Makna Akhir Zaman dalam Daniel 12

  1. Apakah “akhir zaman” yang dimaksud di sini adalah kiamat yang sesungguhnya?
  2. Pada ayat 4: apakah yang dimaksud “Kitab”, mengapa orang akan menyelidikinya?
  3. Jika “Kitab” pada ayat 4 tersebut adalah Kitab Kehidupan di sorga, apakah itu berarti Daniel ditugaskan Allah untuk menyimpan Kitab Kehidupan?
  4. Apakah yang dimaksud “hal-hal ajaib” pada ayat 6?
  5. Apakah yang dimaksud bahwa Daniel akan mendapat bagiannya pada ayat 13?

Zaman akhir-Ungkapan yang muncul sebanyak enam kali dalam buku Daniel, yang menunjuk ke suatu periode waktu yang menandai penutup suatu sistem dan mencapai puncaknya pada kehancurannya. Nabi Daniel diberi gambaran pendahuluan tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi jauh di masa depan. Setelah itu ia diberi tahu, ”Dan engkau, hai, Daniel, rahasiakanlah perkataan ini dan meteraikanlah buku ini, sampai zaman akhir. Banyak orang akan menjelajah dan pengetahuan yang benar akan berlimpah.”—Dan 12:4.
Mengenai ayat itu, komentator bernama Thomas Scott, pada paruh pertama abad ke-19, menyatakan, ”Malaikat itu, melalui kata-kata penutupnya, memberi tahu Daniel, bahwa nubuat itu akan tetap tidak jelas, dan seperti ’buku yang termeterai’, yang hanya sedikit dimengerti, ’sampai zaman akhir’ . . . Fakta membuktikan demikianlah halnya: diakui adanya kesulitan yang sangat besar untuk memahami banyak nubuat Daniel, dan [nubuat-nubuat itu] adalah ’seperti keterangan yang tertutup’ bahkan bagi orang-orang yang percaya pada umumnya. . . . Pada abad-abad belakangan ini, banyak orang dengan susah payah meneliti sejarah, untuk menjelaskan bagian-bagian dalam nubuat-nubuat itu yang sudah tergenap; dan membandingkannya dengan ayat-ayat lain, untuk mengevaluasi apa yang masih akan digenapi: dan dengan demikian terang besar telah dipancarkan ke atas [nubuat-nubuat itu].
Seraya makin banyak nubuat yang secara bertahap tergenap, semakin jelas pula pemahaman akan nubuat-nubuat itu: dan apabila dibandingkan dengan kita, generasi-generasi di masa depan akan lebih dibuat heran dan lebih banyak diajar oleh nubuat-nubuat itu.” (Explanatory Notes karya Scott, 1832) Fakta bahwa nubuat-nubuat Daniel belum begitu dimengerti pada awal abad ke-19 menunjukkan bahwa ”zaman akhir” yang dinubuatkan itu akan tiba di masa depan, sebab orang-orang ”yang memiliki pemahaman”, yaitu hamba-hamba sejati Allah, sudah akan memahami nubuat itu pada ”zaman akhir”.—Dan 12:9, 10.
Ungkapan ”zaman akhir” juga digunakan sehubungan dengan perkembangan-perkembangan khusus yang berkaitan dengan pemerintahan manusia. Daniel 11:40 menyatakan, ”Pada zaman akhir, raja selatan akan menekan [raja utara], dan raja utara akan menggempur dia dengan kereta dan penunggang kuda dan banyak kapal.” Setelah itu, nubuat tersebut membahas tindakan ”raja utara” dan menunjukkan bahwa ia akan menemui akhirnya. (Dan 11:41-45) Maka ”zaman akhir” di ayat itu jelas harus dipahami sebagai suatu periode yang mencapai puncaknya sewaktu ”raja utara” dibinasakan. Yang meneguhkan hal itu adalah fakta bahwa ”raja utara” sebelumnya digambarkan sedang menganiaya hamba-hamba Allah, yaitu orang-orang ”yang memiliki pemahaman”, sampai ”zaman akhir”, yaitu sampai akhir eksistensinya.—Dan 11:33-35.
Corak lain yang berkaitan dengan ”zaman akhir” adalah bangkit berdirinya ”seorang raja yang berwajah garang” yang akan bertindak melawan ”Pangeran atas segala pangeran”, dan akhirnya dipatahkan atau dibinasakan. ”Raja” itu akan bangkit berdiri pada bagian akhir pemerintahan keempat kerajaan yang berasal dari Imperium Yunani yang bakal terbagi. (Dan 8:8-25) Karena ”raja utara” dan ”raja selatan” berasal dari sumber yang sama, masuk akal bahwa ”raja yang berwajah garang” itu adalah salah satu dari ’raja-raja’ itu pada ”zaman akhir”, atau akhir eksistensinya.
Ungkapan ”zaman akhir” tidak berarti ’berakhirnya waktu’ tetapi menyatakan suatu periode waktu yang mencapai puncaknya pada akhir atau pembinasaan hal-hal yang disebutkan dalam nubuat itu, bukan akhir segala sesuatu. Fakta bahwa waktu itu sendiri tidak akan berakhir dinyatakan dengan jelas dalam Tulisan-Tulisan Kudus. Misalnya, sang pemazmur mengatakan bahwa bumi ”tidak akan digoyahkan sampai waktu yang tidak tertentu, atau selama-lamanya”. (Mz 104:5) Karena bumi akan terus ada, waktu, sebagai ”dimensi” atau ukuran bumiah atau jasmani, tentu tidak akan lenyap.

Pernyataan malaikat kepada Daniel, ”Engkau sendiri, pergilah menuju akhir; dan engkau akan beristirahat, tetapi engkau akan bangkit berdiri untuk mendapat bagianmu pada akhir masa itu”, tampaknya menyiratkan bahwa kehidupannya hampir berakhir, tetapi ia mendapat jaminan kebangkitan.—Dan 12:13.

Tentu saja, tidak semua bertekun melewati era yang bergejolak ini. Pasti itulah alasannya mengapa sang malaikat menekankan pentingnya untuk ”terus menanti”. Orang-orang yang bertekun dan terus menanti diberkati dengan limpah. Tinjauan tentang Daniel pasal 12 memperjelas hal ini. Sebagaimana dinubuatkan, kaum terurap dipulihkan, atau dibangkitkan secara rohani. Mereka diberi pemahaman yang luar biasa tentang Firman Allah, diberi kuasa untuk ”menjelajah” di dalamnya dan, di bawah bimbingan roh kudus, mereka dapat membuka misteri yang terkunci selama berabad-abad.

  1. Kitab daniel 12 ini menubuatkan tt masa kesusahan besar pd akhir zaman, sebelum kiamat tiba, pd masa itu Tuhan akan mengirimkan Mikhael utk melindungi org2 yg percaya.
  2. Kitab yg dimaksud di ayat ini adalah kitab nubuatan (Daniel 12) yg akan terjadi pd akhir zaman bkn ditujukan pd org2 pd zaman Daniel, tapi ditujukan kpd org2 percaya pd akhir zaman spt kita ini.
  3. Bukan mengenai kitab kehidupan, tapi mengenai kitab nubuatan Daniel pasal 12.
  4. Hal2 ajaib yg dimaksud berbicara mengenai masa kesukaran besar yg dinubuatkan akan berlangsung selama tiga setengah tahun (Satu masa dan dua masa dan setengah masa) .
  5. Dlm ayat 2 : Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.
    Daniel dijanjikan akan mendptkan hidup yg kekal karena namanya tertulis dlm kitab kehidupan.
    GBU

Dan. 12:1"Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.
Dalam Dan.12:1 Mikhael diungkapan ada 3 x
Daniel 10:13,21…Mikhael adalah pemimpin dan pelindung surgawi bagi umat Israel. Daniel bernubuat suatu masa penuh kesulitan bagi bangsa Israel (lihat Mat.24:15,21; wahyu 6:17), tetapi ada rencan Allah untuk melelpaskan umat Daniel yang namanya tertulis dalam kitab itu, yaitu kitab peringatan, yang dinubuatkan bagi orang-orang yang takut akan Tuhan dan bagi orang yang menghormati-Nya banding (Mal.3:16). Tuhan berjanji untuk memelihara mereka pada masa kesesakan yang akan menimpa di seluruh dunia. Amin.

2. Pada ayat 4: apakah yang dimaksud "Kitab", mengapa orang akan menyelidikinya? 3. Jika "Kitab" pada ayat 4 tersebut adalah Kitab Kehidupan di sorga, apakah itu berarti Daniel ditugaskan Allah untuk menyimpan Kitab Kehidupan?

Dan. 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Dan.12:9 Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman

Ayat 4 dan 9 ini masih terkait dengan ayat 1, yaitu tentang “kitab” yang akan dinubuatkan diakhir zaman…tentang hari-hari “kesesakan besar” yang menimpa diseluruh dunia.

Arti “sembunyikan segala firman itu”…Banding Dan.8:26, dan “meteraikanlah kitab itu” artinya selama masa Daniel kitab itu masih trersembunyi, sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya…artinya Nubuat-nubuat yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu."( Yesaya 42:9)

Rahasia firman akhir zaman yang tersembunyi dan termeterai di dalam sorga telah di muliakan Kristus di …?
banyak orang akan menyelidikinya…Artinya akan ada penyelidikan tentang kebenaran nubuat janji akhir zaman di…?
Amin.

4. Apakah yang dimaksud "hal-hal ajaib" pada ayat 6?

Hal-hal yang ajaib ini; yaitu tentang kegiatan antikristus yang terutama melakukan keajaiaban dan penganiaaannya (banding Dan.8:24 dimana kata ibrani yang sama terdapat dalam ungkapan yang diterjemahkan sebagai “kebinasaan yang mengerikan”; Dan 11:36,… Amin…

5. Apakah yang dimaksud bahwa Daniel akan mendapat bagiannya pada ayat 13?
Artinya kitab Daniel berakhir dengan suasana tenang, sama seperti semua orang lain, Daniel meninggal dunia dan beristirahat dalam kubur. Tetapi melalui kebangkitannya pada akhir zaman dia akan mendapatkan bagian dalam kerajaan Kekal yang akan didirikan Allah. Amin.

Broo scout,

  1. Apa yang di maksud dengan kitab itu masih tersembunyi?

  2. Dan apa yang dimaksud dengan sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya?

  3. Dan yang ketiga pertanyaan aku, apa ada tanda bukti kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya oleh Tuhan sendiri, pada akhir zaman ini?
    tolong dijelasin bukti-nya?
    tentu buktinya berdasarkan firman Allah?

Danile 12:4Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."
Daniel 12:9Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman.
Jadi yang dimaksud dengan kitab itu masih tersembunyi? Kalau diteliti lagi ayat 4 mengatakan: sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman (ay 4) dilanjut dengan pesan yang lebih jelas lagi dalam ayat 9, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman…
Berarti berita tentang nubuat kitab ini, meterai kitab ini akan dibukan oleh Allah sendiri pada saat akhir zaman yaitu pada masa sekarang ini.

2. Dan apa yang dimaksud dengan [b]sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya?[/b]
Wahyu 22:10Lalu ia berkata kepadaku: "Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat. Kita dapat membedakan kitab yang dimeteraikan Allah dengan kitab yang tidak dimeteraikan oleh Allah. Kitab Wahyu ayat 10 diatas misalnya berbeda pesan dengan pesan Daniel 12:4,9. Sedangkan pesan dalam kitab Wahyu ini mengatakan tentang nubuat kitab Wahyu ini mengatakan: Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini ketika Yohanes mendapatkan penglihatan “apa yang engkau lihat tuliskanlah di dalam sebuah kitab ...(Wahyu 1:11). Jadi kesimpulannya dalam Daniel 12:4,9 ini merupakan janji Allah akan kitab yang tersembunyi itu akan dibukakan materai kitabnya dan akan dinubuatkan kitab tentang rahasia akhir zaman pada akhir zaman yaitu saat-saat sekarang ini dan banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah." Amin.
3. Dan yang ketiga pertanyaan aku, apa ada tanda bukti kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya oleh Tuhan sendiri, pada akhir zaman ini? tolong dijelasin bukti-nya? tentu buktinya berdasarkan firman Allah?

Ingin bukti ayat Daniel 12:4,9 ini agak sulit, karena memerlukan keterangan-keterangan atau para saksi-saksi mengenai kesaksian tentang kitab yang masih termeterai itu apakah kitab itu masih termeterai ataukah meterainya sudah dibukakan oleh Tuhan. Perhatikan Wahyu 6 :1 dst, Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dst…
Untuk itu walaupun kitab rahasia akhir zaman dalam Daniel 12:4,9 itu telah dimuliakan dan telah diterima oleh hambanya yang dipilih, namun firman itu masih dimeteraikan oleh Allah…belum dibuka Tuhan, kalau dibuka Tuhan berarti pembukaan meterai yang pertama itu dimulai sebagai permulaan tujuh tahun kesengsaraan, masa depan yang penuh penderitaan dan hukuman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Amin.

Dalam penjelasan sy mengenai kitab Wahyu adalah meterai kitab yang terbuka, kitab yang dapat dibaca setiap orang, karena meterai kitabnya terbuka (Wahyu 22:10).

Berbeda dengan apa yang dimaksud dengan Daniel 12:4,9 ini tentang kitab yang termeterai ini, walaupun nubuat kitab rahasia akhir zaman itu telah dimuliakan. tetapi belum bisa dibaca , karena meterainya masih termeterai. Amin.

Ok. Bro Scout,

Menurut penjelasan Broo dalam Daniel 12:4, 9 adalah kitab yang masih tersembunyi yang belum dibukakan meterainya, kira-kira kapan waktu meterai ini dibukakan ?

Dan menurut para penafsir bahwa kitab Wahyu adalah kitab yang terakhir, dan menurut broo sendiri masih ada kitab lain lagi.

Sejauh mana tanggapan Broo terhadap kitab wahyu yang katanya yang terakhir?

Benar sekali kitab wahyu adalah kitab yang terakhir untuk masa gereja-gereja yaitu dialamatkan kepada ke 7 jemaat di Asia. Dan masa gereja akan berakhir ketika gereja sudah diangkat. Dan mulai Wahyu pasal 4 Istilah “Jemaat” atau “gereja ” tidak muncul lagi, sampai wahyu 22:16…Oleh karena itu kitab Wahyu ini disebut kitab nubuat meterai yang terbuka yang dinubuatkan kepada Gereja-gereja.
Berbeda dengan kitab Dan.12:4,9 kitab nubuat meterai yang tertutup ini akan dibukakan meterainya pada akhir zaman. Jadi kitab yang tersembunyi ini akan di nubuatkan bukan untuk gereja, namun kepada umat Daniel yaitu bangsa Israel yang mengalami suatu masa kesesakan (Dan.12:1) Banyak orang akan menyelidikinya, berlari ke sana kemari mencari tahu tentang kitab yang termeterai ini tentang rahasia janji akhir zaman, sehingga pengetahuan mereka tentang Allah serta akhir zaman akan bertambah. (ay 4).

Berbahagialah orang yang berkata kebenaran itu benar, tetapi celakalah bagi mereka yang berkata benar itu DUSTA dan DUSTA itu benar.Amin.

[quote author=Snoper link
Ok. Bro Scout,

  1. Menurut penjelasan Broo dalam Daniel 12:4, 9 adalah kitab yang masih tersembunyi yang belum dibukakan meterainya, kira-kira kapan waktu meterai ini dibukakan ?

KOMEN:

4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada:
*) akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan

*) pengetahuan akan bertambah."

Dalam ayat diatas ada 2 Tanda kapan Kitab tentang Achir Zaman itu akan dibuka !

  1. Pada Achir Zaman ! Tahukah anda kapan dimulainya Achir Zaman itu menurut Alkitab. Perhatikan apa yg Tuhan YESUS katakan ini :

Matius 24 :
32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.

Ayat 32 itu menubuatkan bahwa Bangsa Israel yg terbuang dari negerinya sejak tahun 71 M, dan Peta Negara ini Hilang dari Peta Dunia. Sejak tahun 1948 Israel berdiri kembali setelah hampir 19 Abad Lenyap dari Peta Dunia.
Nah Pohon Ara itu adalah Lambang dan Symbol Negara Israel. Sejak saat itulah mulai meng gebu2 orang banyak mempelajari seluruh Kitab Apostologi dari Alkitab

Tanda yang kedua :
*) pengetahuan akan bertambah."

Sejak berdirinya Negara Israel Pengetahuan manusia makin bertambah sehingga ayat2 dalam Kitab Daniel bagi orang2 sezamannya “membingungkan” tetapi tidak bagi kita yg hidup di Masa Achir Zaman ini.

Perhatikan ayat2 ini :
Daniel 9 :

24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.

Didalam Masa 70 X 7 Tahun itu ada kejadian2 :
*) untuk melenyapkan kefasikan,
*) untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan,
*) untuk mendatangkan keadilan yang kekal,
*) untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan
*) untuk mengurapi yang maha kudus.
Lenyapnya Kefasikan, Kutuk Dosa, Kesalahan tergenapi saat YESUS disalibkan.
Keadilan Kekal dan Nubuyat para nabi tergenapi berlaku sejak Tuhan YESUS berkata “sudah Genap” diatas kayu salib
Yang Maha Kudus (Allah YHWH yg datang dalam Ujud Allah Putra) yg diurapi Nabi Yahya Pembaptis sudah terjadi !

25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali,
Setelah Nabi Daniel, Yerusalem dan Bait Allah yg dihancurkan Raja Nebukadnezar didirikan kembali

…sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
Ini berbicara tentang Tuhan YESUS yg adalah Raja diatas segala raja setelah melampaui masa 7 X 7 Masa dan 62 X 7 Masa
26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa.
Ayat ini menubuatkan tentang Tuhan YESUS yg disalibkan yg tidak ada dosa dan kesalahan pada Diri-Nya
Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.
Ayat ini bercerita tentang Kaisar Titus yg menghancurkan Yerusalem dan menyerakkan Bangsa Israel keseluruh dunia
27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Ayat 27 ini berbicara tentang Masa Anti KRISTUS yg 7 tahun lamanya, dimana pada pertengahan Masa 7 tahun itu Bait Allah yg ke 3 didirikan kembali di Yerusalem dan saat itu si Anti KRISTUS berkata :“Akulah Allah”

2 Tesalonika 2 :
3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Matius 24 :
15 Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel–para pembaca hendaklah memperhatikannya–

Dan masih banyak lagi yg bisa dikupas tentang Nubuatan Achir Zaman ini

Sy mau tanggapi komen anda yang ini saja?

Adalah benar bahwa bangsa Israel dilambangkan dengan pohon ara (Hos 9:10), tetapi ini tidak berarti bahwa setiap kali pohon ara disebutkan di dalam Alkitab selalu berarti Israel. Misalnya :

Luk 17:6 - Jawab Tuhan: “Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu.”

Apakah ini berarti bahwa iman sebesar biji sesawi dapat menenggelamkan bangsa Israel ke dalam laut?

Luk 19:4 - Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

Apakah ini berarti bahwa Zakheus memanjat bangsa Israel?

Jadi sekalipun Israel dilambangkan dengan pohon ara tidak selamanya pohon ara selalu menunjuk pada Israel. Kita harus bisa membedakan makna kata yang bersifat hurufiah, simbolik dan kiasan/figuratif. Selain itu jika kata itu memang bermakna kiasan, harus diteliti kata itu mengkiaskan apa?

Dengan demikian arti kemerdekaan Israel tidak dapat menjadi patokan dan mulai meng gebu2 orang banyak mempelajari seluruh Kitab Apostologi dari Alkitab. Sebab mereka sampai saat ini menolak Kristus.

He he he he Pertanyaan Anda sudah anda jawab sendiri dalam kalimat2 anda sbb :

“Kita harus bisa membedakan makna kata yang bersifat hurufiah, simbolik dan kiasan/figuratif. Selain itu jika kata itu memang bermakna kiasan, harus diteliti kata itu mengkiaskan apa?”

Sudah JELAS pak ? :mad0261:

  1. Apakah Zakeus memanjat orang Israel saat ingin melihat Tuhan Yesus ?

  2. Apakah iman sebesar biji sesawi juga akan memindahkan gunung (dalam kalimat lain di Injil yg lain) atau pohon Ara itu berarti memindahkan Orang Israel ?

  3. Tahukah Anda KAPAN secara Massal banyak orang Israel akan bertobat dan menerima Yesus sebagaiu Mesias yg mereka tunggu2 dan sebagai Tuhan serta Juruselamat mereka ?
    Pernah merenungi kalimat2 dalam Wahyu 11 ini ?

Wahyu 11 :
7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.

8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.

11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka menjadi sangat takut.

12 Dan orang-orang itu mendengar suatu suara yang nyaring dari sorga berkata kepada mereka: “Naiklah ke mari!” Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka.

13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga.

Tahukah anda siapa yg dimaksud dengan “orang2 lain” disitu ?
Mereka adalah Sisa2 Orang Israel yg percaya serta banyak dari bangsa2 lain yang menerima Tuhan Yesus sebagai Mesias yg mereka nanti2kan. Kedatangan 2 Nabi yg belum meninggal (Musa dan Elia) adalah Penginjilan Terachir (“kesaksian” mereka dalam ayat 7 diatas) bagi orang2 yg tertinggal (Left Behind) tidak Terangkat “RAPTURE” daklam 1 Tesalonika 4 : 15 - 17.
Sebagian mereka ada yg tertangkap Pasukan Anti Kristus dan dipenggal kepalanya.

Wahyu 20 :
4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun

Besambung…

sambungan …

Lalu TAHUKAH anda apa maksud kalimat2 dalam 2 Tesalonika 2 ini :

7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,

8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

Tahukah anda Barcode yg bermuatan 666 itu sudah mulai merajalela dan akan masuk dalam bentuk Chips untuk ditanam dalam kulit dibawah Dahi dan Tangan Kanan manusia (Karena [b]secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja), yg cikal bakalnya di Indonesia sudah mulai dalam bentuk e’KTP.
Akan datang masanya dimana Anti Kristus menguasai dunia baik dalam Agama, Ekonomi dan Politik menyatukan dunia melalui Hi Tech yg disebut Barcode 666. Akan ada masa dimana tak ada lagi uang dalam bentuk Kertas atau Logam semua akan dalam bentuk e’money sehingga tergenapilah apa yg Wahyu 13 katakan :

16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,

17 dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual (sudah menggunakan e’money) selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.
Semua gajian akan ditransfer menggunakan ID masing2 orang berupa Chips (yg akan dipantau secara Hi Tech keberadaan setiap orang melalui Satelit) saat mereka berbelanja (melakukan Transaksi JUAL atau BELI) cukup Chips di Dahi atau Tangan Kanan Mereka dipindai oleh alat Infra Merah seperti di kasir2 di Carefour maka terpotinglah SALDO uang mereka secara e’money.

Dan apa anda sudah renungkan bagaimana “kalimat seperti INI” muncul di Abad I saat penulisan Kitab Wahyu :

Wahyu 11 :
9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum (seluruh dunia), melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

Bagaimana mungkin di Abad I itu orang2 diluar Kota Yerusalem (seluruh dunia) bisa menyaksikan BESAMAAN WAKTUNYA kejadian Pembunuhan 2 Nabi Besar itu kalau bukan karena Pengetahuan manusia berkembang pesat dengan adanya Siaran Televisi lewat Satelit “CNN”.

Banyak sekal lho pak yg TERSIRAT dalam Kitab Wahyu yg perlu kita gali ber sama2 dan sharingkan untuk mengingatkan semua manusia bahwa hanya Allah Ibrahim, Ishak dan Yakub satu2nya Allah yg Benar…
Karena semua allah2 bangsa lain adalah Berhala atau ILAH (sesuatu yg manusia sembah diluar Allah Ibrahim, Ishak dan Yakub)

“Berbahagialah bangsa yang Tuhannya adalah YAHWEH” (Mazmur 33:12)
(Dan berbahagialah agama yang Tuhannya adalah YAHWEH)

Jadi pak Masa Achir Zaman itu benar2 dimulai dengan berdirinya kembali Negara Israel sesuai kata2 Tuhan Yesus dalam Matius 24 :
32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa “musim panas sudah dekat”. 33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

Apa yg dimaksud dengan “Musim Panas” disitu ? Pernah anda renungkan ?
Apa anda juga tidak memperhatikan tanda2 lain sbb :

6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.

7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.

8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.

Sekedar Tambahan tentang Barcode 666

Kode 666 Dalam Microchip Mondex
Jauh-jauh hari sebelum ada perkembangan teknologi seperti sekarang ini, Tuhan telah menyampaikan pesan nubuatan melalui hamba-hambaNya. Bahwa akan ada satu penguasa yang akan memerintah dunia ini dengan kekuasaan sangat besar.
Allah telah menyingkapkan kejadian masa depan ini supaya umat-Nya menjadi waspada dan sadar terhadap rencana-rencana iblis. Dia ingin semua umat-Nya diselamatkan dalam Yesus Kristus, luput dari aniaya besar yang akan terjadi. Gereja Tuhan hendaknya menggunakan hikmat Allah dalam bertindak, tekun dalam menuruti perintah Allah dan beriman teguh kepada Yesus.
Teknologi yang berkembang dengan luar biasa ini sedang mempersiapkan munculnya satu tokoh baru yang akan memerintah dunia ini. Dia adalah antikristus.
Alkitab menjelaskan dalam Wahyu 13:18, antikris mempunyai bilangan seorang manusia yang berjumlah 666. “… karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam”. Ia memiliki kekuasaan yang sangat besar di bumi dan menguasai perekonomian dunia. Ia akan menyebabkan semua orang besar dan kecil masuk dalam sistem keuangan yang ditetapkannya. Mereka yang tidak mau mengikuti aturan mainnya, tidak dapat melakukan bisnis apapun. Orang ini tidak bisa membeli barang-barang di supermarket, tidak bisa berbelanja, tidak bisa
membeli ataupun menjual. Hanya yang memakai tanda 666 pada tangan atau dahinya saja yang bisa berbisnis, membeli dan menjual. “… Dan tidak ada seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya…” (Wahyu 13:16)

Penggunaan 666

Nubuatan Alkitab sedang digenapi. Pemakaian tanda 666 yang ada di dalam microchip sudah mulai dipakai di beberapa negara. Di Hongkong telah dipromosikan microchip Mondex yang ditanamkan dalam tubuh manusia. Sekitar 120.000 orang Hongkong diberi tanda ini. Mereka yang mempunyai tanda ini mendapat fasilitas dan kelebihan khusus. Di bandara Belgia ada tempat lounge (ruang tunggu) yang istimewa. Hanya orang yang menggunakan tanda 666 bisa masuk ke dalam ruangan ini. Cukup dengan menempelkan tanda pada scanner komputer, mereka mendapatkan fasilitas yang lebih. Sistem seperti Mondex dengan basis kode bar 666 ini sepertinya akan dipakai antikris dalam mengontrol dan menguasai keuangan perekonomian dunia.
Saudara bisa membayangkan apabila suatu hari ada satu bank besar di Indonesia yang mengumumkan untuk promosi penanaman microchip secara gratis dibatasi hanya 1.000.000 orang saja. Kira-kira apa yang terjadi? Sepertinya yang sudah Saudara ketahui di seluruh bank yang ada di Indonesia sekarang ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan penggunaan kartu kredit dan kartu ATM. Mereka yang ingin memiliki kartu ATM bisa mendaftarkan diri dan mengajukan permohonan tanpa dipungut biaya sama sekali asal menabung di bank tersebut. Kemudahan dalam transaksi bisnis karena adanya perkembangan teknologi smart card ini menarik minat semua orang. Apalagi untuk mendapatkannya gratis. Bagaimana jika yang gratis itu adalah penanaman microchip Mondex ini? Mereka yang memakai tanda 666 di dahinya atau di tangannya memang akan mendapat fasilitas yang lebih. Itulah yang Alkitab katakan bahwa “… tidak ada seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya”.

Bersambung …

Sambungan …

Mondex

Mondex adalah nama sebuah perusahaan yang menyediakan sistem pembayaran tanpa uang tunai. Sistem ini telah dibeli oleh lebih 20 negara besar. Sistem ini diciptakan pada tahun 1990 oleh seorang bankir London bernama Tim Jones yang bekerja sama dengan Graham Higgins dari Natwest Coutts, sebuah bank pribadi dari keluarga Kerajaan Inggris. Sistem ini didasarkan atas teknologi Smart Card (teknologi yang dipakai oleh SIM Card pada handphone) yang memanfaatkan microchip yang dilekatkan pada kartu plastik (kartu kredit) dan mampu menyimpan informasi elektronik seperti pembayaran, identifikasi maupun bermacam-macam informasi penting lainnya. Semua transaksi dimungkinkan melalui penerapan SET (Secure Electronic Transaction / Transaksi Elektronik yang Aman).

Mondex singkatan dari Monetary and Dexter. Berdasarkan Webster’s Dictionary Encylopedia (kamus Webster), arti kata-kata tersebut adalah: Money: Segala sesuatu yang berhubungan dengan uang… Dexter: Menunjukkan lokasi yang ada di tangan kanan manusia.

Microchip yang ada dalam “card Mondex” mengandung lambang angka (bar code). Lambang atau kode garis ini mewakili angka antikris yaitu 666 (GIA WebMaster: untuk penjelasan bar code dapat dibaca pada artikel “Tanda binatang ada di kehidupan kita”).
Sistem Mondex akan menjadi solusi yang tepat untuk perekonomian dunia yang sedang dilanda krisis mata uang. Mondex merupakan satu sistem yang mendukung terciptanya satu mata uang dunia tanpa uang tunai. Mungkin sistem ini pula yang akan mewujudkan penguasaan antrikris atas dunia ekonomi di masa akan datang.

Microchip Mondex yang tertanam dalam tubuh manusia menyimpan kode 666. Mereka yang memakai microchip ini mendapat fasilitas khusus. Mereka tinggal meletakkan tangan mereka di atas scanner komputer dan semua transaksi jual beli dapat dilakukan dengan otomatis tanpa menggunakan uang tunai. Di masa yang akan datang, untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli, setiap orang harus mempunyai tanda ini. Di kepala (dahi) atau di tangan kanannya.

Kata bahasa Yunani dalam Alkitab untuk “tanda” binatang tersebut adalah “Charagma” yang berarti cap (stempel), lencana atau tanda perbudakan, perhambaan atau kerja paksa. Bilangan 666 adalah ungkapan Yunani untuk “stigma” yang berarti menusuk atau menggores sebuah tanda sebagai tanda kepemilikan. Jadi mereka yang menggunakan tanda 666 secara tidak langsung dicap sebagai budak antikris.

