Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen?

Semua pengikut Yesus pasti mengakui bahwa mereka beragama Kristen. Tetapi apakah ada di antara mereka bisa membe­rikan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab bahwa Yesus beragama Kristen?

Pertanyaan seperti itu tampak sepele atau main-main, padahal kami benar-benar serius dan akan menepati janji bila ada diantara umat Kristiani atau dari agama manapun yang bisa memberikan bukti berupa ayat-ayatnya yang tertulis dalam Alkitab tentang pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen.

Jika Yesus ternyata bukan beragama Kristen, lalu apa nama agama Yesus yang sebenarnya? Apakah ada tertulis pada alkitab yang bisa menun­jukkan bukti atau menunjukkan ayat-ayat mengenai pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen.

Banyak umat Kristiani tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Yesus bukan beragama Kristen dan yang menamakan agama itu `Kristen’ bukan Yesus, tapi Barnabas dan Paulus (Saulus) di Antiokhia. Perhatikan ayat-ayat Alkitab dibawah ini :

"Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Sauius; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang.

Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.’
(Kis 11:23-26)

Ayat diatas membuktikan bahwa yang menamakan agama itu "Kristen’ bukan Yesus. tetapi Barnabas dan Paulus.

Seumur hidupnya Yesus tidak pernah tahu kalau agama yang dibawanya dinamai Kristen, sebab nama "Kristen’ itu baru muncul jauh setelah Yesus mati. Timbul pertanyaan; kalau begitu kapan Yesus mati dan kapan agama yang dibawanva dinama Kfisten? Menurut data yang kami baca dalam beberapa buku yang ditulis oleh kalangan Kristen sendiri, diantara-nya dalam buku “Religions on File” Yesus lahir sekitar tahun 4 SM (Sebelum Masehi) dan wafat sekitar tahun 29 M (Masehi). Semen­tara Paulus dan Barnabas memberi nama “Kristen” terhadap agama yang mereka bentuk, yaitu sekitar tahun 42 M. Ini berarti sekitar 13 tahun (42-29=13) setelah Yesus mati, baru muncul agama Kristen bentukan Barnabas dan Paulus.

Didalam kitab suci agama Islam yaitu A1 Qur`an, tidak dijumpai satu pun kata “Kristen”, yang ada kata “Nashara” karena Yesus berasal dari kota Nazareth. Dan pengikut ajaran Yesus disebut "Nashrani” bukan Kristen. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, kata "Kristen’ hanya disebutkan paling banyak 6 (enam) kali, yaitu pada Kis 11:26, Kis 26:28, Rm 16:7, 1 Kor 9:5, 2 Kor 12:2 dan 1 Ptr 4:16)

“Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen?”

Ini adalah sebuah pertanyaan, maaf, TOLOL! Kristen itu artinya pengikut Yesus, masak Yesus menyebut-nyebut dirinya pengikut diri-Nya sendiri. Kristen itu bukan agama, orang aja yang menyebut kelompok masyarakat Kristen/pengikut Yesus sebagai pemeluk agama Kristen.

Thank mas josh…

Kristen itu menurut saya bukan agama…dan Yesus datang kedunia tidak mengajarkan agama…
kristen itu kasih dan gaya hidup…apa yang sudah diajarkan Yesus’’’’

kalau masalah nama kristen itu agama…ya itu untuk identitas didunia ini
masa diKTP…SIM… ngelamar kerja dan data2 lain untuk urusan pemerintahan…ditanya agamanya apa?..masa jawabnya agama saya Yesus
agama itu buatan manusia sendiri…bukan buatan Tuhan…karena Tuhan tidak mengajarkan agama…tapi mengajarkan kebaikan…kasih…dan kebenaran…betul…

setuju banget dengan pendapat bro luckas dan kasih…:smiley:

duh… topik gk penting banget sich… itu khan cuma sebutan.

