London di penuhi Atheis

Berita dari Detik.com , detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional

[b]Slogan Atheis Mejeng di 800 Bus di London[/b]

London - ‘Mungkin tidak ada Tuhan. Berhentilah cemas dan nikmati hidupmu’. Slogan bernada atheis tersebut terpampang pada sekitar 800 bus di jalanan di London, Inggris. Slogan-slogan ini dipasang oleh Asosiasi Kemanusiaan Inggris.

Seprti dikutip AFP, Rabu (7/1/2009) slogan tersebut merupakan kampanye dari massa yang beraliran atheis. Kampanye ini dimaksudkan untuk menjawab iklan-iklan bernada keagamaan di Inggris.

Selebaran penyebaran atheis tersebut juga memenuhi sepanjang subway di London. “Biaya yang dikeluarkan untuk memasang iklan tersebut juga cukup tinggi, yakni sebesar 140 ribu poundsterling (Rp 1,3 miliar) yang terkumpul dari hasil sumbangan masyarakat setempat,” ujar seorang anggota Asosiasi Kemanusiaan Inggris.

Slogan tersebut merupakan sebuah gagasan dari seorang penulis komedi, Ariane Sherine, yang ditujukan pada iklan yang objek sebagai iklan singkat umat Kristen. Dalam iklan singkat tersebut, tertulis bahwa orang yang menolak Tuhan akan hidup kekal dalam siksaan di neraka.

Sherine kemudian mencari sumbangan sebesar 5 poundsterling menuju ‘ketentraman lagi’ membalas iklan dan memenangkan dukungan dari Asosiasi dan orang yang mengadakan kempanye atheis, Profesor Richard Dawkins.

“Tunggu akan bus atheis, kemudian 800 bus berdatangan pada saat itu juga. Saya harap mereka bisa memberi pencerahan terhadap hari-hari mereka dan membuat mereka tersenyum saat menuju kerja,” ujar Sherine.