Kalau menurut saya daniel 12:4 ini berbicara sebuah kitab yang tersembunyi yang akan diberikan oleh Tuhan kepada anak-anak bangsa Daniel yaitu bangsa Yahudi (Daniel 12:1), kitab tersembunyi yang ada disorga ini akan diberikan kepada bangsa Yahudi sebagai kitab nubuatan akhir zaman (bukan tentang chip), karena mereka ini hanya mau menerima ajaran Nabi dan tidak mau menerima ajaran Rasul, sehingga sampai sekarang ini mereka tidak mengenal Yesus yang tertulis dalam Injil itu, kasihan sekali, sampai sekarang mereka mempelajari ajaran Nabi tetapi tidak menerima ajaran Rasul…

Jadi mereka akan menerima ketika nubuat rahasia firman Allah ini dibukakan dan rahasia kitab akhir zaman ini akan dinubuatkan kepada hambanya sebagai janji Allah kepada hambanya nabi Daniel…mereka orang Yahudi akan percaya kepada Kristus dan mereka akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah…

Pengetahuan bertambah disini berbicara tentang rohani, bukan berbicara tentang chip / 666/ komputer, pengetahuan disini pengetahuan tentang Kristus, sebab kitab ini adalah kitab yang dinubuatkan oleh Nabinya mereka, sehingga mereka akan menerima dan mengerti tentang Kristus yang ada dalam nubuat kitab Daniel yang tersembunyi disorga ini.

Daniel 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.

Dan inilah tanda bukti kebenaran yakni pekerjaan untuk mengenapi segala firman yang tertulis didalam kitab suci telah nyata di bumi seperti yang disampaikan Tuhan Yesus sendiri dalam Injil.

Matius 5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: "Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!"Dan. 12:7.

Spartan link :
Kalau menurut saya daniel 12:4 ini berbicara sebuah kitab yang tersembunyi yang akan diberikan oleh Tuhan kepada anak-anak bangsa Daniel yaitu bangsa Yahudi (Daniel 12:1), kitab tersembunyi yang ada disorga ini akan diberikan kepada bangsa Yahudi sebagai kitab nubuatan akhir zaman (bukan tentang chip), karena mereka ini hanya mau menerima ajaran Nabi dan tidak mau menerima ajaran Rasul, sehingga sampai sekarang ini mereka tidak mengenal YESUS yang tertulis dalam Injil itu, kasihan sekali, sampai sekarang mereka mempelajari ajaran Nabi tetapi tidak menerima ajaran Rasul…
KOMENTAR :
Ha ha ha ha belajar dimana bro, Kitab Daniel ini tersembunyi di Sorga ? Lha jelas2 tercetak di Kitab PL dari Alkitab kok !!!

=======================================================
kasihan sekali, sampai sekarang mereka mempelajari ajaran Nabi tetapi tidak menerima ajaran Rasul…

KOMENTAR :
Yang lebih perlu dikasihani adalah orang2 yg tidak mengerti mengapa Allah mengirimkan 2 Nabi yg belum meninggal dikirimkan kembali ke Bumi CHUSUS untuk menginjili Bangsa Israel di Masa Anti KRISTUS dan mereka dibunuh !

Wahyu 11:
7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.

8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

Anda KIRA kalau bukan Pengetahuan manusia yg bertambah, bagaimana caranya mata manusia seluruh dunia menyaksikan Kejadian di Yerusalem saat itu ??? Anda kira Siaran Televisi lewat Satelit seperti CNN bukan salah satu Bukti Kemajuan Pengetahuan manusia ? Betapa NAIF dan LUGU nya anda ini !!!

==================================================
Jadi mereka akan menerima ketika nubuat rahasia firman Allah ini dibukakan dan rahasia kitab akhir zaman ini akan dinubuatkan kepada hambanya sebagai janji Allah kepada hambanya nabi Daniel…

KOMENTAR :
Makin lucu anda ini, Nabi Daniel mah gak pernah dituliskan akan tampil kembali, jadi LUCU sekali kalau anda berprasangka seperti itu !

====================================================
…nubuat rahasia firman Allah ini dibukakan dan rahasia kitab akhir zaman ini akan dinubuatkan kepada hambanya sebagai janji Allah…
KOMENTAR :
Ha ha ha ha anda pikir kepada siapakah Allah berfirman dalam Kitahb Wahyu alias Kitab Penyingkapan Nubuat/Rahasia Allah dalam ayat sbb :

Wahyu 1 :

3 Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Anda pikir SIAPAKAH : ia, mereka dan yg menuruti dalam ayat diatas ??? Apakah anda pikir itu HANYALAH si “hamba” dalam kalimat yg anda suguhkan ini…akan dinubuatkan kepada hambanya sebagai janji Allah…Kasihan sekali penafsiran sempit anda ini.
Kalimat diatas dalam kitab Wahyu itu adalah bagi semua orang yg membaca, mendengar dan memperhatikan apa yg tertulis dalam Kitab Wahyu…Anda pikir ITU untuk Orang Yahudi saja ??? Salah Tafsir namanya Bro !!!

=====================================================
mereka orang Yahudi akan percaya kepada KRISTUS dan mereka akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah…
KOMENTAR :
He he he he lha banyak orang Yahudi itu yg TERTINGGAL , Tidak Diangkat Tuhan YESUS ke Angkasa dan mereka masuk kedalam Masa Anti KRISTUS seperti kata Kitab Daniel dan Wahyu…

Daniel 9 :

11 Segenap orang Israel telah melanggar hukum-Mu dan menyimpang karena tidak mendengarkan suara-Mu. Sebab itu telah dicurahkan ke atas kami kutuk dan sumpah, yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, hamba Allah itu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Dia.

12 Dan telah ditetapkan-Nya firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti di Yerusalem.

27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Bersambung…

Sambungan…

Dan inilah tanda bukti kebenaran yakni pekerjaan untuk mengenapi segala firman yang tertulis didalam kitab suci telah nyata di bumi seperti yang disampaikan Tuhan YESUS sendiri dalam Injil.

Matius 5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

KOMENTAR :
Ha ha ha Matius 5 : 17 itu MELULU tentang Penggenapan dari Kitab Keluaran (bagian dari Kitab Taurat) pasal 12 sbb :

5 Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela

6 …, harus menyembelihnya pada waktu senja (sore Hari).

13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal:…Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, …

Tuhan Yesus adalah :

  1. Jantan, seorang laki2 yg Tidak Bercela karena tidak memuat Kutuk Dosa Asal, bukan hasil Benih laki2 dan wanita yg bersatu melainkan Gen dari Sorga (dikandung oleh Roh Kudus) yg ditanamkan dalam rahim seorang Perawan (lahir oleh anak dara Maria)

  2. Tuhan Yesus menyerahkan Nyawa-Nya pada Jam 3.00 Sore (senja hari)

  3. Darah Tuhan Yesus lah yg membuat orang2 yg mengimani Maha Karya Penebusan Allah lolos dari MAUT di Neraka !!!

=======================================================
Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: "Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!"Dan. 12:7.

KOMENTAR :

Ayat diatas berbicara masa setelah ke 2 nabi yg diutus kedunia mati , bangkit dan naik ke Surga yaitu diparuh Waktu sisanya Masa AntiKristus yaitu 3 1/2 tahun paruh kedua dari Masa Anti Kristus yg 7 tahun lamanya…dan si Anti Kristus akan diachir…“Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu”

Jadi Bro ingat2 ya :

2 Petrus 1 :

20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Anda belajar dari mana kitab ini jelas masih tersembunyi sampai akhir zaman baru dibuka…

Tetapi engkau, Daniel sembunyikan segala firman itu, dan meteraikanlah kitab itu sampai pada akhir zaman…cut
apa arti disembunyikan segala firman itu…dan…
apa arti meteraikan kitab itu samapai akhir zaman…

Apakah ucapan nubuat kitab ini dicetak pada masa PL…ngawur aja…

KOMENTAR : Yang lebih perlu dikasihani adalah orang2 yg tidak mengerti mengapa Allah mengirimkan 2 Nabi yg belum meninggal dikirimkan kembali ke Bumi CHUSUS untuk menginjili Bangsa Israel di Masa Anti KRISTUS dan mereka dibunuh !

JUstru 2 saksi ini adalah dari bangsa Yahudi sendiri …kalau dari bangsa lain orang Yahudi tidak terima…Siapa-siapa tidak jelas itu rahasia Tuhan…

9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

Anda KIRA kalau bukan Pengetahuan manusia yg bertambah, bagaimana caranya mata manusia seluruh dunia menyaksikan Kejadian di Yerusalem saat itu ??? Anda kira Siaran Televisi lewat Satelit seperti CNN bukan salah satu Bukti Kemajuan Pengetahuan manusia ? Betapa NAIF dan LUGU nya anda ini !!!

Penafsiran anda semakin lemah Daniel 12:4 ini tidak ada kaitan dengan kedua saksi dan satelit CNN dan pengatahuan manusia…Apakah anda lupa sejak menara Babel juga apa yang direncanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksanakan (Kej.11:6)…

Nubuat Daniel Dan. 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Mari kita selidiki apa arti dari sembunyikanlah… Kita banding dengan… Daniel 8:26Adapun penglihatan tentang petang dan pagi itu, apa yang dikatakan tentang itu adalah benar. Tetapi engkau, sembunyikanlah penglihatan itu, sebab hal itu mengenai masa depan yang masih jauh.

Kalau saya bandingkan dengan Dan.8:26 kata “sembunyikanlah penglihatan itu”, dengan Dan.12:4 “sembunyikanlah segala firman itu”.

Maka makna dari kata “sembunyikanlah” artinya mengenai masa depan yang masih jauh; yaitu pada saat akhir zaman; yaitu dari sudut nubuat Allah sembunyikanlah segala firman itu; banyak orang akan menyelidikinya; Bagian terakhir dari ayat ini adalah memakai kata kerja yang diterjemahkan sebagai “MENYELIDIKI” biasanya berarti “berlari ke sana ke mari”, “menjelajah”.

Ahli-ahli tafsir sering menghubungkan ayat ini dengan Amos. 18:12 yang berpendapat di akhir zaman banyak orang akan berlari ke sana kemari untk mencari pengetahuan tentang Allah, tetapi mereka tidak akan mendapatkannya, tetapi Alkitab LAI memberi tafsiran yang terbaik, yaitu : apabila kitab yang dimeteraikan itu akan dibuka, maka banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan mereka tentang Allah serta akhir zaman akan bertambah…

Dan.12:9 Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.

Kita banding dengan meterai dalam wahyu dibawa, hanya Tuhan Yesus saja yang dapat buka meterai dari kitab gulungan itu…

Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: “Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.” Wahyu 5:5

Amsal 25:2Kemuliaan Allah ialah merahasiakan sesuatu, tetapi kemuliaan raja-raja ialah menyelidiki sesuatu

Berbahagialah orang yang berkata kebenaran itu benar, tetapi celakalah bagi mereka yang berkata benar itu dusta dan dusta itu benar. Amin.

author=Spartan
Anda belajar dari mana kitab ini jelas masih tersembunyi sampai akhir zaman baru dibuka…
KOMENTAR :
Kalau anda MENGERTI apa kata2 Tuhan Yesus dalam ayat2 berikut :

