Manfaat Buah Pisang

Poppy says:
Siapa yang tidak tahu buah yang 1 ini, pisang. Yang dengan mudah kita temui di pasar hehe meski begitu banyak loh manfaatnya buat kesehatan tubuh, yukkk cek and ricek.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh :: Setelah sebelumnya telah diulas sedikit tentang kandungan gizi buah pisang, artikel kali ini akan mengulas sedikit tentang manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur.
Manfaat buah pisang untuk tubuh
Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang saya kumpulkan dari beberapa sumber :

  1. Dapat meningkatkan konsentrasi.
    Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yg sedang bermasalah dengan konsentrasi.

2.Baik dikonsumsi oleh ibu hamil
Asam folat yang terkandung dalam buah pisang, bersifat mudah diserap oleh janin melalui rahim. Oleh karena itu mengkonsumsi buah pisang dianjurkan untuk ibu hamil, Tapi tentunya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan janin.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan.
    Serat dan karbohidrat dalam buah pisang dapat membantu mengatur sistem saluran pencernaan tubuh, dan membantu mengontrol gerakan usus agar tetap teratur. Selain itu, Pektin yg terdapat didalamnya dapat meningkatkan sistem kerja pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit.

  2. Mencegah stress.
    Konsumsi buah pisang secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar potasium dalam tubuh. Kadar potasium yg cukup akan memberikan ketenangan pikiran dan menjauhkan diri dari stress.

  3. Membantu meningkatkan fungsi ginjal.
    Potasium dalam buah pisang juga dapat memberikan efek positif pada ginjal. Dengan cukupnya kandungan potasium dalam tubuh. Maka akan memudahkan tubuh dalam mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin.sehingga kondisi ini akan menjaga ginjal tetap baik. Selain itu, kandungan senyawa fenolik antioksidan dalam buah pisang cukup tinggi. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan ginjal.

  4. Membantu memperkuat tulang.
    Kandungan prebiotik dalam buah pisang yang disebut fructooligosaccharide akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi terutama kalsium secara lebih mudah. Dengan banyaknya kalsium yang terserap tubuh, maka kebutuhan tulang akan kalsium dapat tercukupi, sehingga resiko tulang terserang osteoporosis akibat kekurangan kalsium dapat dihindarkan.

  5. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
    Kadar kalium tinggi serta kandungan sodium rendah. Menjadikan buah pisang layak untuk dikonsumsi untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan juga stroke.

  6. Menjaga kesehatan mata
    Kandungan vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah pisang kaya akan kalium, kalium dapat membantu menjegah mata kering dengan mengontrol keseimbangan natrium dalam mata dan juga pelepasan cairan.

  7. Mencegah kulit kering
    Vitamin A dan Kalium dlm buah pisang juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu menghindarkan kulit kering.

10 . Sebagai sumber tenaga.
Kandungan gula dalam buah pisang bersifat mudah larut sehingga dapat dengan mudah diserap tubuh dan diubah menjadi glukosa yang akhirnya akan diproses menjadi sumber energi tubuh. Oleh karena itu, buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pekerja berat ataupun para atlit untuk mengganti energi mereka setelah beraktivitas.

  1. Mencegah anemia.
    Tingginya kandungan zat besi dalam pisang,menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi terutama bagi anda yang terserang anemia. Dgn kandungan zat besi ini, bisa membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh menjadi stabil serta mengembalikan tekanan darah dalam keaadaan normal.

12.Meredakan nyeri haid
Vitamin B6 dlm buah pisang bisa berperan dalam meredakan rasa sakit ketika haid pada wanita.

  1. Mengurangi efek nikotin pada tubuh.
    Bagi anda yg berkeinginan berhenti merokok, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang , karena kandungan B6 dan B15 dalam buah pisang dapat membantu mengurangi efek nikotin dalam tubuh anda.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2013/01/manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan.html?m=1


Menurut pengalaman saya, buah pisang jangan dikonsumsi bagi yang menderita ambeien. Bikin tambah parah. Kalo bagi kondisi darurat mencret-mencret, baguslah kalo makan pisang. Tapi bagi penderita ambeien kronis sebaiknya berhenti makan pisang.

Jenis buah pisang yang bagus untuk kesehatan:

  1. Pisang susu.
  2. Pisang batu.
  3. Pisang raja.

Makasih buat info tambahannya Roderick dan Jodi, GBU.

Smoga bermanfaat bagi pembaca :slight_smile:

Bila seorang anak sedang kurang sehat/badan panas, jangan berikan buah pisang (secara khusus pisang Ambon/warnanya hijau pangjang) karena akan menghasilkan banyak reak/lendir pada tenggorakan+batuk tidak berkesudahan, panas badan akan naik tidak stabil.

Untuk orang dewasapun diharapkan tidak mengkonsumsi buah pisang bila badan kurang sehat, boleh mencoba pisang susu/batu/raja (dari pengamatan - pisang ini tidak membuat reaksi tambahan spt panas/batuk/lendir). Perlu mengadakan penelitian kandungan zat/reaksi kimiawi apa saja yang ada sehingga pisang Ambon itu memberikan reaksi kurang menguntungkan bila badan panas/tidak sehat.
Pisang batu sangat baik untuk penderita sakit Maag akut/kurang minat mengkonsumsi nasi/sayur+lauk pauknya.

