makan makanan berkolesterol tinggi adalah dosa?

Makanan berkolesterol tinggi juga tidak baik bagi kesehatan. Kenapa tidak dikatakan makan makanan berkolesterol tinggi adalah dosa?

oooo…itu jelas dosa…
dosa banget kalau tahu itu enak dan engga bagi-bagi…

ehehe…

Alkitab bukan ensiklopedi bahan-bahan beracun. Orang dapat membunuh diri dengan makanan berkolesterol tinggi atau dengan tembakau. Setidaknya makan makanan berkolesterol tinggi tidak merusakkan tubuh orang lain seperti uap tembakau…

Bukan makanannya yang dosa, bukan rokoknya yang dosa, bukan alkoholnya yang dosa. Allah melihat hati manusia bukan melihat barang-barang duniawi.

Ide gereja menyebutkan rokok adalah salah satu bentuk membinasakan diri sendiri, karena pengetahuan tentang manfaat rokok dan kandungannya. Berbeda dengan kolestrol, tubuh membutuhkan kolestrol dalam jumlah tertentu dan selebihnya ditimbun menjadi beban bagi metabolisme tubuh dan itu beresiko penyakit sampai kematian. Manusia tidak butuh rokok seperti butuh kolestrol.

Makan-makanan berlebihan itu adalah sikap yang serakah, mengumbar hawa nafsunya dan itu sikap yang tidak dusukai oleh Allah. Jangankan makanan berkolestrol tinggi, olahraga atau diet yang terlalu sampai kecanduan juga merupakan bentuk lain dari hawa nafsu daging yang membuat kita jauh dari Allah. Itu juga tidak diperbolehkan jika anda hendak membuat peraturan manusia didalam ibadah anda.

Jika anda mengemudi ugal-ugalan di jalan raya, mengebut dan jalan zig-zag, itu juga sama seperti orang merokok, meresikokan tubuhnya kepada maut. Allah memandang anda sebagai sikap yang hendak membinaskaan bait ROH KUDUS, yaitu tubuh anda.

Berita bagusnya, jika tubuh anda bukan bait ROH KUDUS dan Roh Allah tidak ada didalam diri anda, maka silahkan anda merokok dan kebut-kebutan, makan makanan yang berbahaya, anda tidak sedang membinasakan apa-apa selain seonggak daging.

Topik ini dibuat dari postingan yang sebelumnya dalam topik “Apakah orang Kristen boleh merokok ?”

Postingan itu dihapus dari topik asal waktu saya sedang membalas, dan sekarang muncul di sini sebagai topik yang baru…

Aneh, semakin banyak topik baru yang dibuat dari kutipan dari postingan di topik lain. Mungkin mau menghindari masalah OT… ?

Jadi mulai berkembang juga topik-topik baru jenis "Menurut user XXX… kutipan YYY… ".

Sesuatu yang harus diperhatikan oleh moderator…

Topik tentang rokok memang cenderung membuat beberapa orang tidak fokus dalam diskusi. Ada yang mengalihkan isu ke kendaraan bermotor, makanan yang mengandung kolesterol, narkoba, dll. Daripada mengganggu diskusi di topik rokok, postingan tersebut saya pisah dan saya buat topik baru.

Salam

Sudah tahu makan makanan berkolesterol tinggi secara berlebihan bisa menyebabkan sakit, tapi masih makan makanan berkolesterol tinggi secara berlebihan juga…Ini dosa.

Sudah tahu merokok tembakau dapat menyebabkan kecanduan (karena mengandung zat adiktif) dan kecanduan/keranjingan rokok tembakau itu dosa (merusak kesehatan baik jasmani atau rohani), masih mau coba-coba merokok?

Dalam hal makanan berkolesterol tinggi hemat saya tidak dapat dibandingkan merokok tembakau secara langsung kerena beda prinsip. Contoh perbedaan prinsip merokok tembakau dengan makan makanan berkolesterol tinggi (taruh kata…Babi panggang misalnya) dalam praktek keseharian …Untuk konsumsi babi panggang berlaku hukum Gossen 1 (Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu jenis barang dilakukan secara terus-menerus, maka rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi, namun semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh). Coba saya dikasih makan babi panggang paling enak sekalipun tiga kali sehari selama 3 bulan penuh, hari ke satu ya nikmat sekali, hari ke dua nikmat, gimana pada bulan ke 1 ? Mungkin udah jenuh banget…Lantas gimana pada akhir bulan ke 3?..

Bandingkan dengan merokok tembakau…Karena rokok mengandung zat adiktif dengan perlakuan yang sama terhadap babi panggang hasilnya akan sangat berbeda, barangkali hari-hari pertamanya karna belum biasa merasa tak nyaman, tapi kalau sudah mulai enak malah nambah dari misal 3 batang sehari jadi 4 batang, semakin hari semakin enak dari 4 jadi 10…Akhir bulan ke 3 udah sebungkus sehari dan pada akhirnya jatuh pada kecanduan, jangankan sehari… satu jam tampa rokok sudah resah dan gelisah.

Jadi jangan rakus dan nikmatilah babi panggang dengan ukuran dan takaran yang pas. Kalau untuk rokok, sebaiknya yang belum pernah coba jangan coba-coba dan bagi yang sudah terlanjur kecanduan dihimbaulah supaya berhenti total, kalau belum bisa dikurangilah secara drastis.

Salam

Sebenarnya bukan niat saya ingin membuat trit baru dengan topik ini. Saya hendak membandingkan kebiasaan merokok dengan makan makanan berkolesterol tinggi (secara berlebihan). Yang pertama hampir selalu dikecam sebagai dosa oleh beberapa golongan Kristen tertentu, tetapi yang kedua jarang disebut sebagai dosa.

Bagi mereka yang pernah mengalami tahun 1970-1980 an, mungkin pernah dengar istilah 3R yang harus dihindari orang Kristen, yakni Rock n Roll, Rokok, dan Rok Mini. Seseorang yang mengaku Kristen tapi masih suka mendengar musik rock, atau suka merokok, atau (kalau perempuan) suka pakai rok mini dianggap belum “lahir baru” atau masih “duniawi”. Sebenarnya bukan 3R itu saja, menonton film di bioskop pun dianggap berdosa, sekalipun film yang ditonton “The Ten Commandments”. Akan tetapi jarang sekali ada yang mengecam orang Kristen yang suka makan-makan berlebihan sebagai orang Kristen yang belum “lahir baru”. Malah tidak jarang ada pengkhotbah atau aktivis pelayanan yang tidak merokok, tidak mendengar musik duniawi, tidak menonton di bioskop, dan berpakaian sopan, tetapi suka makan berlebihan. Inilah yang saya lihat sebagai inkonsistensi.

Maaf, saya yang memindahkannya ke sini. Ini bukan salah Anda. Sejauh yang saya tahu, pembahasan tentang rokok memang cenderung seperti itu. Saya harap tindakan saya memindahkan postingan tsb tidak menimbulkan rasa kurang nyaman.

Salam

Setuju. Makan berlebihan, kalaupun makanan yang sehat, itu juga dosa.

“Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” (Galatia 5:19-21)

“Mereka inilah noda dalam perjamuan kasihmu, di mana mereka tidak malu-malu melahap dan hanya mementingkan dirinya sendiri; mereka bagaikan awan yang tak berair, yang berlalu ditiup angin; mereka bagaikan pohon-pohon yang dalam musim gugur tidak menghasilkan buah, pohon-pohon yang terbantun dengan akar-akarnya dan yang mati sama sekali.” (Yudas 1:12)

itu ada dlm daftar makanan yg tdk bersih dlm PL

setuju, :afro: :afro: :afro: :afro:

1.Makanan ber Cholesterol Tinggi artinya banyak mengandung Asam Lemak dengan banyak ikatan C=C yg banyak maka dikatakan sebagai Asam Lemak Jenuh. Istilah Populernya sekarang disebut sebagai Lemak Jahat alias LDL (Low Density Lipid). Lawannya adalah HDL (High Density Lipid) atau Lemak baik yg banyak terdapat dalam Ikan bukan daging berlemak Hewan didarat.
LDL yg terlalu tinggi menyebabkan Darah menjadi KENTAL dimana LED (Laju Endap Darah)nya tinggi diatas Normal (seperti SAE Oli Mobil,makin tinggi angkanya makin KENTAL). Bahayanya adalah Darah menjadi mudah MENGGUMPAL lalu menyumbat saluran pembuluh2 darah kecil di Jantung yg disebut Penyakit Jantung Koroner , bila dibiarkan akan berimbas menjadi Penyakit Myo Card Infark = MCI dimana mulai ada Kerusakan Otot Jantung sebagai cikal bakal Serangan Jantung Mendadak = Heart Attack lalu DEAD !
Kalau Penyumbatannya pada Pembuluh Darah Kecil diotak akan berakibat Stroke! Jadilah orang tsb kek Tumbuh2an ,HIDUP tetapi Lumpuh Total (Tidak bisa bergerak) diranjang !
Perhatikan apa Perintah Tuhan dalam Kejadian 1 :
29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruhbumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. -----> Jadi Herbivora atau VEGETARIAN !
Lemak pada Binatang harus digunakan sebagai Korban Bakaran yg harum baunya kalau dibakar , bukan untuk dimakan manusia !

  1. DOSA ? Apa definisi Dosa ? Apakah makan makanan ber Cholesterol tinggi suatu Dosa ?
    Karena Cholesterol juga dibutuhkan sebagai Dasar Pembentukan Hormon … Hormon Laki2 TESTOSTERON mengandung banyak STEROL ! :coolsmiley: :happy0062:
    Makan Cholesterol diperbolehkan asal secukupnya bukan sepuasnya! :coolsmiley: :mad0261:

olahraga berlebihan juga dosa bro, ;D

Ehhm, kalau baca Alkitab berlebihan dosa atau bagus?

:smiley:

:smiley: :smiley:

Aku nanya cuma diberi tertawa, lae? Macam mana pula itu

:mad0261:

kalau itu aku angkat tangan,
gak tau jawabnya bro, :smiley:

tapi mungkin, persamaanny adalah tubuh kita mirip dengan roh kita…
kalau makan tanpa gerak badan nanti jadi obesitas,

ya begitu juga, kalau belajar firman tanpa praktek, jadi obesitas rohani juga bro, alias bibelon…
;D ;D

salam

Bisa diterima dan cukup masuk akal.
Jadi, selain membaca Alkitab, harus diterapkan juga.
Apa bentuk praktek yang anda maksudkan di atas.

:happy0062:

banyak contoynya bro,
salah satunya ini,
1 Petrus 1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,
1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.
1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.