Lupus

Setau kalian, penyakit lupus itu gimana sih?
Ciri-cirinya gimana?
Menular apa ga?
Bisa diobati ato sampe sekarang belum ditemukan obatnya?

Yuuk marii berbagi info…

ooh…lupus penyakit ya :smiley:

mungkin link ini bisa membantu:
http://panduankesehatan.blogspot.com/2008/09/mengenal-penyakit-lupus.html
http://doktersehat.com/2007/09/24/lupus-apa-itu-penyakit-lupus/

Lupus itu penyakit kelainan yang ada di darah…
salah satu ciri yg paling sering dilihat adalah butterfly rush atau kupu-kupu yang ada di pipi si penderita

dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat. Penyakit Lupus diduga berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih. Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang sumber penyakit yang akan masuk dalam tubuh. Uniknya, penyakit Lupus ini antibodi yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kelainan ini disebut autoimunitas .

Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu :

Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun.Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit) Tetapi, dalam keadaan abnormal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya. Selanjutnya, hal ini akan terlihat sebagai gejala penyakit. Kalau hal ini terjadi, maka dalam jangka panjang fungsi organ tubuh akan terganggu.

ada yang bilang lupus itu gak bisa sembuh, tapi menurutku gak ada yang mustahil di dunia ini…
Semua penyakit bisa disembuhin sama Tuhan :slight_smile:

setau 9w penyakit lupus itu gak menular, coz penyakit itu tergolong penyakit dalam & penyebab pastinya antara lain kelebihan imun di dalam tubuh
sampe sekarang beLoM AdA obatnya, tapi 9w percaya obat yg paling ampuh itu doa orang percaya

penderita lupus biasanya ada butterfly rush di kedua pipinya

Lupus, Misteri Penyakit Seribu Wajah

@chrisma: Iya, lupus penyakit, bukan Lupus temennya Boim n Gusur… :smiley: Trims buat linknya…
@g4hoel: yups, lupus itu gak menular… Tapi bisa menurun… :rolleye0014:
@SOL: ya, bagi Tuhan tak ada yang mustahil… :afro:

ciri lupus:
sering lelah
demam ringan
nyeri sendi
bibir pecah2
butterfly rash
kebotakan
hipersensitif terhadap cahaya
dll

sumber: http://www.medicinenet.com/systemic_lupus/article.htm

untuk penyembuhan belom bisa tapi pengobatan yang dilakukan saat ini lebih kepada obat penurun sistem imun, ini dikarenakan lupus ini adalah penyakit autoimun.

Autoimun maksudnya tubuh menanggap dirinya adalah benda asing (antigen) sehingga tubuh mengeluarkan antibodi sebagai respon IMUN terhadap benda asing tersebut.

iiiiiiiiiiiiiiihhhhh…serem amat.

jadi sampe sekarang belom ada obatnya secara medis ya :huh:

mau tanya neh kpd yang paham

apa lupus hanya kena sama wanita ya, dan wanita yang masih umur produktif

kalo YA, kenapa ya :coolsmiley:

autoimmune tau…
dulu di fonis dokter autoimmune, tapi ga merah2 gitu kok…

@murmur

bukan cuma wanita koq…
Tapi memang wanita dewasa 8 x lebih sering dari pria dewasa (20-40 tahun)

lebih sering pada wanita karena adanya pengaruh hormon estrogen pada wanita, sementara hormon androgen pada pria justru mengurangi risiko penyakit ini.

owh…
aku jadi ingat obatnya klo gak salah Imuran
apa jenis pengobatannya masih sejenis itu ya
apa tidak ada spt therapy atau apalah

dan pertanyaan satu lagi : klo sudah kena penyakit ini, kira2 sampai berapa lama bisa bertahan hidup

Oo…
Itu obat imunosupresan…
Jadi akan menurunkan sistem kekebalan tubuh…
Sejauh ini setahu saya masih begitu…
Karena ini penyakit autoimun jadi agak sulit, bahkan mungkin tidak dapat sembuh.

Kalau diagnosisnya cepat + tatalaksana memadai harapan hidup bisa sampe 10 tahun koq…

Mirip HIV dong?

kaenya bukan mirip tapi bertentangan

gimana kira2 klo yang lupus dikasih virus HIV hehehehe
kan jadi netral ya…mungkin ini ilmu lapo tuak kali ya :slight_smile:

bisa 10 tahun ya
hmmm…apakah selama 10 tahun itu bisa melahirkan kira2 ladesh

sorry banyak tanya neh… :slight_smile:

@erdeka
kebalikan lebih tepatnya…
Kalau lupus, tubuh jadi lebih sensitif, jadi perlu imunosupresan

kalau HIV/AIDS, malah sistem imun yang diserang, jadi perlu peningkatan sistem imun.

@murmur
boljug itu sarannya…
Entar teliti dah…

Kalau masalah ibu hamil saya kurang paham…
Belum masuk situ belajarnya…
:o

ya namanya juga ilmu kutak katik gathuk :smiley:

ok deh
thx buat penjelasannya :afro:

peace… :slight_smile:

[quote author=murukh murhing link=topic=24669.msg284829#msg284829 date=1284657558]

kaenya bukan mirip tapi bertentangan

gimana kira2 klo yang lupus dikasih virus HIV hehehehe
kan jadi netral ya…mungkin ini ilmu lapo tuak kali ya :slight_smile:

[quote author=ladesman link=topic=24669.msg284824#msg284824 date=1284657137]
haum teganya… hehe…
apa c sebenarnya yg menyebabkan fenomena antibody n imun ni?

@k cicil
ngetes nih?
:o

Penyebab langsung lupus: Tidak diketahui (namanya juga alergi)
tapi kebanyakan dari genetik…