Bro Kasih…, sabar ya…sabar…
Bro n sis…di FK, kalau ada diskusi semacam ini, dan yang menyinggung perasaan iman percaya kita, kita jangan terpancing, lebih baik tinggalkan saja.
Syalom…

YESUS tetap ALLAH yang baik :smiley:

aku padahal baru mo ngejawab kaya gini tp dah d duluin sama bro kasih… :afro: :afro: :afro: :afro:

weits…knp lw yg jdi mrh2 gtu?
buka mta lw lebar 99x…
kah tuh da ayat na yg dah jelasin…
pa jgn 99x, lw g mo akuin tuh ayat…
wah…wah…wah…
lebih baik lw bandingin alkitab sekarang ma alkitab 5 tahun lalu…

good point.

wise answer…!!

sayangnya kita ga bisa “memahami” batasan suatu kalimat/kata itu “menyinggung” atau “tidak menyinggung”…
jangankan dengan cara beriman kita, sedangkan dengan norma hidup sehari-hari kita saja sudah berbeda-beda.
menurut saya kata-kata bro kasih si masih wajar… soalnya disertai kata “maaf” didepannya.

@Joshua
Coba kamu pahami deh kata2 di alkitab yang terdapat kata “kristen”
Kristen adalah sebuah identitas bagi Pengikut Yesus :smiley:

Yg mbri nama bukan Paulus dan Barnabas.
Yg mbri nama adl org2 di luar Kristen.

Dbri nama Kristen krn gaya hidup org2 tsb yg berbeda dan krn mereka memuji menyembah Yesus Kristus.

Maka itu dsebut org Kristen krn pngikut pnyembah Kristus.

Petrus, Yohanes dan Yakobus sbg rasul mula2 tidak pernah protes.


Yesus sendiri datang juga untuk mendirikan jemaatNya.

Mat 16:15-18
Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Yesus datang utk mdirikan Jemaat-Nya.
Jemaat siapa?
Jemaat dari Mesias, Anak Allah yg Hidup.

Apa sih terjemahan Mesias di bhs Yunani?
Kristos.
Alias Kristus.

Jemaat Kristos itu siapa?
Ya orang-orang Kristen toh.

Jadi pkataan Yesus sudah tergenapi.

Jangan mau diprovokasi…

Santai aja…

Teman teman pernah baca gak buku Sang putera dan Sang Bulan ? Buku ini menarik banget untuk dibaca dan dicermati, buku ini berisi penjelasan mengenai Alkitab dan Alquran dengan tema sentral Yesus dan Muhamad, sekalipun buku ini diperuntukkan buat orang Kristen namun orang seperti Joshua dan konco konconya boleh baca supaya berwawasan lebih luas dan pintar. Buku yang menarik dari segi isi maupun cara penulisannya dan cukup provokatif ( moga moga gak dilarang aja… ). Istilah nasrani pun dibahas di buku ini jadi menambah wawasan juga.

Yesus Kristus tidak membawa agama. Ajaran Yesus Kristus yang terutama adalah tentang Kerajaan Surga atau Kerajaan Allah yaitu pewujudan pemerintahan, kekuasaan, kemuliaan Allah di atas muka bumi, serta kehidupan kelak di akhirat. Dia lebih menekankan hal-hal batiniah ketimbang lahiriah. Kalangan Yahudi memberi istilah sekte orang Nasrani kepada pengikut Kristus untuk membedakan sekte-sekte atau mazhab-mazhab (Yunani: αιρεσις - HAIRESIS) yang ada di kalangan itu seperti mazhab Farisi dan mazhab Saduki.

Tidak ada satu pun perkataan Yesus Kristus maupun para murid-Nya yang mengatakan bahwa mereka membawa “agama Nasrani”. Paulus tidak mengembangkan “agama Kristen”. Gereja di Antiokhia justru terbentuk gara-gara Paulus menganiaya orang Kristen sehingga mereka tersebar ke sana (Kisah Para Rasul 11:19).

Istilah Kristen (Yunani: χριστιανος – KHRISTIANOS) diberikan oleh orang Yunani dan Romawi kepada para pengikut Kristus untuk membedakannya dengan para pengikut Kaisar, pengikut Herodes (Yunani: ηρωδιανοι - HÊRÔDIANOI), dan sebagainya.

lalu kristen bukan agama ya?
ternyata paulus itu jahat juga ya?
kenapa harus dipercayai paulus lg dong?
ternyata yesus juga bukan tuhan dong?

Semuanya sudah dijawab. Baca-baca dulu lah sebelum posting

Emang bagus kok bukunya. recomanded deh :afro: