Makna Paskah

Makna Paskah ( Passover message )

Tuhan memperkenalkan “ Paskah “ ( passover ) saat Bangsa Israel keluar dari belenggu kuasa Mesir yang memperbudak , menjajah : selama 400 tahun lebih , disaat bangsa Israel mau keluar dari kuasa Mesir , mereka harus menyembelih domba berumur satu tahun tanpa cacad dan cela , darahnya dioleskan dijenang pintu , dagingnya dipanggang dan makan roti tak beragi beserta sayur pahit . tidak boleh dimakan mentah atau direbus . Sisanya harus dibakar dan dengan berikat pinggang , berkasut kaki dan tongkat ada ditangan saat memakannya . Keluaran 12 : 7-11 .

Paskah , Pesah ( Ibrani ) berbicara telah dilewatinya Umat Tuhan dari malaikat maut , setiap Keluarga harus mengolesi jenang pintu rumah dengan darah anak domba . Tanda darah adalah gambaran Penebusan yang akan dilakukan oleh Tuhan Yesus sebagai anak domba paskah . ( 1 Korintus 5:7 )

Keluar dari Mesir , berbicara bebas dari penderitaan penguasa , bebas dari hidup tertekan , masa depan menjadi cerah tidak suram lagi , semua itu adalah gambaran Tuhan Yesus sebagai anak domba paskah telah menyelesaikan persoalan dan tekakan kehidupan manusia dari penderitaan , perbudakan , masa depan suram menjadi cerah , karena semua telah Tuhan Yesus selesaikan diatas kayu salib . Yohanes 19 : 30 .

Paskah juga merupakan gambaran Tanah Kanaan sedang menanti mereka atau masa depan yang cerah telah menunggu didepan , ( Pemulihan segala sesuatu ) Inilah makna paskah yang akan kita bahas lebih dalam lagi !

Kanaan , Berbicara pemulihan dari hidup tertekan ( dibawah bayang-bayang perbudakan Mesir ) beralih menikmati kehidupan dalam kelimpahan , susu dan madu ( hidup dalam kelimpahan jiwani dan jasmani ) , Hidup dalam kristus adalah ;

  1. hidup dalam “ Pemulihan segala sesuatu “ seperti yang dikatakan para Nabi . Kisah para Rasul 3 : 21
  2. hidup dalam “ Kasih karunia “ yang semakin besar ! 2 Korintus 3 : 18

Paskah berbicara pemulihan , kelimpahan dan hidup berkemenangan bagi manusia yang mempercayakan hidupnya dalam tangan dan pimpinan Tuhan ! Yohanes 10 : 10 .

Paskah seharusnya membawa pemulihan , kemenangan , keberhasilan , kekayaan , kesehatan dalam kehidupan , bukan kegagalan , kemiskinan , pecundang ( selalu kalah ) Sebab Tuhan yang memanggil kita sejak semula adalah untuk menjadikan kita kepala bukan ekor , naik dan bukan turun . Memiliki masa depan yang penuh pengharapan ! ( bukan suram )

• Kalau anda seorang kepala rumah tangga , Tuhan menginginkan menjadi kepala rumah tangga yang diurapi sehingga menjadi bijaksana dicintai dan dihormati anak dan istrinya .
• kalau anda ibu rumah tangga , Tuhan menginginkan anda menjadi ibu rumah tangga yang diurapi Tuhan sehingga menjadi ibu rumah tangga yang berhasil dicintai suami dan anak-anak .
• Kalau anda seorang pelajar , Tuhan menginginkan anda menjadi pelajar yang berhasil dalam setiap ujian dan lulus dengan nilai bagus .
• Kalau anda sebagai seorang pengusaha , Tuhan menginginkan anda menjadi pengusaha yang berhasil dan sukses .
• Kalau anda seorang pekerja , Tuhan menginginkan anda menjadi seorang pekerja yang memiliki kedudukan penting dan dihargai pimpinan .

Apapun karier dan posisi anda saat ini Tuhan menginginkan anda berhasil dan berkuasa atas situasi dan keadaan hidupmu karena “ Yesus Tuhan “ yang memimpin hidupmu !

Kuasa roh jahatpun harus tunduk dibawah otoritas Tuhan Yesus , sebab Tuhan Yesus telah melucuti iblis dalam perarakan kemenangan-Nya , Kolose 2 : 15 .

