MA : Rumah Ibadah GKI Taman Yasmin Harus Dibuka

Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia akhirnya mengeluarkan surat jawaban. Dalam surat MA tertanggal 1 Juni 2011 tersebut, salah satu poinnya menegaskan bahwa Putusan Nomor 127/PK/TUN/2009 tanggal 9 Desember 2010 berkekuatan hukum tetap dan wajib dilaksanakan. Dengan keluarnya surat tersebut, ini berarti bukti MA sudah memberikan perhatian belum ada pelaksanaan dari putusan yang sudah dikeluarkan tersebut.

Tim Advokasi GKI Taman Yasmin, Thomas Wadudara menjelaskan bahwa sudah tidak ada alasan lain bagi Walikota Bogor, Diani Budiarto untuk tidak melaksanakan putusan MA. Sejak putusan dikeluarkan, jelas ada upaya penyesatan logika hukum yang dihembuskan walikota yang mencoba membuat tindakan hukum dan opini, bahwa seolah-olah telah melaksanakan dengan menerbitkan SK Walikota No.502 45-135 Tahun 2011 yang mencabut IMB gereja tersebut.

“Surat jawaban fatwa MA yang dikirimkan cukup memuaskan bagi kami. Saat ini tidak ada kata lain bagi walikota untuk segera mencabut SK penutupan rumah ibadah yang kami dirikan,” tegas Thomas, Selasa (14/6). Menurutnya, ada lima poin utama dari surat jawaban MA tersebut. Poin lainnya, pihak GKI Yasmin sebagai pihak yang dirugikan bisa melakukan tuntutan dengan menempuh jalur hukum perdata. Namun sejauh ini, pihak gereja masih akan mempertimbangkan poin tersebut.

Yang mereka inginkan adalah agar Pemda mencabut pembekuan IMB gereja karena setiap jemaat dari pemeluk agama manapun memiliki hak sama untuk beribadah. Tim Advokasi GKI Taman Yasmin juga tengah menunggu surat rekomendasi yang sama oleh Ombudsman. Berbagai dukungan mengalir buat gereja ini, juga datang dari Glenn Fredley. Bahkan dukungan petugas kepolisian sudah mulai tampak dan berharap dapat menjadi penghantar pembukaan kunci gereja.

Tuhan buka jalan saat tiada jalan, saat kita merasa tidak ada yang dapat kita lakukan untuk memecahkan suatu masalah. Tuhan melihat dan mendengar kita. Dan Dia akan melakukan segala hukum-Nya dengan adil, meski manusia menghendaki lain, tapi Dia akan jadikan semuanya seperti kehendak-Nya yang indah.

Source : suarapembaharuan/lh3