:Yohanes 14:16-17:
:Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Yesus menjanjikan berkat yang sangat besar dan yang tak ternilai kepada para murid.
Hal ini menjanjikan bahwa mereka akan mendapat penghibur/penolong lain.
-Ini adalah janji besar dari Perjanjian Baru (Kis 1:4), seperti janji Mesias dari Perjanjian Lama;
-suatu janji yang disesuaikan dengan keadaan para murid saat itu, yang berada dalam kesedihan, dan membutuhkan seorang penghibur/penolong.
Perhatikan di sini…………:
I. Berkat yang dijanjikan: Allon parakleìton.
Kata ini hanya digunakan di sini dalam wacana milik Kristus, dan 1 Yoh. 2:1, di mana kita menerjemahkannya sebagai pengantara dalam bahasa Indonesia dan Advocate dalam bahasa Inggris (NKJV). Para Rhemists, dan Dr Hammond, adalah orang-orang yang mempertahankan kata Yunani Parakletos; kita baca, Kisah Para Rasul 9:31, dari parakleìsis tou hagiou pneumatos, pertolongan dan penghiburan Roh Kudus, termasuk seluruh ruang kerja Roh sebagai parakletos.
[1.] Kamu harus mempunyai advokat/pengantara lain. Ruang kerja Roh adalah untuk menjadi pengantara Kristus dengan mereka dan yang lainnya, untuk mencapai tujuannya, dan mengurus keprihatinan mereka di bumi, untuk menjadi delegasi Kristus (vicarius Christi) – wakil Kristus (Christ’s Vicar), dan menjadi advokat/pengantara/pembela mereka bagi penentang mereka. Ketika Kristus bersama mereka, Dia berbicara bagi mereka, tetapi sekarang setelah Dia meninggalkan mereka, mereka tidak usah kuatir, Roh Bapa akan berbicara di dalam mereka,
Matius. 10:19, 20 (Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.). Dan mereka pasti menang karena mempunyai advokat/pengantara seperti itu.
:[2.] Kamu akan memiliki satu master atau guru, penasehat lain. Sementara Kristus bersama dengan mereka, Dia bersemangat dan mendorong mereka untuk tugas mereka, tetapi sekarang ketika Dia akan pergi, Dia akan meninggalkan sesuatu bagi mereka untuk dapat melakukan hal-hal yang efektif, meskipun secara diam-diam. Jansenius berpikir kata yang paling tepat untuk membuat itu adalah sebuah kata pelindung/pendukung, sesuatu yang baik untuk mengajar dan melindungi anda.
[3.] Penghibur lain. Kristus diharapkan sebagai penghibur bagi Israel. Salah satu nama Mesias diantara orangYahudi adalah Menahem - Penghibur. Targum menyebut hari-hari Mesias adalah tahun penghiburan. Kristus menghibur murid-murid ketika Dia bersama dengan mereka, dan ketika Ia akan meninggalkan mereka dalam kebutuhan mereka terbesar, Ia menjanjikan mereka yang lain.
:
II. Pemberi berkat :
Bapa akan memberinya, Bapa-Ku dan Bapamu, ini juga mencakup keduanya, Bapa Yang sama yang memberikan Anak menjadi Juruselamat kita, juga akan memberikan Roh-Nya untuk menjadi penghibur kita, sesuai dengan desain yang sama. Anak mengatakan akan mengirim Penghibur (Yoh 15:26), namun Bapa adalah yang paling utama.
:
III. Bagaimana berkat diperoleh

  • dengan perantaraan Tuhan Yesus: Aku akan minta kepada Bapa. Dia mengatakan dalam ayat 14 “ Aku akan melakukannya “, di sini Dia berkata: Aku akan berdoa untuk itu, hal itu tidak hanya menunjukkan bahwa Dia adalah Allah dan manusia, tetapi juga bahwa Dia adalah raja dan imam.
    Sebagai imam ia ditahbiskan bagi manusia sebagai perantara, sebagai raja ia diberi kuasa oleh Bapa untuk melakukan penghakiman. Ketika Kristus berkata, aku akan minta kepada Bapa, itu tidak berarti bahwa Bapa tidak bersedia, atau harus didesak untuk itu, tetapi hanya karena karunia Roh adalah buah dari mediasi Kristus, dibeli oleh pengorbanan, dan dibawa keluar oleh perantaraannya.

Bersambung…

author=Spartan

Sambungan …

:
IV. Kelanjutan dari berkat ini:
Sebab Ia menyertai kamu untuk selama-lamanya.

Artinya,
[1.] "Dengan kamu, selama kamu hidup. Kamu tidak akan mengetahui apa yang diinginkan oleh sang penghibur, atau menyesali kepergiannya.’’

:Catatan, Ini harus mendukung kita pada saat kita kehilangan kenyamanan yang direncanakan bagi kita pada waktu ada penghiburan abadi yang disediakan bagi kita. Tidak perlu Kristus harus selalu bersama mereka untuk selama-lamanya, bagi mereka yang telah direncanakan untuk pelayanan publik, tidak harus selalu menjalani kuliah-hidup; mereka harus menyebar, dan karena itu penghibur akan bersama dengan mereka semua, di semua tempat pada saat yang bersamaan, dimanapun mereka tersebar dan bagaimanapun mereka tertekan, hanya cocok dengan mereka untuk selama-lamanya

[2.]. "Dengan para penerus kamu, ketika kamu pergi, sampai akhir waktu; para penerus anda dalam agama Kristen, dalam pelayanan mereka’’

[3.] Jika kita mengambil kata “ selamanya” dengar arti yang luas, janji ini akan dicapai di dalam penghiburan Allah yang akan menjadi sukacita kekal bagi semua orang kudus, kegembiraan untuk selama-lamanya.

B.Penghibur ini adalah Roh Kebenaran, yang kamu kenal, ayat 16, 17.
Mereka mungkin berpikir tidak mungkin untuk memiliki penghibur yang setara dengan Dia yang adalah Anak Allah:. “Ya,’’ kata Kristus,” kamu akan memiliki Roh Allah, yang setara dalam kuasa dan kemuliaannya dengan Anak.

:(1.) Penghibur yang dijanjikan adalah Roh, yang harus melakukan pekerjaan-Nya secara spiritual, dalam hati dan tak terlihat, dengan bekerja pada roh manusia.

(2.) "Dia adalah Roh Kebenaran’’ Dia akan membenarkan kamu, dan bertanggung jawab untuk kamu, yang akan melakukan dengan sepenuhnya… Dia akan mengajarkan kamu kebenaran, akan menerangi pikiran kamu dengan pengetahuan, akan memperkuat dan menegaskan keyakinan kamu, dan akan meningkatkan kasih kamu.
Orang kafir dengan penyembahan berhala mereka, dan orang-orang Yahudi dengan tradisi mereka, akan dipimpin ke dalam kesalahan dan kekeliruaan yang besar; sebaliknya Roh kebenaran tidak hanya memimpin kamu ke dalam semua kebenaran, tetapi juga orang lain yang mendapat pelayanan dari kamu. Kristus adalah kebenaran, dan Dia adalah Roh Kristus, Roh dimana Ia diurapinya.

Bersambung…