makan perjamuan kudus itu dengan iman atau tanpa iman?

menarik sekali, jadi sis jannet dalam perjamuan kudus melakukannya dengan iman ato tanpa iman?

pada saat kamu menerima itu roti atau tubuh Kristus ?

ketika di suruh makan inilah TUBUH YANG DIBAGI BAGIKAN UNTUK KAMU, maka bila kamu makan dengan iman bukan lagi roti tetapi ADALAH TUBUH KRISTUS.

untuk diketahui saja, tidak semua yang mengikuti perjamuan kudus bisa “menikmanti” bahwa itu adalah “TUBUH KRISTUS” dan “DARAH KRISTUS” sebab mereka masih menyimpan “dosa” dan belum membereskannya.

Perjamuan suci bukan hanya berkat, tetapi Perjamuan suci juga mendatangkan hukuman. Banyak orang tidak tahu, bahwa perjamuan suci itu berkat atau hukuman.
1 Kor. 11 : 27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.
1 Kor. 11 : 30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.

PERJAMUAN SUCI DARI 3 SEGI

1. Paskah

Paskah ini juga menceritrakan tentang kematian Yesus di kayu salib dan oleh darahnya, anak sulung israel ditebus.
Yoh. 1 : 29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia

2. Meja roti pertunjukan (dalam ruang suci tabernakel musa)
Ini menceritrakan mengenai Tuhan Yesus sebagai roti hidup yang turun dari surga, yaitu sebagai Firman dan Perjamuan suci.
Yoh. 6 : 35 Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.
Yoh. 6 : 56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia

3. Perjamuan Suci
1 KOR 10 : 16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus.
1 Kor 11 : 26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang

Syarat menerima Perjamuan suci.
[b]

  1. Berlayak.[/b]
    Ada orang mengira bahwa kalau menerima perjamuan suci, bahwa mereka makan tubuh dan minum darah Yesus dalam perjamuan suci, dosa mereka diampuni

Ini salah dan tidak benar.
Jangan beribadat dan berdasarkan dikira kira sendiri, berbahaya. Ibadat kita harus berdasarkan kebenaran FT yang tertulis dalam alkitab. Jangan membuat peraturan sendiri, siapapun tidak berhak.
Wahyu 22 : 18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.

Akibatnya kecewa, kosong dan berbahaya.
1 Kor. 11 : 27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan
11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu…

Sama sekali tidak benar, bahwa perjamuan suci menyucikan dosa kita. Justru untuk makan perjamuan suci, kita harus dalam keadaan suci, atau bila ada dosa, maka sebelumnya kita harus disucikan terlebih dahulu agar kita berlayak.

ALLAH MENUNTUT TERUTAMA : BEBAS DOSA, BUKAN SIKAP KHIDMAT.

ALLAH menuntut suatu hati dan hidup layak dihadapan Allah untuk makan perjamuan suci. Kalau ada dosa harus dibereskan dahulu.

Makan minum perjamuan suci adalah persekutuan dengan Tubuh Kristus, ia tidak bileh makan dsri meja setan lagi. Tuhan tidak suka bila kita sudah bersekutu dengan Nya dan juga dengan setan. Orang semacam ini membangkitkan cemburu / murka Tuhan
1 Kor. 10 : 21 Kamu tidak dapat minum dari cawan Tuhan dan juga dari cawan roh-roh jahat. Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga dalam perjamuan roh-roh jahat.
10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia

Kita harus dapat membedakan tubuh KRISTUS yang suci dan tubuh binatang (wahyu 13)
Orang yang makan hidangan Tuhan, membuat kita bersekutu dengan Tubuh Kristus didalam kasih dan kesucianNya
Orang yang makan dari hidangan setan dan bersekutu dengan binatang, itulah tabiat dosa, menurut hawa nafsunya tanpa batas, tanpa malu, yaitu tabiat binatang yang keji.

FAEDAH PERJAMUAN SUCI

Orang yang mengambil bagian dalam Perjamuan Suci dengan betul , ia harus tetap disalibkan dan sungguh sungguh sudah lepas dari segala kenajisan dunia, hidup sebagai imam imam dihadapan Allah, tidak lagi makan minum dari hidanghan setan dan cawan sundal babel.

1. Imannya hidup dan bertumbuh…
Yoh 6 : 6:53 Maka kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.
6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.
6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.
6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.
6:57 Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.
6:58 Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.” dengan jelas Tuhan berkata bahwa kita akan hidup (iman, roh kita) karena makan tubuh Tuhan dan minum darahNya.

2. Persekutuan dalam Tubuh Kristus.

• Dengan Tuhan
1 Kor 10 : 16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?

• Dengan anggota angota tubuh Kristus

orang yang punya kebencian, dendam, iri, benci fitnah, dosa terhadap sesamanya tidak boleh makan perjamuan Suci. Mereka harus membereskan dahulu. Diperdamaikan dengan sungguh saungguh, baru boleh makan perjamuan suci.

1 Kor 10 : 17 Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.

  1. Setiap saat, berjaga jaga tidak tidur.sesudah kita disucikan dan dilepaskan dari dosa, kalau kita tidak berjaga jaga, maka masih mungkin dapat jatuh kembali dalam dosa. Lebih lebih kalau dosa itu dibiarkan, maka dosa iotu akan tumbuh dan bekerja merusakkan orang itu.
    Ams. 6 : 27 dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya?
    28 Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya?

Sebab itu Tuhan memperingati kita agar kita tidak memberi tempat pada iblis, segera usir pikiran jahat yang mau masuk agar keluar.
Ef. 4 : 27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

4 Pedang bermata dua

Orang yang mendengar FT dan percaya lalu taat, itu beruntung, sekalipun orang kafir, mis. Kel. 9 : 20 – 21, apalagi orang beriman. Luk 11 : 28. Yohj 13 : 17.
Tetapi ada berap[a banyak orang kristen yang sudah mendengan ft, nmun tidak mau taat, nampaknya mereka mendengar sungguh sungguh dan dengan hormat, khitmad, tetapi hidupnya tidak berobah dan menjadi sia sia. Mat. 13 : 19. ada berapa banyak pendengar pendengar yang terhormat didalam gereja, yang tidak berobah hisdupnya
Yakobus 1 : 22.
Kombinasi FT dan perjamuan kudus itru seperti pedang bermata dua mat. 7 : 29.
Dan adalah tuntutan Tuhan ibrani 3 : 15

5 Mengenal kehendak Allah making jelas. Kleopas dan temannya belum dapat mengerti sepenuhnya penjelasan TY, tetapi pada waktu mereka memakan Per.Suci, mata mereka tercelik dan pikiran mereka terbuka. Luk. 24 : 30, 31

6 Bangkit dan hidup kekal; mayat orang berimansatu kali kelak pada hari kedatangan TY 1 tes. 4 : 16, akan dibangkitkan dalam tubuh kebangkitan yang mulia seperti tubuh kebangkitan TY Pil. 3 : 21
Apa yang menyebabkan mayat itu bangkit?? :
• Oleh Roh Kudus Roma 8 : 11
• Oleh Fir Tuh. Yoh 6 : 63, 68
• Oleh perjamuan suci Yoh 6 : 54
7 Rencana Allah pada akhir zaman dengan perjamuan suci…
Anak anak Allah yangm mengambil bagian dalam Perjamuan Suci dengan betul dan tulus akan bertumbuh makin baik dan makin suci dan ikut serta dalam rencana Allah di akhir zaman.
• PS akan mencapai tingkat sempurna seperti paskah yang dibuat oleh Yosia, belum pernah dicapai sebelumnya.
2 raja 23 : 22.
Begitu juga pada zaman sekarang ini Allah akan menyempurnakan PS bagi gerejanya
• disempurnakan dalam tabut
dalam tabut adan manna yang terdapat dalam buli buli emas. Tabut ini ada dalam ruang maha suci yang disempurnakan.
Sekarang 9in i Roh Kudus sedang meningkatkan terus menerus PS, yaiotu membukakan pengertian yang lebih lagi bagi tubuh kristus diseluruh dunia dengan meningkatkan faedahnya sampai sempurna.
• PS = jalan masuk menuju kesempurnaan.
Pada waktu Yesus mati, tirai terbelah dua mat. 27 : 51. tirai ini adalah tubuh kristus ibr. 10 : 19 – 20
• Siap untuk pengangkatan luk. 17 : 34 – 37
• Gereja dim,urnikan.
Gereja akhir zaman akan dibersihkan orang orang yang tidak bertobat, lebih lebih yang akan menjadi antikris dan pengikutnya, dipisahkan dari orang suci. Orang jahat akan semakin jahat – judas. Yoh. 13 : 27, 1 yoh 2 : 19

PERJAMUAN SUCI

Apakah perjamuan suci = berkat??
Banyak orang kristen menganggap perjamuan suci = berkat, sehingga pada saat perjamuan suci, kelihatannya gereja penuh. Ingin mendapat berkat dari perjamuan suci. Ini keliru dan berbahaya., sebab sembarangan makan perjamuan suci dapat mendatangkan hukuman keatas dirinya.

Perjamuan suci bukan hanya berkat, tetapi Perjamuan suci juga mendatangkan hukuman. Banyak orang tidak tahu, bahwa perjamuan suci itu berkat atau hukuman.
1 Kor. 11 : 27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.
1 Kor. 11 : 30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.

Begitu juga perjamuan suci bagi mereka yang beriman yang tidak mengerti, mereka makan dan minum tanpa memeriksa diri, itu menjadi hukuman baginya.
Markus 12 : 24 Jawab Yesus kepada mereka: "Kamu sesat, justru karena kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah.

Tepati sebaliknya, mereka yang tahu memakan perjamuan suci dengan benar, maka berkatnya sungguh indah baginya…

astaga sis jannet
saya tidak minta dijelaskan tentang perjamuan kudus
saya hanya bertanya ringan kok
sis makan perjamuan kudus itu dengan iman atau tanpa iman?
pertanyaan pendek
jawab dengan jawaban pendek aja sis
dengan atau tanpa

salam :wink:

astaga juga…

Jika seseorang belum beriman kepada Tuhan Yesus Kristus, apalagi belumdi babtis dan belum dewasa Keimannannya,
Maka tidak diperbolehkan / tidak diizinkan untuk ikut duduk makan dan minum dalam sakramen perjamuan kudus, untuk memperingati kenaikan Tuhan Yesus Kristus Ke Sorga.

Persyaratan itu tidak boleh ditawar-tawar dng alasan apapun menurut keinginan manisia. Karena ketentuan itu adalah Mutlak …

Salam GBU…

tanya sendiri jawab sendiri…

terima kasih bro Shipiroz

sepakat dengan bro :slight_smile:

Salam
GBU too

maaf bro kris siapa yang bertanya sendiri dan jawab sendiri

sebenarnya saya kemarin bertanya pada sis jannet dalam tritnya sis jannet
“apa yang dimakan dalam perjamuan kudus”
gak tau kok tiba2 jadi trit baru :huh:

salam