MANAKAH KARYA ROH KUDUS ?

Komentar semacam ini sesungguhnya mengandung praduga, bahwa seolah-olah ROH KUDUS lebih menyatakan kebenaran kepadanya, daripada kepada Gereja. Kami sebagai pewarta Katolik, juga waspada, agar jangan sampai kita bersikap seperti ini. Sebab Kristus sendiri yang berjanji akan menyertai Gereja-Nya -yang didirikan-Nya di atas Rasul Petrus- sampai akhir zaman; dan menjamin bahwa Gereja-Nya itu tidak akan sesat ataupun binasa (lih. Mat 16:18-19; 28:19-20) maka dengan kerendahan hati, mari kita mendengarkan ajaran Gereja, agar kita dapat sampai kepada pemahaman yang benar akan ajaran dan kehendak Tuhan. Sebab keseluruhan ajaran Kristus disampaikan kepada Gereja, yaitu yang dimulai dari para rasul, baik secara lisan maupun tulisan, yang kemudian diteruskan secara turun temurun oleh para penerus mereka; dan yang sampai sekarang dilestarikan oleh Gereja Katolik. Dengan demikian, kita tidak sepantasnya menganggap bahwa ajaran Gereja adalah semata ajaran manusia. Justru dalam banyak hal, ketika ada banyak orang yang sama-sama mengklaim ‘mendapat pencerahan ROH KUDUS’ namun mengajarkan hal yang berbeda-beda untuk suatu topik ajaran yang sama, kita perlu dengan rendah hati mendengarkan penjelasan Gereja, agar kita dapat memperoleh jaminan, akan manakah ajaran yang benar atau yang mengandung kepenuhan kebenaran sebagaimana dikehendaki oleh Kristus yang adalah Sang Kebenaran itu sendiri (lih. Yoh 14:6).

Jangan kita lupa, iman Kristiani adalah iman yang tidak hanya berdasarkan buku
, sebab yang kita ikuti bukanlah hanya hukum dan peraturan, tetapi Seorang Pribadi, yaitu Kristus, Sang Sabda Allah yang menjelma menjadi manusia (lih. Yoh 1:1, 14). Yesus sendiri tidak pernah menulis buku, tetapi mengajar secara lisan kepada para rasul dan para pengikut-Nya. Sebagian dari ajaran Yesus secara lisan inilah, bersama dengan kejadian-kejadian seputar hidup Yesus, yang kemudian dituliskan dalam kitab Injil, baik oleh rasul-Nya (Matius dan Yohanes), maupun oleh murid dari rasul-rasul-Nya (Markus yang adalah murid Rasul Petrus, dan Lukas yang adalah murid Rasul Paulus). Melihat kenyataan ini, selayaknya kita memiliki penghargaan terhadap pengajaran para rasul dan para penerus mereka -yaitu Gereja- sebab dari merekalah kita memperoleh Injil. Sudah sepantasnya, kita mempunyai sikap seperti jemaat di Tesalonika, yang menerima pengajaran para rasul sebagai ajaran Tuhan, dan bukan sebagai ajaran manusia belaka (lih. 1 Tes 2:13).

Wakil Allah didunia itu ROH KUDUS, bukan paus
Itu sebabnya ketika Tuhan Yesus kembali ke surga, ROH KUDUS berdiam didlm setiap org percaya
Hanya oleh pimpinan kuasa ROH KUDUS gereja bisa berbalik kpd Alkitab, dan meninggalkan pengajaran2 yg menyesatkan

Pimpinan Roh Kudus tdk akan melahirkan pengajaran2 yg bertentangan dgn Alkitab
Doa yg diulang2, berdoa kpd yg lain selain Bapa dan Tuhan Yesus adalah bukti2 nyata pelanggaran itu

Memang umat katolik tdk pernah diajari ayat2 ini
sehingga tahunya Roh Kudus hanya ada didlm paus
silakan baca & Lihat sendiri apa yg dikatakan oleh Alkitab yg adalah Firman Allah
I Korintus 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

I Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Jadi yang membaptiskan kamu dahulu itu Roh Kudus ya? Yang memberi dan membagikan perjamuan kudus juga Roh Kudus? Yang ngajarin buka Alkitab, suruh hapalin ayat-ayat ini dan itu, semua adalah Roh Kudus?

Betul yg menjadikan org percaya menjadi anak2 Allah itu Roh Kudus, gak tahu ya? gak diajarin kan?
Perjamuan Kudus tanpa Roh Kudus cuma ritual biasa
Baca ayat2 Alkitab tanpa Roh Kudus cuma apal cangkem
Jadi peran Roh Kudus dlm diri org percaya memang luar biasa,

Tapi selama hidup saya belum pernah melihat roti dan anggur perjamuan melayang-layang sendiri dan masuk ke mulut umat.
Saya juga belum pernah melihat seorang katekumen bisa menyelem sendiri dan air tiba-tiba naik mengguyurnya. Yang saya lihat adalah, selalu ada orang yang menjadi WAKIL dari pekerjaan Roh tersebut.
Entah ya kalo di gereja anda yang banyak pake cangkem doang.

kamu memang gak ngerti,
menuntut Roh Kudus kasat mata :smiley:
namanya saja Roh moso iso ketok, ono2 wae cah siji iki ;D
(namanya saja Roh masa bisa kasat mata, ada2 saja anak yg satu ini)

yang namanya WAKIL itu HARUSNYA kasat mata tidak?

wakil menurut pengertian cetekmu pasti harus kasat mata,
tapi kalau dari sudut pandang Tuhan yg adalah Roh, moso kudu kasat mata?
Terlalu kowe ;D

Memang pengertian saya cetek sih. Tapi setahu saya kalo Gubernur Jakarta, Jokowi, berhalangan datang ke suatu rapat, maka wakilnya, Ahok, pastinya kasat mata dan hadir dalam rapat tersebut.
Kristus sebagai Allah saja, untuk bisa mendekati manusia, harus bisa kasat mata dan berkomunikasi dengan manusia koq. Musa sebagai wakil Allah bagi bangsa Israel juga kasat mata.
Entah ya kalo Hermes atau Iris dalam mitologi Yunani. Mungkin teologi anda sangat dipengaruhi oleh mitos-mitos tersebut.

Lha makanya belajar yg bener mumpung hari masih siang,
manusia pasti wakilnya manusia, itu sepadan toh?
moso Allah yg tdk pernah berhalangan wakilnya manusia yg iso mati dan mundur?
Tuhan Yesus katakan Aku akan kirimkan seorg Penolong > Roh Kudus
Ketika seseorg lemah Roh Kudus menguatkan,
Ketika seseorg sedih Roh Kudus menghiburkan
Ketika seseorg lupa Roh Kudus mengingatkan,
Dia tdk pernah berhalangan dan selalu hadir didlm setiap org yg mau percaya

Oh, gitu ya? Berarti Musa bukan wakil Allah ya? Orang tua saya juga kalo gitu bukan wakil Allah ya?
Para penatua, presbiter, episkopos yang ada di PB juga ternyata bukan wakil Allah ya?
Baru ngerti saya.

Kalo gitu pendetamu bukan wakil Allah juga dong? Lantas pendetamu wakil siapa? Apakah mewakili dirinya sendiri kalo gitu? Mungkin pendetamu adalah “Aku adalah aku” seperti yang dikatakan Allah di gunung Sinai?
Siapa tahu toh?

Oh ya, BTW kemarin saya lupa taroh kunci mobil. Istri saya yang mengingatkan. Jangan-jangan istri saya titisan dari Roh Kudus ya?

mereka semua pelayan Tuhan, cuma hamba, udh ngerti?
wakil Tuhan ya harus yg sepadan, yg tdk pernah berhalangan apalagi mati

istrimu itu kasat mata tdk? masa gak bisa bedain dgn Roh Kudus?
baca lagi Kejadian 2:18

Berarti Allah yang satunya gak bisa apa-apa dong? Buktinya ia harus diwakili ole Roh Kudus yang katanya Allah juga? BTW, orang kristen punya brapa Allah sih? Dua ya? Yang satu ketua, satunya lagi wakil kalo pas berhalangan?

Sebenarnya sih INTI Persoalannya GAMPANG dan MUDAH saja kok … BENAR kata Bro Roderick … selalu ada orang yang menjadi WAKIL dari pekerjaan Roh tersebut… CUMA juga kita nya aja yg KUDU HATI2 dan selalu ELING karena yg jadi WAKIL namanya Orang/Manusia … sedangkan kata Alkitab … TIDAK ADA seorangpun yg Tidak Berdosa alias semua Manusia telah Kehilangan ke MULIA an Allah … bersikaplah BIJAK bila mendengar Ajaran dari Sang Wakil yg namanya Manusia/Orang itu … pada SAAT ia CHILAF, BIAS dan MENCONG … ya KUDU di INGAT kan … jangan sampai kita menjadi Umat dari Kelompok BIDAT yg CIRI nya adalah apapun kata Ketua “Sang Wakil” KUDU DIIKUTI gak Boleh Dibantah … jadi deh si manusia Wakil itu bagaikan ILAH / BAAL dihadapan Allah YHWH, gara2 semua Ucapannya menjadi LEBIH TINGGI dari ajaran Allah YHWH sendiri !
Yeremia 9 :
1 Sekiranya kepalaku penuh air, dan mataku jadi pancuran air mata, maka siang malam aku akan menangisi orang-orang puteri bangsaku yang terbunuh!

2 Sekiranya di padang gurun aku mempunyai tempat penginapan bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan, maka aku akan meninggalkan bangsaku dan menyingkir dari pada mereka! Sebab mereka sekalian adalah orang-orang berzinah (berzinah dalam roh), suatu kumpulan orang-orang yang tidak setia.