Untuk usia di atas 50 tahun, dianjurkan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari untuk kekuatan tulang.

CATATAN PENTING:

  1. Makan pisang termasuk semua jenis buah-buahan 1/2 jam sebelum makan makanan berat seperti nasi+lauk pauknya. Bila makan pisang termasuk semua jenis buah-buahan setelah makan atau bersama-sama makan makanan berat, buah-buahan itu kurang memberikan manfaat yang menguntungkan (istilah yurnal yang mempromosikannya=‘busuk’).
  2. Makanlah semua jenis buah-buahan pagi hari untuk energi sepanjang hari sampai malam.
  3. Buah-buahan seperti nanas/apel atau buah yang keras/kurang lembut sangat dianjurkan dijus/diblender/dihancurkan memakai alat penghancur spt juicer/bleder/dls.
  4. Buah nanas banyak serat maka sangat baik untuk pencernaan/usus termasuk pencegah penyakit akut lainnya.
  5. Penyandang penyakit usus akut, sangat dianjurkan mengkonsumsi 1 gelas jus nanas setiap hari.
  6. Di Lampung ada satu pabrik pengemas nanas (setelah diolah kemudian dikemas ke dalam kaleng) untuk dikespor ke Jepang, Eropa, AS/dll. Jenis nanas yang dibudidayakan adalah nanas berasal dari Hawaii.

Perusahaan Pengemas Nanas Lampung dilaporkan sebagai pengekspor nomor 1 di dunia:
http://alamatkantorperusahaan.com/01/31/daftar-perusahaan-perkebunan-dan-pengolahan-nanas/
http://radarlampung.co.id/read/berita-utama/38109-nanas-lampung-diminati-maroko

Pisang baik gak buat bayi? Jenis apa ya?

Klo liat di kampung-kampung jaman dulu, bayi umum nya dikasih pisang juga, dikerok-kerok dg sendok … dilihatnya asyiknya lho hihihihihihi …

Sangat cocok:

  1. Berikan pisang susu/raja.
  2. Dikerok memakai sendok. Biasanya bayi di atas 6 bulan sangat senang makan pisang karena manis.

Saya sempat mengambil gambar pisang susu, pisang raja belum difoto.


kalo susah be’ol alias buang air besar,
gw makan pisang, 1 - 2 ekor aja,
langsung lancar. selamat be’ol yaa ;D

Manfaat lain buah pisang adalah antara lain:

  • Bisa dipakai buat fitness
  • Bisa dipake buat renang
  • Bisa buat naik haji
  • Bisa buat sekolahan
  • Bisa untuk masuk rumah sakit
  • bisa buat bangun rumah
  • dll

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cari lahan yang lumayan rame untuk disewa
  2. Beli peralatan dapur terutama buat gorengan
  3. Jualan pisang goreng.
  4. Selamat mencoba :slight_smile:

GBU

Jadi pengen makan pisang

Lihat gambar Dya jd pengen makan Pisang goreng . (•‘ڡ’•)

monyetnya mana?

O gitu? Klo saya sih biasa pagi minum air putih, otomatis dech perut langsung bereaksi positip, jadinya lancaaarrrr :smiley:

Nah memang ini repotnya, klo pisang mentah saya kurang suka, tp pisang goreng suka banget, tapi nya lagi jadinya banyak konsumsi minyak dech :slight_smile:

@Tukangceklik: Kita bahas pisangnya aja bagus buat kesehatan hehe monyetnya di puun kebun binatang.

@epp.wiwoho: gpp bro sekali2 makan pisang goreng hehe minyaknya juga bagusnya minyak pilihan yg higienis. (:

karena gw pikir monyet itu ahli milih pisang yg terbaik mutunya, jadi mau tau pisang jenis apa yg terbaik, ekorlah monyetlah, tunggu monyetnya lengah…rebut-sambar pisang yg di tangan monyet itu, selidiki pisang jenis apa yg dipilih monyet itu…itulah pisang terbaik…entar kapan2 gw mau usul ini ke Discovery Channel biar dibuatkan dokumentasi hasil penelitian ‘pilihan monyet number one’… :azn:

Kenapa ya setiap saya makan buah pisang, perut saya langsung mules kaya minum obat cuci perut gitu. tapi bila makan pisang goreng atau pisang rebus. Perut saya tidak bermasalah.

.
Kalau dah digoreng atau direbus kadar keasamannya/vitamin C nya dah berkurang.
.
Tapi ada juga yg sakit perut karena pisang yg dimakan adalah hasil curian atau kalau dari warung pas lupa bayar, jadi di sumpahin gitu ama yg punya pisang he…he…

BAhhh. . . ane kalo makan pisang sembarangan aj. (ternyata ada aturannya)
Kebiasaan ditempat ane, sehabis makan baru makan pisang. Kalo makan pisang duluan malah diketawain (kalo ga dikatain “dasar monyet”) :v

makan pisang banyak2 ada dampak negative nya ga y? (soale ane suka makan pisang banyak2. 1 sisir bisa habis dlm 1 hari)

Btw makasi infonya :smiley: