MANAKAH YG LEBIH BEROSA: MENDOAKAN ORANG MATI VS ABORSI

MENDOAKAN ORANG MATI VS ABORSI

Seringkali membaca pendapat kaum PROTESTAN yang menyerang iman Katolik menjadikan saya bertanya2. Latar belakangnya selalu karena KONTEKS bahwa ini TERTULIS dan ini TIDAK TERTULIS. Yang TERTULIS haruslah diimani tetapi yang TIDAK TERTULIS tidak perlu di imani. Inilah yang sering mendatangkan perdebatan. Contoh yang paling sering adalah soal DOA BAGI ORANG YANG SUDAH MENINGGAL. Bagi PROTESTAN tindakan itu adalah SALAH dan TIDAK PERLU. Karena TIDAK TERTULIS. Meskipun KATOLIK sendiri mempunyai dasar yaitu KITAB MAKABE. Namun berbeda jika itu menyangkut ABORSI. Banyak sekali Umat dan gereja PROTESTAN SETUJU! Sekali lagi karena TIDAK TERTULIS (setidaknya menurut protestan). Berbeda dengan GEREJA KATOLIK yang SANGAT MENENTANG ABORSI.

Sekarang pertanyaan saya untuk kaum beriman MANAKAH YANG LEBIH BERDOSA :

A. MENDOAKAN ORANG YANG SUDAH MENINGGAL
B. MELAKUKAN ABORSI?

Mohon partisipasinya, dan sertakan alasannya mengapa memilih A lebih berdosa dari B atau sebaliknya?

Salam

kalo sia2 : yang satu tidak dikerjakan dan yg lain juga tidak dikerjakan… :smiley:

Jadi dua-duanya dosa?

Mendoakan orang mati bukan dosa, tetapi tidakan yang tidak perlu menurut iman Protestan. Anda harus tahu bedanya dosa dan tidak dosa. Kelamaan memang dapat menjadi dosa saat seseorang memindah imannya kepada orang mati sehingga tanpa disadari menjadikan orang mati berhalanya.

Aborsi adalah pembunuhan. Bukan saja gereja Katholik, Protestan juga meyakini yang sama. Dalam beberapa kasus aborsi dibenarkan. Namanya juga kasus, jadi tinjuau untuk masing-masing kasus, bukan bersifat umum.

Jika anda belajar melihat seperti Kristus melihat, maka anda tidak akan merasa ada sesuatu yang aneh, antik dan ajaib dari pandangan masing-masing aliran gereja. Tetapi jika dasarnya sudah kebencian, permusuhan, merasa benar sendiri, maka apa saja akan salah, apa saja…

A : yang satu sia-sia
B : yang satunya ini memang berdosa

Mohon penjelasan yang saya bold merah dan garis bawahi.

No coment aja bro. Jika anda berpikir bahwa saya dalam membuat threat ini didasari oleh kebencian, permusuhan, dan merasa benar sendiri saya kembalikan kepada anda!

Thx partispasinya. Mohon disertakan alsan mengapa Aborsi itu berdosa? dan Mengapa mendoakan orang mati adalah sia-sia?

Ada lagi?

Difinisi dosa itu kan melanggar FT.

Jadi dua2nya melanggar FT. Artinya dua2nya dosa.

Cuma sifatnya beda. Mendoakan orang mati itu memang menyangkut iman atau ajaran. Jadi dosa dari akar ajaran.

aborsi itu kadang2 dilakukan oleh orang yang tahu bahwa aborsi itu dosa. Tapi karena kepepet ya dilakukan.

Jadi pelaku doa buat orang mati itu percaya yang dilakukan tidak dosa walaupun menurut alkitab dosa.

Tapi pelaku aborsi itu biasanya tahu yang dilakukan itu memang dosa. Jadi sebagian pelaku aborsi tidak percaya ajaran aborsi itu baik.

A. MENDOAKAN ORANG YANG SUDAH MENINGGAL !
I. Bagi orang yang percaya bahwa orang mati langsung ke sorga atau neraka, - Mendoakan orang mati adalah pekerjaan yang sia-sia.
II. Bagi orang yang percaya bahwa orang mati masih bisa berobah, maka mendoakan orang mati itu ada manfaatnya.

Kalau ada yang mengatakan bahwa mendoakan orang mati adalah berdosa, berarti dia secara tidak langsung menyalahkan Petrus dan Paulus, sebab mereka juga pernah mendoakan orang yang sudah mati.

B. MELAKUKAN ABORSI.
Ini adalah salah satu bentuk pembunuhan, jadi pasti berdosa.
Bagi orang yang tidak ikut menentang Aborsi, berarti dia mengizinkan terjadinya pembunuhan.
Misalnya: Seorang pendeta, dia tahu bahwa umatnya mau melakukan ABORSI, akan tetapi dia diam saja, sebab takut kalau orang ini bertanya, bagaimana jalan keluar untuk menyelesaikan problemnya, dan pendeta ini tidak tahu jawabnya, maka dia pura-pura tidak tahu apa-apa.
Berarti gembala ini ikut berdosa.

Maka di gereja katolik, ABORSI sungguh-sungguh ditentang.
Di Canada umat katolik disuruh memberikan tanda tangan menentang ABORSI, untuk diajukan kepemerintah.
Di Vancouver di rumah sakit katolik disediakan ruang untuk menerima bayi-bayi, bagi ibu yang menolak bayinya, agar supaya tidak di ABORSI, bayi tsb. bisa ditaruh diruang itu, dan beberapa menit setelah ibunya pergi, baru alarm berbunyi tanda ada bayi di ruang itu.
Jadi si ibu tidak usah khawatir identitasnya diketahui.
Selanjutnya nanti rumah sakit yang memelihara, dan diteruskan kepada jalon-jalon yang sudah ada yang mau mengadobsi.

ABORSI yang setiap harinya ribuan bayi dibunuh, dan semakin tahun semakin bertambah banyak korban bayi yang digugurkan, anehnya dari pihak gereja Protestant, tidak ada respond sama sekali, seolah-olah tidak ada terjadi apa-apa pembunuhan yang begitu sadis dan semakin terang-terangan dilegalisir.

dimana-mana, kalo ada postingan-nya MbahSam, pasti muncul Katolik dan Protestan

kenapa ya ? :char12:

GBU My Bro

BTT bro

Bisa dijelaskan yg dimaksud dengan kepepet? Jadi kalau dilakukan karena kepepet tidak dosa? Tunjukkan contoh kasusnya.

Tunjukkan di ayat mana doa bagi keluarga yang telah meninggal iti dosa.

saya kok tidak pernah tahu paulus dan petrus mendoakan orang mati.

Mengenai tidak boleh mendoakan orang mati, kita harus lihat alkitab secara keseluruhan. Pertobatan itu waktu masih hidup. Kalau sudah mati bisa diubah dari neraka ke surga atau sebaliknya maka orang akan pilih bertobat setelah mati saja. Ayatnya saya tidak hafal jadi mesti sabar sampai ketemu.

Yang namanya dosa mana ada LEBIH BERDOSA dan TIDAK BERDOSA, yang ada itu tidak berdosa dan berdosa. Jadi kalau ditanya mendoakan orang mati berdosa ya dosa, aborsi juga dosa. TS buat apa buat thread beginian kalau tau keduanya dosa?

Mau cari pembenaran terhadap doktrin tertentu? Semoga tidak ya.

Salam… :slight_smile:

Yup setuju.

[email protected]

Masalah mendoakan orang mati…?? Bagi umat Protestan sangat tidak dibenarkan ( di larang ) karena lebih bermanfaat mendoakan orang yang masih hidup. Landasan ayat Firman Tuhannya pun ada loh [email protected]…?! untuk tidak mendoakan orang yang sudah mati / sudah ada dikuburkan ( baru mati ataupun mati sudah lama )

Masalah Aborsi apalagi…ini adalah masalah melakukan pembunuhan secara sengaja dan berencana , baik oleh si ibu kandungnya si bakal janin ataupun berkongsi dng pihak lain, pembunuhan bakal janin atau yang sudah menjadi janin ini , ya dilarang lah oleh Umat Tuhan…Khusus nya umat Protestan.

Jadi kedua tindakan diatas adalah sama-sama berdosa, karena melanggar Firman Tuhan.

Salam GBU…

Re: MANAKAH YG LEBIH BEROSA: MENDOAKAN ORANG MATI VS ABORSI

dosa kecil atau dosa besar tetap saja berdosa.

sia2