3 Mereka melenturkan lidahnya seperti busur; dusta dan bukan kebenaran merajalela dalam negeri; sungguh, mereka melangkah dari kejahatan kepada kejahatan, tetapi TUHAN tidaklah mereka kenal.

4 Baiklah setiap orang berjaga-jaga terhadap temannya, dan janganlah percaya kepada saudara manapun, sebab setiap saudara adalah penipu ulung, dan setiap teman berjalan kian ke mari sebagai pemfitnah.

5 Yang seorang menipu yang lain, dan tidak seorangpun berkata benar; mereka sudah membiasakan lidahnya untuk berkata dusta; mereka melakukan kesalahan dan malas untuk bertobat.

6 Penindasan ditimbuni penindasan, tipu ditimbuni tipu! Mereka enggan mengenal TUHAN.

7 Sebab itu beginilah Firman Tuhan semesta alam: "Sesungguhnya, Aku mau melebur dan menguji mereka, sebab apakah lagi yang dapat Kulakukan terhadap puteri umat-Ku?

8 Lidah mereka adalah anak panah yang membunuh, perkataan dari mulutnya adalah tipu; mereka berbicara damai dengan temannya, tetapi dalam hatinya mereka merancang pengadangan terhadapnya.

9 Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah Firman Tuhan. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku kepada bangsa yang seperti ini?

10 Menangis dan merintihlah karena gunung-gunung, dan merataplah karena padang rumput di gurun, sebab semuanya sudah tandus sampai tidak ada orang yang melintasinya, dan orang tidak mendengar lagi suara ternak; baik burung-burung di udara maupun binatang-binatang, semuanya telah lari dan sudah lenyap.

14 melainkan mengikuti kedegilan hatinya dan mengikuti para Baal seperti yang diajarkan kepada mereka oleh nenek moyang mereka.

Bahkan Tuhan Yesus dalam Firman-Nya di Matius 23 dengan TEGAS menyatakan bahwa kita sebagai Umat juga tetap harus HATI2 kepada sang WAKIL itu (yg menduduki Kursi Musa) lho … karena kadang2 mereka seperti Orang Parisi, Ahli2 Taurat dan Imam2 Bait Allah …
1 Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya:
2 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa (alias mereka adalah Sang Wakil ).
3 Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.
Bersambung …

Sambungan …
LEBIH SERAM lagi Peringatan Tuhan Yesus diayat ini :
13 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi (Sang WAKIL itu), hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.
Jadi BENAR anjuran Rasul Paulus … UJILAH setiap Ajaran Sang Wakil (takutnya kalau lagi EROR suka BIAS dan KORUP “menyalah gunakan kekuasaan yg dipegangnya”) dengan meminta ROH KUDUS dan Alkitab sebagai Barometer dan Parameter untuk menjadi Pengukurnya dan Pengujinya !

[b]Wakil Allah didunia itu ROH KUDUS[/b], bukan paus Itu sebabnya ketika Tuhan Yesus kembali ke surga, ROH KUDUS berdiam didlm setiap org percaya Hanya oleh pimpinan kuasa ROH KUDUS gereja bisa berbalik kpd Alkitab, dan meninggalkan pengajaran2 yg menyesatkan

Komen di atas masih belum juga diklarifikasi oleh ybs.
Sungguh aneh ada orang Kristen Trinitarian yang menganggap Roh Kudus adalah WAKIL Allah di dunia.

wa.kil 1 n orang yg dikuasakan menggantikan orang lain: paman bertindak sbg ~ ayah dl persidangan itu; 2 n orang yg dipilih sbg utusan negara; duta: dia merupakan salah seorang ~ indonesia dl perebutan piala thomas; 3 n orang yg menguruskan perdagangan dsb untuk orang lain; agen: ia sbg ~ tunggal di kotanya; 4 n jabatan yg kedua setelah yg tsb di depannya: ~ ketua; – makota 1 wakil raja ; – nikah 1 orang yg menggantikan laki-laki dl melaksanakan upacara pernikahan ; – rakyat 1 orang-orang yg duduk sbg anggota badan perwakilan rakyat; utusan rakyat

Sejak kapan ada penganut Trinitarian yang menganggap Roh Kudus tidak setara dengan Allah ?

Mungkin istilahnya bukan wakil, karena Roh Kudus itu juga Allah sendiri.
Yang jelas sekarang Roh Kudus bekerja melalui semua orang percaya, bukan melalui orang-orang tertentu.

Sayangnya banyak orang yang suka memanipulasi Roh Kudus ini, dengan berkata bahwa hanya dirinya atau kelompoknya yang bisa mendengar Roh Kudus.
Trik-nya macam-macam, ada yang bilang dirinya pernah ketemu Tuhan, atau punya pengalaman spektakuler bersama Tuhan, atau berkata bahwa gerejanya paling benar, paling orisinil, paling apostolik.

Orang-orang seperti ini akan membuat jemaat bergantung pada diri mereka. Sedangkan orang-orang yang benar-benar dipakai Roh Kudus akan membawa jemaat kepada Yesus, dan kembali bergantung pada ROh Kudus.