• Kalau saat ini anda tertekan dan tertuduh karena perbuatan dosa dimasa lalu , katakan Tuhan sudah mengampuniku dan membebaskanku , Lukas 7 : 47

• kalau anda saat ini terintimidasi karena hutang piutang , katakan Tuhan yang kaya rela jadi miskin agar aku yang miskin menjadi kaya , 2 Korintus 8 : 9
• kalau anda putus asa karena sakit penyakit yang belum juga disembuhkan , katakan Tuhan pasti menyembuhkanku karena bilur-bilur-Nya aku pasti disembuhkan . Matius 8 : 17 ; 1 Petrus 2 : 24 .

Jangan ijinkan iblis dengan tipu muslihatnya menuduh sehingga hidup kita tertekan , oleh sebab itu katakan aku hidup dalam Tuhan yang memberikanku kelepasan dan kemenangan bahkan hidupku sekarang yang ada dalam Tuhan membuatku lebih dari pemenang ! Roma 8 : 37 .

Kuasa kemenangan yang Tuhan berikan bukan karena latar belakang hidup kita ;

keluarga orang besar , kualifikasi pendidikan , penampilan jasmani , atau berapa banyak tabungan dibank ! Kuasa dan kememenangan yang kita alami sepenuhnya karena Tuhan Yesus sudah menyelesaikan semua masalah hidup manusia dikayu salib , dan karena kita yang hidup dalam kristus . 2 Korintus 2 : 14 .
Roma 5 : 17 , “ Sebab jika oleh satu orang maut telah berkuasa oleh satu orang itu ( Adam ) maka lebih benar lagi mereka , yang Telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugrah kebenaran akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu , yaitu Tuhan Yesus .”

a. Kata ; “ Telah menerima kelimpahan “ Jelas memastikan dan menunjukkan kelimpahan hidup bukan “ Akan “ tetapi telah ( sudah ) disediakan bagi setiap manusia yang hidup dalam-Nya .

b. Kata “ Berkuasa “ dalam ayat ini dari kata dalam bahasa yunani “ Basileuo “ bahasa Inggrisnya Basilica . Pada zaman Romawi kuno , Basilica dipakai sebagai tempat pengadilan Kerajaan , Dari kata tersebut kita tahu itu berbicara tentang kekuasan pengadilan Kerajaan ! atau berbicara berkuasa dalam hidup sebagai seorang Raja yang memiliki kekuasaan dan wilayah sedang mengadili ( iblis ) dengan segala tipu dayanya yang mengintimidasi dan membutakan mata rohani umat Tuhan !

Jadi kalau saat ini anda sedang menjalani kehidupan , dikalahkan oleh dosa , rasa bersalah , penyakit , kecemasan masalah keuangan , hubungan keluarga yang sedang menuju kepada kehancuran , dan ketakutan hukuman kekal , menunjukkan anda sedang tidak menjalani kehidupan seperti yang Tuhan kehendaki ! Sebab berdasarkan otoritas “ kebenaran Firman Tuhan “ Sesungguhnya anda yang ada didalam kristus ditakdirkan untuk berkuasa dan mengatasi masalah bukan dikalahkan dalam menjalani kehidupan ini , anda ditentukan Tuhan dalam wilayah kerajaan Allah untuk mengalahkan keadaan bukan dikalahkan keadaan , gunakan hak anda sekarang !

Rahasia “ kekuasaan “ dalam kehidupan kita sebagai anak-anak-Nya terletak “ Menerima “ segala sesuatu yang telah Tuhan Yesus “ Selesaikan diatas kayu salib bagi kita !”

Sekarang kita belajar perbedaan menerima dan mengusahakan

Banyak orang kristen yang tidak menyadari hal ini mereka berpikir untuk menerima anugrah-Nya perlu melakukan tindakan , perbuatan tertentu dengan ukuran–ukuran tertentu , sedangkan untuk menerima “ Kasih karunia “ dan anugrah pembenaran , hanya lewat Iman Kepada Yesus yang sudah menyelesaikannya dikayu salib ! Yohanes 19 : 30 . Manusia cukup hanya menerima saja !

Jalan yang seharusnya anak Tuhan tempuh adalah menerima saja apa yang sudah Tuhan Yesus selesaikan bagi hidupnya , tanpa usaha kemampuan manusiawinya untuk bisa berkuasa atas segala masalah dalam menjalani kehidupan ini , bukan juga berdasarkan kata orang atau kata pendeta tertentu , Imani dan terima anugrah-Nya , apa yang sudah Tuhan selesaikan diatas kayu salib dan jalani hidup ini dengan suka cita dan bahagia !

Untuk itu kita bisa belajar lebih jauh akan hal ini lewat Ibrani 10 : 12-14 mengatakan , “ Tetapi Ia , setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa , Ia duduk untuk selama-lamanya disebelah kanan Allah … Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang ia kuduskan.”

Duduk disini bukan untuk kita santai-santai tanpa melakukan perintah dan kehendak-Nya , Duduk yang dimaksud adalah bagi Tuhan yang sudah menyelesaikan tugas pelayanan bagi kita , jangan disalah artikan kita sekarang setelah menerima anugrah-Nya duduk-duduk saja dan akan diberkati Tuhan , tidak kita harus kerja , Amsal 6 : 6 ; 2 Tesalonika 3 : 10 dan oleh kasih karunia-Nya usaha kita dibuat Tuhan berhasil !

Kata duduk ini perlu kita perhatikan , Dulu dalam pelayanan Imam-imam dikemah Musa tidak ada kata duduk atau ada perangkat untuk duduk dikemah Musa , itu berarti Imam yang membawa korban-korban harus terus menerus ( berjalan ) melakukan tugas pelayanan membawa korban-korban karena segala korban dikemah Musa itu hanya bersifat sementara saja tidak bisa menyelesaikan dosa secara sempurna , maka harus diulang-ulang terus , sebab semua korban itu hanya bayangan ( gambaran ) yang akhirnya digenapi dalam Kristus Yesus ! ( Kolose 2 : 17)

Ketika Tuhan Yesus datang sebagai anak domba paskah , menjadi korban penebus dosa manusia , Yesus menyempurnakan korban penebusan manusia yang sempurna sehingga setelah menyelesaikan tugas-Nya Tuhan Yesus bisa “ Duduk “ dampaknya setiap manusia yang menerima karya keselamatan-Nya ia tidak perlu lagi mengupayakan dengan usaha mansuiawinya agar bisa berkenan dihadapan Tuhan dan mengalami semua janji-janji-Nya cukup menerima dengan Iman saja dan dibuktikan ketaatan akan jalan-jalan yang Tuhan tunjukkan !

Kebenaran Firman Tuhan ini jelas mengatakan Yesus telah menyelesaikan pemulihan hidup manusia dari bayang kutuk dan dipulihkan hubunganya dengan Bapa diatas kayu salib sekali saja ( sebagai korban penebusan ) dan telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang mempercayakan hidup kepada-Nya untuk selama-lamanya !

Oleh sebab itu seharusnya kita sebagai anak Tuhan bisa menjalani kehidupan dalam Tuhan dengan kuasa kemenangan dan kuasa otoritas karena kita hidup dalam wilayah dan area kuasa kerajaan Allah ! Efesus 1 : 20-23

Hadapi masalah persoalan baik jiwani ( pikiran dan perasan yang menuduh ) maupun lahiriah sakit penyakit masalah keuangan dengan ; Pikiran ( hidup dalam anugrah dan dalam ketaatan kepada-Nya ) dan perkataan positif ( mengucapkan janji-janji-Nya ) yang didasari Iman kepada apa yang Tuhan Yesus yang telah menyelesaikan semua masalah kehidupan umat manusia yang mempercayakan hidup sepenuhnya dalam tangan dan pimpinan Tuhan !

Ibadah paskah kali ini menjadi Langkah awal ( starting point ) untuk kita kembali hidup dalam rencana-Nya yang akan membawa dalam pemulihan segala sesuatu dan mulailah membangun hubungan yang lebih intim dengan-Nya lewat saat teduh ( baca Alkitab merenungkan dalam doa yang akan memberikan hikmat dan solusi atas semua permasalahan hidup kita dan mulailah melakukannya ) .

Setelah kita tahu makna paskah yang begitu luar biasa dan mulia Yaitu ;

• Tuhan Yesus telah menyelesaikan persoalan hidup manusia dari kutuk menjadi berkat .
• Dari menjalani hidup yang tertekan menjadi hidup berkemenangan dan berkuasa .

Apakah kita yakin akan semua kebenaran Firman Tuhan ini ?!

Kalau yakin , sewajarnya kita makin mengasihi dan rindu mengalami semua yang Tuhan janjikan agar lewat hidup kita yang berkemenangan dan berkuasa nama Tuhan dipermuliakan dimuka bumi ini !

Sebagai wujud kita “ Mensyukurinya “ atas apa yang sudah Yesus lakukan dikayu salib bagi kita seharusnya dalam menjalani kehidupan ini berpikir apa dan bagaimana hidup bisa menyenangkan hati Tuhan dengan menjadi berkat , untuk itu siap dilatih dan dimentor bagaimana bisa hidup jadi berkat bagi kemuliaan nama-Nya , supaya lewat hidup kita bisa menjadi berkat dan memuliakan nama Tuhan . Amin .

Selamat Merayakan Jumat Agung Rekan2 FK … :slight_smile:

Tuhan YESUS Memberkati