2kan kepala saya, layar LCD juga saya miring2kan kok tetap nggak keliatan sih tu Iblis? :tongue:

bentuk awan kepala iblis ada di depan perut malaikat berbaju putih.

@ Bruce jangan gitu ah… coba diperhatikan itukan pelukisnya si “Andrea” :char11: maka dia sisipin gambar Iblis wkwkwk… ;D
Be Positive aja Bro itukan lukisan St. Asisi ? kalau itu lukisan St. Asisi maka saya sebagai St. Susanto ( sesama St beda meaning hehehe ) jadi teringat kan beliau mengalami Stigmata ?! ini bukan main2 loh dan Iblis pasti berusaha menggoncangkan iman St.Asisi ketika dia mengalami Stigmata ! ( kalau St.Asisi yang dilukisan = apa yang saya maksud ! ) jadi nggak heran lah kalau dilukiskan ada Malaikat yang sedang menguatkan St.Asisi dalam penderitaannya dan ada Iblis yang sedang berusaha menghancurkan . Dan ini menunjukkan Pelayanan Malaikat masih tetap berlangsung ! ( malaikat kan pelayan TUHAN juga jadib ketika kita minta tolong TUHAN kirimkan MalaikatMU untuk membantu aku maka ya dikirimin Malaikat ! :afro: )
Jadi ambil positive nya dong Bro , jangan ikutan lari ke Dan Brown yang sebenarnya Atheis !
Ayo ada yang mau buat Post Patung Iblis di Gereja nggak ? silahkan buat Thread " Ada PATUNG IBLIS di Gereja Katolik NOTRE DAME Paris Perancis " ntar aku buat Thread ah judulnya " IBLIS dalam GEREJA " kaya judul bukunya Ellis Skofield hahaha :char11:
GBU.

@santo

Kalau gambarnya harus diinterprestasikan dulu, bisa jadi aneh aneh bro, seperti juga kita ‘melihat’ tulisan Allah di awan, gambar setan di awan, gambar cewe bugil di awan, dan sebagainya, itu sih waktu anak anak dulu bisa dan biasa begitu.

Kalau di Notredame yang anda maksudkan apakah gargoyle :

http://external.ak.fbcdn.net/safe_image.php?d=AQD_R1ZN48H017Zr&url=http%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F_DZwOmtWaXyY%2FSi1ycersR9I%2FAAAAAAAAErU%2FYOmx2bSOV54%2Fs400%2Fgargoyle.jpg

Yang sebenarnya gargoyle itu adalah talang air. Ada filosofinya mengapa talang air diberi bentuk seperti setan, saya carikan artinya jika diperlukan.

Syalom

Kebetulan aja kali itu awannya berbentuk kaya gitu…
Dari coretan yang tidak disengaja pun sering koq terbentuk sosok2 aneh2. pengalaman saya saat di SMA, saat bosan dengerin guru nerangin pelajaran, saya alihkan perhatian ke tembok di bawah papan tulis yang penuh bekas sepatu…Di situ banyak terlihat wajah2 mirip setanlah, apalah, macamlah. Di asbes sekolah juga kalo di perhatikan banyak banget…Jadi biasa lah ituuuuuu

Jika anda tiggal di Jakarta, pasti anda pernah mendengar kabar menggemparkan yang muncul sekitar 6-8 tahun lalu. Ketika ada issue muncul berbagai ‘gambar’ hasil rembesan air di tembok tembok rumah warga di daerah Salemba (cmiiw). Ketika itu konon muncul gambar Jesus, The Last supper, Salib, Maria, dll. Yang konon kabarnya ada warga yang penjahat jadi bertobat, ada yang muslim jadi murtadin, dsb.

Saya malas melihat ke sana, karena ramai sekali, sehingga sulit parkir. Tetapi bagaimana koq bisa berakhir sendiri, saya ngga ngikuti lagi.

:happy0062:

@Bruce ,
seluruh lukisan di gereja ada artinya ( ada interpretasi nya) demikian juga lukisan di sisi dalam Kubah Vatican atau lukisan diatas kubah Haga Sophia semua ada artinya bro… makanya be positive dalam mengartikan… bila yang melihat lukisan St.Asisi tidak tau historynya maka yang muncul negative nya nah tugas kau dan rekan 2 seharusnya berpandangan seperti saya bahwa itu adalah St. Asisi dikuatkan/ dihibur oleh para malaikat ketika iblis berusaha menggoncang imannya… gitu dong , lah wong Paulus aja masi di beri Utusan Iblis dalam dirinya ( bro tahu nggak yang dimaksud ama paulus ini ? sorry oot soalnya aku nggak tahu duri dalam daging Paulus ujudnya apa ? )
Bro mengenai gargoyle di Gereja Pastur buntung I just Kidding to other Fker dari pada ngurusin lukisan iblis sekalian aja pada PATUNG Iblis kan pada demen tuch wkwkwkwk…Nah ketika muncul Thread Patung Iblis , Hunchback & Pastor buntung nah giliran Bruce Ceritakan gimana seorang Pastor di pancung di suatu bukit berjarak … km , karena kasih TUHAN maka dapat berjalan kembali ke Notredame dalam kondisi Headless ( this is MIRACLE ) and soon kan malah membagikan bagi yang tadinya nggak ngerti jadi ngerti :afro:
Ayo terus bangun Positive thinking bro, ok …
GBU.

Jujur ngga tahu apa yang anda bicarakan di atas bro.
Ngga ngerti blass

Kalo dari Gargoyles yang saya berhasil temukan adalah ini :

At first gargoyles were used as drain pipes because they did not want to building to suffer water damage. In the sixteenth century the lead drainpipe was invented and now the gargoyles are only used for decorative purposes.
HOWEVER, superstition says that gargoyles are meant to ward off evil spirits. but that’s just a legend.

Wah Bruce nggak ngerti blas masalah St . Asisi yang meninggalkan seluruh hartanya dan ikut TUHAN hingga beliau mengalami Stigmata ? atau mengenai seorang Biarawan dari gereja Notredame yang dipenggal kepalanya pada masa revolusi Prancis dan dapat berjalan kembali ke gereja ?
Thanks deh Bro

Asisi saya tahu, tapi kalau ‘dongeng’ Notredame saya belum pernah dengar.

:smiley:

Yang ndongengin aku adalah Romo ( ordo Fransiskan kalau nggak salah ) waktu aku tanya , kok di samping pintu gerbang ada patung biarawan tanpa kepala ? nah diceritakanlah’dongeng’ apa itu mujizat yang terjadi waktu dahulu bla2x Rose icon didalam gerejanya yang menceritakan Injil bagus loh :afro:
Kalau yang dongeng adalah didepan gereja ada 1 point dimana siapa yang menginjakkan kaki ke situ maka akan balik lagi ke Prancis , tapi udah 10 tahun aku nggak balik2 kesana :char11: hehehe…atau yang Three coints in the Fountain di Roma juga dongeng tuch… :char11:
GBU

He he he, namanya dongeng dan mithos, ya harus kita perlakukan seperti layaknya dongeng bro. Seperti juga Da Vinci Code, Celestine Prophecy, dsb. Kalau kita campur dengan iman, urusannya jadi kacau seperti agama tetangga.

He he he

kyknya gak keliatan gambar iblisnya bahkan sptnya nda ada tuh…
gw mesti lihat langsung tuh lukisan…ada yg mau bayarin gw ke sana??haha…

yang mana ya ? hehehe

Ooo kepala kepala diatas awan putih itu ya?
Full image baru kelihatan.
Lukisan itu intepretatif dan sangat dipengaruhi oleh pelukisnya. Ya pelukisnya yang tahu. Yang penting gak mengimani yang digambar itu, saya kira itu jauh lebih penting. Kalau menganggap gambar itu sebagai kebenaran nah itu yang repot urusannya. Kan gt doang…